PLARIUSMODIFIKASI101

Fakta Unik Tulang Kerangka Manusia Membuatmu Terkejut

Sunday, March 11, 2018
Tulang merupakan bagian dari tubuh manusia yang masuk dalam jenis jaringan ikat, pada tulang itu ada terdiri atas beragam sel, ada juga jaringan serat yang memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Tulang juga mempunyai peran sebagai kerangka penting pada tubuh manusia, dan juga mempunyai peran untuk tempat melekatnya jaringan otot serta beberapa jenis organ yang ada pada tubuh manusia. Kerangka manusia, khususnya tulang tengkorak, itu punya peran dalam melindungi organ otak, yang terletak didalam tengkorak. Dapat anda bayangkan, apabila pada saat terjadi benturan keras pada bagian kepala seseorang yang tidak dilindungi oleh lapisan tulang tengkorak, maka yang pasti organ otak itu akan mengalami kerusakan dalam seketika, bahkan juga bisa hancur lebur dan susunan sarafnya akan menjadi rusak secara total.


Tulang pada manusia itu juga berperan sebagai kerangka penyangga pada tubuh manusia agar bisa bergerak sesuai semestinya, apabila tidak adanya tulang atau kerangka yang menopang, pastinya seorang manusia akan terkulai tidak berdaya karena tidak bisa bergerak. Peran tulang itu sama halnya seperti kerangka pada sebuah gedung tinggi, ika tidak ada kerangka yang kokoh maka gedung itu akan mudah roboh tentunya. Tulang juga merupakan bagian yang sangat penting serta vital dari organ manusia. Selain fungsinya sebagai sistem penggerak pada tubuh manusia, tulang juga merupakan pelindung bagi organ-organ dalam tubuh, seperti paru-paru (tulang rusuk), otak (tulang tengkorak), dan syaraf-syaraf khusus (tulang belakang). Seperti yang sudah kita bahas, bahwa kerangka manusia itu memiliki banyak sekali jenis dan bagian, dan ternya ada banyak juga fakta unik yang tersimpan di baliknya. Mari kita lihat sama-sama fakta apa sajakah yang ada di balik peran kerangka yang sangat penting itu.

Tulang Paha Manusia
Fakta yang satu ini mungkin terdengar sedikit aneh dan agak mengejutkan bagi para sobat AnehdiDunia.com. Ya, bagaimana tidak, bahwa banyak penelitian yang membuktikan bahwa tulang paha (atau sering disebut tulang femur) adalah salah satu tulang manusia yang kekuatannya setara dengan kekuatan sebatang beton utuh, sangat mengagumkan bukan! Tulang paha manusia ini juga satu-satunya bagian kerangka manusia yang ukurannya paling panjang di antara tulang-tulang lainnya. Tulang paha manusia juga tulang yang bobotnya paling berat di antara tulang-tulang yang lainnya.

Tulang Tangan Manusia
Fakta unik lainnya, yaitu ternyata tulang pada jari-jari tangan manusia itu tidak ditempeli dengan jaringan otot sama sekali, namun yang melekat padanya adalah beberapa jaringan tendon yang mempunyai peran penting digunakan dalam menggerakkan ruas-ruas pada jari-jarinya. Tulang tangan pada manusia mempunyai jumlah total 27 tulang, kemudian 29 sendi, dan 123 buah ligamen yang memungkinkan tangan untuk bisa bergerak bebas.

Tulang Wajah Manusia
Tulang pada wajah manusia itu mempunyai 14 keping bagian tulang,  yang fungsi utamanya adalah melindungi organ otak beserta syaraf-syaraf pentingnya dari resiko benturan. Tulang wajah juga berperan melingdungi dan menopang organ mata, hidung, dan juga tulang telinga manusia. Selain itu, unikanya kita tidak menyadari bahwa tulang wajah kita bergerak terus menerus sepanjang kita hidup. Itulah kenapa tulang wajah manusia akan semakin nampak cekung seiring dengan bertambahnya umur manusia.

Tulang Telinga Manusia
Pada bagian dalam telinga manusia itu ternyata terdapat beberapa jaringan tulang yang kecil dan lunak, ukurannya memang paling kecil dan sangat ringan jika dibanding dengan tulang-tulang lainnya pada tubuh manusia. Dalm dunia kesehatan, tulang telinga mempunyai nama “tulang stapes”, atau dikenal juga dengan nama tulang “sanggurdi”. Ukuran dari jaringan tulang ini hanya sebesar sepersepuluh inci, namun tulang telinga ini punya peranan yang sangat penting dalam tubuh manusia. Dapat dipastikan pendengaran kita akan sangat terganggu dan tidak sempurna jika tidak dilengkapi dengan jaringan tulang yang satu ini.

Tulang Manusia Akan Diganti Dengan Yang Baru Setiap 7 Tahun 
Mungkin ada beberapa di antara anda belum tahu mengenai fakta yang satu ini. Ya, seperti halnya bagian kulit kita yang akan selalu beregenerasi pada setiap harinya, ternyata bagian tulang manusia juga bisa memperbaiki dirinya sendiri, dan bisa bertumbuh ulang secara alami. Tulang-tulang manusia akan mengalami penipisan lapisan secar bertahap, namun itu akan secara terus menerus ter-upgrade secara alami untuk bisa kembali kuat sepeti semula, dan itu akan terjadi setiap tujuh tahun sekali. Namun, anda memang diwajibkan untuk menjaga kesehatan tulang dengan makan makanan yang bergizi, agar bisa mendukung proses regenerasi itu.

Ternyata Terdapat Tulang Yang Hilang Dengan Sendirinya 
Manusia yang masih bayi dilahirkan di dunia dengan jumlah tulang keseluruhan yang mencapai 270 tulang. Namun anehnya, pada saat manusia beranjak dewasa, maka jumlah tulang-tulang dari padanya itu akan berkurang hingga hanya tersisa 206 ruas tulang saja. Kenapa bisa demikian, menurut penelitian itu disebabkan karena semakin dewasa seorang manusia maka dia juga semakin membutuhkan banyak ruang dalam rongga-rongga tubuhnya, agar bisa berbagi tempat dengan organ-organ penting lainnya. Selain itu, berkurangnya tulang secara alami tersebut memiliki tujuan agar sistem pergerakan tubuh pada manusia juga bisa semakin luas serta memiliki jangkauan-jangkauan gerak yang memang dibutuhkan.

Tulang Leher Manusia Sama Dengan Tulang Leher Seekor Jerapah
Ya, tulang leher manusia itu memiliki kesamaan dengan tulang leher seekor jerapah. Namun jangan anda salah tafsir dulu,  yang dimaksud di sini adalah bukan soal ukurannya, melainkan jumlah ruasnya. Di mana penelitian berhasil membuktikan bahwa tulang leher manusia dewasa itu memang memiliki jumlah ruas yang benar-benar sama dengan tulang leher seekor jerapah jantan dewasa.

Tulang Manusia Itu Bisa Bekerja Lembur Dengan Tanpa Henti 
Ya, ternyata ada bebeapa bagian tulang manusia yang memang akan bekerja secara terus-menerus dengan tanpa henti. Salah satunya adalah tulang rusuk manusia, di mana tulang rusuk bisa bergerak secar terus menerus lebih dari 5 juta kali dalam setahun, gerak itu memang difungsikan untuk mendukung sistem pernapasan pada manusia yang dilakukan tanpa henti seumur hidup. Di samping itu, kendati tulang rusuk ini kokoh dalam mejalankan perannya sebagai pelindung utama dari organ jantung dan paru-paru, ternyata tulang rusuk ini bisa patah berkeping-kepng jika anda melakukan bersin terlalu kuat dan keras.

Manusia Itu Dilahirkan Dengan Tanpa Tulang Pada Lututnya
Selain punya ukuran yang paling besar, tulang kaki pada manusia itu juga punya persendian yang ukurannya juga paling besar di antara semua persendian lainnya, persendian itu bernama “Platella” yang terletak pada bagian lutut manusia. Namun uniknya, seorang bayi yang baru saja dilahirkan, bayi tersebut masih dalam kondisi tidak punya tulang pada bagian lututnya sama sekali, dan tulang itu akan tumbuh berkembang setelah sang bayi masuk dalam usia 2 sampai 5 tahun, dan akan terus mengalami pertumbuhan sampai dia menjadi dewasa.

Fakta Unik Tentang Tulang Yang Bernama “Funny Bone”
Ada salah satu tulang pada manusia yang terkenal dengan nama “ “Funny Bone” atau dalam bahsa i=Indnesia adalah “Tulang yang Lucu”. Tulang ini bisa kita dapati pada bagian ujung siku kita, yaitu berupa adanya semacam tonjolan yang agak runcing. Kendati pada saat kita raba tulang ini terasa seperti sejenis tulang yang keras, namun tulang Funny Bone ini adalah sekumpulan saraf-saraf ulnaris serta lapisan sejumlah otot. Kenapa bisa sampai terkenal dengan nama Funny Bone ? karena apabila anda dengan sengaja memukul keras bagian ini, anda akan akan merasakan sebuah sensasi kejang-kejang layaknya saat anda mengalami sengatan listrik bertegangan rendah. Sensasi rasa yang ditimbulkan itu untuk sebagian besar orang seperti sebuah kejutan yang agak lucu, sehingga akhiirnya dinamakan dengan nama tulang “Funny Bone”.

Ada Bagian Yang Amat Sangat Rapuh Pada Tulang Anda 
Tulang-tulang yang ada pada seluruh tubuh manusia itu terdiri dari dua buah lapisan tulang. Pertama, adalah lapisan tulang yang paling luar, yang sifatnya memang rata-rata sangat kuat. Dan kedua, adalah lapisan tulang yang paling dalam, di mana lapisan yang satu ini sifatnya sangat lemah dan rapuh. Maka dari itu, kasus pengeroposan pada tulang itu seringkali terjadi pada manusia, dan proses itu terjadi dengan tidak disadarinya, karena proses pengeroposan ini akan terjadi di bagian dalam tulang secara perlahan.

Bagian inti di dalam tulang manusia itu memang terkenal lunak dan lemah. Oleh karena itu, bagian dalam tulang manusia juga disebut dengan jaringan tulang spons, karena tekstur dan kenampakannya seperti spons. Bagian tulang dalam ini seperti bentuknya seperti sarang lebah, dan dia adalah bagian paling utama dalam membentuk struktur pada tulang di bagian terdalam. Tulang manusia bagian dalam ini punya sistem metabolisme sangat tinggi, sehingga membuat dia sangat mudah patah dan mudah hancur.

Osteoporosis Adalah Musuh Besar Tulang Manusia
Osteoporosis adalah salah satu nama dari jenis penyakit yang secara khusus terjadi pada bagian tulang manusia. Jenis penyakit inilah yang menjadi biang keladi atas keroposnya tulang manusia, sehingga membuat tulang menjadi kian melemah, kemudian juga menjadi semakin rapuh, yang pada akhirnya sangat rentan dan rawan patah. Kadang penyakit ini juga disebut dengan nama “Silent Disease”, karena penyakit ini sifatnya akan menyerang manusia secara pelan-pelan dan perlahan namun pasti, Penyakit Osteoporosis ini kebanyakan akan menyerang dengan tanpa disertai tanda-tanda atau gejala sama sekali, sehingga banyak kasus yang mengakibatkan tulang menjadi patah secara tiba-tiba. Adanya patah tulang pada bagian punggung, pada bagian panggul, serta pergelangan tangan, itu biasanya adalah gejala awal dari serangan penyakit Osteoporosis. Maka dari itu, sekali lagi kami himbau para sahabat AnehdiDunia.com untuk selalu menjaga kesehatan tulang dengan cara makan makanan bergizi dan rajin berolah raga secara teratur.

referensi :
http://www.softilmu.com/2015/10/Pengertian-Fungsi-Struktur-Bagian-Macam-Jenis-Proses-Terbentuknya-Tulang-Adalah.html
http://yoyonpujiono.blogspot.co.id/2015/04/10-fakta-tentang-tulang-manusia-yang.html
http://www.beritaunik.net/unik-aneh/fakta-unik-tulang-manusia.html



close