Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Langit Yang Membingungkan Para Sains

Ada banyak fenomena alam, terutama fenomena langit, yang sudah kita lihat. Ada yang sudah biasa kita lihat, seperti misalnya munculnya pelangi, sampai ke fenomena langit yang cukup aneh, namun memiliki penjelasan ilmiahnya. Dari semua fenomena langit itu, ada beberapa yang saking anehnya, fenomena langitnya masih belum bisa dijelaskan secara ilmiah. Berikut ini adalah beberapa fenomena langit yang masih belum bisa dijelaskan sains.

Cahaya Marfa

Cahaya Marfa

Fenomena ini diketahui pertama kali di wilayah Marfa, Texas, pada tahun 1957. Saat itu, satu artikel di sebuah majalah menceritakan adanya fenomena misterius berupa penampakan bola cahaya aneh pada malam hari di dekat wilayah tersebut. Kadang bola cahaya ini terlihat berjumlah lebih dari satu, dan juga kadang bola cahaya ini membelah dan bertambah banyak. Biasanya bola-bola cahaya ini berwarna putih, merah, kuning, atau oranye dan bergerak naik turun.

Meski fenomena ini baru dipublikasikan pada tahun 1957, ternyata fenomena ini sudah ada sejak lama. Tahun 1883, penduduk Texas bernama Robert Ellison sedang berkemah di sebelah barat Paisano Pass, Texas. Tak lama kemudian ia mulai menyaksikan cahaya-cahaya aneh berbentuk bola di kejauhan.

Pada mulanya ia mengira kalau cahaya itu adalah sinyal dari suku Indian Apache. Namun setelah memandangnya selama beberapa saat, ia menyadari bahwa cahaya itu bukan seperti yang dipikirkannya. Sahabat anehdidunia.com selama beberapa saat, Robert melihat bola cahaya aneh itu menari-menari di atas permukaan tanah. Penasaran, ia pulang ke rumah dan menceritakan penampakan itu kepada teman-temannya. Salah seorang dari teman Robert kemudian mengatakan kepadanya bahwa cahaya itu memang sering terlihat di tempat itu dan tidak ada seorangpun yang tahu darimana asalnya.

Yang aneh adalah, di dekat munculnya penampakan bola cahaya ini, tak ada ada bangunan, api unggun, aktifitas manusia atau deposit mineral yang bisa menghasillkan cahaya serupa. Jadi, dari mana datangnya cahaya tersebut?

Ada beberapa teori terkait fenomena ini. Teori pertama adalah cahaya ini terbentuk karena fatamorgana, yang biasa kita lihat di gurun pasir. Karena adanya perbedaan suhu yang sangat besar antara lapisan udara panas dan lapisan udara dingin, maka fenomena fatamorgana bisa terjadi. Kemungkinan, bola cahaya ini adalah hasil dari fatamorgana ini.

Teori kedua adalah cahaya ini merupakan St. Elmo’s Fire. Penjelasan mudahnya, St. Elmo's Fire adalah kilauan yang menyertai pelepasan listrik yang terus menerus dari objek tertentu. Biasanya fenomena ini muncul ketika terjadi petir dan waktu tertentu di mana awan yang mengandung muatan listrik muncul. Namun disinilah kelemahan teori ini. Diketahui saat munculnya bola cahaya Marfa, kondisi cuaca tidak sedang mendung dan tidak ada petir di sana.

Teori yang terakhir adalah teori pembalikan temperatur. Teori ini menyebutkan bahwa cahaya di Marfa itu berasal dari lampu mobil yang melewati wilayah sana. Pembalikan temperatur sendiri terjadi ketika udara padat yang dingin terjebak pada lapisan udara hangat di dekat tanah. Jadi, ketika sebuah mobil lewat di jalan tol, bahkan bermil-mil jauhnya, dan bertemu dengan kondisi pembalikan temperatur, maka cahaya lampu mobil akan menciptakan bola-bola cahaya aneh yang mengapung di udara. Hanya saja, teori ini juga memiliki kelemahan. Bagaimana dengan penampakan cahaya yang dilihat oleh Robert Ellison pada tahun 1883, sementara mobil pertama baru diproduksi pada tahun 1896? Intinya, masih belum ada yang bisa menjelaskan fenomena cahaya Marfa ini.

Upward Lightning


Jika biasanya petir menyambar dari awan yang ada di atas menuju ke Bumi, maka fenomena yang satu ini malah sebaliknya, petirnya justru menyambar ke atas atau ke arah awan. Fenomena ini pertama kali ditemukan oleh Karl McEachron dari General Electric Company yang kala itu tengah merekam aktifitas kilat di atas gedung Empire State, New York, Amerika Serikat, pada tahun 1935.

Tiba-tiba, dari banyaknya petir, ia menemukan sebuah petir yang terlihat janggal, dimana petir tersebut menyambar ke atas, bukan ke bawah. Lantas, hal ini membuat para ilmuwan akhirnya mengetahui bahwa 1 dari 1000 petir, ternyata menyambar ke atas. Hanya saja, para ilmuwan masih belum mengetahui kenapa petir itu bisa menyambar ke atas.

Skyquake


Skyquake, atau istilah bahasa Indonesianya adalah gempa langit, adalah fenomena di mana terdengar suara seperti meriam atau ledakan sonik yang seolah muncul dari langit. Fenomena ini telah terdengar di berbagai negara, seperti India, Amerika Serikat, Jepang, hingga Italia.

Suara skyquake digambarkan seperti suara petir yang jauh lebih keras, namun anehnya fenomena ini terjadi saat tidak ada awan di langit yang cukup besar untuk menghasilkan petir. Skyquake persis terdengar seperti suara tembakan meriam, dan terkadang menyebabkan gelombang kejut yang cukup besar.

Banyak yang mengaitkan fenomena ini dengan makhluk ekstra-terestrial atau alien, namun para ilmuwan jelas tidak setuju dengan pernyataan itu. Hanya saja, hingga kini, masih belum ada penjelasan resmi terkait terjadinya gempa langit ini. Kebanyakan penjelasan dari gempa langit ini masih berupa teori saja.

Sementara, gempa langit ini memiliki 7 teori. Teori pertama menyebut bahwa gempa langit berasla dari meteor yang memasuki atmosfer Bumi dan menyebabkan ledakan sonik; Teori kedua menyebut bahwa gempa langit berasal dari gas bio yang membusuk dari vegetasi di dasar danau tiba-tiba meledak; Teori ketiga, gempanya berasal dari luruhan kapur di gua-gua bawah laut; Teori keempat, suaranya berasal dari kegiatan militer; Teori kelima, gempa langit dikaitkan dengan gempa Bumi, namun tak dijelaskan apa keterkaitannya; Teori keenam, gempa langit berasal dari anomali atmosfer atas Bumi; Teori ketujuh, gempa langit berasal dari resonansi dari Matahari atau aktivitas magnetik Bumi yang terangsang.

Solid Light

Solid Light

Solid Light, atau cahaya padat, adalah sebuah fenomena munculnya cahaya sorot seperti saat artis yang berada di atas panggung. Apabila kalian pernah menonton acara televisi Mr. Bean, dalam adegan pembukaannya terlihat cahaya yang menyorot ke bawah, yang kemudian membuat jatuh Mr. Bean. Kira-kira itulah gambaran dari solid light. Tak ada yang tahu dari mana cahaya ini berasal. Yang pasti, cahaya ini berasal dari langit. Karena itulah, lagi-lagi fenomena ini dikaitkan dengan UFO.

Fenomena ini amat sangat langka dan tak ada yang tahu pasti apa penyebab cahaya tersebut. Karena orang pada zaman dahulu beranggapan bahwa cahaya tersebut berasal dari satu sumber layaknya lampu pementasan, 'piring terbang' akhirnya dijadikan tersangka. Padahal, UFO dan solid light adalah kedua fenomena yang berbeda. Satu-satunya yang sama adalah keduanya sama-sama belum bisa dijelaskan secara ilmiah.

Cahaya di Yekaterinburg, Rusia


Tahun 2014, warga Yekaterinburg, Rusia, dibuat heboh dengan munculnya cahaya di langit secara tiba-tiba. Cahaya tersebut merubah malam menjadi sangat terang dalam beberapa detik. Penampakan cahaya tersebut berhasil diabadikan dalam bentuk video oleh seorang pengendara yang kebetulan lewat di dekat cahaya tersebut terlihat.

Seorang pengendara tanpa nama yang membuat rekaman video, mengatakan tidak ada suara yang terdengar saat cahaya misterius itu muncul. Sahabat anehdidunia.com dia meragukan itu merupakan ledakan rudal, atau ledakan meteorit, yang seharunya mengeluarkan suara yang menggelegar.

Beberapa orang menilai cahaya misterius di Yekaterinburg memiliki bentuk berbeda dari pola ledakan meteorit di Chelyabinsk yang terjadi pada tahun 2013. Mereka berpendapat kemunculan UFO merupakan penjelasan yang lebih dapat diterima.

Akhirnya, cahaya itu sampai sekarang masih belum memiliki penjelasan secara ilmiah, kenapa bisa terjadi, dan dari mana cahaya itu berasal.

Pernahkah kalian melihat salah satu dari fenomena langit misterius di atas?

referensi 
http://www.enigmablogger.com/2009/11/misteri-cahaya-marfa-terpecahkan.html
http://www.merinding.com/2018/03/fenomena-misterius-marfa-lights.html
https://www.infoastronomy.org/2015/05/skyquake-peristiwa-dengungan-bumi-bukan.html
https://www.viva.co.id/berita/dunia/559731-video-cahaya-terang-misterius-di-langit-rusia
https://www.liputan6.com/citizen6/read/3488117/masih-misteri-ini-7-fenomena-langit-yang-belum-terpecahkan