PLARIUSMODIFIKASI101

Kamu Harus Tahu Fakta Aneh Planet Dalam Tata Surya Kita

Sunday, May 20, 2018
Beragam macam planet yang ada di sistem tata surya ini terbagi jadi dua jenis, yaitu planet-planet dalam dan juga planet-planet luar. Planet-planet dalam itu terdiri dari planet Merkurius, planet Venus, planet Bumi, dan planet Mars, di mana planet-planet itu merupakan planet-planet yang paling dekat dengan matahari. Sedangkan sisanya, yaitu planet Jupiter, planet Saturnus, planet Uranus, dan planet Neptunus, adalah jenis planet-planet luar. Planet-planet dalam dan planet-planet luar itu dibatasi oleh sebuah sabuk asteroid. Nah, ternyata planet-planet itu memiliki banyak fakta-fakta unik yang tidak banyak orang mengetahuinya, dan di dalam artikel ini kita akan membahasnya :

Planet Merkurius


Planet Merkurius adalah planet yang jaraknya paling dekat dengan matahari, di mana jarak antara planet Merkurius dan matahari itu hanya kisaran sejauh 57 juta km saja. Mengingat bahwa planet Merkurius memiliki jarak yang paling dekat dengan matahari, tidak heran bahwa temperatur planet Merkurius bisa mencapai mencapai 427 derajat celcius di saat siang hari, dan bisa mencapai -178 derajat celcius di saat malam hari. Satu tahun di planet Merkurius sama dengan 88 hari waktu di planet bumi. Sehingga membuat putaran waktu satu tahun di atas merkurius itu jauh lebih pendek daripada di planet bumi. 

Fakta menarik lainnya, adalah nama Merkurius itu sendiri, di mana nama planet Merkurius diambil dari bahasa asli Romawi, yang tidak lain adalah nama seorang dewa pembawa pesan dari zaman romawi kuno.  Sosok dewa ini ternyata juga punya nama Yunani, yaitu dewa Hermes, yang memiliki tugas untuk membawa pesan dan berperan sebagai sang dewa pencuri. Planet Merkurius juga memiliki ini pergerakan yang sangat cepat dalam rotasinya mengitari matahari dalam kurun waktu satu tahun. 

Planet Venus


Planet Venus adalah ternyata juga salah satu jenis planet yang paling dekat dengan planet bumi. Maka, tidak heran apabila massa serta ukuran dari planet ini memang nyaris mirip dengan planet bumi. Planet Venus juga terkenal dengan sebutan bintang kejora, bintang fajar, dan juga sang bintang senja. Karena venus memang akan nampak pada saat matahari terbit dan matahari terbenam. Planet Venus mempunyai atmosfer yang diselimuti oleh awan tebal, dan planet ini bisa menahan panas jauh lebih baik daripada planet bumi. Namun planet Venus tidak punya kandungan oksigen dan juga memiliki jumlah air yang sangat sedikit, sehingga memang sangat tidak memungkinkan untuk membangun kehidupan di atas venus. 

Uniknya, berbeda dengan beberapa planet lainnya yang memang berotasi dengan melawan arah arah jarum jam, planet Venus berotasi dengan searah jarum jam. Fenomena unik itulah yang membuat matahari dapat terbit di sebelah barat dan akan terbenam di sebelah timur. Sama halnya planet Merkurius, nama planet Venus juga diambil dari salah satu nama dewi dari Romawi kuno. Venus adalah nama dewi cinta dan dewi kecantikan. Di dalam mitologi Yunani, Venus juga memiliki nama dewi Aphrodite, dan juga adalah ibu dari dewa Cupid, sang dewa cinta. 

Planet Bumi


Planet Bumi merupakan planet yang70% permukaannya itu diselimuti air. Planet bumi punya satu satelit, yaitu planet bulan. Planet Bumi mempunyai massa hingga 5,97 x 10 kg, dan memiliki massa waktu orbit yaitu sekitar 365,24 hari. Planet bumi berotasi yaitu sekitar 23 jam 56 menit 4 detik, dan bumi punya atmosfer yang melingkupi serta melindungi para makhluk dari datangnya sinar ultraviolet, dan juga beragam benda langit yang memiliki kemungkinan untuk menabrak planet bumi. Dengan adanya kandungan oksigen serta kandungan pendukung yang lainnya. Planet bumi telah jadi satu-satunya planet yang dapat ditinggali mahluk hidup hingga saat ini. 

Planet Mars


Planet Mars merupakan planet yang permukaannya diselimuti oleh debu tebal berwarna merah karat. Planet Mars jauh lebih kecil diameternya jika dibandingkan dengan planet bumi. Planet mars juga mempunyai beberapa macam kesamaan dengan planet bumi, di mana waktu rotasi dari planet Mars nyaris 24 jam, dan punya siklus musim yang sangat mirip dengan planet bumi. Namun, planet Mars ternyata memiliki kandungan karbondioksida yang sangat tinggi, dan mempunyai suhu serta memiliki tekanan udara yang lumayan rendah, sehingga sangat tidak memungkinkan untuk membangun kehidupan disana. Suhu yang sangat rendah itu dapat dilihat dan dirasakan saat malam hari suhunya bisa mencapai -1400 F. Planet Mars juga membutuhkan waktu hingga dua tahun lebih untuk melakukan evolusi. Planet mars juga punya dua buah satelit, yaitu bernama Deimos dan Phobos. Fakta unik yang lainnya adalah adanya gunung tertinggi serta lembah yang paling dalam yang ada di seluruh sistem tata surya.

Planet Jupiter


Planet Jupiter merupakan planet yang paling besar di dalam sistem tata surya kita. Planet yang satu ini termasuk jenis planet luar, dan merupakan satu dari empat buah planet berukuran raksasa yang ada di dalam sistem tata surya. Planet yang satu ini memiliki kandungan gas yang lumayan tinggi serta pada permukaannya diselubungi lapisan awan yang sangat tebal, sehingga sedikit sudah untuk melihat permukaannya. Volume dari planet ini yaitu sekitar 1300 kali volume planet bumi, namun massanya mencapai 300 kali dari besarnya sendiri. Suhu dari planet yang satu ini juga tergolong sangat rendah, yaitu mencapai -2000 F. Planet Jupiter membutuhkan waktu 10 jam saja untuk berputar pada porosnya. Planet Jupiter punya banyak satelit, yaitu mencapai 39 buah satelit. 

Planet Saturnus


Planet yang satu ini dikenal sebagai planet yang paling indah, karena dia memiliki sebuah cincin yang mengitarinya, sehingga membuat planet ini menjadi nampak sangat berbeda dari planet-planet yang lainnya. Dan sebenarnya, planet Saturnus ini bukanlah satu-satunya yang punya cincin, namun saturnus memiliki cincin yang terlihat paling jelas. Planet Saturnus merupakan jenis planet luar dan merupakan jenis planet terbesar kedua di sistem tata surya kita. Letaknya yang sangat jauh dari matahari itu menyebabkan planet yang satu ini menjadi sangat sulit dilihat dari planet bumi. Planet saturnus mempunyai 19 buah satelit.  Di dalam mitologi bangsa romawi kuno, Saturnus itu merupakan kakek dari dewa Jupiter, dan merupakan seorang dewa dari generasi pertama. Dewa saturnus adalah dewa pertanian serta dewa kesuburan. 

Planet Uranus


Planet yang satu ini memiliki warna biru sedikit kehijauan, hal itu diakibatkan karena adanya kandungan gas methana di dalam atmosfernya. Sama halnya planet Saturnus, planet Uranus punya cincin yang terdiri dari 11 buah cincin. Planet Saturnus memiliki ribuan buah cincin, sedangkan cincin yang mengelilingi planet Uranus tidak begitu nampak. Planet Uranus mempunyai kandungan gas helium dan kandungan hydrogen, dan juga kandungan gas metana yang membuat planet ini mendapat julukan “planet es”. Planet Uranus adalah planet terbesar ketiga di dalam sistem tata surya kita. Planet ini punya 21 buah satelit. Planet Uranus punya periode rotasi hingga durasi 17 jam, planet uranus mengelilingi matahari dalam kisaran waktu 84 tahun sekali. Hal itu disebabkan karena jarak planet yang satu ini adalah sekitar 3 miliar km dengan matahari.

Planet Neptunus


Planet terakhir dan terjauh dalam sistem tata surya adalah, planet Neptunus. Planet ini ditemukan pada tahun 1846. Neptunus meerupakan satu dari empat planet raksasa, tetapi memiliki diameter lebih kecil dari planet Uranus. Kandungan planet ini pun lebih menyerupai planet Uranus dengan Helium dan gas metana pada atmosfernya yang menjelaskan warna biru yang mendominasi tampilan planet Neptunus ini. Sama juga dengan planet Uranus, planet ini juga dijuluki planet “es”. Neptunus memiliki masa rotasi selama 19,5 jam dn berputar sekali mengelilingi matahari sekitar 165 tahun, mengingat planet ini adalahh planet terjauh dan butuh waktu lama untuk berevolusi terhadap matahari. Planet ini memiliki 13 satelit dan yang paling terkenal adalah Triton. Planet ini juga memiliki cincin yang mengitarinya sama seperti planet-planet raksasa lainnya.

Referensi :
https://www.beritaunik.net/unik-aneh/9-fakta-unik-jagad-raya-yang-menakjubkan.html
https://ruthfelensia.wordpress.com/2017/03/13/fakta-unik-apa-yang-ada-pada-planet-planet-sistem-tata-surya/