Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unik Banget Tata Cara Makan Beberapa Negara Di Dunia

Sebagai negara yang masih memegang teguh adat ketimurannya, masyarakat Indonesia selalu memprioritaskan tentang kesopanan dan tata krama. Mulai dari cara berbicara, berjalan hingga pada hal sederhana seperti makan semua memiliki aturan tata krama yang dianggap baik. Anggapan ini tak sekedar asal-asalan, pasalnya masyarakat Indonesia memang percaya bahwa tingkat kesopanan seseorang bisa dinilai dari seberapa baik dia menjalankan kehidupan dengan tata krama dan menghormati yang lebih tua.


Untuk urusan tata cara makan, orang Indonesia memiliki dua cara yakni memakai sendok atau tangan. Masing-masing masih dianggap sopan selama tak bersendawa ketika makan bersama dan lain sebagainya. Lain halnya beberapa negara di dunia, mereka juga memiliki tata cara unik ketika makan atas nama etika dan kesopanan. Negara mana sajakah kira-kira? Berikut tata cara unik makan beberapa negara di dunia versi anehdidunia.com.


Spanyol



Negara yang khas dengan tradisi matadornya ini ternyata memiliki tata cara unik ketika makan yang dinamakan sobremesa. Dalam bahasa Inggris sobremesa diartikan sebagai after dining atau setelah makan. Artinya masyarakat Spanyol percaya dan memegang teguh tradisi bahwa setelah menyantap makanan, mereka tak diperbolehkan langsung meninggalkan meja makan melainkan harus diam dulu hingga dirasa makanannya benar-benar telah masuk perut. Sembari menunggu makanan benar-benar turun ke perut, mereka biasanya mengobrol atau menceritakan sesuatu. Tradisi ini memang sudah sejak lama dilakukan masyarakat Spanyol, apalagi jika menikmati makan bersama bisa dipastikan semuanya akan sobremesa setelah makanan habis.


Jerman



Salah satu negara di bagian Eropa Barat yang memiliki tata cara unik ketika makan adalah negara Jerman. Masyarakat Jerman memang dikenal mengkonsumsi roti atau kentang sebagai makanan pokok. Jadi seperti halnya nasi di Indonesia, di Jerman hampir setiap hari roti dan kentang dikonsumsi oleh semua warganya. Dan salah satu keunikan tata cara makannya orang Jerman terletak pada waktu menyantap kentang. Kentang yang seringkali direbus sebelum disantap harus dihancurkan menggunakan garpu. Mungkin terdengar tidak praktis tapi memang tata caranya seperti itu, jika ada yang menghancurkan kentang dengan menggunakan pisau maka dianggap tidak memiliki sopan santun.


Jepang – Korea



Tingkat kesopanan masyarakat Asia Timur memang sudah tak diragukan lag. Mereka sangat menjunjung tinggi kesopanan, tradisi dan budaya para leluhurnya. Tak terkecuali soal makanan, mereka sangat memperhatikan tata caranya agar tak luput menghormati orang yang lebih tua. Di Jepang dan Korea, masyarakatnya selalu makan dengan sumpit. Karena itulah, menusuk makanan dengan sumpit serta beradu sumpit tak diperbolehkan. Mau ambil lauk sekecil atau sebesar apapun harus memakai sumpit. Jika makanan yang disajikan adalah sup mereka boleh memakai sendok dan sebelum makan terlebih dahulu mencium baunya dan meminum kuahnya. Hal ini dianggap sangat menghormati dan memuji masakannya enak. Di dua negara ini, mempersilahkan orang yang lebih tua mengambil makanan dulu dianggap sangat sopan. Tak boleh ada sisa jika makan bersama orang Jepang dan Korea, karena jika iya mereka menganggap hal tersebut adalah penghinaan.


Inggris



Bagi masyarakat Indonesia, makan menggunakan tangan secara langsung sudah tak aneh lagi. Namun bagi beberapa negara-negara seperti di Eropa atau Amerika pasti dianggap sedikit jorok dan menjijikkan. Akan tetapi hal tersebut tak berlaku bagi orang Inggris. Mereka terbiasa makan asparagus dengan tangan secara langsung. Asparagus adalah sayuran rendah kalori yang sering diolah menjadi makanan di Eropa. Mereka memotong bagian pangkal asparagus yang memang teksturnya lebih keras dibandingkan yang lain dengan tangan kemudian mengunyah bagian lainnya. Sementara asparagus dinikmati, bagian pangkal yang telah dipotong tadi tetap ditaruh di atas piring hingga makan selesai. Tata cara seperti ini sudah sejak lama dipakai oleh masyarakat Britania Raya, Inggris.


Thailand



Negeri 1000 Pagoda Thailand ternyata juga termasuk negara dengan tata cara makan yang unik di dunia. Hal-hal mistis dan berbagai mitos yang hadir dalam kepercayaan masyarakat Thailand ternyata juga memberi efek kebudayaan yang beraneka ragam. Seperti tata cara makan yang mengharuskan posisi telapak kaki tak boleh terlihat ketika lesehan atau posisi kepala saat duduk juga tak boleh lebih tinggi dari patung Buddha atau Raja yang ada di rumah. Tak hanya itu saja, masyarakat Thailand selalu menikmati makan dalam diam alias tanpa bercanda karena jika mereka bercanda nasinya akan dicuri oleh hantu! Uniknya lagi, ketika makan sambil bersandar mereka akan terlahir sebagai ular di kehidupan reinkarnasi mendatang.

Sahabatanehdidunia.com itulah tata cara unik makan beberapa negara yang ada di dunia. Meskipun berbeda-beda tapi semuanya memiliki maksud yang sama yakni menjaga etika dan kesopanan. Jika anda sedang bertamu, apalagi orang asing diluar Indonesia hal terbaik adalah ikut menghargai tradisi-tradisi atau kebiasaan contohnya seperti tata cara makan mereka. Karena titik kehormatan seseorang juga berasal dari seberapa besar mereka menghargai orang yang lain.

referensi:
arenamuda.com/7-negara-yang-memiliki-tata-cara-makan-yang-unik/