Misteri Keberadaan Suku Mante Manusia Kerdil Di Aceh


Indonesia adalah negara yang dikenal sebagai negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Oleh karena itu jugalah Indonesia memiliki banyak bahasa daerah, budaya, adat dari banyaknya suku-suku yang tersebar di banyak pulau antara Sabang hingga Merauke tersebut. Jika ada yang bertanya total ada berapa banyak suku yang ada di Indonesia? Jawabannya adalah ribuan! Sebut saja beberapa suku yang tersebar di Pulau Jawa. Ada Suku Sunda, Suku Betawi, Suku Osing, Suku Jawa dan masih banyak lagi lainnya.

Itu sebagian yang ada di Jawa, belum pulau-pulau lainnya. Dengan adanya ribuan suku yang ada, sudah barang pasti ada beberapa diantaranya yang kurang banyak diketahui oleh masyarakat luas. Misalnya ialah Suku Mante yang ada di Aceh. Beberapa waktu lalu nama Suku Mante mendadak menjadi viral di internet setelah beredar video yang diduga merupakan anggota Suku Mante yang tengah berlari di tengah hutan. Video tersebut berhasil direkam oleh seorang anggota klub motor yang memang tengah menjelajahi hutan tersebut menggunakan sepeda motor dengan teman-temannya.

Suku Mante Termasuk Suku Awal Yang Mendiami Aceh

Menurut sejarah, Suku Mante adalah salah satu suku awal yang mendiami wilayah Aceh. Namanya sendiri dieja dengan Mantir dan bagi masyarakat Aceh sendiri sudah terkenal melalui legenda-legenda rakyat yang beredar di wilayah tersebut. Di Aceh sendiri memang terdapat beberapa suku asli terutama yang tinggal di hutan hanya saja memang diduga sudah mengalami kepunahan. Diantaranya adalah Suku Sakai, Suku Lanun, Suku Semang dan Suku Jakun. Bersamaan dengan suku-suku tadi, Suku Mante merupakan cikal bakal pembentuk Suku Aceh yang saat mendiami sebagian besar wilayah Aceh. Diperkirakan bahwa Suku Mante dan suku-suku asli lainnya menjalani migrasi ke Aceh dengan melalui Semenanjung Melayu. Suku yang disebut-sebut termasuk dalam kategori rumpun bangsa Melayu Proto ini juga dikenal sebagai suku yang memilih hidup di hutan.

Suku Mante Kerabat Suku Batak

Menurut penuturan Adli Abdullah yang merupakan seorang sejarawan Aceh, Suku Mante sendiri sebenarnya dulu adalah berasal dari suku yang mendiami wilayah Batak. Mereka kemudian menyebar dan menetap di kawasan pesisir wilayah Aceh. Itulah mengapa Suku Mante ini juga disebut memiliki kekerabatan dengan Suku Batak. Bahkan ada penjelasan yang menyatakan bahwa Suku Mante dan Suku Batak ini merupakan cikal bakal dari Bangsa Tiga Ratus atau yang dikenal dengan nama Kawom Lhee Reutoih. Bangsa tigaratus sendiri adalah penduduk asli Sumatera Utara dan juga Aceh yang merupakan bangsa yang tinggal di wilayah Gunung Leuseur dan pinggiran sunga-sungainya sebelum kehadiran Suku Melayu masuk. Namun Bangsa Tiga Ratus sendiri dikatakan sudah punah dan tidak lagi mendiami wilayah tersebut seiring banyaknya pedagang-pedagang yang masuk ke daerah pesisir tersebut.

Ciri Fisik Suku Mante

Di kalangan para antropolog dan peneliti sejarah, ciri fisik Suku Mante digambarkan sebagai orang yang memiliki postur tubuh lebih kecil dibandingkan postur tubuh orang Aceh saat ini. Kemudian mereka pun juga memiliki rambut yang cukup tebal. Namun anehnya, informasi mengenai ciri fisik suku ini didapatkan tidak berdasarkan bukti konkret melainkan hanya berasal dari cerita dan pengakuan beberapa masyarakat yang mengaku pernah secara tidak langsung bertemu dengan Suku Mante. Terdengar sedikit konyol memang, namun fakta bahwa suku ini lebih nyaman tinggal di hutan karena tidak suka dengan pembaruan atau kedatangan para migran lain membuat para peneliti kesulitan dalam menemukan data mengenai mereka. Ditambah lagi selama puluhan tahun, Suku Mante ini diduga telah mengalami kepunahan.

Cerita Rakyat Yang Beredar Tentang Suku Mante

Meski tidak terlalu banyak masyarakat Indonesia yang tahu cerita mengenai keberadaan Suku Mante, akan tetapi di wilayahnya sendiri yakni Aceh juga Sumatera Utara cerita mengenai suku ini sudah amat lekat di pikiran mereka. Bagaimana tidak? Meski sangat minim bukti, akan tetapi cerita mengenai Suku Mante diturunkan secara turun temurun. Hingga kemudian lahirlah sebuah cerita rakyat, salah satunya yang terkenal ialah seperti yang pernah diutarakan Christiaan Snouck Hurgronje, seorang penasihat Hindia Belanda untuk perkara pribumi dan juga menyelidiki masyarakat Aceh dengan tujuan menaklukkan mereka melalui Perang Aceh. Snouck berkata bahwa ada penduduk Aceh yang bercerita bahwa zaman dulu masyarakat pernah menemukan sepasang suami istri Suku Mante. Mereka berdua kemudian diserahkan kepada Sultan Aceh. Anehnya, meski mereka tidak disakiti dan disiksa namun pasangan Suku Mante ini menolak untuk makan bahkan berbicara pun tidak. Karena itulah sepasang Suku Mante ini pun akhirnya mati karena kelaparan. Hal itu jugalah yang membentuk para peneliti member kesimpulan bahwa Suku Mante termasuk suku yang primitive.

Video Kontroversial Diduga Suku Mante Belum Punah

Seperti yang sedikit dijelaskan diatas bahwa baru-baru ini dunia internet Indonesia dihebohkan dengan video yang diduga menangkap gambar seorang Suku Mante di wilayah hutan yang ada di Aceh Besar. Dalam video yang viral tersebut terdapat sekelompok pemotor trail sedang berkendara di sekitar hutan. Kemudian tanpa diduga terlihat seorang bertubuh pendek dengan gaya berjalan sedikit mengangkang tengah keluar dari semak-semak dan langsung berlari. Tampak dalam video tersebut satu pengendara motor trail sempat terjatuh karena terkejut tiba-tiba berpapasan dengan sosok yang tampak aneh dibandingkan manusia sebelumnya. Pengendara motor trail tersebut pun kemudian mempercepat motor dan mengejar manusia yang tampaknya dalam keadaan lari dan bugil namun sayangnya orang yang diduga Suku Mante tersebut masuk ke dalam semak-semak dan berlari hingga tak tampak lagi, Dari video itulah kemudian muncul spekulasi dan dugaan-dugaan baru bahwa sebenarnya Suku Mante hingga saat ini masih ada dan mendiami hutan-hutan yang ada di wilayah Aceh.

Sejak kemunculan video yang viral tersebut, para peneliti dan sejarawan pun mulai menguli kembali mengenai keberadaan Suku Mante. Mereka juga berharap bahwa pemerintah lebih memperhatikan dan menyelidiki tentang suku ini dan jika memang terbukti mereka masih ada dan mendiami hutan-hutan di Aceh ada baiknya untuk segera dilakukan pendekatan dan dibina seperti halnya suku-suku yang ada di wilayah lain di Indonesia. Jadi menurut sahabatanehdidunia.com, Suku Mante sudah punah atau belum?

Sumber referensi:
http://regional.kompas.com/read/2017/03/27/20523121/soal.suku.mante.ini.kata.sejarawan.aceh
http://limabukit.blogspot.co.id/2016/02/bangsa-tigaratus-kawom-lhee-reutoih.html
http://historia.id/kuno/melacak-jejak-suku-mante

Berita Aneh Unik