PLARIUSMODIFIKASI101

Bangunan Tiruan Stonehenge Unik Di Belahan Dunia Untuk Rekreasi

Monday, June 29, 2020
Stonehenge adalah nama dari bangunan kuno asal Inggris yang berupa bongkahan-bongkahan batu raksasa yang disusun secara melingkar. Penampakan Stonehenge yang unik menjadikan bangunan sebagai salah satu bangunan bersejarah yang paling terkenal di Inggris dan bahkan dunia. Berkat pesonanya pulalah, orang-orang di luar Inggris pun merasa tertarik untuk membangun tiruan Stonehenge versinya masing-masing. Berikut ini adalah 4 contoh tiruan Stonehenge tersebut.

Carhenge
Carhenge
Carhenge via boombasis.com
Stonehenge menggunakan bongkahan batu besar sebagai bahan penyusun utamanya. Namun nun jauh di AS sana, ada bangunan serupa Stonehenge yang menggunakan mobil sebagai bahan penyusunnya. Carhenge adalah nama dari bangunan unik tersebut. Jim Reiners menjadi sosok di balik berdirinya bangunan unik ini. 

Jim Reinders adalah pria asal AS yang bekerja di perusahaan minyak Inggris selama beberapa tahun. Selama berada di Inggris, Jim merasa begitu terkesan dengan Stonehenge. Jim pun kemudian berhasrat untuk membangun tiruan Stonehenge di kampung halamannya. 

Selain untuk menunjukkan kekagumannya tehadap Stonehenge, alasan lain kenapa ia mendirikan tiruan Stonehenge untuk menghormati almarhum ayahnya. Namun niatnya langsung terbentur masalah. 

Stonehenge dibangun dengan bongkahan-bongkahan batu raksasa, sementara bongkahan batu macam itu terlalu sulit untuk dipindahkan dan ditata. Wilayah Nebraska yang menjadi lokasi di mana Jim hendak mendirikan tiruan Stonehenge juga tidak memiliki bongkahan batu besar yang dibutuhkannya.

Untuk mengatasi kendala-kendala tadi, Jim lantas mendapat ide untuk menggunakan mobil sebagai pengganti batu. Maka, saat Jim dan keluarga besarnya tengah mengadakan reuni, mereka kemudian bekerja sama untuk mendirikan tiruan Stonehenge dengan menggunakan mobil. Tiruan Stonehenge buatan keluarga Jim tersebut kemudian mereka beri nama Carhenge.

Sejak didirikan pada tahun 1987, Carhenge sekarang menjadi salah satu objek wisata setempat yang banyak dikunjungi wisatawan. Selain bahan penyusunnya, Carhenge memiliki desain yang begitu mirip dengan Stonehenge. 

Sejumlah mobil didirikan dalam posisi vertikal untuk meniru batu Stonehenge yang didirikan secara tegak. Ada pula mobil yang dipasang dalam posisi setengah terkubur di tengah-tengah formasi Stonehenge untuk meniru batu asli Stonehenge yang posisinya juga setengah terkubur.

Ada banyak alasan kenapa orang merasa tertarik untuk mengunjungi Carhange. Fotografer profesional menyukai Carhenge karena pantulan cahaya dan tata letak mobil-mobilnya memberikan keunikan dan keindahan tersendiri saat dipotret.

Para pecinta mobil gemar membuat tebak-tebakan seputar merek mobil apa yang digunakanoleh Jim untuk mendirikan Carhenge. Sejumlah orang bahkan meyakini kalau Carhenge benar-benar memiliki aspek mistis kendati struktur ini dibangun semata-mata untuk meniru Stonehenge.

Foamhenge
Foamhenge
Foamhenge via atlasobscura.com
Jika dilihat secara sepintas, Foamhenge nampak begitu mirip dengan Stonehenge. Meskipun mirip, ada perbedaan besar yang dimiliki oleh keduanya. Jika Stonehenge dibuat dari balok-balok batu raksasa, maka Foamhenge dibangun dengan menggunakan gabus atau styrofoam.

Mark Cline adalah seorang seniman yang gemar membuat kerajinan berbahan serat kaca. Mark pulalah yang menjadi sosok di balik berdirinya Foamhenge, bangunan tiruan Stonehenge yang terbuat dari Centerville, Virginia, AS. Sebelum tahun 2016, bangunan ini berlokasi di Natural Bridge, Virginia.

Menurut Mark, Foamhenge adalah karya seni terbaik yang pernah dibuatnya. Mark menjelaskan kalau awalnya ia mendapatkan ide untuk membuat Foamhenge saat sedang berjalan-jalan d suatu tempat yang bernama Insulated Business Systems.

Di sana, Mark melihat balok setinggi hampir 5 meter. Mark yang merasa takjub akan pemandangan tersebut lantas terinspirasi untuk membuat Foamhenge. Maka, Mark pun meminta bantuan kepada pengelola tempat wisata alam Natural Bridge supaya ia diperbolehkan mendirikan Foamhenge di tempat tersebut.

Sebelum Foamhenge didirikan, awalnya tempat yang nantinya menjadi tempat berdirinya Foamhenge hendak digunakan untuk membuat patung-patung bertema Perang Saudara Amerika. Namun rencana tersebut dibatalkan karena Foamhenge lebih mudah untuk didirikan.

Sambil setengah bercanda, Mark berkata bahwa jika Stonehenge yang sesungguhnya menghabiskan waktu 1.500 tahun untuk dibangun, tiruan Stonehenge buatannya hanya memerlukan waktu 10 hari untuk dibangun.

Selain bahan penyusunnya, Mark benar-benar berambisi untuk menciptakan Foamhenge nampak semirip mungkin dengan Stonehenge. Sebelum membangun Foamhenge, ia sengaja membuat miniatur Foamhenge terlebih dahulu. Mark juga berkonsultasi dengan pemandu wisata Stonehenge dan pakar astronomi supaya ia tidak melakukan kesalahan saat membuat tiruan desain Stonehenge.

Boathenge
Boathenge
Boathenge via detik.com
Stonehenge dipandang sebagai bangunan yang penuh misteri. Sebabnya adalah sejarawan masih belum sepakat mengenai bagaimana caranya bongkahan-bongkahan batu raksasa yang menyusun Stonehenge dipindahkan dan ditata sedemikian rupa saat teknologi pada masa itu masih belum secanggih sekarang. Demikian juga mengenai identitas di balik kelompok yang membangun Stonehenge.

Bukan hanya Stonehenge yang dikenal dengan kemisteriusannya. Di negara bagian Missouri, AS, terdapat tiruan Stonehenge yang juga menyimpan sisi misterinya sendiri. Sebabnya adalah tidak ada yang tahu siapa yang membangun struktur tiruan Stonehenge tersebut.

Boathenge adalah nama dari tiruan Stonehenge yang dimaksud di sini. Boathenge sendiri pada dasarnya adalah 6 buah kapal yang didirikan dalam posisi tegak dengan haluan yang menghadap ke atas. Tidak salah jika kemudian ada yang menyebut Boathenge sebagai kuburan kapal di atas darat.

Boathenge diketahui pertama kali nampak di wilayah tersebut pada tahun 1993. Dalam perjalanan sejarahnya, Boathenge pernah beberapa kali diterpa banjir, namun masih berdiri kokoh hingga sekarang. Meskipun Boathenge nampak jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan Stonehenge yang sesungguhnya, Boathenge tetap memiliki daya tariknya sendiri.

Bunnyhenge
Bunnyhenge
Bunnyhenge via gramho.com
Jika dibandingkan dengan bangunan-bangunan tiruan Stonehenge lainnya, Bunnyhenge adalah tiruan Stonehenge yang paling tidak mirip. Jika Stonehenge nampak seperti kumpulan pilar dan gerbang yang disusun secara melingkar, maka Bunnyhenge pada dasarnya hanyalah patung kelinci raksasa yang disusun secara melingkar.

Namun di sisi lain, penggunaan patung kelinci di Bunnyhenge juga menjadi penyebab kenapa tiruan Stonehenge ini kemudian bisa menjadi populer di mata penduduk setempat. Bunnyhenge pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 2013. Letaknya berada di pusat kota Newport Beach, California, AS.

Bunnyhenge pada dasarnya adalah 14 patung kelinci putih yang disusun dalam posisi melingkar dan menghadap ke tengah-tengah lingkaran. Masing-masing patung memiliki tinggi kurang lebih 1 meter. Tak jauh dari Bunnyhenge, terdapat sepasang patung kelinci lain yang tingginya mencapai 2 meter lebih.

Tanpa butuh waktu lama, Bunnyhenge dengan cepat menjadi tempat favorit yang banyak dikunjungi oleh warga lokal. Anak-anak kerap menggunakan patung ini sebagai tempat untuk memanjat, sementara remaja dan orang dewasa kerap menggunakan patung ini untuk berfoto.

Bunnyhenge juga menjadi wahana bagi warga setempat untuk menyambut hari raya. Saat Hari Valentine misalnya, warga lokal akan memakaikan kalung hati pada patung-patung kelinci. Saat liburan musim dingin, patung-patung kelinci tersebut akan diberi syal berwarna merah.

Meskipun banyak digemari, Bunnyhenge juga memiliki sisi kontroversialnya sendiri. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun patung-patung Bunnyhenge dikabarkan mencapai 221.000 dollar (lebih dari 3 milyar rupiah).

Salah seorang kandidat walikota bahkan sampai membuat kampanye kalau patung-patung Bunnyhenge harus segera dihancurkan. Namun pada akhirnya, kelinci-kelinci raksasa ini tetap berdiri kokoh di Newport Beach hingga sekarang.

Sumber :
https://www.npr.org/sections/thetwo-way/2017/08/10/541583064/as-eclipse-madness-sweeps-u-s-a-stonehenge-made-of-cars-prepares
https://www.roadsideamerica.com/story/9209
https://www.atlasobscura.com/places/boathenge
https://www.latimes.com/local/orangecounty/la-me-adv-bunnyhenge-20141228-story.html



close