Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Aneh Dalam Pikiran Manusia, Kamu Pasti Pernah Merasakannya

Otak dan sel saraf kita bekerja dengan cara yang misterius, mengapa dikatakan demikian? karena masih saja terdapat hal hal msiteri yang tidak bisa dijelaskan. Sejak jaman dahulu kala para ahli melakukan studi mengenai cara kerja otak hingga sekarang, walaupun bisa dijelaskan secara ilmiah, namun tidak sepenuhnya mengobati rasa penasaran yang ditimbulkan. Sebagian orang menganggap hal tersebut adalah sesuatu yang supranatural misteri yang tidak bisa dijelaskan. Seperti dibawah ini fenomena aneh dalam pikiran manusia yang rata rata orang pasti pernah mengalaminya. Apakah anda pernah?


Deja vu



Dejavu adalah suatu keadaan di mana Anda merasa familiar dengan kondisi sekitar Anda, seolah-olah Anda sudah pernah mengalami hal tersebut dengan keadaan yang persis sama, padahal apa yang sedang Anda alami sekarang mungkin adalah pengalaman pertama Anda. Kejadian ini bisa berlangsung 10 sampai 30 detik, dan lebih dari satu kali. Jika ini terjadi pada Anda, Anda tidak perlu panik, karena menurut beberapa penelitian, dua sampai tiga orang yang pernah mengalami dejavu akan mengalaminya kembali.

Banyak orang mendefinisikan déjà vu sebagai gangguan pada otak sedangkan yang lainnya berpendapat bahwa déjà vu berhubungan erat dengan kehidupan lain di masa lalu. Istilah déjà vu ini berasal dari bahasa Prancis yang pertama kali di perkenalkan oleh seorang peneliti di bidang psikolog berkebangsaan Prancis yaitu Emile Boirac. Lalu apa yang di maksud déjà vu itu sendiri? Déjà vu adalah suatu peristiwa yang dialami oleh seseorang yang mana ia merasa yakin telah mengalami peristiwa baru tersebut sebelumnya. Dan seseorang yang mengalami hal yang baru itu tersebut merasakan suatu kesamaan yang telah dialami di masa lalu atau telah melihat hal tersebut dalam mimpinya.


Deja Visite



Déjà visite merupakan bagian dari deja vu yang pengertiannya adalah bentuk déjà vu yang berhubungan dengan perasaan pernah mengunjungi sesuatu. Orang yang mengalami hal ini merasa bahwa jauh sebelumnya dia pernah mengunjungi suatu tempat yang dikunjunginya sekarang, dan entah bagaimana caranya dia bisa menjelaskan apa saja yang ada di tempat itu, meski sebenarnya mungkin dia belum pernah ke sana. Déjà visite memiliki ciri khas berupa pengetahuan tidak wajar tentang suatu tempat yang belum pernah dikunjungi.

Seperti contohnya yang pernah terjadi pada Nathaniel Hawthorne dalam bukunya yang berjudul “Our Old Home” bercerita saat dia mengunjungi reruntuhan sebuah kastil, tiba-tiba merasa kalau dia sudah sangat mengenal layout dari kastil yang baru pertama kali dia datangi itu. Belakangan dia sadar kalau bertahun-tahun sebelumnya dia pernah membaca puisi karangan Alexander Pope yang menggambarkan dengan detail kastil tersebut.


Apophenia



Apophenia adalah fenomena yang terjadi dalam otak ketika seseorang melihat figur atau gambar disuatu pecahan atau pola yang random. Contohnya, ketika gunung merapi meletus muncul figur mbah petruk yang terbentuk dari formasi awan, atau ketika kita melihat guratan kayu yang membentuk raut muka. Jadi otak kita menganggap melihat sesuatu dan biasanya menghubung-hubungkan dengan kepercayaannya, padahal itu semua tidak ada dan hanya sebatas pola random tak beraturan.

Biasanya lebih banyak terjadi saat gelap, disekitar kegelapan, ternyata ada warna yang lebih gelap atau sedikit lebih terang, biasanya kita menggambarkan sesuatu yang menyeramkan terlihat. Pedahal itu hanya pola acak dari background gelap itu sendiri yang kita hubungkan dengan sesuatu yang seram dikarenakan ketakutan yang sudah merajai pikiran kita.


Presque Vu



Pernahkan anda ditanya oleh teman anda tentang suatu hal, lalu saat anda ingin menjawab anda lupa apa yang anda ingin katakan. Entah kenapa perasaan ini aneh sebab baru saja kata itu ada di otak anda, lalu saat mau diucapkan ia hilang atau bila tidak hilang sepenuhnya, anda merasa kalau kata itu sudah ada di ujung lidah, tapi tak bisa keluar.
Apa yang anda alami adalah fenomena Presque Vu atau lebih sering disebut Tip of tounge. Ini merupakan fenomena dimana seseorang mengalami kegagalan untuk mengingat sebuah kata dari ingatan kita dan mengeluarkannya, ditambah dengan perasaan dimana perlu untuk mengingat hal tersebut meskipun kita hanya mampu mengingat sebagian dari kata yang ingin diucapkan.

referensi:
https://www.oddee.com/list/10-weird-phenomena-occur-human-mind/