Makhluk Laut Mengerikan Yang Jarang Di Ketahui Orang

Dengan luas yang nyaris mencapai 3 kali luas daratan, hingga saat ini luat masih menyimpan beragam misteri bagi umat manusia. Mulai dari makhluk-makhluk misterius hingga kisah mistis dalam berbagai mitologi, laut seolah punya misterinya sendiri yang menunggu untuk dipecahkan. Meski banyak pula penemuan baru yang telah berhasil dipecahkan oleh para ilmuan. Tiap hari ada saja makhluk aneh dan penemuan baru yang mengundang rasa heran sekaligus decak kagum. Beberapa penemuan ini bahkan ada yang menjadi insirasi film-film Hollywood karena keanehanya. Namun meski begitu masih banyak orang yang tak mengetahui keberadaan makhluk aneh dari lautan yang dapat membuat buku kuduk berdiri ini. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan berabagi sedikit kisah dari makhluk-makhluk aneh dan tak biasa di dunia ini dalam, Makhluk Laut Mengerikan Yang Jarang Di Ketahui Orang, versi anehdidunia.com

Sarcastic Fringehead

Sarcastic Fringehead

Sarcastic Fringehead atau Neoclinus blanchardi, merupakan ikan karang yang hidup di sepanjang pantai California. Ikan yang memiliki tubuh bercorak dan kadang juga memiliki warna yang beragam ini, biasanya hidup diantara celah karang dengan panjang sekitar 1 kaki. Namun meski terlihat cukup lucu jangan tertipu dengan penampilan ikan kecil ini. Karena saat ia telah membuka mulutnya, seketika itu juga Sarcastic Fringehead akan langsung berubah menjadi makhluk yang mengerikan. Makhluk yang biasa hidup di kedalaman laut sekitar 3 hingga 73 meter ini memiliki mulut yang dapat terbuka dengan amat lebar hingga nyaris 2 kali lipat ukuran kepalanya. Sahabat anehdidunia.com mulut ini uniknya memiliki warna yang tak biasa dan justru terlihat indah. Namun meski begitu mulut ini biasa di gunakan untuk menerkam mangsa yang lewat di sekitar karang tempat Sarcastic Fringehead bersembunyi. Karena itu makhluk ini juga menjapat julukan ikan vampir karena kebiasaanya menyergap mangsa dan menggigit dengan taring tajam yang ada di mulutnya. Selain itu para ahli juga meyakini jika mulut Sarcastic Fringehead yang begitu lebar juga merupakan salah satu mekanisme pertahanan diri terhadap predator yang jauh lebih besar.

Northern Stargazer

Northern Stargazer

Meski menghabiskan sebagain besar hidupnya di dasar pasir lautan. Namun tetap bukan perkara yangg mudah untuk menemukan keberadaan ikan Northern Stargazer. Sama halnya dengan Stonefish yang memanfaatkan bentuk tubuhnya untuk menyamar diatara karang. Northern Stargazer yang memiliki nama ilmiah Astroscopus Guttatus ini juga sama, hanya saja bedanya Northern Stargazer menyamarkan dirinya diantara pasir yang ada di lantai lautan. Sahabat anehdidunia.com ikan yang hidup di Samudera Atlantik dan sepanjang pantai timur laut AS, biasanya akan terus berdiam di tempat persembunyianya sepanjang hari tanpa melakukan pergerakan sedikitpun.

Baru saat ada mangsa yang lewat diatasnya, makhluk ini akan menggunakan mulut besarnya yang mengerikan untuk menerkam mangsanya. Dengan secepat kilat makhluk ini akan menghisap mangsanya ke dalam mulut lebarnya yang dipenuhi dengan gigi tajam kemudian memakan mereka hidup-hidup. Selain daya sergapnya yang luar biasa ini Northern Stargazer juga masih memiliki sejata rahasia lain, yaitu sengatan listrik yang dapat dikeluarkan dari kepalanya. Di dalam kepalanya Northern Stargazer, memiliki organ khusus yang mampu menembakan sengatan listrik untuk menyetrum mangsnaya. Selain itu kemampuan unik ini juga berguna bagi Northern Stargazer, untuk menghadapi predator dan juga saat terjadi perkelahian dengan ikan Northern Stargazer lain yang memasuki wilayah mereka.

Pink See-Through Fantasia

Pink See-Through Fantasia

Makhluk tembus pandang berwarna merah muda seperti gambar di atas, mungkin hanya bisa kita bayangkan muncul dalam sebuah film fiksi ilmiah saja. Namun hal tersebut tak sepenuhnya benar, karena makhluk dalam foto di atas benar-benar nyata dan ada di dunia ini. Sahabat anehdidunia.com dinamai Pink See-Through Fantasia, makhluk unik mirip ubur-ubur ini merupakan spesies baru yang di temukan pada tahun 2007 silam oleh peneliti dari pusat riset kelautan Amerika di laut Filipina dan Utara Sulawesi. Makhluk aneh ini ditemukan secara tak sengaja ketika sekelompok fotografer kelautan dari NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration), National Geographic Society dan WHOI Ocean Life Institute, tengah mengfilmkan kehidupan timun laut.

Saat itulah mereka melihat suatu obyek berwarna merah muda sedang berenang. Setelah didekati ternyata makhluk ini transparan dan organ dalam tubuhnya terlihat dengan jelas. Makhluk yang kemudian di berinama Pink See-Through Fantasia (Hewan pink tembus pandang) di ketahui hidup do kedalama 8.200 kaki di bawah permukaan laut. Selain tubuh yang transparan karena hidud di laut dalam Pink See-Through Fantasia, juga memiliki kemampuan untuk bercahaya dalam gelap. Sayangnya hanya itu informasi yang ada tentang makhluk misterius ini karena belum adanya penelitian lebih lanjut serta susahnya makhluk ini untuk ditangkap dan diteliti.

Bobbit Worm

Dengan panjang lebih dari 10 kaki, tentakel yang menferikan dan pencapit tajam yang siap menerkam mangsanya. Bobbit Worm merupakan teror paling mengerikan dari dasar laut yang bisa di bayangkan oleh manusia. Memiliki nama ilmiah Eunice Aphroditois, caing laut yang satu ini merupakan predatror tingkat atas yang nyaris bisa menyantap apapun yang lewat diatasnya. Dengan tubuhnya yang sangat panjang, cacing ini menanamkan dirinya jauh ke dalam pasir laut yang membuatnya bisa menarik mangsa sebesar apapun yang ia tangkap. Makhluk ini terlihat dengan mudah dapat menarik mangsanya karena addanya kaki-kaki kecil di sepanjang tubuhnya yang kian memudahkanya saat menarik mangsa.

Hebatnya lagi makhluk yang satu ini hanya mengandalkan sensor yang ada di tentakelnya untuk merasakan kehadiran mangsa. Hal ini dikarenakan Bobbit Worn sama sekali tak memiliki mata dan menurut para peneliti makluk ini juga tak punya otak, yang berarti ia hanya bergerak mengikuti rangsangan ototnya saja. Dan seperti apa yang sudah di jelaskan tadi, cacing mengerikan ini akan mengkonsumsi apa saja yang lewat di atasnya. Baik itu ikan, udang, kepiting, gurita dan bahkan hingga hewan beracun seperti ikan Harimau dan Buntal. Saat sudah mendapatkan mangsa Bobbit Worm biasanya akan berdiam di dalam pasir hingga ia selesai mencerna mangsa tersebut. Jadi semakib besar mangsa yang ia dapat maka akan semakin lama pula Bobbit Worm akan berdiam dalam pasir.

Gulper Eel

Gulper Eel

Gulper Eel merupakan spesimen belut laut yang hidup pada kedalaman laut antara 500 hingga 6.000 kaki. Hewan ini dinamai Gulper karena memiliki rahang yang begitu lebar hingga terlihat bisa “melahap” (gulper) apapun yang ada di depanya. Rahang yang begitu besar ini juga membuat hewan yang memiliki nama ilmiah Eurypharynx pelecanoides, sering juga disebut sebagai Pelikan Eel (Belut Pelikan). Selain itu julukan ini juga muncul karena perut Belut Pelikan yang melar sesuai dengan besar mangsa yang ia makan. Hal ini mirip dengan kantung tembolok yang ada pada kebanyakan burung yang akan melar sesuai dengan banyaknya makanan yang dimakan.

Sayangnya ukuran kepala yang besar ini meski sedikit banyak menguntungkan Belut Pelikan saat memburu mangsa juga membuat pergerakanya tak selincah belut laut lainya saat berenang di air. Dengan panjang tubuh maksimal yang hanya bisa mencapai sekitar 75 cm, belut ini kadang terlihat akan susah untuk bermanuvur di dalam air. Sahabat anehdidunia.com untungnya belut ini Punya senjata lain untuk menarik mangsanya, yaitu bagian tubuh yang dapat bersinar di sepanjang ruas tulang utamanya. Mengingat belut ini hidup kedalaman laut dimana cahaya sangatlah minim, bagian dari tubuh belut ini yang bisa bercahaya selalu dapat menarik perhatian mangsa. Dan saat mereka telah cukup dekat maka saat itulah Belut Pelikan akan langsung melahapnya.

Deep-Sea Dragonfish

Deep-Sea Dragonfish

Menghuni salah satu lingkungan terkeras di kedalaman laut 1.500 – 4.500 meter, membuat Deep-Sea Dragonfish menjadi salah satu predator paling agresif di seluruh lautan. Habitatnya yang memiliki tekanan hingga 200 atmosfer juga membuat ikan ini memiliki ciri fisik yang tak biasa. Salah satu jenis belut ini di lengkapi dengan mulut besar yang nyaris bisa di lepas dari bagian kepalanya saat akan menangkap mangsa. Bagian rahang ini juga dilengkapi dengan gigi-gigi besar yang sanggup merobek mangsa dalam sekejap.

Selain itu untuk menahan tekanan arus bawah air yang kuat ikan ini memiliki struktur tengkorang kepala unik yang berbeda dengan kebayakan ikan pada biasanya. Di bagian kepala ini terdapat dua buah cekungan yang secara tak langsung meminimalisir tekanan pada otak. Habitat tempat tinggalnya yang nyaris tak diteragi cahaya juga membuat hewan invertebrata (Tak bertulang belakang) ini memiliki semacam cemelai bercahaya ntuk memancing mangsa. Sahabat anehdidunia.com satu hal lain yang membuat unik Deep-Sea Dragonfish adalah bahwa hewan ini adalah satu-satunya hewan di laut yang bisa mengeluarkan dua cahaya dari tubuhnya yaitu biru dan merah. sementara kebanyakan fauna laut lain yang bisa mengeluarkan satu cahaya dari tubuhnya baik itu merah atau biru.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa makhluk laut dengan penampilan paling mengerikan yang ada di laut. Meski jarang di ketahui banyak orang namun keberadaan makhluk-makhluk ini telah membuktikan bahwa laut memang masih menyimpan banyak misteri serta makhluk misterius yang belum pernah dilihat oleh manusia selama ini.

Referensi:

15 Disturbing Creatures To Come Out Of The Ocean


https://en.wikipedia.org/

Berita Aneh Unik
error: Content is protected !!