Sempat Disangka Rongsokan, Benda Berikut Ini Ternyata Harganya Milyaran!!

“Sampah bagi seseorang, bisa jadi harta karun bagi orang lainya” ungkapan ini sepertinya cocok bagi kisah yang akan anehdidunia.com bahas kali ini. Karena dalam kisah berikut ini benda yang awalnya dikira barang rongsokan ternyata justru memiliki nilai jual luar biasa hingga menjapai milyaran. Padahal barang-barang ini dulunya hanya teronggok di gudang atau bahkan tempat sampah. Namun setelah ditemukan oleh orang yang mengetahui latar belakang serta sejarah dari benda tersebut. barulah diketahui jika barang bekas tadi ternyata memiliki nilai ekonomi yang jauh dluar nalar. Keunikan inilah yang akan anehdidunia.com bagi kisahnya kali ini, berikut ulasanya..

Sketsa Andy Wahol Semasa Kecil

Sketsa Andy Wahol Semasa Kecil

Kisah pertama datang dari seorang pengusaha Inggris bernama Andy Fields. Pada tahun 2010 yang lalu Andy secara tak sengaja menemukan harta karun diantara beberapa lukisan tua yang ia beli hanya dengan mahar 5 dollar di sebuah garage sale di kota Las Vegas. Setelah membeli lukisan tua tadi, Andy kemudian berniat mengganti pigura yang ada karena telah terlihat usang. Saat itulah dibalik salah satu lukisan tua yang ia beli, Andy menemukan sebuah gambar lain yang nampak seperti sketsa buatan anak kecil. Tak disangka sketsa tersebut kemudian di ketahui meupakan sketsa penyanyi Rudy Vallee yang dibuat oleh Andy Warhol semasa kecil. Sahabat anehdidunia.com Andy Warhol sendiri merupakan seorang seniman kenamaan Amerika yang terkenal dengan gaya lukisanya yang begitu artistik. Setelah diketahui latar belakang sesungguhnya dari sketsa sederhana tersebut, banyak orang mulai berminat untuk membelinya. Akhirnya lewat sebuah pelelangan sketsa tersebut terjual dengan harga 2 juta dollar atau setara dengan 26 milyar rupiah.

Lukisan Karya Jackson Pollock

Lukisan Karya Jackson Pollock

Beruntung, itulah kata yang mungkin tepat untuk disematkan pada diri Teri Horton. Wanita ini secara tak sengaja menemukan lukisan karya Jackson Pollock di sebuah toko loak dan membelinya hanya dengan harga 5 dollar saja. Tentu Teri awalnya tak tahu bahwa lukisan dengan gambar semrawut yang ia beli bernilai sangat tinggi. Dia bahkan awalnya sempat ingin mengembalikan lukisan tersebut ke pasar loak, karena tak muat saat akan di masukan dalam mobil trailer milik temanya. Untungnya sebelum hal itu terjadi ia bertemu dengan seorang guru seni yang menawarkan untuk memeriksa keotentikan lukisan tersebut pada seorang pakar seni.

Meski awalnya sempat diragukan keaslianya karena tak ada tanda tangan pelukisnya. Namun lewat pemeriksaan sidik jari, akhirnya diketahui bahwa lukisan abtsrak tersebut merupakan karya Jackson Pollock. Pollock sendiri merupakan pelopor gerakan abstrak ekspresionis dalam seni lukis Amerika. Kisah unik penemuan lukisan ini kemudian bahkan di jadikan sebuah film dokumentar yang berjudul “Who the #$&% Is Jackson Pollock?”. Sahabat anehdidunia.com setelah itu lukisan ini sempat ditawar dengan harga 9 juta dollar oleh seorang pembeli asal Timur Tengah. Namun Teri menolaknya dan hanya akan melepas lukisan langka tersebut jika ada yang berani membayar 50 juta dollar.

Mangkuk Tua Peninggalan Dinasti Song Utara

Mangkuk Tua Peninggalan Dinasti Song Utara

Dilansir dari CNN News, sebuah mangkuk tua milik sebuah keluarga terjual dengan harga 2.25 juta dolar dalam sebuah sebuah pelelangan. Padahal mangkuk tersebut hanya dibeli seharga 3 dollar di sebuah bursa barang bekas di New York. Setelah dibeli oleh pemiliknya mangkuk tersebut sempat digeletakan begitu saja di ruang tamu sebagai hiasan selama bertahun-tahun. Baru setelah ada seorang tamu yang menyadari keunikan mangkuk tersebut, keluarga tadi menyadai bahwa mangkuk yang ada di ruang tamu mereka bukanlah mangkuk biasa. Belakangan diketahui jika mangkuk tersebut merupakan alat makan tua asal Dinasti Song Utara, yang bernama mangkuk Ding. Di dunia ini sendiri hanya tersisa 2 buah mangkuk Ding, dimana yang satunya berada di British Museum, London selama 60 tahun terakhir.

Peti Kuno Mazarin

Peti Kuno Mazarin

Mazarin merupakan sebuah peti ukir kuno dari abad ke 17 yang saat ini hanya tersisa 2 buah saja di seluruh dunia. Salah satunya ternyata di miliki oleh seorang Insinyur asal Prancis. Namun karena tak mengetahui sejarah peti miliknya, selama belasan tahun peti yang ia beli dengan sangat murah tersebut hanya di gunakan sebagai meja untuk menaruh TV. Baru pada tahun 1986 saat insinyur itu telah pensiun dan memutuskan untuk pindah ke rumah barunya di Loire Valley, kebenaran tentang peti kuno miliknya terungkap. Sahabat anehdidunia.com sebelum pindah ruman insinyur tersebut mengundang para spesialis dari Rouillac menaksir harga rumah dan perabotan miliknya. Saat itulah para spesialis ini menemukan menyadri jika peti tua yang di jadikan tatakan TV tersebut ternyata merupakan peti Mazarin yang sangat langka. Dan saat akhirnya di lelang peti tersebut ternyata mampu terjual hingga angka 7.3 juta euro, jauh diatas harga yang pernah di bayarkan sang insinyur kala membeli peti bercat emas tersebut dulu.

Vas Antik Peninggalan Dinasti Ming

Vas Antik Peninggalan Dinasti Ming

Sebuah keluarga di Birmingham, Inggris, menggunakan Vas antik warisan turun temurun keluarganya sebagai pengganjal pintu. Padahal tanpa mereka ketahui vas tersebut merupakan sebuah artefak antik yang masuk dalam salah satu daftar peninggalan kuno Dinasti Ming yang paling langka. Belakangan baru di ketahui jika vas tersebut berasal dari abad ke 18 dan diperkirakan harganya mencapai ratusan ribu dollar. Sahabat anehdidunia.com bukti tersebut diperkuat dengan pernyataan dari direktur rumah lelang Hansons, Charles Hanson yang memperkirakan kalau vas tersebut dibuat antara tahun 1735 dan 1799 untuk menghias istana musim panas Kaisar Qianlong. Hal ini didasarkan pada lambang segel milik Kaisar Qianlong yang terdapat pada vas tersebut. Karena nilai sejarahnya ini vas tersebut kemudian terjual dengan harga 650 ribu poundsterling atau sekitar 11 milyar rupiah.

Negatif Foto Tua Karya Ansel Adams

Negatif Foto Tua Karya Ansel Adams

Nama Ansel Adam mungkin masih asing di telinga banyak orang, namun bagi para penggelut dunia Fotografi nama Adams tentu tak asing. Karena Adams adalah bapak seni fotografi Amerika Serikat. Dengan nama besarnya ini segala tentang Adams terutama saat masa awal karirnya menjadi benda yang sangat berharga. Dan Rick Norsigian, seorang pria yang hobi membeli barang loak dari garage sale nampaknya menjadi salah satu orang beruntung yang menemukan salah satu peninggalan Adams yang hilang. 10 tahun yang lalu Rick tanpa sengaja menemukan 2 buah kotak berisikan satu set negatif foto tua dan membelinya seharga 45 dollar.

Dalam negatif foto tersebut tanpa terduga ada 6 foto karya Adams saat ia masih meniti karirnya. Foto-foto ini awalnya dikira telah lenyap saat kamar gelap milik Adams terbakar pada tahun 1937 yang lalu. Tapi entah bagaimana masih ada negatif foto yang selamat dan pada akhirnya sampai ketangan Rick Norsigian. Sahabat anehdidunia.com kini harga negatif foto langka ini oleh para ahli sni dari New York di perkirakan mencapai 200 juta dollar. Hal ini berarti Rick telah untung besar mengingat ia hanya membeli negatuf tua tersebut dengan harga hanya 45 dollar.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa benda rongsokan yang ternyata merupakan barang antik yang benilai tinggi. Dari kisah ini kita bisa belakjar bahwa kadang hal yang kita naggap sepele justu bisa bernilai amat tinggi, setelah di ketahui nilai historis di dalamnya. Jadi ada baiknya lebih teliti lagi mungkin saja salah satu perabot tua di rumah kita merupakan artefak antik yang bernilai milyaran.’

Referensi:
https://www.merdeka.com/gaya/7-benda-rongsokan-yang-ternyata-bernilai-jutaan-dolar.html

Berita Aneh Unik
error: Content is protected !!