PLARIUSMODIFIKASI101

Selain Wannacry Inilah Virus Komputer Jahat Yang Pernah Menghebohkan Dunia

Thursday, May 18, 2017
Saat ini dunia sedang dihebohkan dengan serangan sebuah virus bernama Wannacrypt atau yang lebih sering disebut Wannacry. Virus berjenis Ransomware (Malware Pemerasan) ini telah sukses menyabotase komputer milik berbagi instasi di lebih dari 100 negara sejak pertama kali memulai seranganya pada 12 Mei yang lalu. Setelah berhasil mengambil alih komputer yang diserangnya, virus ini kemudian akan mengunci seluruh file dan data penting dalam sistem komputer dengan sebuah enkripsi khusus yang hanya bisa dibuka kembali dengan membayar uang tebusan sejumlah 600 USD dalam bentuk bitcoin. Ngerinya lagi jumlah uang tebusan ini akan terus naik sering dengan berjalanya waktu. Enkripsi yang ada pada Wannacrypt ini sendiri konon begitu rumit karena sebenarnya virus ini merupakan milik NSA (Lembaga Keamanan Amerika) yang dicuri pada 14 April lalu.

Hal inilah yang membuat dunia dilanda kekauan saat ini, akibat sulitnya menangani virus yang bisa membuat orang menagis ini. Tapi bagi mereka yang mengerti dunia IT serangan virus seperti ini sebenarnya bukanlah hal baru. Karena sejak tahun 90an, aksi Hecker dan serangan virus secara global sudah sering terjadi. Pada masa itu virus komputer bahkan menyerang dengan lebih bengis dan sulit ditaklukan karena perangkat keamanan seperti anti virus yang belum semaju saat ini. Nah informasi tentang serangan virus yang pernah menghebohkan dunia inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagi kisahnya dalam, Virus Komputer Jahat Yang Pernah Menghebohkan Dunia, versi anehdidunia.com


Melissa




Melissa merupakan nama dari salah satu virus komputer yang memberikan dampak kerusakan massal di era modern. Virus yang pertama kali muncul dan membuah kehebohan pada tahun 1999 yang lalu ini, terkenal tak hanya karena kemampuan dalam merusak sistem komputer namun juga karena virus ini dapat menyebar dengan begitu cepat. Virus ini dapat menyebar dengan sangat cepat karena bisa memanipulasi sistem komputer untuk mengirim klonya ke 50 alamat pertama pada Outlook komputer yang terjangkit. Setelah menyebar luas, Melisa tercatat telah menjangkiti sekitar 20 persen komputer diseluruh dunia dengan perkiraan kerugian mencapai lebih dari 80 juta dollar. Kehebohan virus Melisa ini sendiri akhirnya berakhir setelah pembuat sekaligus penyebarnya David L. Smith, ditangkap oleh FBI dan dijebloskan ke dalam penjara.


Skulls.A Trojan




Banyak orang bilang saat ini adalah era dimana virus tak lagi hanya menyerang komputer namun juga smartphone. Kian hari makin banyak saja virus baru bermunculan, meski sistem operasi smarphone saat ini terbilang rajin mendapatkan update. Tapi sebenarnya inveksi virus IT pada perangkat mobile, bukan hanya terjadi akhir-akhir ini saja. Karena pada tahun 2004 yang lalu, sempat terjadi kehebohan akibat sebuah virus yang menjangkiti perangkat mobile berbasis sistem Symbian. Virus bernama Skulls.A Trojan ini sukses menyusup ke OS penguasa pasar perangkat mobile pada masa itu dengan menyusup dalam file unduhan beberapa aplikasi tertentu. Setelah berhasil masuk ke sitem ponsel virus ini akan membuat ponsel nyaris tak berfungsi dan hanya bisa digunakan untuk menelpon saja. Selain itu semua ikon menu yang ada dalam ponsel juga kan berubah menjadi gambar tengkorak dengan dua tulang bersilang. Karena ikon tengkorak inilah, virus ini kemudian dikenal dengan sebutan Skulls.A Trojan.


MyDoom




Masih dari tahun 2004, pada tahun ini dunia IT sempat dibuat heboh dengan sebuah virus komputer yang menyebar dengan sangat cepat. Virus tersebut diberi nama MyDoom yang artinya "kiamat kecil." Selain dapat menyebar dengan amat cepat, virus bertipe "worm" ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada sistem yang bahkan hingga berdampak pada turunya kinerja prosesor. Komputer yang telah dijangkiti virus ini akan jadi sangat lemot, akibat jumlah worm yang terus bertambah dan menambah beban kerja prosesor. Selain itu virus yang menyebar secara global ini, juga terbilang kebal terhadap berbagi macam software anti-virus yang ada pada masanya dan nyaris tak bisa di usir kecuali dengan instalasi ulang sistem operasi komputer. Munculnya MyDoom juga juga menjadi awal mula munculnya stigma buruk Windosw sebagai sisoftware anti-virus, sekaligus menjatuhkan nama baik Microsoft diseluruh dunia.


Sircam




Sircam merupakan virus yang menjadi cikal bakal dari Malware yang kita kenal saat ini. Cara kerja virus ini hampir mirip dengan WannaCry yang sedang heboh saat ini, yaitu dengan menyerang file Microsoft Office secara acak pada komputer yang terjangkit, kemudian secara acak mengirimkan surat berantai melalui daftar kontak yang ada di komputer. Dengan cara ini Sircam dapat menyenbar dengan sangat cepat dan memberikan kerusakan yang lumayan para pada komputer yang di jangkiti. Hanya saja virus ini tak merubah enkripsi pada komputer dan menguncinya seperti WannaCry yang menyebabkan virus ini agak sulit untuk diketahui tanda kemunculanya di komputer. Hal ini membuat penyebaran virus ini awalnya tak terendus dan sukses mencuri data yang cukup banyak dari lembaga-lembaga penting. Hal ini menyebabkan kerugian yang amat besar, karena menurut analisis yang dilakukan oleh University of Florida, dibutuhkan dana kira-kira 3 miliar Dollar, hanya untuk sekedar memberantas virus ini.


Storm Trojan




Meski kian hari jaringan komputer makin canggih, bukan berarti kita akan makin aman dari ancaman virus. Karena pada saat yang sama para Hecker juga merancang virus dengan teknologi yang kian canggih. Salah satu buktinya adalah infeksi masal virus Storm Trojan yang merajalela pada tahun 207 yang lalu. Sesuai dengan namanya virus baru yang amant canggih ini sukses membawa kerusakan yang dahsyat pada komputer yang dijangkitinya seperti badai. Menyebar melalui email spam yang diselipi Malware, virus ini sukses menjangkiti setidaknya 8 persen komputer di seluruh dunia. Virus ini juga sukses membuat jaringan botnet pada sekitar 10 juta komputer sebelum akhirnya berhasil dihancurkan. Namun penghancuran Storm Trojan ini tak berjalan mudah karena sang kreator virus ini merancang Storm Trojan untuk merubah kodenya sendiri setiap 10 menit.


Zeus




Jika dalam kisah mithologi Zeus merupakan dewa tertinggi di Yunani, maka Zeus dalam dunia IT berarti sebuah virus jahat yang menandai awal dari era perampokan secara online. Virus yang diduga merupakan hasil pengembangan dari organisasi kejahatan dunia ini menginfeksi komputer pribadi seseorang dan menjangkitinya dengan Malware khusus. Malware ini kemudian melakukan phising dan keylogging protocol untuk mencuri detil dari online banking seseorang, setelah itu menguras habis rekeningnya rekeningnya. Kerugian akibat virus ini sendiri diperkirakan mencapai 70 juta dollar, data ini diperoleh dari para pelaku yang akhirnya tertangkap. Tapi sayangnya meski sudah lama berhasil di atasi, virus yang mirip dengan Zeus hingga kini masih banyak beredar dan digunakan untuk mencuri data personal seseorang.


Malware WhatsApp




Di tengah era serba cepat dan instan seperti saat ini, mobile bangking merupakan sarana andalan yang wajib dimiliki untuk mempermudah aktifitas bisnis. Namun sayangnya meski teknologi smartphon sudah lumanyan tinggi, bukan berarti data personal kita akan aman. Karena informasi detil tentang mobile banking seseorang ternyata bisa dengan mudah dicuri oleh hacker dengan bantuan Malware virus. Parahnya lagi virus ini ternyata menyebar melalui aplikasi percakapan yang banyak digunakan orang saat ini yaitu WhatsApp. Cara kerja virus ini sendiri adalah dengan menyusup pada file dokumen yang dikirimkan via pesan WhatsApp. Saat telah berhasil masuk, virus ini kemudian akan menyalin semua data persolan termasuk diantaranya detai informasi akun perbankan yang ada di smartphone. Saat hal ini sudah terjadi maka kejadian selanjutnya sudah tak perlu dipertanyakan lagi, karena dalam sekejab isi rekening bank kita bisa ludes.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa kasus inveksi Virus komputer yang telah menghebohkan dunia. Dan untuk kasus Wannacry yang sedang hebih saat ini, kita sebenarnya tak perlu takut. Karena jika kita rajin melakukan update pada sistem komputer dan juga anti-virus yang ada, maka infeksi virus pada kompuer akan bisa dihindari. Hanya saja tetap harus waspada dan tidak membuka file-file asing yang masuk ke email kita atau jangan mengunjungi situs-situs berbahaya yang rawan disusupi virus jahat, kalau tak mau menyesal pada akhirnya.

Referensi:
https://www.merdeka.com/teknologi/7-virus-komputer-jahat-yang-sukses-bikin-kacau-dunia-it.html
https://inet.detik.com/security/d-3500962/penjelasan-kasper