PLARIUSMODIFIKASI101

Ternyata Ini Makna Nama Dan Logo Merk Smarphone Populer Dunia

Monday, September 10, 2018
Zaman sekarang ini, sepertinya semua orang sudah memiliki ponsel, atau yang kini dikenal dengan nama ponsel pintar alias smartphone. Dengan smartphone ini, bisa dibilang kita sedang membawa komputer pribadi, karena di smartphone itu kita bisa membuka media sosial, bahkan berkirim email. Merek smartphone yang ada di dunia ini beragam, dari yang populer, hingga yang namanya belum pernah kita dengar. Bicara smartphone, tentu kita akan mengenal nama besar seperti Samsung, atau Nokia. Lalu, apa arti dari merek dan logo dari merek tersebut? Berikut adalah makna dari nama dan logo merek smartphone populer dunia.

Samsung


Seperti yang sudah kita tahu, selain smartphone, Samsung juga memproduksi alat elektronik lainnya, seperti TV, monitor komputer, HDD eksternal, dan produk-produk elektronik lainnya. Sebenarnya apa makna dari Samsung itu? Awal mula didirikannya Samsung dimulai pada tahun 1938 oleh Lee Byung-Chull. Saat itu, Lee Byung-Chull mendirikan perusahaan bernama Samsung Sanghoe, yang merupakan perusahaan perdagangan kecil dengan total 40 karyawan. Lalu, kenapa Lee Byung-Chull memilih nama Samsung?

Rupanya, Samsung dalam bahasa Korea berarti tiga bintang. Filosofi yang terkandung di dalamnya adalah jenis usaha yang meliputi elektronik, teknologi informasi, dan pengembangan. Selain itu, nama tersebut juga menyimpan harapan bahwa suatu saat nanti perusahaannya itu bisa tumbuh kuat dan menjadi abadi layaknya bintang di langit. Sahabat anehdidunia.com sepertinya harapannya pada masa itu sudah menjadi kenyataan. Produk awal dari Samsung adalah televise hitam putih, yang kemudian mulai merambah perangkat elektronik lain, seperti memori (RAM) untuk komputer, sampai dengan smartphone, seperti yang kita kenal sekarang ini.

Lalu, apa arti dari logo Samsung? Pada awalnya, terdapat gambar tiga bintang pada logonya, sesuai dengan arti namanya. Namun belakangan, Samsung sudah paten dengan logo bertuliskan Samsung dengan elips berwarna biru di belakangnya. Makna dari logo itu adalah Samsung ingin menjadi pusat perhatian di jagat raya, bukan lagi tiga bintang seperti namanya.

Apple


Selain Samsung, raksasa smartphone lainnya yang merupakan saingan dari Samsung adalah Apple. Sama seperti Samsung, Apple juga memproduksi perangkat elektronik lain selain smartphone, seperti perangkat komputer, pemutar music, sampai laptop. Bicara tentang Apple, mungkin kita akan teringat dengan logonya yang berupa buah apel yang digigit. Apa maksudnya itu? Sebelum membahas logonya, mari kita bahas terlebih dulu kenapa mereka memakai nama Apple. Apple, atau dulunya bernama Apple Inc., adalah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, yang didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne pada tanggal 1 April 1976. Kenapa mereka memilih nama Apple untuk dijadikan nama perusahaannya?

Ada banyak teori yang menjelaskan mengenai alasan penamaan Apple tersebut. Namun yang paling terkenal, dan paling dianggap benar adalah nama Apple itu dibuat oleh Steve Jobs, yang sebelum mendirikan perusahaan teknologi pernah bekerja di kebun apel di Oregon. Sahabat anehdidunia.com saat itu, Steve Jobs tertarik dengan merek salah satu apel yang diproduksi di sana, yaitu McIntosh Apples. Akhirnya dia pun memakai nama Apple untuk dijadikan nama perusahaannya. Bahkan, McIntosh juga menjadi nama salah satu produk Apple, yaitu Macintosh.

Setelah mengetahui sejarahnya, bagaimana dengan logonya? Kenapa harus apel yang tergigit? Ternyata alasannya cukup simpel. Sebelumnya, Apple menggunakan logo yang jauh berbeda dengan logo yang digunakan sekarang. Dulu, logo Apple lebih terlihat seperti lukisan kuno. Karena terlalu ribet, maka diubahlah logo Apple menjadi yang kita kenal sekarang. Desain logo apel yang digigit itu berasal dari desainer Rob Janoff. Rupanya, logo itu dibuat gigitan di sampingnya, agar terlihat jelas bahwa logonya itu adalah apel, bukannya tomat. Selain itu, gigitan dalam bahasa Inggris adalah bite, yang mungkin sedikit nyambung dengan salah satu istilah komputer, yaitu byte.

Xiaomi


Xiaomi menjadi merek smartphone yang naik daun belakangan ini. Pasalnya, beberapa produk smartphone buatannya selalu laku di pasaran, menyaingi penjualan Samsung dan Apple. Tak cuma smartphone, Xiaomi juga mengeluarkan produk selain smartphone, seperti TV, speaker, bahkan repeater untuk memperluas jangkauan jaringan Wi-Fi. Berikut ini sejarah dari Xiaomi.

Dibandingkan Samsung dan Apple, Xiaomi memang bisa dibilang masih bau kencur, karena baru didirikan pada tahun 2010, tepatnya pada tanggal 6 Juni 2010. Kenapa diberi nama Xiaomi? Ada dua versi mengenai penamaan Xiaomi tersebut. Sahabat anehdidunia.com versi pertama adalah versi Steve Vickers, General Manager Xiaomi Southeast Asia. Menurutnya, Xiaomi artinya adalah padi kecil. Filosofinya adalah beras dikonsumsi oleh semua kalangan, baik kaya atau pun miskin. Dengan memakai nama Xiaomi, mereka berharap produknya bisa menyasar semua kalangan tanpa memandang status sosial.

Sementara versi kedua adalah versi dari Lei Jun, CEO Xiaomi. Menurutnya, Xiaomi diambil dari dua kata, yaitu Xiao yang dalam konsep Buddha berarti sebutir beras sebesar gunung, dan Mi, yang merupakan singkatan dari Mobile Internet. Lei Jun juga mengartikan Mi merupakan singkatan dari Mission Impossible, yang mana perusahaan tersebut selalu mengalami kendala yang terlihat mustahil dihadapi, namun pada akhirnya berhasil diatasi. Karena itulah, mereka menggunakan logo huruf M dan I saja untuk Xiaomi.

ASUS


Selain Xiaomi, merek smartphone yang kini juga menjadi incaran para penggemar gadget, terutama di Indonesia, adalah ASUS. Sama seperti kompetitornya, ASUS tak hanya merilis smartphone saja, namun juga mengeluarkan produk seperti laptop, motherboard komputer, dan juga monitor komputer. Tentu saja, produk-produk mereka selalu laris di pasaran. Lalu, seperti apa sejarah dari ASUS ini?

ASUS adalah perusahaan teknologi yang didirikan pada tahun 1989, oleh empat insinyur komputer yang bernama Wayne Hsieh, Ted Hsu, MT Liao dan TH Tung. Pertama berdiri, perusahaan ASUS ini hanya melayani konsultasi komputer, dan tidak memproduksi hardware. Lama kelamaan, perusahaan ini mulai memproduksi hardware, yaitu motherboard komputer dengan prosesor Intel, pada akhir tahun 1980-an. Kesuksesan ASUS dalam menciptakan hardware dimulai dari situ, sampai dengan sekarang ini yang menjadi salah satu raksasa smartphone.

Dari mana nama ASUS ini berasal? Rupanya, nama ASUS ini berasal dari potongan nama Pegasus, makhluk mitologi berupa seekor kuda yang memiliki sayap dan bisa terbang. Menurut mitologi Yunani, Pegasus melambangkan kebijaksanaan dan pengetahuan. Sahabat anehdidunia.com ASUS menjelmakan kekuatan, kemurnian dan jiwa petualang dari makhluk ini, dan diharapkan bisa terbang tinggi menuju puncak dari produk-produk yang dibuatnya. Yang menarik, alasan pemotongan namanya itu adalah agar nama ASUS bisa muncul di urutan pertama, atau paling tidak di atas, sesuai urutan huruf alfabet.

ASUS menggunakan logo yang cukup simpel, yaitu tulisan ASUS berwarna biru dengan sedikit modifikasi. Guratan garis pada logo ASUS yang rapi menceminkan kebijaksanaan, supremasi, dan kemurnian. Sementara warna birunya menggambarkan kecemerlangan, kekuatan, pertumbuhan dan rasa tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan serta lingkungan secara umum.

Huawei

Memang, di Indonesia, nama Huawei sempat dipandang sebelah mata. Namun kini, smartphone Huawei sudah mulai dicari oleh orang-orang Indonesia karena memiliki harga yang relatef murah, dan spesifikasi yang ditawarkan juga cukup mumpuni. Tak heran, jika Huawei adalah produsen smartphone terbesar ke-3 di dunia setelah Samsung dan Apple. Produk dari Huawei tak cuma smartphone saja, ada juga produk berupa modem, kamera, sports band, dan juga headset Bluetooth. Namun, yang paling laku jelas smartphone-nya.

Huawei didirikan Ren Zhengfei pada tanggal 15 September 1987. Menariknya, Ren Zhengfei rupanya adalah seorang ahli teknologi yang pernah bergabung dengan anggota militer Tiongkok. Saat usianya mencapai 42 tahun, dia pun berhenti dari militer, dan mulai membangun bisnis teknologinya sendiri. Sahabat anehdidunia.com Huawei diambil dari dua kata, yaitu Hua dan Wei. Hua bisa berarti bunga, atau arti lainnya adalah gelora dan mewah. Sementara Wei artinya adalah pencapaian, prestasi, atau aksi dalam bahasa Mandarin. Jadi, bisa disimpulkan bahwa Huawei memiliki terjemahan kasar pencapaian yang membanggakan atau bergelora. Dari arti Hua yang berarti bunga itulah, Huawei memilih logo berupa kelopak bunga.

Ternyata nama dan logo yang digunakan oleh merek-merek smartphone itu memiliki filosofi yang bagus. Pantas saja mereka kini bisa merajai bisnis teknologi, terutama di pasar smartphone.

Sumber:
https://today.line.me/id/pc/article/5+Arti+Unik+di+Balik+Nama+dan+Logo+Smartphone+Ternama-W3LOWv
https://www.merdeka.com/teknologi/cerita-dibalik-berdirinya-samsung-tekstory.html
http://www.tahupedia.com/content/show/88/Sejarah-dari-Logo-Apple#asal%20mula
https://www.bedahp.com/2017/11/fakta-sejarah-berdirinya-nama-xiaomi.html
https://satujam.com/sejarah-asus/
https://www.viva.co.id/berita/bisnis/866510-hubungan-logo-asus-dan-kuda-pegasus
https://www.blibli.com/friends/blog/pernah-mendengar-huawei-berikut-9-fakta-menarik-huawei-yang-bisa-membuatmu-tercengang/



close