PLARIUSMODIFIKASI101

Insiden Menggenaskan Pabrik Petasan Meledak Di Beberapa Negara

Friday, October 27, 2017
Mercon yang kadang disebut petasan atau kembang api digunakan untuk memeriahkan suatu perayaan yang berdaya ledak rendah. Hal ini terjadi karena bubuk black powder yang diramu sedemikian rupa. Semakin majunya jaman, bentuk dan hasil ledakan petasan ini pun berbeda beda, bagaikan mata koin, satu sisi orang suka akan keindahan warna warni kembang api saat malam hari dan satu sisi banyak kecelakaan yang ditimbulkan oleh petasan ini. Seperti yang terjadi di Kosambi Banten, meledaknya pabrik mercon ini menyebabkan banyak orang luka hingga meninggal. Melihat dari hasil jejak rekam kejadian tragis meledaknya pabrik mercon, kami kumpulkan insiden pabrik petasan meledak di beberapa negara versi anehdidunia.com


Pabrik Mercon Meledak Amerika Serikat

Sebuah pabrik gelap yang memproduksi kembang api ilegal meledak di sebuah peternakan yang terletak di pinggiran Benton, Tennesse Amerika Serikat. Meledaknya bahan peledak, mesiu dan bahan kimia lainnya yang diletakkan di gudang, langsung membunuh belasan pegawai dan meratakan gedung menjadi tanah. Gemuruh ledakan yang terjadi selama 9 menit dan menghasilkan gelombang kejut sejauh 200 meter serta awan hitam yang membumbung ke awan mengejutkan masyarakat sekitar. Pada tanggal 19 april 1984, pemilik pabrik Dan Lee dijatuhi hukuman 10 tahun penjara dan denda $10.000 dalam pembuatan bahan peledak tanpa izin serta pembunuhan yang disengaja.


Meledaknya Pabrik Mercon Di Sivakasi India


Sivakasi adalah sebuah kota di India Selatan yang terkenal sebagai kota pembuat kembang api. Kebanyakan pabrik kembang api disana adalah ilegal, dan mereka bersaing untuk menjadi pabrik petasan terkenal. Pada tanggal 5 September 2012 sebuah pabrik petasan yang paling terkenal Om Sakhti yang mempekerjakan 300 orang meledak pada siang hari melemparkan puing puing. Ledakan terjadi 2 kali dalam jangka waktu 1 menit, ledakan kedua yang terbesar yang membuat 40 orang terpanggang hidup hidup, 33 orang dinyatakan luka luka dan butuh sekitar 5 jam untuk memadamkan amuk kebakaran karena petasan tersebut.


Pabrik Petasan Meledak Di Malaysia


Pabrik The Bright Sparklers Sdn adalah perusahaan manufaktur kembang api yang terletak di Kampung Baru Sungai Buloh, sebuah desa di Selangor, Malaysia. Peristiwa naas pun terjadi pada 7 mei 1991. Ledakan dahsyat yang dipicu oleh percobaan petasan di kantin pabrik, menyebar hingga ke petasan besar yang disebut Bazoka dan memulai serangkaian ledakan dahsyat. Saking besarnya ledakan hingga menghancurkan pabrik dan bangunan di sekitarnya. 26 jiwa melayang dan sedikitnya 103 orang luka luka dalam insiden tersebut. Penyelidikan pun berakhir dengan menemukan fakta bahwa pabrik tersebut tidak mengikuti standar keselamatan pekerja.


Ledakan Dahsyat Pabrik Kembang Api Di Belanda



Mungkin inilah ledakan petasan paling besar di dunia. Sebuah pabrik mercon yang bernama S.E Fireworks yang terletak di Mekkeholt Belanda pada tanggal 13 mei tahun 2000 meledak menghancurkan seluruh perumahan sekitarnya. Perusahaan ini ternyata terletak di daerah perumahan penduduk. Hampir 400 rumah hancur lebur karena kekuatan dari 100 ton bahan peledak yang tersimpan di pabrik. Menewaskan 18 orang dan melukai hampir 1000 orang. Dampak yang disebabkan oleh ledakan tersebut sangat mengejutkan hingga peristiwa tersebut disebut Vuurwerkramp yang artinya bencana kembang api mematikan.


Pabrik Kembang Api Meledak Di Tangerang



Selain di beberapa negara di dunia, pabrik petasan meledak, juga terjadi di Indonesia. Kejadian naas yang terjadi di kompleks pergudangan 99 jalan Salembaran jaya, Desa Cangklong Kosambi, tangerang kamis 26 Oktober 2017 tersebut membuat geger warga sekitar. Dahsyatnya Suara letusan dan disusul Asap Hitam membumbung membuat warga terkejut. Pabrik mercon milik PT Panca Buana Cahaya Sukses meledak pada pukul 9 pagi dan bangunan ambruk setelah terdengar ledakan disusul kobaran api. Sebanyak 46 orang dinyatakan luka luka dan 47 orang lainnya dinyatakan tewas disebabkan pintu yang digembok. Sungguh Mengerikan!

Kebakaran akibat ledakan petasan sudah sering kita jumpai dalam menyongsong suatu perayaan, hendaknya dalam kegembiraan dipikirkan juga bahaya yang bisa disebebkannya. Dari sekian kejadian naas tentang pabrik petasan yang meledak, hendaknya menjadi pembelajaran untuk kita bahwa selain mengejar pundi pundi keuntungan, Faktor yang paling penting adalah keselamatan pekerja dan sekitarnya.

referensi:
https://d4erahku.blogspot.co.id/2016/08/10-bencana-mematikan-akibat-kembang-api.html
https://www.jawapos.com/read/2017/10/26/164956/ini-9-tragedi-meledaknya-pabrik-petasan-di-dunia-indonesia-terparah