Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Terpanas Cuaca Extrem Di Dunia

Panasnya cuaca di Indonesia akhir akhir ini membuat kami bertanya tanya dimanakah tempat terpanas di dunia. Dan bagaimanakah keadaan disana? apakah mereka bisa melalui hidup dengan cuaca extreme melebihi panas di Indonesia dimana hanya seputaran 22 sampai 33 derajat celcius.  Sahabat anehdidunia.com tidak dapat kami bayangkan bagaimanakah panasnya di tempat tersebut. Berikut Tempat atau daerah paling panas di muka bumi yang sempat tercatat.

Jika menurut wikipedia, tempat diukur menurut temperaturnya dan yang terpanas adalah Afrika 55 °C terjadi di Kebili Tunisia7 July 1931, Antartika 15 °C terjadi di Vanda Station 5 January 1974, Asia 53.9 °C terjadi di Dasht-e Lut, Iran 21 June 1942, Eropa 48.0 °C terjadi di Athens, Greece 10 July 1977 

Kebili, Tunisia - 55oC

Kebili di Tunisia benar-benar memiliki cuaca yang sangat panas di bumi yakni mencapai 55 derajat
Kota oasis yang terletak di pusat Tunisia, Afrika. Walaupun kota ini sudah dikenal akan cuacanya yang sangat panas, orang-orang telah tinggal di tempat ini jauh sejak manusia modern ada di dunia. Bukti terkait hal tersebut mengatakan bahwa Kebili telah ditinggali sejak 200 Ribu tahun yang lalu.

Ghadames, Libya - 55oC

Ghadames di Libya adalah salah satu tempat terpanas yang ada di dunia
Sebagai kota oasis bertembok yang dideklarasi sebagai warisan dunia oleh UNESCO dan terletak di barat daya Libya, maka tidaklah mengherankan jika suhu tertinggi yang dapat dicapai kota ini adalah sepanas 55 derajat celsius. Untuk bertahan dari cuaca yang sangat panas ini, maka warga kota Ghadames harus membangun rumah mereka dari bahan alami seperti pohon sawit dan lumpur.

Rub Al' Khali, Semenanjung Arab - 56,1oC

Rub Al Khali sebagai salah satu gurun terluas yang ada di dunia juga adalah salah satu gurun terpanas
Temperatur tertinggi yang pernah dicapai gurun ini adalah setinggi 56 derajat Celsius. Tidak hanya panas, Rub Al' Khali juga merupakan gurun pasir paling luas di dunia. Ia menutupi 1/3 semenanjung Arab, dimana mencakup Saudi Arabia, Yemen, Oman dan Uni Emirat Arab. Karena panas gurun Rub Al' Khali ini, maka tidaklah memungkinkan untuk seorang manusia menyebrangi gurun ini tanpa menggunakan alas kaki.

Death Valley, California - 56,6oC

Death Valley adalah tempat paling panas yang ada di bumi ini
Terletak di Gurun Mojave, California, US, adalah Death Valley, yakni wilayah terendah, terkering, dan terpanas di Amerika Utara. Tidak hanya itu saja, tempat ini juga memegang rekor tempat paling panas di dunia, yakni 134 derajat Farenheit.

Dengan cuaca yang sangat panas tersebut, pada malam hari temperatur cuaca yang ada di tempat ini akan berubah dan berada di bawah 0 derajat celsius. Death Valley juga sebelumnya masuk sebagai salah satu dari 10 Tempat Misterius di Dunia dimana pada tempat ini ditemukan batu-batu yang dapat bergerak sendiri, bahkan meninggalkan jejak perpindahan mereka.

Alasan mengapa tempat ini disebut sebagai tempat terpanas di dunia tapi berada di urutan ke-3 adalah karena memang Death Valley merupakan tempat terpanas di Bumi, namun itu jika diukur berdasarkan alat pengukuran yang benar-benar dilakukan di atas daratan terkait. Sedangkan beberapa lainnya menggunakan pengukuran satelit.

Dasht-e Lut, Iran - 70,5oC

Dasht-e Lut atau Gurun Lut merupakan salah satu tempat terpanas yang bahkan susu saja tidak bisa basi
Dikenal juga secara singkat sebagai Gurun Lut, wilayah ini memiliki iklim pergurunan yang kering dan sangat panas. Di tahun 2005, ditemukan bahwa daratan terpanas di Bumi ini terletak di Gurun Lut yakni mencapai panas settingi 70 derajat Celsius. Untungnya, temperatur udara di tempat ini masih lebih hangat.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan di tempat ini terkait sebotol susu. Peneliti menemukan bahwa di Gurun Lut, susu tidak dapat basi karena bakteri tidak mungkin dapat hidup dalam panas berlebih seperti itu. Untuk membuktikan ini mereka meletakkan susu terbuka di Gurun Lut dan saat mereka kembali, mereka menemukan bahwa susu itu masih segar. Gurun Lut sendiri meruapakn rumah bagi beberapa piramida pasir tertinggi di dunia.

Flaming Mountain, Cina - 80oC

Flaming Mountain adalah gunung di Cina yang benar-benar sangatlah panas bahkan berasal dari cerita kera sakti
Flaming Mountain atau Gaochang Mountain terletak di Pegunungan Tian Shan, Xinjiang, Cina dan seperti namanya gunung ini benar-benar sangat panas. Pada tahun 2008, satelit NASA mencatatkan salah satu temperatur terpanas di dunia, yakni 80 derajat Celsius dan itu adalah di Flaming Mountain.

Berdasarkan novel klasik "Perjalanan ke Barat" atau "Kera Sakti," gunung ini pada awalnya memang sangatlah panas dan dapat membakar apapun namun ditenangkan melalui kipas raksasa yang dipinjam Kera Sakti. Sahabat anehdidunia.com dalam legenda lainnya, disebutkan bahwa ada seekor naga yang tinggal di pegunungan Tian Shan dan suka memakan anak kecil, oleh karena itu seorang pahlawan mengalahkan si Naga dan memotongnya menjadi 8 bagian. Darah si naga berubah menjadi Gunung kemerahan dan 8 potongan tersebut menjadi 8 lembah di Flaming Mountain.

Pengukuran temperatur pada Gurun Lut dan Flaming Mountain dilakukan melalui Satelit, sedangkan pengukuran pada Death Valley dilakukan dengan termometer di tanah, karena ini beberapa orang berpendapat bahwa temperatur di Gurun Lut dan Flaming Mountain tidak valid. Ini menyebabkan Death Valleyu sering disebut sebagai tempat terpanas di dunia.

Jadi itulah tempat terpanas di dunia yang bisa kita dapatkan dari sumber sumber yang mengkaji tentang hal ini. Tetaplah bersyukur sahabat anehdidunia.com karena dunia kita tidak seburuk tempat saudara saudara kita yang lain.


referensi:http://en.wikipedia.org/wiki/Extremes_on_Earth/http://www.tahupedia.com/content/show/360/10-Tempat-Terpanas-di-Dunia/http://www.huffingtonpost.com/2012/09/13/hottest-places-in-the-world_n_1881553.html/http://earthobservatory.nasa.gov/Features/HottestSpot/page2.php