PLARIUSMODIFIKASI101

Hewan Masa Kini Yang Ternyata Telah Ada Sejak Jutaan Tahun Lalu

Friday, April 06, 2018
Jika kita berbicara mengenai dinosaurus, pasti kita akan langsung membahas tentang sosok – sosok reptil raksasa yang telah punah dan bahkan telah berevolusi menjadi bentuk yang sangat berbeda dimasa kini. Dimana ada sebagian peneliti yang mengatakan bahwa para dinosaurus telah berevolusi menjadi unggas untuk menyesuaikan perubahan zaman dan ekosistem yang sangat berbeda jauh dari zaman prasejarah. Namun tahukah sahabat anehdidunia.com? Ternyata selain para dinosaurus, ternyata ada hewan – hewan di masa sekarang yang telah hidup sejak jutaan tahun lalu, bahkan mungkin telah hidup sejak para dinosaurus dan hewan prasejarah lainnya masih menguasai permukaan bumi ini, yang mungkin tidak akan sahabat anehdidunia.com duga sama sekali. Berikut adalah Hewan Masa Kini Yang Ternyata Telah Ada Sejak Jutaan Tahun Lalu versi anehdidunia.com

Rusa Ekor Putih (3,5 Juta Tahun Yang Lalu)


Rusa ekor putih adalah spesies rusa tertua yang ada dimuka bumi saat ini. Dimana rusa yang tampak sangat cantik ini telah mempertahankan sifat dan bentuk tubuhnya selama 3,5 juta tahun, yang artinya mereka memang tampak seperti ini sejak jutaan tahun lalu, tidak berevolusi sama sekali! Wajar saja jika rusa ekor putih ini telah begitu lama mempertahankan wujud dan sifatnya selama itu, karena rusa ini mampu bertahan hidup dengan memakan berbagai macam sumber makanan seperti ikan dan daging, dimana rusa ekor putih ini tidak memakan rumput seperti rusa kebanyakan karena gigi dan lambung mereka tidak cocok untuk memakan rumput – rumputan. 

Rusa ini pun mampu bergerak dengan cepat dan gesit dengan wujudnya saat ini, sehingga evolusi mungkin belum menjadi target dari hewan anggun yang satu ini. Rusa ekor putih banyak hidup dan berkembang pada habitat dan iklim di lingkaran Arktik sampai ke negara Brazil. Rusa ini pun merupakan hewan yang sangat cerdik, dimana mereka akan mengacaukan bentuk jejak kaki mereka sendiri dengan cara mengitarinya beberapa kali untuk mengecoh para predator ataupun pemburu yang mengincar mereka, bahkan rusa ini pun akan bersembunyi kedalam sungai ataupun berenang ke lautan untuk menghindari predator. Bagaimana menurut sahabat anehdidunia.com sekalian? Cerdik sekali ya hewan ini.

Zebra Grevy (4 Juta Tahun Yang Lalu)


Zebra Grevy adalah salah satu spesies dari zebra yang sudah sangat kuno sekali. Banyak peneliti yang meyakini kalau Zebra Grevy ini adalah spesies kuda zebra pertama di Dunia dan kini hewan ini cukup jarang untuk bisa kita jumpai. Zebra sendiri telah berpisah dari kelompok hewan “Merychippus” sejak 4 juta tahun yang lalu. Dimana kini, zebra telah terbagi dalam 3 jenis spesies dan 10 jenis subspesies.

Banyak diketahui kalau para zebra yang saling berbeda spesies sering hidup dalam satu wilayah yang sama, namun mereka tidak pernah melakukan perkawinan silang (perkawinan beda spesies), yang ternyata memang untuk setiap spesies yang berbeda, mereka selalu memiliki jumlah kromosom yang berbeda pula. Inilah mengapa para peneliti sering sekali mengalami kegagalan ketika mencoba membiakan Zebra Grevy dengan mengawin silangkan ia dengan Zebra Gunung. Namun para peneliti akan tetap berupaya untuk melestarikan keberadaan Zebra Grevy ini agar tidak punah. Semoga saja berhasil.

Panda Merah (5 Juta Tahun Yang Lalu)


Panda merah kini adalah salah satu spesies yang masuk kedalam kategori terancam punah! Panda yang mungil ini pun memiliki nenek moyang yang sama dengan panda raksasa, dimana ia pun menyukai bambu dan hidup dibeberapa wilayah di Cina. Namun panda merah bukan termasuk dalam anggota keluarga Beruang, seperti saudaranya sang Panda Hitam Putih. Makhluk yang lebih mirip dengan anjing kecil ini ternyata telah hidup di bumi sejak 5 juta tahun yang lalu loh sahabat anehdidunia.com, dimana hewan ini pun diyakini sebagai salah satu peninggalan (warisan) dari zaman kuno.  

Dalam perkembangannya pun, Panda Merah ternyata hanya sedikit sekali mengkonsumsi tanaman bambu karena sistem pencernaan mereka tidak mampu menyerap nutrisi dari tanaman dengan baik, sehingga hewan lucu ini lebih sering memakan serangga, telur, burung kecil, bahkan tikus. Sungguh fakta yang unik dan menarik ya, dimana ia berkerabat dengan panda, namun tingkahnya seperti rakun!

Landak Susu / Landak Mini (15 Juta Tahun Yang Lalu)


Landak mini mulai dikenal di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Dimana landak biasanya berukuran besar dan hitam, landak mini memiliki bentuk yang kecil dan tubuh berwarna putih dan duri coklat sehingga membuat mamalia yang satu ini menjadi salah satu peliharaan favorit bagi para pecinta hewan. Dialam liar, landak mini biasa memakan serangga dan hewan darat kecil lainnya, dimana ia lebih sering berburu dimalam hari dan banyak beristirahat di siang hari. Saat ia sedang merasa akan adanya bahaya, landak ini akan menggulung tubuhnya sehingga akan terlihat seperti bola duri yang lucu, tapi juga berbahaya. 

Namun tahukah sahabat anehdidunia.com? Ternyata landak mini ini sudah hidup sangat lama di muka bumi ini, hewan mungil ini sudah eksis sejak 15 tahun lalu, ia telah hidup beriringan dengan beberapa hewan zaman kuno lainnya. Nenek moyang dari landak mini itu sendiri pun telah hidup sekitar 52 juta tahun lalu dan biasa disebut dengan “Silvacola Acares” dan ukurannya hanya sebesar jempol manusia dewasa (Kecil sekali ya). Dan tanpa evolusi, hewan mungil berduri ini telah mampu melewati dan beradaptasi dengan berbagai zaman dengan baik. Hebat sekali ya, kecil – kecil cabe rawit.

Burung Flamingo (18 Juta Tahun Yang Lalu)


Fakta mengenai burung flamingo ini didapat setelah adanya penemuan sarang purba beserta lima buah telur dan fosil di hamparan batuan kapur di Spanyol, dimana diperkirakan kalau hamaran batu ini dulunya adalah sebuah danau yang cukup besar di era Miosen. Setelah diteliti, para peneliti mempercayai bahwa sarang purba ini adalah milik nenek moyang dari burung flamingo yang berumur 18 juta tahun.

Scan mikroskopis menunjukan kalau lima telur purba tersebut sangatlah mirip dengan telur burung flamingo dimasa sekarang, namun ada beberapa perbedaan yang didapatkan antara flamingo purba ini dengan flamingo sekarang. Sarang flamingo purba dibuat dengan kumpulan ranting dan dedaunan, sedangkan flamingo sekarang membuat sarang dengan kumpulan lumpur saja. Flamingo sekarang pun biasanya hanya bertelur sebanyak 1 buah didalam sarangnya, sedangkan di penemuan ini, sarang purba memiliki lima buah telur didalam sarangnya. Menurut para peneliti, kemungkinan flamingo purba ini tidak berbeda dalam bentuk maupun sifat dengan flamingo sekarang, mereka hanya berbeda dari faktor pembuatan sarang dan jumlah telur saja karena beradaptasi dengan lingkungan.

referensi:
livescience.com/24114-fossil-flamingo-eggs-found-in-their-nest.html
hedgehogstreet.org/pages/all-about-hedgegogs.html
animals.nationalgeographic.com/animals/mammals/red-panda/
awf.org/wildlife-conservation/grevys-zebra
nationalgeographic.com/animals/mammals/w/white-tailed-deer/


close