PLARIUSMODIFIKASI101

Oase Mata Air Gurun Pasir Paling Indah Di Dunia

Saturday, February 11, 2017
Gurun Pasir, merupakan wilayah terkering didunia ini yang hanay di sirami air hujan sebanyak 1 atau 2 kali saja dalam satu tahun. Hal ini membbuat gurun pasir menjadi daratan yang begitu gersang, berpasir, panas, dan juga amat sulit untuk dilalui oleh manusia. Ditambah lagi dengan udara lembab yang sangat panas dan nyaris tak ada pepohonan untuk berlindung membuat orang akan gampang merasa haus saat berada di gurun pasir. Namun dibalik semua fakta yang tampak mengerikan tadi, gurun pasir tetap menyimpan keindahanya sendiri dalam bentuk sebuah Oase. Oase sendiri merupakan sebuah daratan subur di tengah gurun yang biasanya di tumbuhi banyak tanaman dan juga sumber mata air yang lumayan berlimpah. Tentu keberadaan Oase ini sangat langka dan mungkin hanya ada satu atau dua di luasnya gurun pasir yang bisa mencapai ribuan kilometer. Oase sendiri biasanya digunakan oleh para pengelana yang melewati gurun pasir untuk melepas lelah sekaligus mengisi persediaan air mereka. Dan ternyata diantara beberapa Oase yang ada di seluruh dunia ini. Beberapa diantaranya sangatlah indah dan bagaikan permata di tengah gersanngnya gurun pasir. Karena itulah kali ini anehdidunia.com akan berbagi kisah dari beberapa Oase indah ini dalam, Oase Paling Indah Di Dunia, versi anehdidunia.com



Oase Danau Bulan Sabit, Cina



Dalam pelajaran sejarah kita pasti pernah beberapa kali mendengar istilah Jalur Sutra. Sebuah jalur khusus untuk perdagangan yang menhubungkan daratan Cina dengan daerah diseluruh Asia. Jalur ini sendiri sebagian besar melewati gurun Gobi yang merupakan gurun terbesar di wilayah Asia. Nah di gurun inilah terdapat sebuah Oase bernama Danau Bulan Sabit yang sangat indah. Oase yang terletak di dekat kota Dunhuang ini diberi nama Danau Bulan Sabit karena bentuk kolam yang ada di Oase ini menang sangat mirip dengan bentuk bulan sabit. Bentuknya yang indah tak hanya menyegarkan mata tapi juga mampu memberikan nuansa segar di tengah luasmnya gurun Gobi yang gersang. Oase ini sendiri dulunya biasa digunakan oleh para pedagang yang melewati Jalur Sutra untuk beristirahat dalam perjalanan dagang mereka. Namun kini Oase ini telah disulap menjadi sebuah resotr yang bisa di gunakan oleh para turis yang ingin merasakan sensasi dan keindahan Oase Danau Bulan Sabit. Tak hanya sampai disitu Pemerintah Cina bahkan juga membangun sebuah pusat sovenir di Oase ini yang menunjukan kalau Oase ini merupakan tempat yang lumayan banyak dikunjungi wisatawan.


Oase Seba, Libya



Terletak di negara Libya, Oase Seba merupakan sebuah daratan subur yang menjadi bagian dari gurun terbesar di dunia, Sahara. Oase yang terletak di bagian barat Libya tepatnya di kota Sabha ini memiliki luas yang lumayan dan ditumbuhi puluhan pohon palem hijau yang membuatnya terlihat seperti permata di tengah panasnya gurun Sahara. Jajaran pohon palem yang membentang di sepanjang jalan di Oase ini juga membuat suasana menjadi sejuk karena pohon palem merupakan pohon yang sangat kuat terhadap cuaca panas yang ada di gurun. Keberdaan pohon palem ini sendiri merupakan buah dari usaha keras warga sekitar Oase seba yang dengan tekun menanam pohon dan tanaman hijau di sekitar Oase. Hal ini sengaja dilakukan warga untuk menjaga kandungan air di Oase Seba. Jadi meski cuaca berubah menjadi Ekstrim dan hujat tak turun selama beberapa tahun. Kandungan air di dalam tanah tak akan habis berkat adanya tanaman yang menjaga kandungan air tetap terjaga. Karena itu selain indah Oase Seba juga terkenal dengan airnya yang konon terasa sangat segar.


Oase Huacachina, Peru



Huacachina adalah sebuah Oase yang terletak di negara Peru tepatnya di sebuah distrik yang bernama Ica. Menurut sejarahnya wilayah ini dulunya terbentuk dari sebuah danau kecil alami yang kemudian mulai ditumbuhi berbagai macam tanaman. Danau yang ada di Oase Huacachina sendiri dikenal tak pernah kering dan sellau berlimah air. Karena itu hingga awal tahun 2000-an ada sekitar 100 warga yang tinggal di sekitar Oase ini. Warga yang menetap di Oase ini kemudian membangun beberapa penginapan dan juga restoran. Hal ini menyusul kian berkembangnya Oase Huacachina menjadi sebuah tempat tujuan wisata yang banyak di kunjungi oleh turis. Oase ini bahkan lumayan sering digunakan untuk olahraga air oleh para pelancong yang mampir. Jadi Oase ini sepertinya lumayan layak untuk dikunjungi saat melancong ke Peru, bagi yang ingin merasakan sedikit surga ditengah gersangnya padang pasir.


Oase Pica, Chili



Terletak di di gurun Atacama yang ada di sebelah utara Chili. Oase Pica merupakan Oase terluas jika dibandingkan dengan seluruh Oase yang ada di dunia ini. Karena itu pemerintah Chili bahkan membangun sebuah resotr dan wahana wisata air dengan peralatan yang lumayan lengkap. Oase ini juga ditumbuhi berbagai macam tanaman karena kandungan iarnya yang melimpah ruah. Selain ini beberapa kali dalam setahun Oase ini juga menerima kiriman uap dari Samudra Pasifik yang kian membuat sejuk Oase ini. Selain itu daya tarik lain dari Oase ini adalah adanya migrasi burung Flamenggo yang secara rutin mampir ke Oase Pica tiap tahunya. Burung berwarna pink ini kian membuat Oase Pica terlihat makin indah dan sangat layak untuk di kunjungi.


Oase Chebika, Tunisia



Terletak di sebuah gurun di bagian barat Tunisia, Oase Chebika merupakan sebuah mat air yang merupakan bagian dari kaki gunung bernama Djebel el Negueb. Keindahan Oase ini sendiri dapat dilihat dari airnya yang begitu jernih dan juga sebuah air terjun kecil yang juga terdapat di Oase ini. Keberadaan air terjun yang tak begitu tinggi ini membuat suasana Oase Chebika terlihat begitu indah sekaligus memberu nuansa segar bagi yang melihatnya. Keindahan Oase ini bahkan membuat para saugadar asal Arab yang pernah singgah di Oase ini dulu, memberikan julukan Qasr el-Shams atau Kastil Matahari. Julukan ini didasarkan pada pemandangan luar biasa di Oase ini tiap senja menjelang, dimana sinar matahari yang mask kedalam tebing yang berbentuk mirip kastil di sekitar Oase Chebika akan menghasilkan pancaran sinar yang begitu indah. Dalam sejarahnya dulu Oase ini juga sering digunakan sebagai tempat persembunyian oleh para budak ketika masa perbudakan masih marak di Tunisia.


Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa Oase terindah yang ada di dunia ini. Keberadaan Oase di tengah gurun ini selain berguna bagi mereka yang tengah melakukan perjalanan melewati gurun juga bisa dibilang sebagai sisi indah dari gurun yang tersebunyi. Keindahan Oase-oase ini seolah sedikit menghapus citra gurun sebagai tempat yang mengerikan di dunia ini.

Referensi:
http://www.boombastis.com/oase-menakjubkan/37187