PLARIUSMODIFIKASI101

Ternyata Ini Manfaat Aneh Makanan Selain Untuk Dimakan

Tuesday, January 14, 2020
Manusia pada dasarnya tergolong sebagai makhluk omnivora alias pemakan daging sekaligus tumbuhan. Namun tidak seperti hewan, manusia tidak mengkonsumsi makanannya dalam kondisi mentah-mentah, melainkan sudah diolah terlebih dahulu supaya makanannya terasa lebih lezat.

Karena manusia tergolong sebagai pemakan segala, ada begitu banyak bahan dari hewan dan tumbuhan yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai makanan. Namun ternyata bahan-bahan yang normalnya digunakan sebagai makanan juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Berikut ini adalah contoh-contohnya.

Tulang untuk Meramal Nasib

Meramal Memakai Tulang

Tulang adalah bagian tubuh keras dari makhluk hidup yang berfungsi sebagai tempat melekatnya organ sekaligus memberi bentuk bagi makhluk yang bersangkutan. Kendati tulang tergolong sebagai bagian tubuh yang jarang dimakan oleh manusia, bukan berarti manusia sama sekali tidak pernah mengkonsumsi tulang.

Tulang hewan-hewan tertentu semisal ikan bandeng bisa dimasak hingga lunak sehingga bisa dikonsumsi bersama-sama dengan dagingnya. Bagian dalam tulang mengandung sumsum yang bisa dimakan layaknya bubur jika tulangnya dibelah. Bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan, tulang juga bisa diberikan kepada anjing peliharaan.

Di luar segala kegunaan tersebut, tulang juga memiliki manfaat lain yang tak terpikirkan bagi anda. Kalangan pagan atau penganut agama tradisional di Eropa serta Asia menggunakan tulang sebagai cara untuk meramal nasib atau masa depan mereka. Sahabat anehdidunia.com ada 2 cara yang digunakan untuk keperluan ini. Dalam cara pertama, potongan-potongan tulang akan dikumpulkan dalam suatu wadah. Sesudah itu, wadah yang bersangkutan akan dikocok layaknya dadu dan dilemparkan ke atas meja. Dukun atau pemuka agama kemudian akan melihat posisi dan tata letak jatuhnya masing-masing tulang untuk meramal masa depan.

Pada cara kedua, dukun akan membakar tulang memakai api tungku. Setelah beberapa lama, panas dari api akan menyebabkan tulang mengalami keretakan. Retakan itulah yang kemudian dilihat dan dibaca oleh dukun untuk meramalkan masa depan. Praktik cara kedua ini lazim dipraktikkan oleh bangsa-bangsa di Asia Timur pada masa lampau.

Tepung sebagai Pembersih Logam Stainless

Tepung sebagai Pembersih Logam Stainless

Bagi mereka yang gemar membuat kue, tepung (utamanya tepung terigu) merupakan bahan yang wajib ada. Jika tidak ada tepung, maka kita tidak akan bisa membuat adonan. Selain untuk membuat kue, tepung juga bisa digunakan untuk membuat campuran makanan lain. Fungsi tepung saat digunakan di dapur bukan hanya sebatas untuk bahan makanan. Tepung juga bisa digunakan untuk membuat benda-benda berbahan stainless nampak makin bersih dan berkilau. Entah itu wastavel, panci, dan lain sebagainya.

Untuk keperluan ini, mula-mula kita harus membersihkan benda berbahan stainless dengan air dan sabun. Sesudah itu, ambil kain lap kering dan benamkan lap tersebut ke dalam tepung. Tepung yang digunakan untuk keperluan ini haruslah berada dalam kondisi kering karena tepung basah akan membuat kain terlihat penuh dengan gumpalan lengket. Sahabat anehdidunia.com kain yang sudah bercampur dengan tepung kering tersebut kemudian digunakan untuk mengelap benda berbahan stainless tadi. Semakin lama lapnya digosokkan pada stainless, maka stainless-nya akan nampak semakin bersih.

Jika dirasa sudah cukup, benda tersebut kemudian dilap dengan tisu atau kain pel lain yang masih bersih untuk membersihkan sisa-sisa tepung yang masih menempel di stainless. Jika dilakukan secara berkala, benda stainless yang dibersihkan dengan cara ini bahkan bisa memantulkan bayangan layaknya cermin.  

Mie Instan untuk Memperbaiki Bak Cuci Piring Dan Lain Lain



Mie instan kerap disebut sebagai makanan sejuta umat. Pasalnya karena makanan ini memiliki rasa yang lezat, harga yang terjangkau, dan metode penyajian yang mudah, makanan ini pun menjadi alternatif yang menjanjikan saat seseorang mebutuhkan pengganjal perut. Bukan hanya itu, mie instan juga bisa disajikan dengan beragam metode dan ditambahkan dengan makanan pendamping seperti telur atau sayuran.

Namun di Cina, seorang pria setempat menunjukkan kalau mie instan bukan hanya bisa digunakan untuk mengisi perut, tetapi juga untuk memperbaiki bak cuci piring. Dalam sebuah video yang viral di internet, seorang pria setempat diketahui menambal bak cuci piring yang bolong dengan memakai potongan mie instan kering.

Sesudah menaruh potongan mie instan dalam lubang, ia kemudian menuangkan air pada mie instan tersebut supaya mienya melunak. Pria tersebut kemudian menekan-nekan mi yang lunak tersebut hingga menutupi setiap celah pada lubang dan menunggunya hingga mengering kembali. Namun proses penambalan lubang memakai mie masih belum berhenti sampai di sana. Ia kemudian melapisi lubang yang sudah tertutup mie tersebut dengan memakai cat sehingga lubang yang tertutup mie tersebut nampak tidak ada bedanya dengan bagian lain bak cuci piring di sekelilingnya.

Telur untuk Mempercantik Rambut

Telur untuk Mempercantik Rambut

Telur atau tepatnya telur ayam merupakan makanan yang digemarioleh begitu banyak orang. Pasalnya telur bisa dimasak dengan aneka metode seperti dijadikan telur ceplok, telur dadar, hingga telur rebus. Selain bisa dimakan langsung, telur juga bisa dijadikan campuran untuk makanan lain semisal adonan kue.

Namun tahukah anda kalau telur juga memiliki kegunaan bagi rambut manusia? Menurut pakar rambut, bagian kuning telur bisa membantu mempercantik rambut. Sahabat anehdidunia.com untuk keperluan yang satu ini, mula-mula kita harus memisahkan bagian kuning telur dari putih telurnya seusai dipecahkan. Kuning telur tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mangkuk dan dicampurkan dengan sesendok teh minyak bayi dan secangkir air hangat. Sesudah itu, gunakan sendok untuk mengaduk isi mangkuk hingga tercampur menjadi cairan berwarna kekuningan. 

Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah membawa mangkuk berisi campuran kuning telur ke kamar mandi saat anda hendak mandi. Saat anda sudah selesai keramas, siramkan campuran ini ke rambut. Namun anda harus menjaganya agar campuran ini tidak terkena wajah atau mata. Biarkan campuran ini tetap menempel di rambut hingga 5 menit. Sesudah itu, bilas rambut anda hingga bersih dan tidak ada lagi cairan telur yang menempel. Jika dilakukan secara teratur, rambut anda akan nampak halus dan mengkilap.

Susu untuk Memperbaiki Barang Pecah Belah



Susu adalah salah satu minuman paling menyehatkan di dunia. Karena susu banyak mengandung zat-zat gizi penting seperti protein dan kalsium, susu pun merupakan minuman yang disarankan untuk dikonsumsi secara teratur. Kalaupun seseorang tidak suka meminum susu secara langsung, ia masih bisa mengkonsumsi hasil-hasil olahan susu semisal yoghurt atau es krim.

Namun selain berguna bagi tubuh manusia, susu ternyata juga memiliki manfaat lain. Manfaat tersebut adalah untuk memperbaiki barang pecah belah semisal piring yang mengalami retak. Untuk keperluan ini, maka mula-mula anda harus mengisi sebuah panci besar dengan 2 cangkir susu hangat. Hal berikutnya yang perlu anda lakukan adalah menaruh piring  ke dalam panci dan memindahkan pancinya ke atas kompor. Sesudah itu, nyalakan kompor dan biarkan seperti itu selama sekitar 1 jam. Jika sudah, matikan api dalam kompor dan keluarkan piring tadi dari dalam panci.

Retak pada piring tersebut seharusnya sekarang sudah hilang karena komponen dalam susu kini menyatu dengan piring dan menutup celah retakannya. Bilas piring tadi dengan air bersih, namun sebaiknya anda jangan langsung membilas piringnya dengan air dingin jika piringnya masih hangat supaya piringnya tidak kembali retak.   

Sumber :
https://listverse.com/2019/10/09/non-food-uses-for-food/


close