Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Imut Produk Alam Dari Binatang Hingga Alam Yang Berwarna Pink

Warna pink (Merah Jambu) biasanya identik dengan permen karet, barbie, valentine, dan tidak identik sama sekali dengan alam yang lebih didominasi oleh warna kehijauan. Dan menurut para peneliti, warna pink sebenarnya bukanlah sebuah warna dasar, bahkan diragukan keberadaannya dalam sistem pewarnaan (contohnya seperti pelangi), dimana kita hanya bisa melihat warna pink karena otak kitalah yang mencoba untuk mempercayai bahwa warna ini ada! Meskipun fakta – fakta ini seolah mengatakan bahwa warna pink hanya bisa didapat dari campur tangan manusia saja (seperti membuat perwarna gambar, makanan ataupun pakaian), ternyata alam pun juga memiliki beberapa hal yang secara alami telah memiliki warna pink. Berikut adalah Kumpulan Hal Berwarna Pink Di Alam Yang Terbentuk Secara Natural versi anehdidunia.com

Pantai Pasir Merah Jambu Bahamas


Pantai berpasir merah jambu membentang luas sepanjang 3 mil dari pulau Harbour, di Bahamas. Posisi dari terumbu karang yang ada dipantai ini membuat air bergerak lebih tenang karena menahan ombak yang terlihat sangat cantik dengan pasirnya yang benar – benar berwarna merah jambu seperti permen karet atau tumpahan susu stroberi.

Dan asal usul dari pasir berwarna merah jambu di pantai ini adalah dari adanya beberapa koloni makhluk bersel satu bernama Foraminifera (tubuhnya berwarna pink atau merah) yang hidup di terumbu karang pantai ini. Saat hewan mikroskopis ini mati dan tubuhnya hancur oleh deburan ombak, maka pecahan tubuhnya akan terbawa oleh ombak dan terdampar dipasir disepanjang pantai ini sehingga warna pasirnya menjadi merah jambu yang cantik dan indah luar biasa. Karena keunikan pantai inilah, banyak sekali turis lokal maupun manca negara yang ingin mengunjungi pantai ini sebagai destinasi wisata mereka, meskipun warna pinknya hanya terbentuk pada satu waktu saja (Tidak selalu berwarna merah jambu). Apakah sahabat tertarik untuk berkunjung juga ke pantai merah jambu ini?

Belalang Sembah Anggrek Betina


Seperti kebanyakan spesies serangga lainnya, belalang sembah anggrek jantan dan betina pun memiliki perbedaan yang sangat mencolok, dimana sang jantan berwarna coklat dan berukuran kecil (sekitar 3 centimeter) dan sang bentina berukuran lebih besar dari sang jantan (Sekitar 6 centimeter atau lebih) serta memiliki warna dan tubuh yang meniru warna dari bunga anggrek tempat ia tinggal (Pink keputihan). Kamuflase milik sang betina ini membuat ia tampak lebih mudah untuk menangkap mangsanya saat mereka hinggap di sekitar teritorinya.

Bisa dikatakan, kamuflase warna yang dilakukan sang betina ini adalah hasil dari evolusi alami yang telah spesies ini lakukan. Selain warnanya yang menyerupai bunga anggrek, sang betina pun memiliki semacam mantel ditubuhnya yang tampak seperti kelopak bunga anggrek, sungguh penyamaran yang sempurna untuk bersembunyi dari pemangsa sekaligus untuk mendekati mangsa dengan mudah. Bisakah sahabat membedakannya dari bunga anggrek yang asli?

Danau Hillier Australia


Jika sahabat melihat dari ketinggian, danau Hillier di Australia ini akan tampak seperti kolam susu stroberi raksasa yang manis dan menyegarkan. Dan yang menariknya lagi, danau ini ternyata terletak tidak jauh dari pesisir pantai loh sahabat, unik dan keren ya. Warna pink cerah pada air danau ini disebabkan oleh adanya alga mikroba bernama Dunaliella yang hidup di danau ini. Alga ini memiliki senyawa pigmen yang membuatnya mampu menyerap sinar matahari dengan baik yang membuat alga ini mampu menciptakan warna pink kemerahan dari senyawa pigmen tersebut. Warna pink pada danau ini pun semakin dipertegas dengan adanya andil dari bakteri pink bernama Halobacteria yang juga hidup didanau ini. Tidak seperti pasir pink di pantai Bahamas, warna merah jambu di danau ini selalu terbentuk sepanjang tahun (tidak hilang). Tapi, meskipun danau ini sangat menarik, ternyata para wisatawan hanya di izinkan untuk melihat danau ini dari ketinggian saja menggunakan helikopter. 

Ngengat Elephant Hawk


Ngengat Elephant Hawk banyak hidup di negara Inggris. Sejak dalam bentuk ulat sampai menjadi ngengat sempurna, serangga ini ternyata memiliki keunikan tersendiri disetiap fasenya. Nama ngengat ini diberikan dari tampilannya saat masih menjadi ulat, dengan ukuran kepalanya yang lebih ramping dari tubuhnya serta memiliki warna tubuh yang gelap, membuat ulat ini terlihat mirip sekali dengan belalai gajah. Jika ulat ini mampu bertahan hidup dan memasuki fase kepompong, maka ulat ini akan berubah menjadi salah satu spesies ngengat tercantik dan terunik di muka bumi. Tidak seperti kebanyakan spesies ngengat yang berwarna coklat ataupun abu – abu, ngengat Elephant Hawk ini memiliki paduan warna pink dan hijau zaitun yang terlihat cantik sekali.  

Bunga Sakura Okinawa


Tidak lengkap rasanya kalau kita tidak membahas bunga sakura yang sangat terkenal dari Jepang didalam artikel serba pink ini. Bunga sakura memiliki warna merah jambu yang sangat indah, cantik, dan menawan, dimana saat musim semi akan datang, akan ada banyak sekali wisatawan dari berbagai negara yang berkunjung ke Jepang untuk melihat dan menikmati suasana mekarnya bunga sakura dan musim semi. Para wisatawan sangat menyukai keindahan panorama beserta bunga sakura ini dan sering mengabadikannya dalam bentuk foto maupun video.

Mekarnya bunga sakura memang selalu identik dengan datangnya musim semi di Jepang, dan di Okinawa lah bunga sakura biasanya mekar lebih awal daripada di daerah lainnya di Jepang. Meskipun bunga sakura sering mekar dengan waktu yang berbeda – beda, namun biasanya di Okinawa bunga sakura mulai memasuki tahap awal untuk mekar sejak pertengahan bulan Januari dan masuk ketahap mekar sempurna di akhir bulan Januari ataupun pertengahan bulan Februari. Yuk berkunjung ke Jepang saat musim semi tiba!

Sumber: 
telegraph.co.uk/travel/destinations/asia/japan/articles/japan-cherry-blossom-sakura-guide/
rhs.org.uk/advice/profile?PID=870
dailymail.co.uk/sciencetech/article-3503024/The-mystery-pink-lake-solved-Strange-neon-colour-Australia-s-Lake-Hillier-caused-salt-loving-microbes.html
news.nationalgeographic.com/2016/12/orchid-mantises-evolution-insects/
bahamas.com/vendor/pink-sand-beach