PLARIUSMODIFIKASI101

Laba Laba Paling Unik Bentuknya Yang Pernah Ditemui

Wednesday, April 11, 2018
Laba – laba adalah sejenis hewan arthropoda (beruas) dengan dua bagian tubuh, empat pasang kaki, dan tidak memiliki “mulut pengunyah”. Laba – laba pun masuk kedalam kelas serangga yang sama dengan kalajengking, ketonggeng, dan tungau, yakni kelas Arachnida, yang keilmuannya disebut dengan Arachnologi. Banyak sekali orang – orang yang merasa takut jika bertemu dengan laba – laba di rumahnya, yang mungkin karena memang laba – laba sering dikenal sebagai hewan karnivora (pemakan daging) dan beracun, meskipun ada sebagian dari spesies laba – laba yang tidak beracun sama sekali. 

Dan tahukah sahabat anehdidunia.com? Setelah melalui banyak penelitian dan pencarian mengenai spesies laba – laba di Dunia, para peneliti telah banyak menemukan spesies – spesies laba – laba yang baru, unik, dan mengagumkan yang menunjukan betapa luar biasanya Tuhan menciptakan alam semesta ini beserta isinya. Berikut adalah Spesies Laba – Laba Terunik Dan Mengagumkan Di Dunia versi anehdidunia.com

Laba – Laba Pemakan Tumbuhan : Bagheera Kiplingi


Laba – laba biasanya dikenal sebagai serangga pemakan daging, bahkan serangga yang sering sekali memakan sesamanya (kanibal). Namun, Laba – laba bernama “Bagheera Kiplingi” ini adalah salah satu spesies yang jauh berbeda dengan laba – laba kebanyakan, ia adalah laba – laba pemakan tumbuhan. Bagheera Kiplingi ini pertama kali ditemukan di Guatemala, Meksiko pada tahun 1896. Serangga ini biasa hidup di pohon Akasia karena ia memakan semacam bulir yang disebut “tubuh Beltian” yang kaya akan protein, lipid, dan glukosa yang tumbuh di pohon –pohon Akasia. Namun, laba – laba ini tetap harus melewati “Persaingan” yang cukup ketat dengan para semut untuk mendapatkan bulir di daun – daun pohon Akasia ini, dimana para semut juga biasanya membangun sarang di pohon Akasia, melindungi pohon dari serangga lainnya, dan memakan bulir tersebut juga. 

Laba – Laba Pelican


Laba – Laba pelican ini dapat sahabat anehdidunia.com jumpai di Australia, Madagaskar, dan Afrika Selatan. Laba – laba ini adalah salah satu contoh dari pesatnya sebuah kemajuan dari hasil evolusi para hewan arthropoda, dimana serangga ini memiliki tampilan yang sungguh unik, ia terlihat sangat mirip dengan burung pelikan, dimana tampilan ini ia dapat dari proses evolusi yang membuat leher dan rahangnya memanjang. Laba – laba pelican adalah serangga karnivora, dimana ia memakan hampir semua serangga yang dapat ia serang dengan rahang panjang nan mengerikannya, termasuk memakan laba – laba lainnya! Ia pun memiliki metode berburu laba – laba yang unik dan licik, dimana ia akan menggoyangkan jaring laba – laba lain yang seolah – olah ada serangga yang terperangkap di jaringnya, dan saat laba – laba pemilik jaring mendekatinya, ia langsung menyerangnya dengan rahang panjangnya dan menyuntikan racun mematikan agar sang mangsa menjadi lumpuh dan mudah untuk di makan. Mengerikan sekali ya sahabat anehdidunia.com.

Laba – Laba Pasir Bermata Enam : Sicarius Hahni


Sicarius hahni adalah sebuah keajaiban di alam yang kurang terkenal namun sangat menakutkan. Serangga ini banyak hidup di padang pasir, wilayah Selatan benua Afrika. Panjang kaki laba – laba ini bisa tumbuh mencapai ukuran 14 centimeter dan mampu hidup selama 15 tahun, cukup besar dan lama untuk seekor laba – laba ya.  Laba – laba yang satu ini memiliki strategi berburu yang luar biasa, dimana ia akan menguburkan dirinya kedalam pasir dan diam tidak bergerak sambil menunggu untuk menyergap mangsa yang melewatinya. Dan yang menakjubkannya lagi, laba – laba ini mampu bertahan hidup selama satu tahun hanya dengan memakan satu mangsa saja! Selain kemampuan berburu dan daya tahannya, laba – laba ini juga dilengkapi dengan racun nekrotik yang semakin membuat serangga ini menjadi sangat berbahaya bagi mangsa - mangsanya, bahkan bagi beberapa mamalia juga manusia. Jangan sampai bertemu dengan laba – laba ini ya sahabat anehdidunia.com, sangat berbahaya!

Laba – Laba Pembunuh Kutu Kayu Sow Bug Killer


Kemungkinan laba – laba ini akan banyak dicintai oleh sahabat anehdidunia.com yang sangat benci dan jengkel dengan serangan hama kutu kayu, karena laba – laba ini adalah salah satu predator alami dari serangga pengganggu tersebut.  Laba – laba ini memiliki tubuh yang terlihat besar, rahang besar yang hampir seukuran kepalanya, dan juga memiliki warna yang mendukung kengeriannya. Laba – laba ini tidak berburu menggunakan jaring, tapi langsung menyergap mangsanya dan menyuntikan racun mematikan dengan rahangnya yang besar dan tajam.

Seperti yang kita ketahui, kutu kayu memiliki cangkang tubuh yang keras sehingga akan sangat sulit bagi pemangsa untuk “menyentuh” dagingnya, sehingga jarang sekali ada pemangsa alami yang mampu melawan serangga ini. Namun hal ini tidak menjadi penghalang bagi sang laba – laba unik ini, dengan rahangnya yang besar dan tajam laba - laba ini mampu menembus cangkang tebal sang kutu kayu yang langsung dilanjutkan dengan menyuntikan racun untuk melemahkan sang kutu agar ia “tenang” saat akan dimangsa.

Laba – Laba Ekor Kalajengking : Arachnura Higginsi


Penemuan laba – laba asal Australia bernama “Arachnura Higginsi” ini benar – benar membuat para ilmuwan merasa “kecil” sekaligus terkagum – kagum, sungguh penampilan yang tidak biasa dari seekor laba – laba yang biasanya bertubuh bulat saja, Arachnura Higginsi ini memiliki tambahan tubuh seperti ekor kalajengking yang terdapat pada sang betinanya (pejantannya terlihat seperti laba –laba biasa dan berukuran jauh lebih kecil dari sang betina). Karena bentuk tubuh “unik”-nya lah, laba – laba ini biasa disebut dengan laba – laba ekor kalajengking.

Namun laba – laba ini memangsa dengan cara yang sama seperti kebanyakan laba – laba pembuat jaring lainnya, karena ekor uniknya tersebut hanya untuk mengintimidasi penganggu ataupun pemangsa yang mencoba mendekatinya (agar terlihat seperti seekor kalajengking asli). Sungguh sebuah sistem pertahanan yang unik dan tidak biasa, sebuah karya sang Pencipta yang tiada tandingannya.

Sumber: 
whatsthatbug.com/2010/04/07/scorpion-tailed-spider-from-australia/
insectidentification.org/insect-description.asp?identification=Sowbug-Killer-Spider
realmonstrosities.com/2012/06/sicarius-spider.html
sciencenews.org/article/pelican-spiders-slow-safe-assassins
britannica.com/animal/Bagheera-kiplingi


close