PLARIUSMODIFIKASI101

Fakta Menarik Kuda Hewan Perkasa Sahabat Manusia

Tuesday, February 11, 2020
Kuda merupakan hewan yang tak terpisahkan dalam perjalanan sejarah manusia. Pasalnya jauh sebelum manusia menciptakan kendaraan bermotor, kuda menjadi andalan manusia untuk menempuh perjalanan jauh. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik mengenai kuda yang patut anda ketahui.

Kuda Punya Tiga Kelopak Mata

Kuda Punya Tiga Kelopak Mata

Kuda memiliki penglihatan yang cukup tajam. Hal tersebut disebabkan karena kuda memiliki diameter mata yang tergolong besar. Seekor kuda diketahui memiliki diameter mata mencapai 5 cm. Jika diukur berdasarkan rasio perbandingan ukuran mata dengan ukuran badan, kuda memiliki mata yang ukurannya 9 kali lebih besar dibandingkan mata manusia.

Kelebihan kuda dalam hal penglihatan turut ditunjang berkat posisi mata kuda. Karena mata kuda terletak di samping kepalanya, kuda memiliki jangkauan penglihatan yang mencapai hampir 360 derajat. Berbeda dengan manusia yang tidak bisa melihat benda-benda yang berada di belakangnya karena mata manusia terletak di bagian depan kepala.

Keunikan lain yang dimiliki oleh mata kuda adalah hewan ini memiliki 3 kelopak mata sekaligus. Dua kelopak mata kuda adalah kelopak mata biasa, sementara satu kelopak mata lainnya adalah lapisan membran khusus yang bernama membran niktitasi (nictitaing membrane). Membran tersebut terletak di bagian pojok mata dan sesekali menyapu permukaan mata untuk mengairi dan membersihkan permukaan mata.

Tidak seperti manusia, kuda tidak bisa memfokuskan retina matanya dengan luwes. Sebagai gantinya, kuda akan mengubah-ubah posisi kepalanya saat kuda ingin melihat sesuatu yang ada pada jarak tertentu. Sahabat anehdidunia.com jika kuda terlihat menengadahkan kepalanya misalnya, maka kuda tersebut mungkin sedang memfokuskan matanya supaya bisa melihat objek di kejauhan.

Kuda Masih Dijadikan Hewan Tunggangan Polisi Hingga Sekarang

Kuda Polisi

Kuda sudah sejak lama dijadikan hewan tunggangan oleh manusia. Perilakunya yang mudah dilatih dan staminanya yang kuat untuk menempuh perjalanan jauh menyebabkan hewan ini sudah lama dipelihara oleh manusia untuk dinaiki. Selain untuk dijadikan hewan tunggangan, kuda juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkut barang dan menarik kereta.

Lembaga kepolisian diketahui sudah memanfaatkan kuda untuk dijadikan hewan tunggangan personilnya sejak abad ke-17. Pada tahun 1805, untuk pertama kalinya ada divisi kepolisian tersendiri yang semua anggotanya menunggangi kuda.

Divisi polisi penunggang kuda pertama ini didirikan di London, Inggris. Karena terbukti sukses besar, divisi macam itu kemudian turut diadopsi di negara-negara lain seperti Amerika Serikat. Selain memberikan mobilitas lebih bagi polisi, ada alasan lain mengenai diterapkannya konsep polisi penunggang kuda. Saat seorang polisi menaiki kuda, ia nampak lebih gagah dan kharismatik dibandingkan polisi yang menaiki kendaraan lain atau tidak menaiki kendaraan apa-apa. 

Kuda yang digunakan sebagai hewan tunggangan polisi biasanya adalah kuda jantan yang sudah dikebiri supaya kuda tersebut bisa tetap bertingkah tenang dan penurut dalam situasi-situasi genting. 
Sebagai akibat dari kian majunya teknologi kendaraan bermotor, polisi yang menunggangi kuda jumlahnya semakin lama semakin sedikit. Namun bukan berarti kuda tidak lagi dijadikan hewan tunggangan oleh polisi sama sekali. Di Inggris, kuda masih digunakan oleh polisi saat bertugas, misalnya saat menjaga area di luar stadion olah raga saat ada pertandingan yang digelar.

Fungsi Asli Tapal Kuda

Tapal Kuda

Tapal atau ladam adalah logam berbentuk menyerupai huruf U yang dipasang pada telapak kaki kuda. Alasan kenapa telapak kaki kuda dipasangi tapal bukan semata-mata untuk melindungi telapak kaki kuda, tetapi supaya kuda tersebut bisa berjalan lebih nyaman saat berada di atas permukaan keras.

Tidak seperti manusia yang telapak kakinya lunak, kuda memiliki telapak kaki yang keras karena terbuat dari keratin. Keratin adalah zat keras yang juga dapat ditemukan pada kuku dan rambut manusia. 

Meskipun memiliki telapak kaki yang keras memberikan rasa aman saat berjalan sambil bertelanjang kaki, akan timbul hentakan yang tidak nyaman pada kaki saat harus berjalan di atas permukaan keras.  Sebagai gambaran, pernahkah anda berlari di atas jalan raya sambil mengenakan sepatu kayu atau bakiak? Kurang lebih seperti itulah rasanya jika kuda diharuskan berjalan di atas permukaan keras.

Namun dengan memakaikan ladam pada bagian bawah telapak kaki kuda, masalah tersebut bisa teratasi. Pasalnya benturan yang timbul saat telapak kaki kuda menghantam permukaan keras bakal diserap oleh tapal. Bisa dibilang, tapal kuda memiliki efek yang sama saat manusia mengenakan sepatu olah raga yang empuk.

Kuda Memiliki Daya Ingat Kuat

Kuda memiliki Ingatan kuat

Kuda kerap digambarkan sebagai hewan yang kuat namun tidak begitu cerdas. Namun hasil penelitian yang dirilis pada tahun 2010 ini menunjukkan kalau kuda ternyata lebih cerdas daripada yang selama ini dibayangkan oleh manusia.

Menurut hasil penelitian ini, kuda bisa mengingat setiap perkataan yang dikeluarkan oleh manusia dengan baik. Kuda juga bakal mengingat setiap perlakuan yang diterimanya. Sebagai contoh, jika seekor kuda diperlakukan dengan baik oleh seseorang, maka seterusnya kuda akan memandang orang tersebut sebagai makhluk yang baik. Saat kuda kembali bertemu dengan orang yang sama, ia akan langsung menunjukkan sikap bersahabat kepadanya. 

Kuda juga memiliki ingatan kuat akan tempat tertentu. Jika seekor kuda pernah memiliki pengalaman buruk di suatu tempat, maka ia akan menunjukkan sikap gelisah saat kembali berada di tempat tersebut.

Meskipun memiliki ingatan kuat nampaknya merupakan hal yang baik, ada dampak negatif yang dapat muncul dari kemampuan kuda yang satu ini. Sebagai contoh, jika seekor kuda berhasil melepaskan diri dari ikatan, ia akan mengingat cara dia melakukannya dan akan mengulanginya kembali di lain kesempatan jika kuda tersebut sedang tidak ingin diikat.

Kuda Bisa Dikawinkan dengan Zebra dan Keledai

Mule Kud dengan Keledai

Hibrid equid adalah sebutan untuk hewan yang lahir dari hasil perkawinan antara kuda dengan hewan selain kuda yang masih tergolong sebagai equid. Kuda, zebra, dan keledai adalah hewan-hewan yang tergolong sebagai equid. 

Walaupun kuda bisa dikawinkan dengan hewan-hewan tadi, hewan hasil perkawinannya tidak akan bisa menghasilkan keturunan karena mereka lahir dalam kondisi mandul. Mule adalah contoh hewan hibrid equid, di mana hewan ini tercipta dari kuda betina dan keledai jantan.

Selain mule, hewan-hewan hibrid equid yang sudah diketahui oleh manusia adalah hinny (hasil persilangan kuda jantan dan keledai betina), zorse (hasil persilangan zebra jantan dengan kuda betina), dan hebra (hasil persilangan kuda jantan dengan zebra betina). 

Sebagai hasil persilangan dari kuda dan zebra, zorse dan hebra memiliki ciri-ciri yang nampak seperti hasil gabungan antara kuda dan zebra. Sahabat anehdidunia.com ada hasil persilangan yang memiliki garis-garis layaknya zebra, namun kulitnya berwarna kecokelatan. Ada pula hasil persilangan yang kepalanya nampak seperti zebra, namun tubuhnya berwarna polos layaknya kuda.

Manusia sudah menciptakan hibrid equid sejak abad ke-20. Awalnya yang digunakan dalam persilangan adalah zebra dan keledai. Namun sesudah itu, ilmuwan juga mulai menyilangkan kuda dengan zebra dan keledai.

Yang menarik, di alam liar pernah ada hewan yang bentuknya nampak seperti hasil persilangan antara kuda dan zebra. Hewan tersebut adalah quagga, sejenis zebra dari Afrika Selatan yang tubuh dan kakinya berwarna polos layaknya kuda. Quagga sayangnya tidak bisa dijumpai lagi di masa kini karena hewan ini sudah punah sejak abad ke-19.

referensi:
https://listverse.com/2014/01/22/10-fascinating-facts-about-horses/
https://en.wikipedia.org/wiki/Quagga



close