Cuma Ada 1 Di Dunia, Inilah Foto Sejarah Paling Langka Di Dunia


Satu Foto, Seribu Cerita” sebuah ungkapan sederhana yang memiliki makna yang dalam. Sebuah foto mungkin kadang akan terlihat begitu sederhana, namun di balik sebuah foto selalu sebuah kisah yang tersimpan. Baik itu hanya sebuah kisah sederhana atau bahkan sebuah fakta besar sejarah, semuanya bisa terbingkai dengan cantik dalam sebuah kertas polaroid. Karena itu kadang orang lebih bisa memahami sebuah peristiwa dengan melihat sebuah foto daripada mendengar ribuan kata.

Sebuah foto juga bisa memiliki nilai yang sangat tinggi jika memiliki nilai historis tersendiri. Entah karena moment yang tersimpan di dalamnya atau karena kelangkaanya. Beberapa foto bisa menjadi sebuah harta karun yang amat berharga bagi mereka yang mengetahui sejarah di baliknya. Ada juga foto-foto yang hanya tinggal satu-satunya di dunia ini. Foto-foto ini tak hanya langka tapi juga menyimpan sebuah momen penting dalam sejarah yang mungkin tak akan pernah bisa dilihat lagi.

Kisah dari foto yang tinggal satu di dunia inilah yang kali ini akan anehdidunia.com dalam Foto Sejarah Paling Langka Di Dunia versi anehdidunia.com

Foto Albert Einstein Mengajar Teori Relativitas

Semua orang pasti tahu kalau Albert Einstein adalah orang uang menemukan teori relativitas yang terkenal dengan rumus E=mc2. Tapi tahukah kalian kapan Einstein pertama kali mengajarkan teori ilmu ini dalam sebua perkuliahan? Jawaban dari pertanyaan itu adalah di kota Pittsburgh, Amerika pada tahun 1934. Peristiwa penting ini berhasil diabadikan dalam sebuah foto langka yang dikemudian hari berhasil ditemukan oleh David Topper dan Dwight Vincent dari Universitas Winnipeg, saat keduanya memeriksa tumpukan koran tua.

Dalam tumpukan koran tua tersebut, David dan Dwight menemukan sebuah kliping lawas dari surat kabar Halftone, dimana mereka melihat sebuah foto lawas yang menunjukan Einstein tengah mengajar di sebuah Universitas. Dalam foto tersebut Einstein terlihat sedang mengajar sekitar 400 mahasiswa dengan menggunakan papan tulis ganda yang menjadi ciri khasnya. Foto ini menjadi satu-satunya saksi yang berhasil mengabadikan moment langka saat Einstein mengajarkan teori relativitas miliknya yang sangat terkenal.

Foto Budak Universitas Georgetown

Pada tahun 1838, Universitas Georgetown di Washington, D.C. menjual tak kurang dar 272 budak berkulit hitam ke negara bagian Louisiana untuk melepaskan diri dari hutang. Penjualan massal budak pria, wanita, dan anak-anak ini merupakan salah satu sejarah paling kelam dalam era perbudakan yang pernah ada di Amerika. Negosiasi penjualan manusia bernilai 3,3 juta dollar ini bahkan melibatkan dua petinggi Universitas tersebut dimana kemudian sebagaian uang hasil penjualan berjumlah sekitar 500 ribu dollar digunakan untuk melunasi utang Universitas.

Baca Juga:  Hotel Hotel Unik Yang Hanya Memiliki Satu Kamar

Peristiwa penting dalam sejarah perbudakan di Amerika ini ternyata diabadina dalam sebuah foto dari seorang pria yang belakangan di ketahui bernama Frank Campbell. Pria tua yang terlihat telah beruban ini merupakan salah satu dari 272 budak yang kemudian di pekerjakan di perkebunan Yesuit di Maryland. Dipekerbunan ini ia dan ratusan orang lainya dipaksa bekeja selama bertahun-tahun atau bahkan dijual lagi ketempat lain dan foto diatas adalah satu-satunya gambar yang berhasil mengabadikan momen memilukan tersebut.

Foto Bapak Delta Blues

Charley Patton saat ini dikenal sebagai Bapak Delta Blues Dunia, pria kelahiran Mississipi, 1891 ini dianggap sebagai pembangun pondasi musik blues di Amerika, setelah ia mengeluarkan album blues pertamanya pada thun 1929. Namum meski sangat terkenal dan dikagumi banyak orang, anehnya sangat sulit untuk menemukan foto Patton. Satu-satunya foto yang pernah mengabadikan wajah Patton adalah sebuah foto dari cover untuk promosi album pertamanya. Dalam foto tersebut Patton terlihat memakai setelah necis sambil memegang gitar kesayangan. Foto ini menjadi satu-satunya di dunia karena 5 tahun kemudian tepatnya pada April 28, 1934, Charley Patton meninggal dunia tanpa sebab yang jelas.

Foto Jocelyn Gordon Whitehead

Saat melihat foto di atas mungkin banyak orang yang bingun dan tak mengetahui siapa orang ini sebenarnya. Tapi dialah Jocelyn Gordon Whitehead, pria yang disebut-sebut sebagai orang yang bertanggung jawab atas kematian Harry Houdini. Entah karena masalah apa, pada tanggal 22 Oktober 1926, Jocelyn yang maish menjadi Mahasiswa di Universitas McGill, mendatangi Harry Houini di ruang gantinya yang ada di Teater Princess di Montreal dan melayangkan sebuah pukulan ke perut Houdini.

Akibat pukulan ini sembilan hari kemudian tepatnya pada perayaan Hallowen, Harry Houdini dinyatakan meninggal akibat cidera pada organ dalamnya. Namun anehnya meski diketahui sebagai penyebab kematian Houdini, Jocelyn tetab bisa berkeliaran dengan bebas. Jocelyn bahkan bisa terlihat dengan santai membaca sebuah buku, seperti yang berhasil di abadikan dalam foto diatas tepat beberapa hari setelah kematian Houdini. Foto tersebut merupakan satu-satunya foto dari Jocelyn Gordon Whitehead yang masih ada sampai saat ini.

Baca Juga:  Benda-Benda Keren Dari Kayu

Marilyn Monroe, John F Kennedy dan Bob Kennedy

Semasa hidupnya Presiden John F Kennedy, dikenal memiliki banyak kontroversi. Salah satu kontroveris yang paling menyita perhatain publik adalah rumor kedekatan JFK dengan Boomsex pada masa itu yaitu Marilyn Monroe. Keduanya dikabarkan memiliki hubungan yang sangat intim bahkan tergolong berani. JFK bahkan tak sungkan untuk memberikan sebuah pesta kejutan ulang tahun pada Monroe di bulan Mei 1962. Momet tersebut diabadikan oleh fotografer Gedung Putih Cecil Stoughton, dalam sebuah foto hitam putih, dimana Monroe terlihat mengenakan gaun putih yang baru saja ia gunakan untuk menyanyi Madison Square Garden, sementara JFK terlihat sedang memegang kue sambil mengucapkan ulang tahun pada Monroe. Dalam foto yang kemungkinan besar di ambil di sebuah ruangan di Gedung Putih iitu, terlihat juga adik JFK, Bobby Kennedy.

Menurut Stoughton, JFK dan Monroe sebenarnya sudah sering berfoto bersama, hanya saja FBI dan Secret Servis seringkali menyita negatif film yang terdapat gambar kedunaya dan menghancurkanya. Hanya foto di atas itu saja yang masih tersisa, karena terlewatkan oleh agen FBI saan memeriksa rumah Stoughton. Pada tahun 2008, Stoughton kemudian menjual foto rahasia miliknya ini pada seorang pria bernama Markus, setahun sebelum Stoughton meninggal. Sosok bernama Markus ini pula yang diduga kuat menjadi biang keladi penyebab bocornya foto JFK dan Monroe.

Sahabat anehdidunia.com, itulah beberapa foto paling langkan di dunia ini. Dari kisah di atas kita bisa sedikit belajar bahwa, sebuah foto sederhana kadang bisa memiliki banyak makna di masa depan. Karena itu rawat baik-baik foto-foto kenangan kalian yah…

Referensi:

http://oddee.com/item_100073.aspx

Foto Aneh Unik