PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Keramat Yang Sering Di Jadikan Area Semedi Oleh Tokoh Penting Indonesia

Monday, February 13, 2017
Semedi atau bertapa merupakan salah satu budaya masyarakat Indonesia yang sudah berlaku sejak jaman dulu kala. Dengan melakukan tirakat (usaha) seperti ini orang biasanya akan mendapatkan ketenagan batin dan juga mendapatkan petunjuk atas masalah yang di hadapinya. Selain itu semedi juga sering dilakukan oleh orang yang sedang melatih ilmu kebatinaya agar dapat mendapatkan kesaktian tertentu atau bahkan ilmu kebal terhadap senjata. Kepercayaan macam ini telah diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang kita, sekaligus menjadi akar budaya yang amat sulit untuk di lepaskan dari kehidupan orang Indonesia pada umumnya.

Karena itu di Indonesia kita memiliki banyak sekali lokasi keramat yang sering di gunakan sebagai area pertapaan. Orang-orang yang mendatangi tempat keramat inipun berasal dari berbagai macam golongan mulai dari rakyat biasa hingga tokoh-tokoh besar tanah air. Tujuan mereka bersemedi di tempat-tempat yang tergolong angker ini tentu hanya satu yaitu mencari kekuatan agar dapat menentukan pilihan yang tepat dalam hidup mereka. Keunikan kisah inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagi kisahnya dalam, Tempat Keramat Yang Sering Di Jadikan Area Semedi Oleh Tokoh Penting Indonesia, versi anehdidunia.com


Goa Semar - Gunung Lawu



Sejak lama Gunung Lawu telah dikenal luas masyarakat sebagai area yang erat hubunganya dengan dunia mistis. Di Gunung ini terdapat banyak sekali lokasi keramat yang biasa digunakan oleh tokoh-tokoh besar tanah air untuk bersemedi dan mencari wangsit serta kekuatan khusus. Beberapa tokoh yang tercatat pernah bersemedi di gunung ini diantaranya Soekarno, Soeharto, hingga Gus Dur pernah mendaki gunung yang terkena amat keramat ini. Dan salah satu lokasi yang paling dipercaya memiliki kekuatan magis tinggi adala Goa Semar. Menurut juru kunci Gunung Lawu, salah satu tokoh besar yang kerap menyambangi gunung ini adalah Presiden Soeharto yang konon sangat mencintai gunung ini. Beliau kerap kali mendaki Gunung Lawu hingga puncak. Sahabat anehdidunia.com tak jarang pula Pak Harto menggelar berbagai ritual kebatinan di areka keramat Gunung Lawu bagi sesudah maupun sebelum beliau menjadi Presiden ke II Indonesia.


Pertapaan Indrokilo - Pasuruan



Terletak di sebelah utara Guning Ringgit dan Gunung arjuno yang ada di Jawa Timur. Pertapaan Indrokilo merupakan bagian dari komplek reruntuhan candi pada zaman Majapahit yang dipercaya memiliki magis yang sangat kuat. Pertapaan ini letaknya agak terpencil dan hanya bisa di capai dengan melalui jalan pedesaan yang berbatu terjal. Dengan jarang kurang lebih 22 km area pertapaan Indokilo bisa di tempuh dengan berjalan kaki kira-kira selama 3-4 jam. Pertapaan ini sendiri dulu konon pernah digunakan oleh Presiden pertama Ri Soekarno untuk bersemedi saat Indonesia belum merdeka. Sahabat anehdidunia.com di tempat ini konon Bung Karno mendapatkan mendapatkan Wahyu Cakraningrat. Sebuah Wahyu atau wangsit yang tak bisa sembarangan orang dapatkan. Wahyu ini sendiri pada zaman dahulu konon hanya bisa di dapatkan oleh orang yang akan menjadi raja. Dan berkat Wahyu inilah Pak Karno, konon berhasil membuat keputusan-keputusan yang tepat dan membawa Indonesia lepas dari belenggu penjajahan Belanda dan pada akhirnya berhasil menyatakan diri sebagai negara yang merdeka.


Luweng Sampang - Gunungkidul



Luweng Sampang merupakan salah satu tempat paling keramat yang ada di Jogjakarta. Lokasi yang konon dulu pernah di jadikan tempat beristirahat Sunan Kalijaga saat tengah melakukan perjalanan ini terletak di Kabupaten Gunungkidul. Sahabat anehdidunia.com selain itu area yang sebenarnya merupakan cerukan batu ini juga sering digunakan oleh Sultan-sultan Jogjakarta untuk bersemedi mulai dari Sri Sultan Hamengkubuwono I hingga ke X. Dan karena sudah terkenal akan tuah magisnya, hampir setiap hari lokasi ini dikunjungi oleh orang-orang yang mencari pesugihan. Orang-orang ini biasanya akan ditemani oleh juru kunci selama ritual berlangsung hingga selesai. Ritual pesugihan di Luweng Sampang sendiri biasanya akan dilakukan pada malam jum'at. Selain para pencari pesugihan ini, Luweng Sampang juga biasanya digunakan oleh para pejabat daerah untuk meminta berkah dan juga kenaikan jabatan.


Air Terjun Madakaripura - Probolinggo



Air Terjun Madakaripura merupakan sebuah tempat keramat yang terletak di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Tempat ini konon amat keramat dan memiliki sebuah kisah mistis yang melegenda. Menurut cerita masyarakat setempat, dahulu konon area ini merupakan tempat yang dijadikan sebagai tempat pertapaan terakhir dari Gajah Mada yang merupakan jendral perang legendaris dari kerajaan Majapahit. Namun meski terkenal amat keramat dan banyak digunakan untuk bersemedi. Berkat keindahan lokasinya Air Terjun ini sellau ramai di kunjungi oleh para wisatawan yang meramaikan tempat ini. Meski begitu tetap saja kekeramatan tempat ini susah pudar karena dari cerita yang ada. Konon telah banyak orang yang memotret penampakan Gajah Mada di Air terjun ini. GaJah Mada sendiri kita ketahui telah lama tiada dan ia telah mendapatkan Moksa dan menghilang dari dunia yang fana ini.


Goa Istana - Banyuwangi



Terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. Goa Istana merupakan sebuah area keramat dengan luas yang tak terlalu lebar. Dengan hanya panjang 30 meter dan lebar sekitar 8 meter, Goa ini hanya berukuran sekitar 2 kamar tidur biasa. Namun meski begitu Goa ini sudah sangat terkenal memiliki aura mistis yang kental. Karena itu dalam satu haru saja setidaknya ada sekitar 100-300 orang yang berkunjung ke Goa keramat ini. Sedangkan tokoh yang pernah menjadikan area ini sebagai tempat bersemedi adalah Presiden Soakarno selama beliau masih muda. Konon saat itu Bung Karno yang masih muda ingin mencari berkah untuk usaha yang sedang ia rintis. Sahabat anehdidunia.com goa ini akan jadi sangat ramai pada tanggal 1 Suro pada penanggalan Jawa. Pada hari yang diangkap keramat oleh orang Jawa tersebut, orang-orang biasanya akan berkumpul dan melakukan ruwatan bersama untuk membuang sial. Pada masa kampanye banyak pula calek ataupunpejabat yang berkunjung ke tempat ini sambil berharap keinginang mereka untuk duduk di kursi pemerintahan bisa terwujud.

Sahabat anehdidunia.com itulah kisah dari beberapa tempat keramat yang ada ditanah air. Dan seperti yang kita sudah tahu, tempat-tempat macam ini amat banyak di tanah air dan masih menjadi kekayaan budaya Indonesia yang akan sulit untuk di lepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia.

Referensi:
http://www.boombastis.com/lokasi-bertapa-indonesia/74625