Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lucy BPM 37093 Adalah Batu Permata Terbesar Se Alam Semesta

Lucy BPM 37093 Adalah Batu Permata Terbesar  - Sudah jadi pengetahuan umum bahwa berlian yang langka di Bumi melimpah di alam semesta. Salah satunya berbentuk bongkahan raksasa yang diperkirakan kadarnya 10 miliar-triliun-triliun karat (satu angka diikuti 34 nol), yang berada di konstelasi Centaurus. Para astronom memutuskan untuk menamainya 'Lucy', idenya diambil dari lagu Beatles, Lucy in the Sky with Diamonds. Tim riset Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics di Massachusetts yang sudah lama menemukan keberadaannya, menyebutnya sebagai massa karbon yang terkristalisasi.


Ia sejatinya adalah katai putih (white dwarf) dari bintang bernama  BPM 37093 yang ukurannya sebesar Matahari yang kemudian mati karena kehabisan bahan bakar untuk mempertahankan reaksi nuklirnya. Katai putih dianggap sebagai titik akhir dari evolusi suatu bintang dan merupakan inti bintang di mana reaksi fusi berlangsung. Atau dengan kata lain, bentuk akhir bintang setelah terbakar habis alias mati. White dwarf mayoritas terdiri dari karbon. Katai putih masih panas dan berdenyut namun seiring dengan waktu karbonnya  mengkristal menjadi berlian.

Yang luar biasa, katai putih juga 'berdering' seperti gong raksasa yang memungkinkan tim ilmuwan mengukur dan menyelidikinya.  Di masa depan, Matahari diperkirakan akan seukuran katai putih BPM 37093, setelah sang surya mati sekitar 5 miliar tahun dari sekarang.  Sekitar dua miliar tahun setelahnya, inti Matahari juga akan terkristalisasi, membuatnya menjadi berlian raksasa di pusat Tata Surya.


Sebelumnya, ilmuwan juga menemukan bongkahan berlian lain yakni PSR J2222-0137, yang berada di lokasi yang jauhnya mencapai 900 tahun cahaya dari Bumi, dekat konstelasi Aquarius. 'Jasad' bintang redup tersebut begitu dingin, yang membuat seluruh karbon terkristalisasi. Atau secara efektif membentuk sebuah berlian seukuran Bumi.