Jenis-jenis Ilmu Santet Yang Ada Di Indonesia


Santet merupakan salah satu ilmu hitam yang biasa digunakan orang untuk mencelakai orang lain. Secara umum Santet merupakan salah satu jenis tuah yang dapat melukai orang dari jarak jauh. Dengan beberapa persyaratan dan juga bantuan seorang dukun, sebuah santen dapat dikirmkan dari jarak jauh untuk membuat seseorang terluka fisik maupun secara mental. Dengan bantuan media seperti rambut, boneka, foto, kembang tujuh rupa, dupa, paku, kemenyan, sebuah santet sudah bisa dikirimkan pada target yang di tuju. Terdengar tak masuk akal memang, tapi nyatanya kita sering mendengar kasus dimana orang tiba-tiba terkena penyakit misterius, hingga mengeluarkan benda-benda tak lazim dari dalam tubuhnya yang diduga kuat merupakan akibat dari sebuah santet. Di Indonesia sendiri, meski jarang terdengar secara luas, ilmu santet merupakan hal yang bisa ditemui nyaris di setiap daerah. Macam-macan ilmu santet yang ada di Indonesia ini tergolong beragam, ada yang kegunaanya untuk melukai orang, baik secara fisik maupun mental namun ada juga yang berguna untuk mengekang orangyang terkena santet agar tak bisa melakukan sesuatu. Beberapa ilmu santet ini diantaranya adalah yang akan anehdidunia.com bagikan informasinya dalam Jenis-jenis Ilmu Santet Yang Ada Di Indonesia, berikut ulasanya

Santet Susuk Konde

ilustrasi Santet Susuk Konde

Santet Susuk Konde merupkan salah satu jenis ilmu santet yang berasal dari pedalaman Jawa Timur. Santet ini konon dapat membuat orang yang di kirimi tuah mendadak mendapatkan penyakit aneh. Orang yang terkena santet susuk konde akan merasakan rasa sakit di dalam tubuhnya tanpa ada alasan yang jelas. Tubuh orang yang terkena jenis santet ini biasanya akan terasa seperti ditusuk-tusuk dengan benda tajam, padahal tak ada orang yang menusuknya. Kejanggalan pada tubuh ini biasanya baru akan diketahui penyebabnya saat orang yang terkena santet susuk konde memeriksa ke Dokter dan melakukan rontgen. Saat di rontgen inilah biasanya akan terlihat benda-benda aneh dalam tubuh seperti paku, tang, kawat, besi, silet. Benda-benda aneh inilah yang dipercaya merupakan kiriman dari orang yang sakit hati dengan menggunajan media Santet Susuk Konde.

Santet Buhul Cacing Abing

Suku Anak Dalam

Sahabat anehdidunia.com kalian tentu tahu Suku Anak Dalam yang mendiami Pulau Sumatra kan? Suku yang terkenal karena hanya mau mendiami wilayah hutan Sumatra yang lebat dan menjalani kehidupanya yang jauh dari modernisasi ini, ternyata juga memiliki ilmu santet yang lumayan ganas. Di kenal dengan nama Santet Buhul Cacing Abing, ilmu teluh khas pedalaman Sumatra ini konon dapat membuat orang yang menjadi target menderita penyakit misterius dalam kurun waktu yang lama. Orang yang terkena Santet Buhul Cacing Abing, akan secara mendadak sakit tanpa ada penyebab yang jelas dan penyakit tersebut akan terus menggerogoti tubuh orang tersebut hingga mati. Hal ini tentu sangat mengerikan karena korbanya kadang harus menderita selama bertahun-tahun sebelum akhirnya meninggal.

Santet Osing

ilustrasi Santet Osing

Berasal dari daerah Banyuwangi Jawa Timur, Santet Osing merupakan jenis ilmu santet yang lumayan unik. Karena berbeda dengan jenis santet lain yang bersifat melukai targetnya, santet osing hanya akan menyegel salah satu bagian tubuh targetnya. Bagian tubuh yang dapat di segel menggunakan jenis santet ini adalah alat kelamin, jadi seseorang yang terkena santet osing alat kelaminya akan tersegel secara gaib hingga seolah lumpuh dan tak berfungsi. Jadi korban dari ilmu santet ini tak akan bisa berhubungan badan dengan siapapun kecuali orang yang menyantetnya. Jenis santet ini biasanya digunakan oleh para istri yang memiliki suami hidung belang untuk membuat suami mereka tak bisa selingkuh. Dengan menanamkan santet ini pada suaminya, mereka tak perlu khawatir jika suaminya sedang tak dirumah, karena kalaupun mau macam-macam toh mereka juga tak bisa.

Baca Juga:  Manusia Penjelajah Waktu Yang Fenomenal

Santet Lowo Ireng

ilustrasi Santet Lowo Ireng

Masih dari wilayah Banyuwangi, di daerah yang dulu pernah heboh dengan kasus dukun santet pada awal tahun 2000-an. Selain Santet Osing, masih ada satu jenis santet lain yang bahkan jauh lebih seram yaitu Santet Lowo Ireng. Santet yang satu masuk dalam kategori santet yang ganas karena akan membuat korbanya mengalami kecelakaan. Kecelakaan yang dimaksud disini bisa berupa kecelakaan di jalan raya, kecelakaan di rumah hingga kecelakaan ditempat kerja. Karena kemampuanya yang dapat mendatangkan musibah secara tiba-tiba, jenis santet yang satu ini tergolong sangat sulit ditangkal. Konon hanya orang yang memiliki iman yang kuat dan rajin berdzikir saja yang mampu terhindar dari serangan santet lowo ireng.

Santet Pelesit Matimang

Suku Dayak Pedalaman

Suku Dayak yang mendiami Kalimantan memang sudah sejak dulu terkenal dengan ilmu mistis turunan nenek moyang mereka yang terkenal sangat ampuh. Bagi orang-orang yang tinggal di Kalimantan haram hukumnya untuk mengusik suku Dayak jiga memang belum bosan hidup. Karena jika sampai berbuat salah bisa-bisa mereka mendapat kiriman ilmu hitam yang mengerikan. Salah satu ilmu hitam yang dimiliki suku Dayak diantaranya adalah, Santet pelesit Matimang, sebuah ilmu tuah yang bisa membuat targetnya mengalami gangguan jiwa secara mendadak alias jadi gila. Hebatnya lagi ilmu santet ini bisa dikirimkan kemana saja, bahkan hingga keluar pulau. Jadi meski korbanya ada diluar pulau Kalimantan, santet pelesit matimang akan tetap mengenai korbanya meski dia ada di Jawa maupun Sumatra. Wah ngeri juga ya…

Santet Buntu Jodoh

ilustrasi buntu jodoh

Sesuai dengan namanya, Santet Buntu Jodoh merupakan jenis ilmu tuah yang bisa membuat targetnya menjadi susah mendapatkan jodoh. Jenis santet ini biasanya digunakan oleh orang yang merasa sakit hati karena ditolak cinta ataupun pasangan yang merasa patah hati setelah putus dengan kekasihnya. Santet jenis ini bisa dikirimkan pada pria maupun wanita tanpa terkecuali. Jadi kurang lebih jika korbanya Pria maka dia akan membujang selamanya dan kalau wanita makan akan menjadi perawan tua karena tak kunjung laku.

Santet Suku Badui

Suku Badui

Suku Badui merupakan suku asal pedalaman Jawa Barat yang terkenal karena gaya hidupnya yang sangat tradisional. Mereka menolak segala modernisasi yang masuk dalam masyarakatnya dan memilih untuk hidup sederhana dengan hanya bergantung pada alam. Suku yang identik dengan pakaian berwarna putih ini juga dekat dengan berbagi ilmu mistis turunan nenek moyang mereka yang masih terjaga hingga saat ini. Salah satu ilmu tersebut diantaranya adalah ilmu santet. Jenis ilmu santet milik suku badui ini juga bukan santet sembarangan dan tergolong ganas karena dapat membuat tubuh korbanya lumpuh secara total dan tiba-tiba. Santet jenis ini bersifat menyiksa karena korban tak langsung meninggal melainkan lumpuh hingga tak dapat beraktifitas. Dengan kondisi seperti ini tak hanya tubuh korban saja yang menderita tapi juga batinya akan tersiksa.

Baca Juga:  Pesugihan Dengan Ritual Seks Bebas

Santet Biriang

ilustrasi Santet Biriang

Kembali lagi ke wilayah Banyuwangi, di Kabupaten yang bedekatan dengan pulau Bali ini, selain dua jenis santet yang sudah disebutkan sebelumnya. Ternyata masih ada satu jenis santet lain yang tak kalah mengerikan nama ilmu santet tersebut adalah Biriang. Sebuah ilmu santet yang akan membuat kulit korbanya jadi rusak dan akibat rasa gatal yang luar biasa. Rasa gatal ini bahkan akan berlangsung hingga bertahun-tahun lamanya hingga kulit membusuk dan bernanah. Karena rasa sakit yang ditimbulkan konon cukup luar biasa, Santet Biriang juga akan membuat korbanya merasa tak tenang dan akan dihantui rasa takut yang luar biasa.

Santet Paku Jiwo

ilustrasi gagal usaha

Banyak orang berfikir jika ilmu santet hanya merupakan ilmu yang melukai orang secara fisik atau mental. Namun anggapan ini sebenarnya tak sepenuhnya benar karena ada pula ilmu santet yang bisa mematikan jalan rezeki seseorang. Nama ilmu santet tersebut adalah santet paku jiwo, di kenal juga dengan sebutan santet kesialan. Santet paku jiwo konon akan membuat targetnya mengalami kebuntuan dalam segala bisnis yang mereka jalani. Tak hanya buntu dalam usaha ilmu santet yang kono berasal dari wilayah Jawa Tengah ini juga akan membuat korbanya tak pernah beruntung dalam hidupnya, semua yang coba dilakukan oleh korban santet paku jiwo biasanya akan berujung kegagalan atau tertimpa musibah ditengah jalan.

Santet Bambu Apus

ilustrasi sakit perut

Bagi orang yang mendalami dunia mistis tentu tahu benar khasiat bambu apus. Bambu dengan ciri khas ruas batang yang berserabut ini konon begitu sakti hingga mampu memberikan tuah pada pemiliknya. Namu jenis bambu ini tergolong cukup langka terlebih yang mengandung aura mistis di dalamnya. Tapi selain hal tadi, ada hal menarik lainya yang berhubungan dengan bambu paus. Hal tersebut adalah sebuah ilmu santet bernama santet bambu apus yang konon amat megerikan. Santet bambu apus akan membuat korbanya tak bisa buang air kecil maupun besar. Dengan kondisi seperti ini, lambat laun korban akan mulai merasa kesakitan akibat perutnya yang terus membuncit akibat tak bisa buang air. Perut yang semakin membesar ini akan membuat korbanya amat kesakitan bahkan hingga menjerit-jerit sebelum akhirnya mati.

Santet Kuyang

ilustrasi linglung

Kalau ada orang yang tiba-tiba menjadi pelupa dan sering linglung dan juga bingung dengan apa saja yang baru saja dilakukanya. Maka munkin saja orang tersebut telah terkena sebuah ilmu santet yang bernama Kuyang. Karena santet kuyang merupakan jenis santet yang akan membuat korbanya jadi linglung. Korban dari ilmu tuah yang berbahaya ini konon menjadi bingung karena sebagian dari jiwanya telah diambil oleh dukun dengan menggunakan ilmu santet kuyang. Saat sudah seperti ini orang yang terkena santet kuyang biasanya akan menjad orang 180 derajat berbeda dari keadaan sebelumnya dan bahkan bisa juga sampai setengah gila. Selain untuk menyerang orang yang dibenci, jenis santet yang satu ini juga sering digunakan dalam ritual pesugihan dengan mengorbankan separuh jiwa anggota keluarga sebagai mahar untuk harta yang akan diperoleh kelak.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa ilmu santet yang ada di Indonesia. Jika kita lihat dampak yang bisa muncul akibat ilmu-ilmu santet ini, tentu kita akan merasa ketakutan apalagi kalau sampai menimpa tubuh kita sendiri. Tapi tak perlu khawatir karena meski sangat ampuh ilmu santet konon jug adapat ditangkal, khusunya bagi mereka yang rajin berdoa dan dekat dengan sang pencipta maka ilmu santet tak akan bisa merasuki kita.

Referensi:

kisahasalusul.blogspot.com/2015/07/11-ilmu-santet-dari-seluruh-nusantara.html

Supranatural