PLARIUSMODIFIKASI101

Isi Museum Paling Menyeramkan Dan Aneh Yang Pernah Ada

Sunday, September 10, 2017
Sejarah merupakan bagian dari peradaban manusia. Melalui sejarah, kita akaan mengenal dan tahu tentang apa yang lebih dulu ada, apa yang sempat hadir dan apa yang telah menghilang. Hal apapun yang ada saat ini merupakan perkembangan dari sejarah. Begitu pentingnya sejarah sehingga setiap orang wajib untuk tahu agar tidak lupa dengan peristiwa-peristiwa terdahulu. Dan cara-cara mengenal sejarah saat ini juga sudah banyak.


Bukti-bukti nyata sejarah sangat beraneka ragam. Tiap negara pun selalu berupaya untuk menjaga dan merawat baik benda-benda bersejarah yang telah ditemukan. Salah satu contohnya adalah lewat museum. Museum merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan, memajang dan mengkoleksi benda-benda kuno yang memiliki nilai sejarah seperti alat perang, mata uang kuno, kendaraan zaman dulu dan lain sebagainya. Namun ternyata ada juga lho museum unik dan aneh di dunia tepatnya menyeramkan seperti di bawah ini.



The Lingerie Museum



The Lingerie Museum atau dalam bahasa Indonesia disebut Museum Pakaian Dalam nyatanya benar-benar ada di dunia. Pendirinya tak lain adalah Frederick Mellinger seorang pria berkebangsaan Amerika Serikat yang juga penemu push up-bra. Museum ini juga lebih dikenal dengan nama The Celebrity Lingerie Hall of Fame. Tak heran karena memang isinya juga berbagai macam model pakaian dalam, korset dan lainnya yang pernah dipakai oleh selebritas Hollywood. Selain itu, perkembangan pakaian dalam dari masa ke masa juga menjadi bagian dari koleksi yang ada di museum aneh ini. Beberapa koleksi dari museum ini yang terkenal adalah bustier yang pernah dipakai artis Marylin Monroe dalam film How To Marry A Millionare, celana dalam milik Tom Hanks dalam film Forrest Gump dan lain-lain. Museum ini terletak di kota Los Angeles, negara bagian California, Amerika Serikat.



Museum Kunstkamera, Rusia



Museum Kunstkamera adalah salah satu museum yang paling terkenal di Rusia. Bukan hanya karena museum ini adalah museum pertama yang ada di Rusia, tapi juga karena koleksinya yang aneh. Bagaimana tidak aneh, kalau koleksinya sebagian besar terdiri dari awetan makhluk hidup yang terlahir dengan bentuk fisik yang tidak biasa?.
Tak hanya itu, museum ini juga menyimpan berbagai alat penyiksaan yang keji seperti kursi hukuman yang penuh paku dan bor kepala. Ternyata museum ini didirikan oleh Peter the Great untuk menghilangkan rasa takut manusia pada monster. Melihat koleksi yang ada, sepertinya memang tidak butuh monster untuk merasa ngeri.



The Beauty Museum



Museum unik dan aneh lainnya yang ada di dunia adalah The Beauty Museum atau The Museum of Enduring Beauty. Lokasinya berada di kota Malaka, Malaysia. Museum yang dibuka untuk umum pada tahun 1996 ini menginterpretasikan sejarah tentang kecantikan perempuan dari masa ke masa, dari negara yang satu dengan negara lain yang tentu saja berbeda-beda. Mungkin tampak biasa, tapi jika anda masuk ke dalamnya mungkin beberapa diantara anda akan ngilu melihat cara-cara orang-orang dulu untuk “cantik” menurut versi mereka. Contohnya bagi orang Cina sewaktu masa akhir dinasti Tang yang berpendapat bahwa wanita cantik adalah yang telapak kakinya sangat kecil. Sehingga mereka dulu membalut kaki dengan kain dan memakai sepatu ukuran kecil sehingga menekan kaki mereka hingga ukurannya sebatas 10-15 cm saja! Museum ini pernah ditutup tahun 2011 hingga 2012 untuk renovasi dan peningkatan kerja.



Siriraj Medical Museum



Jika anda berlibur ke Bangkok, Thailand jangan lupa sempatkan untuk mampir ke sebuah museum yang cukup fenomenal ini. Siriraj Medical Museum adalah salah satu objek wisata yang menarik tak hanya untuk wisatawan domestik namun juga wisatawan asing juga. Sesuai dengan namanya, museum ini memang dibangun untuk kepentingan pengetahuan terkait medis. Namun koleksi yang ada di dalamnya pun memang cukup aneh, seperti anggota tubuh yang dimutilasi, tengkorak kepala manusia yang otaknya mengalami pendarahan, kerangka tubuh bahkan janin yang telah diawetkan juga dipajang! Tak heran karena kumpulan koleksinya yang cukup aneh inipun, museum ini juga dijuluki sebagai The Museum of Death! Siriraj Medical Museum ini memiliki empat bagian yakni museum pengobatan tradisional Thailand, anatomi, patologi dan toksikologi.



International Cryptozoology Museum



Secara umum cryptozoology atau kriptozoologi adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang hewan-hewan yang belum terbukti keberadaannya. Nah, ada seorang kriptozoologis terkenal di dunia asal Amerika Serikat bernama Loren Coleman yang mendirikan International Cryptozoology Museum atau Museum Kriptozoologi Internasional pada tahun 2003. Sudah bisa ditebak bahwa koleksi yang ada di dalam museum ini adalah hewan-hewan rekaan yang pernah diteliti, menjadi mitos atau yang telah punah. Contohnya saja seperti putri duyung, bigfoot dan lain sebagainya. Lokasi museum ini ada di darah Portland, Amerika Serikat.



The Dog Collar Museum



Inggris adalah salah satu negara yang ternyata juga memiliki museum terunik dan aneh dunia. Museum tersebut bernama The Dog Collar Museum atau Museum Rantai Anjing. Yup, rantai yang biasa digunakan di leher anjing dari masa ke masa tersebut menjadi koleksi utama di museum ini. Tak tanggung-tanggung, koleksi yang ada tersebut adalah hasil penemuan-penemuan mulai dari abad ke-15! Tentu saja rantai-rantai anjing tersebut merupakan barang kuno yang nilainya berharga. Rantai-rantai tersebut ada yang terbuat dari besi dan dikelilingi paku untuk mencegah anjing diserang hewan lain. Terhitung sebanyak jutaan pengunjung telah mengunjungi museum yang terletak di Leeds Castle ini tiap tahunnya.



Museum Musee Dupuytren



Museum yang bernama Musee Dupuytren ini adalah museum yang menyimpan ribuan replika organ tubuh serta organ tubuh asli yang diawetkan. Musee Dupuytren berlokasi didalam komplek Faculty of Medicine, University of Paris,Perancis. Meskipun lekat dengan aspek kedokteran, museum ini diminati wisatawan karena punya koleksi yang cukup menyeramkan.


Ada ribuan koleksi replikaorgan tubuh manusia, anatomi tubuh dari kepala sampai kaki manusia yang terbuat dari lilin. Koleksi museum ini awalnya dimiliki oleh kimiawan asal Perancis yang juga penemu ilmu toksikologi, Mathieu Orfila, di tahun 1835. Ada ribuan replika lilin anatomi tubuh manusia dan peralatan kedokteran lainnya. Koleksi itu akhirnya disimpan di sebuah biara dan dialihfungsikan sebagai museum, hingga pada 1937 terpaksa ditutup karena diabaikan begitu saja. Semua koleksi lilin pun dibiarkan membusuk selama 30 tahun.


Beruntung kemudian Jacques Delarue, kepala Faculty of Medicine, University of Paris, menghidupkan kembali museum ini pada tahun 1967. Meski koleksinya tak lagi utuh, wisatawan bisa melihat peninggalan alat eksperimen kedokteran peninggalan seabad silam. Selain ribuan replika organ lilin, wisatawan juga bisa melihat otak pasien yang menderita penyakit mematikan yakni Aphasia. Otak itu direndam dalam larutan alkohol oleh seorang ahli anatomi terkenal di dunia. Pengunjung juga bisa melihat koleksi alat eksperimen kedokteran yang digunakan pada abad ke-17 dan 18, lengkap dengan gambar dan foto-fotonya


Dengan hadirnya museum-museum unik dan aneh ini tentu saja menciptakan keanekaragaman di dunia. Sisi kreatif seseorang membangun museum yang lain daripada lain ini juga patut diapresiasi karena termasuk menjaga dan mengabadikan sejarah. Keberadaan museum-museum ini juga menjadi bukti bahwa tak selalu taman hiburan yang bisa dijadikan andalan berwisata namun museum pun juga bisa!

Sumber referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/
http://www.pulsk.com/550603/Pertama-di-Dunia-Beginilah-Museum-Pakaian-Dalam.html
http://www.seeing-stars.com/Museums/Fredericks.shtml
http://tripfreakz.com/offthebeatenpath/museum-of-enduring-beauty-malacca
https://www.leeds-castle.com/Attractions/The+Castle+%26amp%3B+Exhibitions?id=p3