Proyek Ilmiah Rahasia Yang Ditinggalkan Terbengkalai Begitu Saja


Bukan jadi rahasia lagi jika beberapa negara mempunyai proyek rahasia yang bahkan tidak diketahui publiknya sendiri. Mereka berlomba lomba untuk membangun sesuatu yang canggih tanpa sepengetahuan negara bahkan rakyatnya. Terungkapnya beberapa proyek rahasia ini biasanya tersebarnya dokumen dokumen yang memperkuat keberadaan proyek tersebut. Mulai dari pengembangan senjata hingga menjawab misteri dunia, proyek proyek ini terkuak karena ditemukannya bangunan yang terbengkalai tidak terurus, hanya menambah misteri yang disembunyikan di dalamnya. berikut Proyek ilmiah rahasia yang ditinggalkan terbengkalai begitu saja versi anehdidunia.com

Atlas-I

ATLAS-I adalah singkatan dari Air Force Weapons Lab Transmission-Line Aircraft Simulator, struktur yang juga dikenal dengan nama TRESTLE ini merupakan struktur kayu terbesar dan tertinggi yang pernah dibuat.  Bayangkan, struktur ini sepanjang 300 meter dan setinggi 12 lantai! Dibangun pada tahun 1970-an, TRESTLE dirancang sebagai tempat percobaan EMP atau Electromagnetic Pulse pada masa Perang Dingin kala itu dilirik Amerika Serikat sebagai senjata adidaya untuk mengalahkan saingannya, yakni Rusia. ATLAS-I juga merupakan generator EMP terbesar di dunia, oleh karena itulah pembuatannya seluruhnya menggunakan kayu tanpa sedikitpun logam (sebab semua alat dari logam, apalagi yang elektronik, akan dipengaruhi oleh gelombang EMP). Sayang, setelah Perang Dingin usai, proyek percobaan EMP ini ditinggalkan begitu saja.

High Altitude Research Project

Didirikan pada tahun 1961 dan ditinggalkan pada tahun 1967, HARP atau High Altitude Research Project adalah sebuah inisiatif bersama antara departemen pertahanan Amerika dan Kanada. Tujuannya adalah untuk penelitian penggunaan balistik untuk meluncurkan benda ke atas atmosfer dan seterusnya. Dalam istilah awam, tujuan proyek ini adalah untuk menciptakan senjata besar seperti dalam film kartun untuk menembak hal-hal ke ruang angkasa. Buah dari kemitraan ini, termasuk laras meriam besar, berada tetap di lokasi uji Barbados.

Secara resmi, tujuan HARP adalah untuk mengembangkan metode alternatif untuk meluncurkan muatan/satelit ke ruang angkasa. Para ilmuwan mengeksplorasi kemungkinan menggunakan senjata besar untuk menembakkan benda ke luar angkasa. selain metode konvensional menggunakan roket. Suara dari letusan meriam besar ini bisa didengar hampir diseluruh pulau dan gelombang kejutnya meretakkan dinding-dinding rumah yang terletak hingga beberapa mil jauhnya dari lokasi meriam. Setelah pergeseran prioritas dalam menghadapi Perang Vietnam, pemerintah AS dan Kanada menarik pendanaan untuk HARP pada tahun 1967. Meriam raksasa ini dibiarkan berkarat di tempat aslinya. Lokasinya masih bisa dicapai dengan mendaki sepanjang pantai Barbados.

Baca Juga:  Legenda Penyihir Terkenal Di Dunia

Kola Superdeep Borehole

Lubang terdalam yang pernah digali, Kola Superdeep Borehole, terdapat di Rusia di Semenanjung Kola. Pengeboran dimulai pada 19 Mei 1970, dengan target mengebor sampai 15000 meter kedalam bumi. Bila Anda beruntung masuk proyek ini hanya satu dari seribu spesialis yang bisa datang ke tempat konstruksi dan menjadi pekerja dan peneliti di pengeboran ini. Semua anggota kelompok konstruksi diberikan sebuah apartemen di Moskow dan gaji bulanan yang setara dengan gaji profesor universitas selama setahun. ada 16 laboratorium aktif di tempat ini pada waktu yang sama, dan proyek ini dipimpin oleh Menteri Geologi Rusia.

Kola Superdeep Borehole diberhentikan operasinya pada 1994. Tahun 1983 lubang ini sudah mencapai kedalaman 12 km, saat itu diputuskan untuk berhenti menggali, setelah itu dilanjutkan lagi sampai tahun 1994, dan hanya 262 meter lebih dalam dicapai dalam waktu sepuluh tahun lebih, dan proyek ini dihentikan. Alasan resminya karena kekurangan dana, tapi orang-orang dalam mengatakan karena ada peristiwa supranatural yang terjadi di dalamnya. Teknisi pengeboran meyakinkan wartawan, bahwa proyek ini didanai dengan baik oleh yayasan ilmiah, dan mereka berhenti menggali karena “setan terus keluar dari bawah tanah”.

Juragua Nuclear Power Plant

Terletak hanya 90 mil dari ujung Florida terdapat peninggalan bangunan terbengkelai dari perlombaan senjata pada era perang dingin, yang dulunya akan dibuat menjadi reaktor nuklir gabungan antara Kuba dan Soviet. Pada tahun 1976, Kuba dan Uni Soviet sepakat untuk membangun dua reaktor nuklir di dekat kota juragua Kuba. Rencananya reaktor yang berkapasiitas 440 megawatt ini bisa memenuhi 15 persen kebutuhan energi Kuba. Konstruksi belum dimulai hingga tahun 1983 hal tersebut memberikan kuba hampir 10 tahun kehidupan layak karena arus dana dari Uni Soviet. Ketika Uni Soviet jatuh pada tahun 1991, dana utama berhenti, lebih dari 300 mantan teknisi Soviet kembali ke tanah airnya dan kontruksi macet walaupun 40 persen bangunan sudah dipasang.

Baca Juga:  Assikalaibineng, Kitab Kamasutra Masyarakat Bugis Yang Memperlakukan Wanita Dengan Arif

Superconducting Super Collider

Jauh sebelum Large Hadron Collider (LHC) dibangun, bahkan mungkin sebelum sketsanya dibuat di atas kertas, Departemen Pertahanan AS sudah memulai sebuah proyek ambisius untuk menciptakan akselerator partikel terbesar di dunia. Konstruksi pada Superconducting Super Collider (SSC), seperti itulah namanya, dimulai pada tahun 1991 di sekitar Waxahachie, Texas. Lingkar cincin akselerator partikel ini direncanakan akan sepanjang 87.1 kilometer dengan energi 20 TeV per berkas (beam) proton – itu artinya SSC seharusnya (jika jadi) akan tiga kali lebih besar daripada akselerator Large Hadron Collider yang lingkar cincinnya 27 kilometer dengan energi 7 TeV per beam.

Tujuan dari SSC adalah untuk mendeteksi Higgs boson, partikel yang diperkirakan ada di semua materi dan partikel yang memberikan massa pada materi, dan memberikan petunjuk bagi misteri lain dari alam semesta.
Perkiraan awal dana pembangunan Superconducting Super Collider adalah $4,4 milyar, sebuah angka yang akhirnya naik ke $ 12 miliar. Akhirnya, setelah menghabiskan dana sekitar $ 2 miliar pada proyek, Kongres pun menghentikannya. Ketika proyek itu dibatalkan, 22,5 km dari terowongan dan 17 lubang ke permukaan telah digali.
Selama hampir lima belas tahun SSC hanyalah tidak lebih dari lubang paling mahal di Texas

Berita Aneh Unik