PLARIUSMODIFIKASI101

Misteri Hutan Yang Belum Terkuak Oleh Ilmu Modern

Tuesday, January 22, 2019
Seperti yang kita tahu sejak kecil, hutan adalah paru-paru dunia. Hal itu memang benar adanya, karena tanpa hutan, mungkin dunia akan dilanda berbagai bencana dan makhluk hidup kesulitan bernapas di dalam Bumi. Menggabungkan keanekaragaman hayati dengan keindahan natural alam menjadikan hutan memiliki sesuatu yang menawan sekaligus membingungkan. Menawan karena hutan menyajikan pemandangan yang berguna untuk rileksasi, membingungkan karena hutan menyimpan misteri yang mungkin tidak dapat terjawab dengan nalar manusia dan memberikan tanda tanya besar bagi siapa saja yang mencoba untuk memasukinya. Beberapa hutan ini memiliki misteri yang tidak pernah ada jawaban pasti tentang apa yang ditemukan di dalam hutan ini.

Pohon Swastika

Pohon Swastika

Pada tahun 1992, seorang pemuda yang sedang magang untuk perusahaan di Jerman mengambil foto dari pesawat ketika ia melihat sesuatu yang aneh di pemandangan bawah. Mungkin keadaan ini sangat jarang ditemui di dunia, karena terkesan cukup unik. Tepat di sebelah utara kota Zernikow, terdapat sepetak pohon larch yang nampak tumbuh di sekitar hutan. Uniknya lagi, sepetak pohon larch itu membentuk lambang swastika dengan cukup akurat di kedua sisinya dan terlihat sangat jelas jika dilihat dari atas. Karena efek dari pohon-pohon yang memiliki warna berbeda akibat dari pergantian musim semi dan musim gugur, simbol swastika yang terbentuk semakin terlihat jelas. Butuh waktu bertahun-tahun bagi siapapun yang menemukan simbol Nazi yang tersembunyi di hutan, kemungkinan yang menanam pohon sehingga membentuk simbol ini masih menjadi misteri, namun diperkirakan bahwa penanaman dilakukan pada tahun 1938, ketika Hitler memegang kekuasaan sepenuhnya.

Banyak para ahli yang berteori tentang pohon swastika ini, ada yang mengatakan jika pohon ini adalah hadiah ulang tahun untuk Hitler atau menunjukkan rasa terima kasih oleh penduduk setempat setelah sebuah jalan dibangun di kota Zerkinow. Sahabat anehdidunia.com teori lain mengatakan bahwa simbol swastika yang terdapat di hutan itu sengaja dibuat untuk menunjukkan kesetiaan kepada Hitler setelah seorang pria setempat dikirim ke kamp konsentrasi karena dianggap melawan pemerintah dengan mendengarkan radio BBC yang merupakan radio kepunyaan Inggris, agar tidak menjadi korban selanjutnya, para warga setempat membangun simbol tersebut untuk Hitler, sehingga tidak dianggap pengkhianat. Simbol swastika ini dihancurkan pada tahun 1995, pihak berwenang menghancurkan semua pohon yang berada  di sekitar lambang swastika.

Tiang Misterius



Sejarawan Louis Serna pernah melihat-lihat sebuah ukiran tiang dengan batu hiasan yang menempel di sekelilingnya, tanda mata itu terdapat di lobi hotel tempat persinggahannya pada tahun 2013 silam. Karena tertarik dengan simbol yang diukir di atas hiasan tersebtu, ia mencoba mencari tahu tentang informasi tiang tersebut dari karyawan-karyawan hotel. Setelah diberi tahu bahwa itu hanyalah barang tiruan belaka dan tidak berarti apa-apa, ia merasa kecewa dengan jawaban para karyawan hotel. Ia akhirnya bertanya kepada pemilik hotel untuk mendapatkan informasi yang dapat dipercaya, dan ternyata keyakinannya tidak salah. Sahabat anehdidunia.com setelah menelusuri pemilik hotel tersebut, pria itu memberi tahu Louis tentang asal-usul tiang tersebut. Tiang itu berasal dari sebuah hutan di New Mexico yang dibawa oleh seorang peternak dari sana dan dijual kepada pemilik hotel, semenjak itu, tiang tersebut dipajang di lobi hotel, karena selain bentuknya yang unik, ukiran yang menghiasi tiang itu juga sangat menarik bagi siapapun yang mampir di lobi hotel.

Merasa cukup puas dengan jawaban yang diberikan pemilik hotel tersebut, Louis kemudian percaya masih ada banyak cerita lain dibalik tiang tersebut. Ia akhirnya pergi ke Dinas Kehutanan AS dan mencari tahu tentang seluk beluk tiang misterius tersebut. Pihak dinas kehutanan memberitahu bahwa sebenarnya ada 2 tiang batu yang ditemukan di Hutan Nasional Carson, tiang kedua yang belum diambil terletak diantara batu-batu lain yang dianggap sebagai batu kuburan, karena terdapat nisan diatasnya, sehingga tiang kedua itu tidak ada yang berani menyentuhnya, takut hal yang buruk akan terjadi. Louis tetap skeptis tentang informasi yang diberikan, ia sempat berpikir bahwa tiang-tiang itu mungkin adalah penanda yang digunakan oleh penjelajah kuno selama kolonisasi daerah tersebut. Ia juga berharap para arkeolog akan menguji teorinya dan menemukan jawaban untuk menjelaskan asal-usul dan tujuan dibangunnya tiang-tiang tersebut. Sampai sekarang, belum ada yang bisa menjawab apa sebenarnya tujuan dibuatnya tiang-tiang itu.

Misteri Hutan Pokaini

Misteri Hutan Pokaini

Hutan Pokaini yang terletak di Latvia, terasa memiliki mitos dan misteri yang cukup banyak. Banyak cerita rakyat yang mengatakan bahwa para pengunjung hutan Pokaini di zaman kuno diwajibkan untuk membawa batu bersama dengan mereka sebagai bentuk penebusan dosa mereka. Batu-batu yang dibawa juga melambangkan pengampunan dosa-dosa mereka, jadi semakin banyak batu, semakin banyak juga dosa mereka yang ditebus. Sahabat anehdidunia.com menimbang bahwa cerita ini hanyalah mitos belaka, tetap masih menjadi misteri darimana tumpukan batu-batu hutan seperti di gambar berasal ? Apakah cerita penebusan dosa zaman kuno dulu benar-benar nyata ? ataukah tumpukan batu-batu itu sengaja dilakukan pihak tertentu untuk sekedar mengkonservasi hutan Pokaini. Jawaban yang benar-benar tepat masih belum bisa didapati sampai saat ini. Uniknya lagi, tumpukan batu-batu ini tidak terdapat di sepanjang hutan, hanya di bagian-bagian tertentu saja di sekitar 30 bukit yang berada di dalam hutan Pokaini.

Ada desas-desus yang mengatakan bahwan beberapa tumpukan dari batu-batu tersebut memiliki kekuatan untuk menyembuhkan, karena beberapa dari batu-batu itu menghasilkan panas ketika disentuh. Sementara batu-batu yang lainnya memiliki kekuatan dekstruktif, yang dipercaya dapat memberikan kutukan atau nasib buruk bagi siapa saja yang menyimpannya. Atas dasar itulah, orang-orang yang berkunjung ke hutan Pokaini disarankan agar tidak mengambil batu-batu ini sebagai souvenir, untuk menghindari kutukan atau hal buruk yang benar-benar akan terjadi. Selain itu, terdapat juga pohon pinus tua, dimana suhu di sekitar pohon ini lebih tinggi daripada tempat lainnya di dalam hutan. Beberapa pengunjung percaya bahwa anomali ini merupakan sesuatu yang bersifat mistis. Bahkan ketika pengunjung mendekati daerah pohon pinus ini, jam tangan mereka dan kompas menjadi tidak berfungsi lagi, mereka pun menganggap bahwa hutan ini bisa menjadi pintu gerbang ke dunia lain, sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan anomali tersebut.

Fosil Hutan Antartika

Fosil Hutan Antartika

Sebelum adanya dinosaurus yang pertama muncul, hampir sekitar 260 juta tahun yang lalu, Antartika tidak terlihat seperti sekarang, yang terdiri dari gunung-gunung es, bahkan memiliki suhu yang sangat rendah sehingga tidak memungkinkan manusia untuk tinggal disana. Namun, saat sebelum zaman dinosaurus muncul, Antartika mempunyai iklim yang jauh lebih hangat dan daratannya yang dipenuhi dengan beberapa hutan yang lebat. Sahabat anehdidunia.com diperkirakan bahwa hutan-hutan ini ada sampai dengan kepunahan massal terbesar yang pernah terjadi, bersamaan dengan punahnya dinosaurus beserta makhluk-makhluk lainnya yang mengisi Bumi jutaan tahun yang lalu. Dipercaya bahwa peristiwa Kepunahan Permian-Triassic dipicu oleh peningkatan efek rumah kaca yang sangat drastis dan belum pernah terjadi sebelumnya, menyebabkan bencana yang cukup mengerikan dan menghilangkan hampir semua makhluk hidup yang ada di Bumi saat itu.

Teori lainnya mengatakan bahwa kepunahan terjadi akibat dari letusan gunung berapi Siberia. Para ahli berharap bahwa sisa-sia hutan di Antartika dapat membantu memberikan beberapa petunjuk untuk memperjelas teori-teori tersebut. Para penjelajah dan ilmuan telah melakukan observasi ke daerah Antartika dan menyadari adanya fosil hutan di Antartica sejak tahun 1910 atau lebih. Tetapi fosil tersebut masih menjadi misteri bagi para peneliti, masih belum jelas desas-desus keadaan sekitar yang mendukung fosil ini ditemukan. Misalnya, bagaimana pohon dan tanaman ini dapat bertahan di musim dingin yang mempunyai suhu yang cukup ekstrim dan keadaan gelap tanpa adanya sinar matahari. Selain itu, para peneliti juga bertanya-tanya bagaimana pohon ini dapat beradaptasi di antara musim dingin dan musim panas, apakah sama dengan hewan yang berhibernasi pada musim dingin dan beraktivitas kembali di musim panas, peneliti masih belum menemukan titik terang dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Referensi
https://www.coasttocoastam.com/article/new-mexico-s-stone-pillar-mystery/
https://www.sciencealert.com/scientists-explore-antarctica-fossil-forests
http://www.messagetoeagle.com/is-mysterious-pokaini-forest-an-ancient-healing-center-and-anomalous-zone/
https://www.thevintagenews.com/2016/06/19/nazi-nature-mysterious-wwii-forest-swastika-remained-unnoticed-until-1992/