Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Binatang Pembunuh Dengan Bisa Paling Mematikan Di Australia

Australia adalah negara sekaligus benua yang terletak tidak jauh dari Indonesia, dan negara ini adalah salah satu negara favorit bagi banyak orang untuk berwisata, bahkan sebagai negara tujuan untuk merantau dan mendapatkan status kewarganegaraan baru. Bagaimana tidak, negara ini memiliki perekonomian yang sangat bagus dan bertumbuh, juga kebijakan dan fasilitas dari pemerintahnya yang sangat memanjakan para penduduknya.  Australia pun juga dikenal sebagai negara yang memiliki satwa unik, salah satunya adalah kangguru, mamalia berkantung yang suka melompat dan membawa anaknya kemana – mana ini pun menjadi hewan ikonik dari negara Australia. Namun tahukah sahabat anehdidunia.com? Ternyata Australia juga menjadi tempat hidup beberapa hewan yang masuk dalam kategori “Berbahaya” bagi manusia, baik itu di lautan maupun didaratannya. Berikut adalah Hewan Berbahaya Dan Mematikan Yang Ada Di Australia versi anehdidunia.com:

Tawon Laut

Tawon Laut
Tawon laut adalah sebutan lain dari salah satu jenis dari ubur – ubur kotak, Chironex fleckeri  yang hidup diseluruh pesisir pantai Australia. Hal yang mematikan dari ubur – ubur ini terletak pada sengatan tentakelnya yang beracun! Sengatan ini akan langsung mengakibatkan gejala hipotensi, nyeri, nekrosis, rusaknya kardiovaskular, dan berakhir dengan serangan jantung. Tawon laut dapat tumbuh mencapai ukuran sebesar bola basket, yang berarti tawon laut ini dapat memberikan lebih banyak racun kedalam sistem saraf mangsanya, juga kepada manusia. Tawon laut ini lebih mematikan daripada beberapa kerabatnya dalam spesies ubur-ubur kotak, dimana hampir tidak ada waktu lagi untuk mengobati racunnya setelah seseorang tersengat karena korban bisa langsung meninggal dalam hitungan menit saja. Mengerikan sekali ya sahabat.

Gurita Cincin Biru


Gurita cincin biru adalah spesie gurita bertubuh kecil dan memiliki corak tubuh yang berbeda dari para gurita lainnya, ia memiliki corak berbentuk cincin. Banyak orang tidak akan meyangka kalau hewan imut bertubuh kecil ini dapat menyebabkan masalah serius bagi manusia! Saat gurita ini merasakan bahaya dari para predator ataupun gangguan dari makhluk lainnya, corak cincin pada tubuh gurita ini akan menyala kebiruan sebagai sinyal peringatan bagi para predator dan pengganggu kalau ia memiliki racun. Racun gurita ini terletak pada air liurnya yang akan meracuni saat terkena gigitannya, dimana efek dari racun ini akan membuat orang dewasa mengalami pelemahan otot, gagal nafas, dan mungkin kematian, dimana penawar racun untuk racun gurita mungil ini belumlah ditemukan! Jangan menilai sebuah buku dari cover nya saja ya sahabat.

Ular Hitam- Perut Merah


Ular hitam perut merah adalah salah satu jenis ular berbisa yang banyak hidup disekitar pesisir timur Australia, dimana ular ini mampu tumbuh dengan panjang yang mencapai sekitar 2 meter. Ular ini biasanya hanya memakan unggas – unggas kecil, mamalia kecil, dan katak, namun racun dari ular ini sangatlah berbahaya dan mematikan bagi manusia! Dengan warna tubuhnya yang hitam, ular ini sering sekali tidak terlihat saat ia sedang mencari mangsa dimalam hari. Dan saat itulah, manusia sering sekali secara tidak sengaja mengganggu atau mengusik ular ini, entah saat ular ini sedang bersembunyi ataupun sedang berburu sehingga secara naluri ular ini akan menyerang dan mengigit pengganggunya. Racun dari ular hitam ini mampu membuat mati sel – sel kulit dengan cepat bahkan menyebabkan gagal ginjal dan kematian jika tidak segera diberi obat penawar racunnya. Berhati – hatilah jika sahabat sedang berjalan – jalan di Australia pada malam hari ya, jangan sampai “berurusan” dengan hewan yang satu ini!

Ikan Batu


Jika dilihat dari tampilannya, sahabat pasti akan mengira kalau ikan ini adalah ikan jinak yang suka bergerak dengan lambat dan tidak akan mampu merenggut nyawa kita. Namun, ikan ini ternyata adalah salah satu “anggota” dari kelompok hewan laut paling mematikan di Dunia loh. Nama ikan batu sendiri didapat dari kemampuannya untuk merubah warna tubuhnya seperti bunglon. Tapi ikan ini lebih banyak bersembunyi dan menunggu mangsanya didekat bebatuan dan pasir, sehingga ia lebih sering mengubah warna tubuhnya menjadi seperti warna batu dan coral. Titik mematikan dari ikan ini terletak pada siripnya yang tajam , dimana sirip ikan ini mengandung racun dan jika terkena manusia akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa selama beberapa jam dan semakin bertambah parah, mengakibatkan shock berkepanjangan, hipertensi, kelumpuhan, dan akhirnya meninggal dunia.

Laba – Laba Redback


Jika kita membicarakan tentang hewan berbahaya dan mematikan di Australia, mungkin inilah hewan berbahaya yang akan dengan mudah sahabat temui di Australia, karena laba – laba ini banyak hidup dan tersebar di seluruh Autralia tanpa terkecuali! Sama seperti ular hitam diatas, nama dari laba – laba ini didapat dari garis berwarna merah yang terdapat di perut sang laba – laba, namun hanya diperut sang betinanya saja. Gigitan beracun dari laba – laba Redback pada manusia dapat menyebabkan gejala kekakuan pada otot, muntah – muntah, susah bernafas, detak jantung menjadi cepat, hipertensi, tubuh menjadi lemah dan berkeringat. Dan jika korban gigitan terlambat mendapatkan obat penawar racun, bisa menyebabkan kematian. Dan seperti yang saya bilang sebelumnya, laba - laba ini bisa kita jumpai dimana saja di seluruh Australia, bahkan di dalam rumah, gudang, garasi, bahkan di bagian sempit didalam mobil, yang mengharuskan sahabat untuk lebih waspada lagi di negara ini. Dan mungkin istilah ini cocok dengan serangga mematikan yang satu ini, Red is Dead (Merah Adalah Mati).

Sumber: 
ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4131074/
qm.qld.gov.au/Find+out+about/Animals+of+Queensland/Fishes/Venomous+fishes/Stonefish#.WlDwmdKWbIU
australiazoo.com.au/our-animals/reptiles/venomous-snakes/red-bellied-black-snake/
oceanconservancy.org/blog/2017/03/13/the-blue-ringed-octopus-small-but-deadly/
oceana.org/marine-life/corals-and-other-invertebrates/sea-wasp