Kisah Urban Legend Paling Aneh Asal India

India merupakan salah satu negara terbesar di Asia. Negara yang mendunia lewat industri Bollywoodnya ini bahkan merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia yang populasinya mencapai lebih dari satu milyar jiwa. Tak hanya besar dari segi luas wilayah dan jumlah populasi India juga merupakan negara yang memiliki peradaban cukup kuno ini, juga meliki kisah sejarah yang lumayan banyak. Salah satu kisah terkenal dari negara yang mayoritas penduduknya merupakan penganut agama Hindi ini diantaranya adalah legenda Ramayana yang telah mendunia.

Namun selain kisah legenda tersebut India ternyata juga memiliki kisah urban legend yang jarang diketahui orang. Hanya saja kisah urban legend dari India sedikit berbeda dengan kisah urban legend pada umumnya yang berhubungan dengan hal seram ataupun hal berbau horor lainya. Kisah urban legend asal India ini biasanya sedikit unik, walau tentu beberapa diantaranya ada pula yang seram. Kisah urban legend unik inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagi kisahnya dalam Kisah Urban Legend Paling Aneh Asal India, versi anehdidunia.com

Mechho Bhoot – Si Hantu Pencuri Ikan

Mechho Bhoot merupakan legenda hantu asal Bengal, India yang konon merupakan tipikal hantu yang nakal karena senang mencuri ikan. Karena kegemaranya akan ikan ini, Mechho Bhoot senang tinggal di dekat kolam ikan ataupun danau yang terdapat banyak ikan di dalamnya. Kata Mechho sendiri berasal dari kata Machh yang berarti ‘ikan’ dalam bahasa Bengali. Sedangkan Bhoot artinya adalah hantu, jadi Mechho Bhoot jika diartikan adalah Hantu Ikan. Mechho Bhoot biasanya akan muncul saat tengah malam dan mencuri ikan dari kapal-kapal nelayan. Tapi mereka juga tak jarang menampakan wujudnya di depan para nelayan untuk meminta ikan.

Saat menampakan wujudnya ini Mechho Bhoot biasanyakan akan mengatakan “Machh Diye Ja” (artinya “beri aku ikannya”) dengan suara yang sengau untuk meminta ikan dari para nelayan. Saat itu jika nelayan meninggalkan ikanya untuk Mechho Bhoot, maka ia akan selamat, namun jika nelayan itu menolak maka Mechho Bhoot akan marah dan menyakiti mereka. Kalau sudah begini satu-satunya cara agar seseorang selamat dari Mechho Bhoot adalah dengan berlari menuju pohon beringin terdekat dan menggunakan dahan pohonya untuk mengusir Mechho Bhoot. Dahan pohon beringin konon merupakan kelemahan dari Mechho Bhoot dan dapat mengusir hantu nakal ini.

Monkey Man – Monster Dari Kota Delhi

Pada tahun 2001 yang lalu kota New Delhi, India dihebohkan dengan munculnya sesosok makhluk misterius yang sering muncul saat tengah malam dan menyerang warga kota. Menurut keterangan dari saksi mata yang pernah melihat makhluk misterius ini, makhluk yang sekilas mirip dengan kera ini memiliki tinggi antara 120 – 140 cm dengan badan dipenuhi bulu, sebuah helm baja, cakar yang panjang dan juga mata merah menyala. Makhluk yang kemudian di beri julukan Monkey Man (Manusia Kera) ini, konon juga memiliki tubuh yang sangat berotot dan juga sangat lincah hinga mampu meloncat dari satu gedung ke gedung lainya dengan mudah. Sejak kabar munculnya Monkey Man ini, warga kota Delhi di mulai dilanda kepanikan yang cukup parah.

Hal ini disebabkan karena banyaknya laporan tentang orang yang diserang oleh Monkey Man dan menderita luka-luka. Selain korban luka-luka konon bahkan ada tiga orang yang mati akibat jatuh dari atas gedung saat akan melarikan diri dari kejaran Monkey Man. Kehebohan ini juga membuat banyak orang mulai berspekulasi tentang asal-usul sebenarnya dari Monkey Man. Beberapa teori itu diantaranya adalah bahwa Monkey Man sebenarnya adalah kera biasa yang berubah setelah mendapat kekuatan dari Dewa Hanoman sampai ada juga yang menyebutkan jika Monkey Man sebenarnya adalah BigFootnya India. Semua teori itu tentu tak terbukti hingga saat ini, karena tak berselang lama setelah kemunculanya Monkey Man menghilang dengan sendirinya tanpa ada yang tahu kemana ia pergi dan kini hanya di kenal orang sebagai salah satu kisah urban legend yang paling populer di kota New Delhi.

Muhnochwa – Si Perusak Wajah

Secara harafiah ‘Muhnochwa’ dalam bahasa India berarti makhluk yang suka menggores wajah orang. Makhluk inilah yang menebar teror mengerikan di kota Kanpur, pada awal tahun 2000 yang lalu. Kemunculan makhluk ini telah menjadi perbincangan hangat di wilayah pedesaan India, menyusul kabar banyaknya korban yang jatuh. Para korban ini biasanya memiliki luka mirip cakaran kuku di wajah mereka dan juga luka sengatan listrik. Muhnochwa sendiri konon berbentuk seperti serangga berukuran cukup besar dengan cakar panjang dan mampu mengeluarkan cahaya. Saat menyerang korbanya, konon Muhnochwa akan terlebih dulu menyengat mereka dengan aliran listrik dari tubuhnya dan baru setelah korbanya tak berdaya ia akan mulai mencakar wah mereka.

Beberapa orang bahkan bercerita jika, saat mereka mendekati Muhnochwa, makhluk misterius ini akan mengeluarkan cahaya berwarna merah atau hijau dari tubuhnya sebelum akhirnya menghilang. Banyak teori bermunculan tentang asal-muasal Muhnochwa, mulai dari makhluk ini sebenarnya adalah percobaan ilmiah India yang gagal, hingga kabar kalau Muhnochwa sebenarnya adalah alien yang datang ke bumi. Namun semua teori tersebut hingga kini belum terbukti hanya saja, menurut kabar yang beredar sejak kemunculan Muhnochwa, setidaknya sudah ada 7 orang yang meninggal akibat luka cakaran pada wajahnya.

Pretni – Penyihir dengan Telapak Kaki Terbalik

Di wilayah pedesaan India terdapat sebuah legenda tentang sosok tentang hantu penyihir yang cukup melegenda. Sosok tersebut sering disebut Pretni konon digambarkan berwujud layaknya manusia biasa, hanya saja telapak kakinya terbalik. Legenda ini diduga kuat mulai muncul pada abad pertengahan ketika penyakit kusa menyebar luah di daerah-daerah pedesaan yang ada di India. Namun legenda lain juga menyebutkan jika Pretni sebenarnya adalah hantu wanita yang meninggal sebelum menikah. Kata Pretni sendiri berasal dari kata Preta yang dalam bahasa sangsekerta merupakan kata yang melambangkan gender feminim. Karena mati sebelum sempat menikah maka konon arwah para wanita ini memiliki hasrat yang belum terpuaskan dan senantiasa memburu pria dan menggodanya. Hanya saja meski bisa menampakan dirinya dengan wujud manusia mereka memiliki ciri khas yaitu telapak kakinya yang terbalik. Kata Pretni sendiri berasal dari kata Preta yang dalam bahasa sangsekerta merupakan kata yang melambangkan gender feminim.

Shakchunni – Hantu Penunggu Pohon Mangga

Di India pohon mangga merupakan pohon yang terhitung spesial. Selain karena konon mangg merupakan makanan kesukaan para dewa, pohon ini juga dikenal memiliki aura mistis yang sangat kental. Pohon mangga di India di kenal sebagai pohon yang menjadi tempat favorit bagi hantu untuk bergentayangan. Diantara banyak hantu yang konon menghuni pohon ini, salah satu yang paling populer adalah legenda Shakchunni. Shakchunni ini konon adalah hantu dari arwah wanita yang sudah menikah. Hantu ini memiliki ciri khas khusus yaitu terdapat gelang dari kulit kerang di tanganya. Gelang yang di sebut Shankha dalam bahasa Bengali ini merupakan gelang khusus yang hanya boleh dipakaii oleh wanita yang sudah menikah.

Saat menampakan diri Shakchunni biasanya menggunakan Saree (Kain khas India) berwarna merah atau putih. Kedua warna ini sendiri memiliki makna tertentu dimana warna merah mewakili pengantin dan warna putih yang melambangkan janda. Shakchunni tergolong hantu yang tak suka mengganggu orang, mereka biasanya hanya sesekali muncul di dekat sumber air untuk melakukan pekerja sehari-hari seorang istri, seperti mencuci pakaian ataupaun peralatan dapur. Tindakan Shakchunni, dipercaya karena arwah wanita yang meninggal terlebih dulu sebelum suami mereka biasanya merasa tak tenang karena meninggalkan keluarga mereka terlebih dulu.

Nale Ba – Sang Penyihir Pencabut Nyawa

Pada awal tahun 1990-an, masyarakat yang tinggal di kota-kota yang ada di wilayah Banglore, India sempat dihebohkan dengan kabar adanya seorang penyihir wanita yang senang mengunjungi rumah warga saat malam hari. Tapi tak hanya sekedar mengetuk pintu untuk bertamu, konon saat penyihir yang disebut Naale Ba ini datang maka itu merupakan pertanda jika hidup seseorang akan berakhir. Konon barang siapa yang membuka pintu mereka saat di ketuk oleh Naale Ba. Maka dalam 24 jam kemudian dia akan mati. Kedatangan Naale Ba konon sangat sulit untuk ditebak karena saat mengetuk pintu ia akan memanggil dengan suara lirih layaknya suara seorang wanita tua. Karena itu banyak orang yang membuka pintu karena menganggap Ibu mereka datang untuk berkunjung.

Namun ada satu cara ampuh untuk menghindari kedatangan dari penyihir yang mengerikan ini. Cara tersebut adalah dengan menuliskan kata Naale Ba di pintu rumah, Naale Ba sendiri dalam bahasa Kannadiga berarti “Datanglah Besok.” Konon setelah membaca tulisan ini Penyihir Naale Ba akan mengurungkan niatnya untuk menginjungi rumah tersebut dan kembali lagi hari berikutnya. Hal ini akan terus berulang saat penyihir Naale Ba datang lagi Jadi Otomatis ia tak akan pernah bisa mengetuk pintu rumah tersebut. Dari sini pulalah nama Naale Ba kemudian menjadi julukan bagi Penyihir Pencabut nyawa ini.

Sahabat anehdidunia.com, itulah beberapa kisah urban legend yang cukup aneh asal India. Kisah-kisah ini jika kita lihat hampir sama dengan kisah urban legend pada umumnya, hanya saja karena perbedaan lokasi dan budaya yang ada, maka kisah urban ini terasa sedikit berbeda dan sebagian bahkan tak menyeramkan. Karena hal inilah mungkin produsen Bollywood sangat jarang membuat film horor, karena memang kisah urban legend mereka yang jauh dari kata menyeramkan.

Referensi:

scoopwhoop.com/inothernews/bring-on-the-shivers/#.mcohla65l
grabhouse.com/urbancocktail/indian-urban-legends/
indiatimes.com/culture/travel/7-urban-legends-in-india-that-remain-a-mystery-to-this-day-232223.html
timesofindia.indiatimes.com/city/lucknow/Muhnochwa-scare-in-UPs-rural-areas/articleshow/16304788.cms
en.wikipedia.org/wiki/Ghosts_in_Bengali_culture

Supranatural