PLARIUSMODIFIKASI101

Danau Dengan Air Paling Jernih Dan Paling Indah Di Dunia

Sunday, June 03, 2018
Dunia yang kita tinggali ini sejatinya merupakan tempat yang sangat indah. Hanya saja keindahan alam yang da kian hari kian terkikis dengan meningkatnya tingkat polusi dan juga pemanasan global. Hal ini membuat bumi kita semakin hari semakin rusak dan kotor. Pengaruh tingkat polusi yang tinggi ini diantara bisa kita lihat dengan mulai susahnya mencari air bersih, terutama di daerah pemukiman dan perkotaan. 

Namun meski begitu bukan bearti di dunia ini sudah tak ada tempat yang memiliki air yang bersih. Hanya saja untuk menemukanya kita biasanya harus pergi wilayah kepelosok yang tak banyak di jamah orang. Diwilayah seperi inilah biasanya kita baru bisa menemukan air yang benar-benar bersih. Beberapa diantaranya bahkan tak hanya bersih dan jernih saja namun juga merupakan bagian dari tempat yang indah. Keindahan tempat-tempat ini bahkan layak untuk kita sebut surga dunia.

Keindahan tempat wisata dengan air  danau  yang begitu jernih inilah yang akan anehdidunia.com bagikan kisahnya, dalam Tempat Dengan air Paling Jernih Dan Indah di Dunia, versi anehdidunia.com

Blue Lake - Selandia Baru


Blue Lake merupakan danau yang terletak di Taman Nasional Nelson Lake, Selandia Baru. Danau ini merupakan pemegang rekor sebagai danau paling jernih di dunia. Blue Lake adalah satu-satunya danau yang memiliki warna biru violet, kombinasi warna yang hanya bisa ditemukan di perairan yang sangat jernih. Sangking jernihnya air yang ada di danau ini, jarak pandang manusia saat menyelam di danau ini bahkan bisa mencapai 80 meter.

Air yang sangat jernih pada Blue Lake ini diperkirakan bisa terbentuk karena danau ini sebenarnya merupakan muara bagi dua danau Gleyser dipegungungan yang ada di Tamana Nasional Nelson. Selain kejernihanya, air pada danau yang terletak pada ketinggian 1.200m di atas permukaan laut ini juga dianggap sebagai air suci oleh bangsa Maori. Bangsa Maori biasa menyebut danau ini sebagai "Rotomairewhenua" yang kurang lebir berarti Air Biru Yang Suci.

Sungai Rio De Plata - Brazil



Dengan air yang sejernih kristal, Rio De Palta merupakan sungai yang menjadi surga bagi seluruh pecinta olahraga Snorkeling. Sangking jernihnya air yang ada di kota Bonito, Brazil ini nyaris segala sesuatu yang ada di dalam sungai ini bisa dilihat dengan mata telanjang. Sungai ini juga menyajikan pemandangan yang akan membuat siapaun kagum dengan banyaknya ikan Mahi-mahi bersisik emas yang terlihat bebas berenang di sungai ini.

Selain itu sungai yang mengelilingi kota Bonito ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Kejernihan air di Rio De Plata sendiri merupakan hasil dari adanya gugusan batu kapur di sungai ini yang menjadi filter alami bagi air yang ada di sungai ini dan membuat airnya nyaris transparan.

Danau Crater - Amerika


Danau Crater merupakan danau yang terkenal karena memiliki air biru yang sangat jernih. Danau yang terletak di Selatan, Oregon, Amerika ini sejatinya merupakan kaldera yang terbentuk setelah ledakan gunung Mazama 150 tahun yang lalu. Karena merupakan kaldera, maka tak ada sungai yang mengalir ke danau ini. Seluruh air di danau Crater berasal dari air hujan ataupun salju yang meleleh.

Hal inilah yang dipercaya membuat air di danau Crater sangat jernih dan nyaris transparan. Danau yang juga di kenal dengan sebutan "Old Man of the Lake" memiliki kedalaman mencapai 655 meter, merupakan danau terdalam di Amerika. Danau ini awalnya sama sekali tak memiliki populasi ikan, sampai pemerintah Amerikan memutuskan untuk secara rutin melepas benih ikan di danau ini. Program pelepasan ikan yang berlangsung sejak tahun 1888 - 1941, telah membuahkan hasil dengan mulai munculnya populasi ikan yang berkembang biak di danau ini.

Danau Plitvice - Kroasia


Merupakan bagian dari Taman Nasional tertua di Kroasia, Plitvice merupakan  sekumpulan danau kecil yang memiliki air yang sangat jernih. Keindahan danau yang terletak 2 jam perjalanan dari kota Zagreb ini juga sudah diakui ole UNESCO yang telah menjadikan danau ini sebagai warisan budaya dunia sejak tahun 1979.

Dihiasi dengan 16 danau berwarna kehijauan, Plitvice sering kali disebut sebagai salah satu karya alam terbaik didunia. Selain itu danau ini juga memiliki beberapa air terjun mini yang membuatnya terlihat sangar indah. Air terjun ini juga sangat terkenal dikalangan wisatawan dunia karena airnya yang sejernh kristal. Saat mengunjungi tempat ini para wisatawan juga bisa dengan bebas mengelilingi danau berkat adanya jembatan kayu yang di bangun di sekeliling danau. Pembanguan jembatan ini seniri dimaksudkan untuk tetap menjaga kejernihan air di danau Plitvice tanpa mengurangi kenikmatan para wisatawan yang ingin mengelilingi danau berair jernih ini.

Danau Labuan Cermin - Indonesia


Terletak di sebelah Timur Pulau Borneo, Labuan Cermin merupakan sebuah danau air berwarna kebiruan yang sangat jernih. Sangking jernihnya air di danau ini sampai-sampai kapal yang ada di atasnya sering kali terlihat seolah melayang di udara. Selain airnya yang jernih danau yang terletak di Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur ini jug memiliki keunikan lain yaitu airnya yang memiliki dua rasa.

Air di danau Labuan Cermin, memiliki rasa asin dibagian bawah dan rasa tawar bagian atas danau. Anehnya kedua air ini secara ajaib tak pernah tercampur dan terus terpisah sampai saat ini. Fenomena unik ini sendiri kemungkinan besar terjadi karena letak danau ini yang berada di area muara sungai yang terletak di dekat laut. Hal ini memungkinkan adanya air laut yang masuk ke danau Labuan Cermin dan karena BD air laut yang lebih berat dai air tawar membuat air laut terkonsentrasi di bagian bawah danau.

To Sua Ocean Trench - Samoa


To Sua Ocean Trench yang kurang lebih berarti "Lubang Besar" merupakan Kawah alami berisi air super jernih yang terletak di kepulauan Samoa, Laut Pasifik. Letaknya yang berada jauh di perairan Laut Pasifik, membuat To Sua Ocean Trench mendapat julukan sebagai "Hidden Magical Swimming Pool" oleh para traveler yang pernah mengunjunginya. 

Kolam alami yang terletak Desa Lotofaga, Pulau Upolu ini memiliki kedalaman sekitar 100 kaki dan diperkirakan terbentuk akibat sisa lava letusan gunung yang mengering. Air di kawah ini berasal dari rembesan air laut yang masuk melalui celah pada lapisan lava yang ada. Material lava inilah yang membuat air di To Sua Ocean Trench jadi sejernih kristal.  

Danau Wuhua Hai - Cina


Terletak di Taman Nasional Jiuzhaigou, Cina, Danau Wuhua Hai merupakan salah satu danau terindah di dunia dengan air yang sangat jernih. Namun tak sekedar memiliki air yang sangat jernih, danau yang berjuluk "Five-Flower" ini juga masih menyimpan pesona lain yaitu air danaunya yang bisa berubah-rubah warnanya. Setidaknya ada lima warna yang terdapat pada air danau ini, beberapa warna itu yakni biru lau, biru tua, hijau gelap, kuning dan juga merah. Berkat keindahanya ini Danau Wuhua Hai, telah diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1992.

Perubahan warna pada danau Wuhua Hai ini berasal perubahan kandungan mineral seperi kalsium karbonat dan hidrofita (tumbunan air) yang membuat air danau bisa berubah-ubah. Perpaduan warna inilah yang membuat air di danau Wuhua Hai terlihat sangat indah. Menurut legenda masyarakat lokal, konon danau ini dibuat oleh seorang dewi yang menjatuhkan cermin miliknya ke bumi. Cermin tersebut kemudian pecah menjadi 108 bagian yang kemudian menjadi 108 danau yang ada di Taman Nasional Jiuzhaigou. Menurut mereka inilah yang menyebabkan danau yang ada di Taman Nasional ini memiliki air sejernih kaca, sedangkan Danau Wuhua Hai dianggap sebagai yang terindah.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa tempat dengan air paling jernih dan indah didunia. Mana menurut kalian mana yang paling indah?

Referensi:
http://www.travelandleisure.com/trip-ideas/nature-travel/bluest-water-destinations
https://www.thrillist.com/travel/nation/places-with-the-clearest-water-in-the-world
https://en.wikipedia.org/wiki/Crater_Lake
https://en.wikipedia.org/wiki/Plitvice_Lakes_National_Park
http://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-3147100/Is-magical-swimming-pool-world-big-hole-hidden-grotto-volcanic-island.html
https://www.thrillist.com/travel/nation/places-with-the-clearest-water-in-the-world
http://www.travelandleisure.com/trip-ideas/nature-travel/bluest-water-destinations#to-sue-trench-upolu-samoa
https://jalanjalanyuk21.blogspot.co.id/2017/12/keindahan-blue-nelson-lake-new-zealand.html
http://piknikasik.com/danau-labuan-cermin-satu-danau-2-rasa-di-ujung-timur-pulau-kalimantan
http://www.danaubesar.com/2014/08/keindahan-danau-wuhua-hai-danau-lima.html