PLARIUSMODIFIKASI101

Kisah Mistis Kapal Berhantu Yang Misterius Di Dunia

Thursday, November 30, 2017
Pernahkah sahabatanehdidunia.com mendengar cerita mengenai Kapal SS Ourang Medan? Cerita yang mengisahkan mengenai kapal berhantu di perairan Indonesia. Yup, SS Kapal Ourang Medan adalah salah satu cerita mistis tentang kapal berhantu yang terkenal di Indonesia. dalam cerita tersebut dikisahkan bahwa Kapal Ourang Medan di tahun 1947 pernah mengirimkan sinyal morse kepada dua kapal Amerika yang tengah berada di Selat Malaka. Sinyal morse tersebut mengabarkan bahwa seisi Kapal Ourang Medan telah tewas secara misterius. SS Kapal Ourang Medan ternyata bukanlah satu-satunya kapal berhantu yang meninggalkan jejak misterius. Ada beberapa cerita kapal berhantu di beberapa negara di dunia yang konon juga tak kalah misterius dengan SS Kapal Ourang Medan. Apa saja kapal yang dimaksud? Berikut ulasannya versi anehdidunia.com.

Kisah Kapal Hantu Joyita


Joyita adalah sebuah kapal yang diketahui berlayar dari Samoa menuju ke Pulau Tokelau tepat pada bulan Oktober 1955 yang lalu. Kapal tersebut mengangkut sekitar 25 penumpang yang diantaranya ada seorang ahli bedah yang akan berangkat demi misi pengobatan. Dengan jarak sejauh 270 mil laut, Kapal Joyita diperkirakan akan sampai di pelabuhan Pulau Tokelau tidak lebih dari 2 hari. Namun yang terjadi justru sebaliknya, di hari ketiga kapal tersebut belum juga sampai. Anehnya, tidak ada panggilan darurat atau sinyal tanda bahaya apapun yang dikirim untuk pusat stasiun yang ada di pelabuhan. Terlihat ganjil, maka sebuah pesawat dari Selandia baru pun diberangkatkan untuk melacak jejak Kapal Joyita. Sahabat anehdidunia.com sekitar lima minggu berlalu sejak pelacakan dilakukan dan tanpa hasil apapun, akhirnya Kapal Joyita ditemukan oleh kapal lain dan tampak hanyut sekitar 600 mil dari tempat asalnya. Kapal tersebut ditemukan dalam kondisi rusak parah dan tidak ada tanda-tanda kehidupan. Hanya ditemukan tas dokter serta beberapa perban dengan bercak darah. Meski ada beberapa penyelidikan yang mengklaim telah memecahkan misteri apa yang sebenarnya terjadi dengan Kapal Joyita tersebut, namun saat ini masih banyak spekulasi yang bermunculan. Seperti misalnya tragedi penyerangan bajak laut yang melempar para penumpang ke dalam laut dan atau pemberontokan untuk mendapatkan keuntungan asuransi.

Kisah Kapal Hantu Baychimo


Kapal berhantu berikutnya yang juga menyimpan misteri adalah Kapal Baychimo. Kisahnya bermula saat kapal milik Perusahaan Teluk Hudson ini dilayarkan pada awal 1920-an untuk misi perdagangan pelts juga bulu di bagian utara Kanada. Berlayar diatas perairan laut dengan iklim yang cukup dingin membuat Kapal Baychimo berlayar tidak semudah kapal pada umumnya. Tepat pada tahun 1931, Kapal Baychimo terjebak di dalam lautan es tak jauh dari Alaska. Sahabat anehdidunia.com beruntung seluruh kru dan awak kapal bisa diungsikan dan dipindahkan hingga tak sempat memakan korban jiwa diatas laut yang beku tersebut. Setelah badai salju berakhir, Kapal Baychimo pun bisa bergerak kembali meski dalam kondisi yang rusak parah. Hal itulah yang menjadi alasan Perusahaan Teluk Hudson memutuskan untuk membiarkan kapal tersebut mangkrak diatas air beku dengan asumsi kapal itu akan sendirinya rusak sampai akhirnya tenggelam. Anehnya, setelah 38 tahun berselang sejak Kapal Baychimo dibiarkan mangkrak di lokasi tersebut, bukannya hancur atau tenggelam namun kapal tersebut justru bertahan dan bahkan tak jarang terlihat sering berlayar dan disaksikan beberapa penduduk Eskimo. Beberapa orang bahkan mencoba menaiki kapal tersebut namun mundur begitu saja karena kondisi tidak memungkinkan. Baru di tahun 1969, Kapal Baychimo terlihat sudah tidak Nampak setelah bertahun-tahun berlayar tanpa awak kapal!

Kisah Kapal Hantu SS Valencia


SS Valencia adalah salah satu kapal yang cukup terkenal di dunia. Terkenalnya kapal tersebut dikarenakan SS Valencia pernah tenggelam di lepas pantai Vancouver di tahun 1906. Penyebab kapal tersebut tenggelam sebenarnya adalah karena cuaca buruk dan badai yang pada akhirnya mengakibatkan kapal menabrak karang kemudian air mulai masuk dan menenggelamkan seisinya. Ketika SS Valencia kemasukan air, seluruh penumpang pun berusaha diselamatkan oleh para awak kapal dengan menggunakan sekoci. Namun banyak insiden seperti kelebihan muatan dan lain sebagainya yang mengakibatkan dari jumlah 108 penumpang, hanya 37 yang dikatakan selamat dari badai tersebut. Lima bulan berlalu, ada seorang nelayan yang mengaku menemukan sebuah sekoci dengan 8 kerangka manusia di sebuah gua. Sahabat anehdidunia.com sayangnya setelah ada upaya pencarian, tetap tidak membawa hasil. Tak cukup itu saja, setelah 27 tahun misteri Kapal SS Valencia belum terpecahkan ada satu fakta lagi tentang penemuan sekoci yang ditemukan mengambang di dekat Barkley Sound. Bahkan rakit di dalamnya pun masih tampak baik tanpa kerusakan dan warna cat yang utuh. SS Valencia pun akhirnya menjadi sebuah cerita kapal berhantu karena menurut pengakuan beberapa pelaut, mereka biasanya kerap melihat penampakan dari korban Kapal SS Valencia melayang di dekat karang yang berlokasi di Pachena Point.

Kisah Kapal Hantu Kapal Octavius


Misteri tentang kapal berhantu Kapal Octavius mungkin adalah salah satu cerita paling menyeramkan. Bagaimana tidak? saat itu di tahun 1775, sebuah kapal bernama Herald secara tidak sengaja menemukan sebuah kapal yang kemudian dikenal dengan nama Kapal Octavius mengapung tanpa arah di lepas pantai Greenland. Melihat itu, sontak awak kapal Herald langsung menaiki Kapal Octavius dan alangkah terkejutnya saat ia melihat ada banyak tubuh awak kapal dan penumpang dari Kapal Octavius tersebut yang telah tergeletak membeku. Anehnya, meski semua awak dan penumpang kapal tergeletak namun kapten Kapal Octavius tersebut masih dalam posisi duduk (meski kondisinya membeku) tengah menyelesaikan sebuah entri log yang tercatat sejak tahun 1762! Hal itu membuktikan bahwa faktanya Kapal Octavius telah berlayar tanpa awak selama kurang lebih 13 tahun! Ada banyak spekulasi yang berkembang, salah satunya adalah dugaan kapten Kapal Octavius sengaja berlayar melalui Northwest Passage agar cepat kembali ke Inggris namun ditimpa sial karena terperangkap dalam es. Karena belum ada bukti yang kuat, hingga saat ini misteri Kapal Octavius dikenal dengan salah satu misteri kapal berhantu di dunia.

Kisah Kapal Hantu The Flying Dutchman


Mungkin inilah bagian dari puncak paling misterius dari sekian banyak kapal-kapal berhantu di dunia. Yup, The Flying Dutchman terkenal karena kisahnya yang penuh dengan hal mistis. Diawali dengan kisah seorang kapten Belanda bernama Bernard Fokke yang akan berlayar dari Belanda menuju Pulau Jawa. Dengan jarak yang amat jauh ditempuh tersebut, ia mampu berlayar dengan kecepatan tinggi sehingga banyak yang curiga ia mendapat bantuan dari iblis. Akan tetapi di tengah perjalanan, tiba-tiba cuaca buruk hingga mengakibatkan kapal oleng. Sahabat anehdidunia.com seorang awak kapal pun memohon agar pelayaran dihentikan, namun sang kapten menolaknya. Sebaliknya, ia justru mengatakan bahwa tidak akan berhenti berlayar dan akan terus melawan badai demi sampai kota tujuannya. Jika tidak, sang kapten bersumpah bahwa ia dan seisi kapal akan dikutuk selamanya. Mendadak badai semakin menggoncang kapal dengan hebatnya hingga kapal tersebut terhantam dan seluruh awak kapal dan kapten pun dikutuk menjadi jasad seumur hidup di dalamnya. Konon, The Flying Dutchman dipercayai mendapat kutukan akan berlayar ke tujuh samudera hingga akhir zaman nanti. Misteri ini pun banyak mengilhami para seniman yang akhirnya menghasilkan karya mulai dari cerita horror, lukisan, bahkan film dan juga pertunjukan opera. Semuanya mengisahkan misteri The Flying Dutchman.

Itulah beberapa misteri cerita kapal berhantu yang ada di dunia. Bisa disimpulkan bahwa hal yang melatarbelakangi kapal-kapal itu disebut berhantu ialah karena adanya insiden musibah dan lain sebagainya. Menurut sahabatanehdidunia.com, diantara cerita-cerita diatas manakah yang paling misterius?

Sumber referensi:
http://terselubung.in/10-misteri-kapal-hantu-di-dunia/