PLARIUSMODIFIKASI101

Misteri Rumah Monroe, Rumah Angker yang Selalu Membahayakan Penghuninya

Friday, June 05, 2020
Setiap kota memiliki kisahnya sendiri-sendiri mengenai rumah angker. Kalau di kota Hartford yang terletak di negara bagian Indiana, Amerika Serikat, Rumah Monroe adalah contoh terbaik mengenai rumah angker di kawasan setempat. Tidak sedikit yang meyakini kalau Rumah Monroe adalah salah satu rumah paling angker yang masih berdiri hingga sekarang.

Kisah mengenai keangkeran Rumah Monroe dapat ditelusuri sejak lebih dari seabad yang lalu. Tepatnya saat kota Hartford baru didirikan pada abad ke-19. Berkat keberadaan pabrik kaca dan cadangan gas yang melimpah di daerah tersebut, orang-orang pun berduyun-duyun pergi ke Hartford untuk bekerja dan menetap di sana.

Lambat laun, semakin banyak orang yang tinggal di kota Hartford sehingga kota itu pun semakin lama semakin ramai. Rumah-rumah pun bermunculan di sepanjang tepi jalan. Satu dari sekian banyak rumah tersebut adalah Rumah Monroe yang dibangun pada tahun 1892. Namun tidak akan ada yang menyangka kalau rumah tersebut kelak bakal menjadi magnet bagi hal-hal paling misterius yang pernah terjadi di kota Hartford.

Dimulainya Keangkeran Rumah Monroe
Keangkeran Rumah Monroe
Keangkeran Rumah Monroe via mysteriousuniverse.org
Keluarga Berger adalah keluarga pertama yang diketahui menempati Rumah Monroe. Mereka adalah keluarga imigran asal Belgia yang tinggal di Hartford untuk bekerja di pabrik gelas setempat. Sesudah beberapa lama, mereka kemudian beralih profesi menjadi wiraswasta dan sukses menjadi golongan terpandang di kota tersebut.

Merasa tertarik akan Rumah Monroe, keluarga Berger memutuskan untuk pindah ke rumah tersebut. Namun hanya berselang beberapa tahun setelah mulai menempati rumah ini, John Berger terserang penyakit TBC dan akhirnya meninggal dunia. 

Istri almarhum John kemudian menyewakan lantai atas rumah kepada keluarga Miars. Namun sejak mulai menempati rumah tersebut, keanehan langsung menimpa anggota keluarga Miars. 

Ulysess Miars yang awalnya memiliki perilaku kalem lama-kelamaan perangainya berubah menjadi kasar. Mood-nya kerap berubah-ubah dan saat emosinya tengah kumat, ia bisa tega melakukan penganiayaan fisik kepada istri beserta 3 orang anaknya. Ulysess nantinya bakal meninggalkan istrinya untuk menikah kembali tanpa meninggalkan pesan perpisahan kepada keluarga lamanya.

Namun kasus yang menimpa keluarga Berger dan Miars ternyata baru permulaannya saja. Salah seorang anak keluarga Miars dikabarkan jatuh sakit dan hanya bisa terbaring di atas kasur.

Dalam kasus lain, terjadi kebakaran yang apinya berasal dari gudang milik keluarga Berger. Api tersebut kemudian membesar dengan cepat dan turut melalap 2 rumah tetangga Berger. Insiden kebakaran ini dikabarkan menewaskan setidaknya satu orang.

Seolah itu belum cukup, saudara John Berger yang bernama Marshall kelak harus menjalani amputasi setelah ia terkunci di luar rumah saat musim dingin dan salju sedang tebal-tebalnya. Nasib Marshall sesudah itu hanya semakin memburuk setelah ia mengalami cedera usai kakinya terinjak oleh kuda. Marshall akhirnya menemui ajalnya setelah ia terserang radang paru-paru dan meninggal.

Nasib yang tak kalah menakutkan juga harus dialami oleh putra John yang bernama George. Ia menjadi korban penembakan oleh geng lokal yang tidak menyukai kaum imigran. Untungnya, George masih berhasil bertahan hidup usai peristiwa penembakan tersebut.

Saudari George yang bernama Mary sayangnya tidak berhasil lolos dari maut setelah ia meninggal saat melahirkan. Kemudian menantu perempuan John yang bernama Caroline meninggal dalam kecelakaan setelah roda kendaraan yang dinaikinya lepas tanpa sebab yang jelas. Rentetan peristiwa buruk yang terus menghantui keluarga Berger tak pelak mulai memunculkan bisik-bisik kalau ada kutukan yang sedang menghantui mereka.

Tinggal di Rumah, Terbunuh di Luar Rumah
kecelakaan didepan
ilustrasi kecelakaan didepan rumah via abcnews.go.com
Tahun 1940, lantai atas Rumah Monroe yang awalnya ditempati oleh keluarga Miars sekarang ditempati oleh Sydney Faulkner dan istrinya. Tidak begitu lama setelah mereka mulai menempati rumah tersebut, peristiwa tragis langsung menimpa Sydney.

Saat Sydney sedang mengendarai truk, mendadak truk yang dikemudikannya tergelincir keluar jalur dan menabrak balok jembatan. Sydney tewas dalam kecelakaan tersebut setelah balok tadi menusuk Sydney dari luar jendela truk. Saking parahnya kecelakaan ini, mereka yang hendak mengeluarkan tubuh Sydney dari dalam truk harus menggunakan peralatan las.

Kecelakaan ini saja sudah cukup menakutkan. Namun ada hal lain yang membuat insiden kematian Sydney menjadi kian mencekam. Jalan di mana Sydney meninggal konon juga menjadi lokasi di mana Caroline meninggal saat tengah menaiki kereta kudanya puluhan tahun silam.

Pasca tragedi yang menimpa Sydney, Rumah Monroe beberapa kali berganti-ganti penghuni. Namun tidak ada dari mereka yang berhasil tinggal lama di sana. Kabar burung dan cerita seram terkait rumah tersebut juga terus bermunculan. 

Mulai dari beredarnya isu kalau pernah ada bocah yang meninggal di sana dalam kebakaran, hingga adanya cerita kalau kelompok penganut aliran sesat pernah melakukan ritual di Rumah Monroe pada medio 1990-an.

Satu dari sekian bekas penghuni Rumah Monroe menceritakan pengalamannya di situs Haunted Hovel. Menurut pengakuannya, ia pernah tinggal selama 6 tahun di rumah tersebut saat ia masih kecil. Selama tinggal di sana, ia kerap merasa ketakutan karena ia sering mendengar suara-suara misterius yang tidak jelas asal-usulnya.

Ia juga bercerita kalau meskipun ibunya selalu berusaha menenangkan dirinya, ibunya sendiri juga merasa takut dan penasaran. Pasalnya ia mengaku pernah melihat penampakan wanita di dekat kamar tidurnya. Sang ibu pun menduga kalau wanita tersebut mungkin aslinya adalah arwah penasaran dari seorang wanita yang meninggal puluhan tahun lalu akibat bunuh diri di rumah ini.

Bahkan Kaum Paranormal Takut Akan Rumah Monroe
paranormal mengakui keangkeran rumah monroe
paranormal mengakui keangkeran rumah monroe via mysteriousuniverse.org 
Maraknya cerita-cerita berbau horor yang datang dari Rumah Monroe lantas menarik minat kalangan paranormal dan pecinta uji nyali untuk membuktikan sendiri keangkeran rumah tersebut. Pada tahun 2014 misalnya, sekelompok paranormal mengunjungi Rumah Monroe dan mereka mengakui kalau rumah tersebut memang angker.

“Kami berpapasan sesuatu yang sangat buruk di ruang bawah tanah dan tidak tahu harus melakukan apa. Ini tidak seperti apapun yang pernah kami lihat sebelumnya. Kami semua merasa panik dan kami memutuskan untuk mengakhiri investigasinya lebih awal. Sebanyak separuh di antara kami merasa kalau peristiwa ini sudah melampaui batas ketahanan mereka,” kata pemimpin kelompok paranormal tersebut seperti yang dilansir oleh Mysterious Universe.

Namun peristiwa yang mereka alami nampaknya masih belum apa-apa jika dibandingkan dengan apa yang dialami oleh tim penyelidik dari acara televisi Paranormal Lockdown. Saat Nick Groff dan Katrina Weidman menginvestigasi Rumah Monroe pada tahun 2016, entah bagaimana mereka terkunci di dalam rumah selama 72 jam.

Selama terkunci di dalam rumah, mereka mengalami aneka macam kejadian aneh. Puncaknya adalah ketika mereka menemukan tulang belulang manusia di ruang bawah tanah. Saat mereka akhirnya berhasil keluar dari rumah tersebut, polisi kemudian melakukan penyelidikan untuk mencari tahu asal-usul dari tulang tersebut.

Masih belum diketahui kenapa bisa ada tulang manusia di dalam rumah tersebut. Pakar supranatural Tim Wood dalam videonya menduga kalau tulang tersebut mungkin bisa ada di sana karena diletakkan secara sengaja oleh seseorang / sekelompok orang untuk keperluan ritual.

Lantas, mungkinkah tulang tersebut menjadi penyebab di balik hal-hal aneh yang selama ini menimpa penghuni Rumah Monroe? Jika ya, sudah berada lama tulang tersebut ada di sana? Bagaimana dengan mereka yang sudah mengalami “kutukan” di Rumah Monroe sejak abad ke-19. Untuk sekarang, yang baru kita ketahui adalah Rumah Monroe sudah jelas bukan rumah biasa dan sebaiknya tidak dikunjungi oleh mereka yang tidak memiliki nyali ekstra.

Sumber :
https://mysteriousuniverse.org/2020/02/the-terrifying-case-of-the-munroe-demon-house/



close