PLARIUSMODIFIKASI101

Mau Jadi Cewek Atau Cowok Hewan Ini Punya Kemampuan Berganti Kelamin

Saturday, September 15, 2018
Ingin menjadi pria atau wanita memang bukan kehendak kita. Itu sudah diatur oleh yang Maha Kuasa. namun akhir akhir ini banyak yang melakukan penukaran jenis kelamin karena sesuatu hal. Berganti kelamin ini juga dialami oleh hewan namun mereka tidak melakukan oplas atau operasi plastik. Taukah anda sahabat anehdidunia.com bahwa ada beberapa binatang yang bisa mengubah kelaminnya sesuai dengan yang dia mau. bayangkan ini bisa terjadi pada manusia. Tak panjang lebar lagi, berikut hewan yang bisa berganti kelamin tanpa operasi

Ikan Badut

Ikan badut Punya Kemampuan Berganti Kelamin

Ikan badut atau ikan giru adalah sejenis ikan laut yang memiliki sisik berwarna-warni. Bagi anda yang hobi menonton film, ikan ini pastinya tidak asing bagi anda. Ya, betul. Ikan inilah yang menjadi sumber inspirasi utama dari karakter Nemo dan ayahnya dalam film Finding Nemo. Ikan badut yang muncul dalam film yang bersangkutan memiliki warna dasar jingga dengan garis-garis putih di sejumlah bagian tubuhnya. Namun warna jingga bukanlah satu-satunya warna yang dapat ditemukan pada tubuh ikan badut. Ikan badut dengan warna kuning, merah, dan bahkan ungu juga dapat ditemukan.

Di alam liar, ikan badut biasanya terlihat dekat dengan anemon. Berkat lapisan lendir khusus yang dimilikinya, tentakel anemon yang beracun tidak memiliki efek mematikan bagi ikan badut. Dengan modal itulah ikan badut mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan dengan anemon. Anemon membantu melindungi ikan badut dari musuh-musuhnya dengan tentakelnya yang beracun. Sebagai gantinya, ikan badut membantu membersihan sela-sela tentakel antemon dan mengusir hewan-hewan yang mengusik anemon. Sahabat anehdidunia.com ikan badut bahkan tidak segan-segan menyerang penyelam yang berukuran jauh lebih besar darinya jika dianggap sebagai ancaman.

Ikan badut memiliki pola hidup berkelompok. Satu kelompok ikan badut biasanya terdiri dari seekor betina tua dan beberapa ekor pejantan yang berusia lebih muda. Betina inilah yang berperan sebagai pemimpin kelompok tersebut. Kendati ada beberapa ekor pejantan, betina hanya akan kawin dengan pejantan tertua di kelompok tersebut. Saat betina mati, maka kelompoknya secara otomatis tidak lagi memiliki pemimpin. Di sinilah ikan badut menunjukkan keunikannya. Ikan jantan yang paling tua dan paling dominan akan mengalami perubahan kelamin menjadi betina. Sementara pejantan tertua kedua akan menjadi pasangan kawinnya yang baru.

Ikan badut betina yang sudah melakukan perkawinan bisa menghasilkan telur hingga 1.000 butir. Telur-telur ini dilekatkan di dasar laut yang lokasinya tidak jauh dari anemon. Saat baru menetas, anak-anak ikan badut tidak akan dirawat oleh orang tuanya. Namun dibiarkan hidup terbawa arus laut. Sesudah tumbuh hingga usia tertentu, ikan badut muda akan mencari anemon dan tinggal di dalamnya.

Belut

Belut Punya Kemampuan Berganti Kelamin

Hewan yang satu ini lazim ditemukan dalam lomba-lomba tradisional semisal festival 17 Agustus. Pasalnya hewan yang bentuknya mirip ular ini memiliki tubuh yang penuh akan lendir, sehingga perlu usaha ekstra untuk menangkap dan memasukannya ke dalam botol. Jika lomba sudah selesai, dapat dipastikan kalau tangan masing-masing peserta akan penuh dengan lendir yang licin. Walaupun bentuknya mirip ular, belut aslinya tidak berkerabat dengan ular. Sahabat anehdidunia.com hewan ini aslinya adalah sejenis ikan yang sudah beradaptasi untuk hidup di lingkungan yang minim air. Sistem pernapasannya sudah termodifikasi sedemikian rupa untuk mengambil oksigen langsung dari udara. Tubuhnya yang panjang dan berlendir membantu ikan ini untuk bergerak dengan lincah di kawasan berlumpur. Maka bukan hal yang mengherankan kalau belut lantas banyak ditemukan di areal persawahan.

Belut sendiri adalah hewan karnivora yang hidup dari memakan hewan kecil. Pada siang hari, hewan ini bersembunyi di dalam lubang yang digalinya supaya aman dari pemangsa dan panasnya sinar matahari. Saat malam sudah tiba, barulah ikan ini keluar dari persembunyiannya untuk mencari makan. Saat hujan deras turun, tidak jarang belut hanyut terbawa arus banjir dan tanpa sengaja masuk ke dalam kolam budidaya yang berisi ikan-ikan kecil. Jika hal itu terjadi, maka pemilik kolam dipastikan bakal menggerutu karena ikan-ikan yang dipeliharanya secara misterius berkurang jumlahnya akibat dimakan satu demi satu oleh belut. Semua belut yang baru menetas memiliki jenis kelamin betina. Namun saat sudah menginjak usia tertentu, belut akan berubah kelamin menjadi betina. Dengan cara ini anda bisa dengan mudah menebak apa jenis kelamin dari belut. Jika seekor belut berukuran kecil, maka belut tersebut adalah belut betina. Tapi jika belutnya besar, maka belut tersebut hampir pasti berjenis kelamin jantan.

Kerondong

Kerondong Punya Kemampuan Berganti Kelamin

Satu lagi ikan yang bentuknya menyerupai ular. Bedanya adalah jika belut tidak bisa berenang, maka kerondong atau sidat moray adalah perenang yang anggun sekaligus handal. Siripnya yang membentang di sepanjang tubuhnya menjadikan ikan ini bisa berenang dengan meliuk-liukkan tubuhnya. Bagi mereka yang baru pertama kali melihatnya, kerondong terlihat bak monster bawah laut yang menakutkan. Namun jangan khawatir. Hewan laut ini pada dasarnya adalah hewan yang kalem dan tidak akan menyerang manusia jika tidak diganggu. Kalaupun merasa terancam, kerondong biasanya akan lebih memilih untuk masuk ke dalam lubang persembunyiannya.

Seperti halnya belut, kerondong juga merupakan hewan pemakan daging. Makanan utamanya adalah ikan kecil dan gurita. Sahabat anehdidunia.com berkat deretan giginya yang tajam, hewan yang sudah tertangkap dalam mulutnya bakal sulit untuk melarikan diri. Kerondong juga memiliki kemampuan untuk berganti kelamin. Namun tidak semua spesies kerondong memiliki kemampuan ini. Hanya sebagian kecil spesies semisal kerondong pita yang memiliki kemampuan unik tersebut. Semua kerondong pita menetas sebagai ikan jantan. Namun saat sudah memasuki usia dewasa, kerondong jantan secara perlahan-lahan akan mengalami perubahan warna sebelum kemudian berubah menjadi ikan betina.

Jenis kerondong lain seperti kerondong zebra juga memiliki kemampuan demikian. Bedanya adalah jika kerondong pita mengalami pergantian kelamin seiring dengan pertambahan usia, maka kerondong zebra hanya akan berganti kelamin dengan menyesuaikan kondisi sekitar. Semua kerondong zebra lahir sebagai ikan betina. Namun saat jumlah pejantan di wilayahnya terlalu sedikit, sebagian kerondong zebra akan mengganti kelaminnya menjadi jantan.

Wrasse

Wrasse Punya Kemampuan Berganti Kelamin

Melihat namanya, anda mungkin bakal mengerutkan kening karena namanya terdengar asing. Walaupun namanya terdengar aneh, namun ikan ini memiliki penampilan yang menarik. Bergantung dari spesiesnya, ikan ini memiliki ukuran yang bervariasi dan penampilan yang berwarna warni. Bentuk ikan ini juga tidak kalah bervariasi. Sahabat anehdidunia.com spesies Cheilinus undulatus memiliki tubuh berbentuk segi empat, moncong yang pendek, dan kening yang menonjol layaknya ikan lou han. Namun spesies Labroides dimidiatus di lain pihak memiliki penampilan yang berbeda 180 derajat. Spesies ini memiliki tubuh berpostur memanjang dan kepala berbentuk meruncing layaknya torpedo.

Seperti halnya ikan badut, ikan wrasse juga hidup di laut. Namun jika ikan badut menjadikan tentakel anemon yang melambai-lambai sebagai tempat tinggalnya, maka ikan wrasse lebih banyak ditemukan di dasar laut yang berkarang. Berkat tubuhnya yang pipih, ikan wrasse bisa meliuk-liuk dengan mudah di antara bebatuan atau terumbu karang yang sempit.

Ikan wrasse spesies L. dimidiatus diketahui mengalami pergantian kelamin dalam siklus hidupnya. Ikan wrasse pada awalnya lahir sebagai ikan betina. Namun ketika sudah memasuki ukuran tertentu, ikan wrasse akan berubah kelamin menjadi pejantan. Uniknya, jika lingkungan tempatnya hidup berada dalam kondisi kekurangan betina, ikan jantan yang berukuran lebih kecil akan kembali mengubah kelaminnya menjadi betina.

Sumber :
https://morefundiving.com/clownfish-facts/
https://www.mnn.com/earth-matters/animals/photos/animals-can-change-their-gender/moray-eels
http://www.tsusinvasives.org/home/database/monopterus-albus
https://en.wikipedia.org/wiki/Wrasse