Wow Taman Labirin Terluas dan Terbesar di Dunia


Jika anda pergi ke taman hiburan, mungkin yang menarik bagi anda selain wahana permainannya yang ekstrim adalah rumah hantu, rumah kaca, taman sesat atau labirin, toko hewan dan lain sebagainya. Memang hampir semua taman hiburan yang ada di dunia memiliki standar yang sama tentang apa saja yang bisa disajikan di dalamnya terasuk jenis hiburan yang seperti apa yang bisa dinikmati oleh semua usia. Bagi anda yang memiliki phobia ketinggian, mengunjungi rumah kaca atau taman sesat (labirin) bisa menjadi pilihan yang cukup menantang.

Bicara soal labirin memang kesan yang biasanya muncul adalah pagar rumput hijau yang tinggi yang mengelilingi jalan berliku dan memberi efek menipu karena banyaknya jalan buntu dan kadang disebut taman sesat. Di Indonesia sendiri, beberapa taman hiburan selalu ada labirin yang meskipun tak seberapa luas namun cukup menantang. Namun, ada beberapa taman hiburan yang tak hanya memiliki pemandangan indah namun juga merupakan taman labirin terluas di dunia!

Snake & Ladders


Snake & Ladders yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia yakni Ular & Tangga memang dikenal sebagai papan permainan menggunakan dadu untuk menjalankan permainan, hampir mirip seperti monopoli. Nah, sebuah permainan sederhana tersebut ternyata menginspirasi seorang pria berkebangsaan Inggris bernama Michael Blee untuk merancang dan membuat labirin bak permainan ular tangga raksasa! Taman labirin ini memiliki pagar rumput hijau setinggi 3 meter dan memanjang di area lahan kurang lebih 2,5 hektar! Blee yang memang dikenal sebagai perancang taman labirin paling berhasil di kawasan Inggris ini disebut-sebut sebagai pembuat ular tangga terbesar dan taman labirin terumit di dunia berkat Snake & Labbers ini. Lokasi taman labirin ini sendiri berada di Gore Farm. Pengunjung yang pernah menjajal masuk ke taman labirin ini mengatakan setidaknya membutuhkan waktu 4 jam untuk menyelesaikan permainan ini! Tentu saja 4 jam yang mengunutngkan karena dijamin pemandangannya juga sangat indah!

Baca Juga:  Kesempatan Kedua Hidup Lagi Setelah Bunuh Diri

Longleat Hedge Maze


Masih dari wilayah Inggris mari coba menemui salah satu labirin terluas dan terindah di dunia lainnya bernama Longleat Hedge Maze. Perancang dari taman labirin yang menakjubkan ini bernama Greg Bright. Panjang jalurnya sekitar 2,72 kilometer diatas lahan seluas 0,6 hektar benar-benar menampilkan pemandangan indah luar biasa. Salah satu keunikan taman labirin ini adalah terdapat enam buah jembatan di dalamnya yang bisa anda jadikan tempat untuk menikmati keindahan taman labirin dari atas. Bagi anda yang benar-benar ingin berpetualang di dalamnya, satu menara besar yang terletak di tengah-tengah taman labirin merupakan titik akhir dengan sajian pemandangan luar biasa dari atas. Taman labirin ini dibuat pada tahun 1975 dan merupakan taman labirin yang tak hanya indah namun juga salah satu yang terluas di dunia!

Reignac sur Indre Maze


Taman labirin yang memiliki keindahan dan terluas di dunia selanjutnya adalah Reignac-sur-Indre Maze. Dilihat dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa lokasi taman labirin ini berada di Perancis. Dibangun pada tahun 1996, labirin ini memiliki wilayah yang sangat luas sebesar 40.000 m2. Kawasan Reisnac sur Indre memang dikenal sebagai salah satu kawasan wisata di Perancis yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Untuk yang mengunjungi taman labirin ini saja setiap tahunnya terdapat kurang lebih sekitar 85.000 pengunjung yang mendatanginya. Berbeda dengan taman labirin lain yang terkadang hanya menampilkan nuansa hijau dari rerumputan, Reignac sur Indre ini punya ciri khas yang unik yakni menanami pagar labirinnya dengan tanaman jagung atau biji bunga matahari. Sehingga bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat tersebut silahkan datang diwaktu musim semi karena jagung dan bunga matahari bermekaran siap panen. Selain luas dan bisa dijadikan tempat berpetualang, pemandangan yang dihadirkan juga bisa membuat efek menyegarkan. Bentuknya yang melingkar-lingkar mengingatkan kita pada bentuk”crop circle”.

Baca Juga:  Cicipi Es Krim Ini Punya Rasa Aneh Dan Unik

Pineapple Garden Maze


Setelah berkeliling ke daratan Eropa, mari kita menengok ke wilayah Hawai yang ternyata juga memiliki taman labirin dan terluas di dunia. Dengan area lahan seluas lebih dari 3 hektar ini memiliki jalur yang rumit sepanjang 3 mil! Jika di Reignac sur Indre labirinnya dibuat dari tanaman jagung dan biji bunga matahari, taman labirin di Pineaple Garden Maze taman ditanami lebih dari 14.000 jenis tanaman khas Hawai! Seperti contohnya adalah tanaman croton, panax, heliconia bahkan ada juga tanaman buah nanas! Jadi tak heran jika taman labirin ini juga dijuluki sebagai labirin botanica karena berbagai flora yang ada di dalamnya. Karena keunikannya ini, taman labirin Pineaple Garden Maze pernah mendapatkan gelar di Guinnes World Record pada tahun 2001! Bagi para pengunjung yang berhasil menyelesaikan tantangan di taman labirin ini akan memperoleh penghargaan dengan cara namanya akan dicantumkan di pintu masuk taman labirin ini! Pineaple Garden Maze terletak di kawasan Wahiawa, Hawaii, Amerika Serikat.

Itulah daftar taman labirin terindah dan terluas di dunia versi anehdidunia.com. Tak hanya sekedar indah dan luas, taman –taman labirin tersebut memiliki ciri khas dan perawatan yang ekstra sehingga semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Sahabatenhdidunia.com diantara banyaknya taman labirin yang indah dan luas di dunia tersebut, manakah yang menjadi favorit kalian?

Sumber referensi:
http://bashny.net/t/en/209088?page=2
http://kumpulanceritanya.blogspot.co.id/2013/02/10-labirin-paling-indah-di-dunia.html
https://www.doleplantation.com/worlds-largest-maze/

Cinta