PLARIUSMODIFIKASI101

Kisah Nina Kulagina, Wanita yang Bisa Menggerakkan Benda Dengan Kekuatan Pikirannya

Thursday, July 23, 2020
Dalam cerita-cerita bergenre fiksi ilmiah dan supranatural, kita pasti pernah menjumpai karakter dengan kemampuan menyerupai tenaga dalam. Karakter macam itu diperlihatkan bisa menggerakkan benda dari jauh tanpa menyentuhnya. Namun ternyata karakter macam itu bukan hanya ada di dunia fiksi. Di dunia nyata, pernah ada sosok bernama Nina Kulagina yang dikabarkan memiliki kekuatan serupa.

Kisah hidup Nina Kulagina bermula ketika ia lahir di kota St. Petersburg pada tahun 1926. Masa mudanya jauh dari kata tenang karena pada usia 14 tahun, ia direkrut oleh militer Uni Soviet sebagai bagian dari resimen tank untuk membantu memerangi Jerman dalam Perang Dunia Kedua.

Di tengah-tengah berkecamuknya perang, Kulagina mengalami cedera sehingga ia terpaksa keluar dari ketentaraan. Sesudah itu, Kulagina kemudian menikah dan memiliki anak. Namun jika Kulagina mengira kalau masa-masa di mana ia bisa menjalani hidup tenang sudah tiba, ternyata petualangan hidupnya baru saja dimulai.

Semuanya bermula ketika benda-benda di sekitar Kulagina kerap bergerak sendiri kendati tidak ada yang menyentuhnya. Sahabat anehdidunia.com fenomena tersebut kerap terjadi saat Kulagina merasa sangat amrah. Pada awalnya Kulagina menduga kalau peristiwa tersebut terjadi akibat makhluk halus.

Kulagina mulai menyadari kalau penyebab fenomena ini aslinya adalah dirinya sendiri. Terlebih lagi karena fenomena aneh tersebut hanya akan terjadi setiap kali dirinya merasa sedang emosi. Kulagina pun sontak memiliki ingatan samar-samar kalau ibunya pernah memiliki kemampuan menggerakkan benda memakai kekuatan pikiran.

Kulagina kemudian mencoba melakukan hal serupa. Walaupun pada awalnya merasa kesulitan memfokuskan kekuatannya, seiring berjalannya waktu Kulagina mulai bisa menggerakkan benda-benda kecil seperti kertas, rokok, dan korek api. Lama kelamaan, Kulagina mulai bisa menggerakkan benda-benda yang lebih besar dan berat tanpa menyentuhnya.

Namun kemampuan Kulagina ternyata bukan hanya terbatas sampai di sana. Ia juga bisa melihat benda-benda yang ada dalam saku, mengetahui warna suatu benda dengan cara menyentuhnya meskipun matanya tertutup, dan bahkan memancarkan gelombang elektromagnetik dari tubuhnya sendiri.

Kaum Ilmuwan Pun Dibuat Takjub
mysteriousuniverse.org
Nina Kulagina via mysteriousuniverse.org
Pada awalnya tidak ada yang mengetahui kekuatan Kulagina selain Kulagina sendiri. Namun setelah ia dikirim ke rumah sakit usai menderita gangguan mental, mulai banyak orang-orang yang mengetahui kekuatan ajaib Kulagina. Para ahli dari seantero Uni Soviet berbondong-bondong mendatangi Kulagina untuk meneliti kekuatan Kulagina.

Salah satu ilmuwan lokal pertama yang melakukan penelitian pada Kulagina adalah Edward Naumov. Untuk menguji kekuatan yang dimiliki oleh Kulagina, ia menyalakan pemantik di depan Kulagina, yang kemudian menggunakan kekuatannya untuk memindahkan pemantik tersebut ke pinggir meja dan ke atas lantai.

Para ilmuwan Uni Soviet yang merasa semakin tertarik akan kekuatan Kulagina kemudian membawanya ke tempat khusus supaya kekuatannya bisa diteliti dalam kondisi-kondisi yang terkendali. Selama meneliti Kulagina, para ilmuwan merasa semakin yakin kalau wanita tersebut memang benar-benar memiliki kekuatan ajaib.

Dalam salah satu percobaan misalnya, Kulagina bisa memindahkan benda yang ada di dalam wadah tertutup. Lalu dalam percobaan lain, Kulagina bisa membuat sebuah bola ping pong melayang di udara selama beberapa detik. Kulagina juga diperlihatkan bisa memisahkan kuning telur dari putihnya dan bahkan menyatukan keduanya kembali hanya dengan berkonsentrasi selama beberapa detik.

Percobaan yang harus dijalani Kulagina bukan hanya terbatas panda memindahkan benda tanpa menyentuhnya. Ia juga diminta menyebutkan warna suatu benda tanpa melihatnya, membuat suatu benda memiliki gaya magnet, hingga memunculkan gambar di atas kertas.

Kulagina bukan hanya bisa menggunakan kekuatannya pada benda mati. Ia juga bisa melakukannya pada makhluk hidup. Pada awalnya, ilmuwan menaruh jantung katak yang masih berdetak ke dalam larutan khusus. Kulagina kemudian diminta menggunakan kekuatannya untuk memanipulasi jantung katak tersebut.

Secara mengagumkan, Kulagina kemudian menggunakan kekuatannya untuk mempercepat, memperlambat, dan menghentikan denyut jantung katak tersebut. Kulagina dirumorkan juga bisa menggunakan kekuatannya untuk memanipulasi jantung manusia, namun rumor yang satu ini masih belum dapat dibuktikan.

Menurut dugaan ilmuwan Genady Sergeyev yang memimpin penelitian terhadap Kulagina, wanita tersebut mungkin mendapatkan kekuatannya dengan cara membelokkan gelombang yang ada di sekitarnya dan kemudian memfokuskannya pada benda yang ia inginkan. Sahabat anehdidunia.com Sergeyev mendasari pendapatnya tersebut dari hasil bacaan gelombang elektromagnetik.

Lepas dari kekuatan yang dimilikinya, seringnya Kulagina melakukan percobaan menyebabkan kondisi fisiknya secara berangsur-angsur mulai melemah. Kulagina mengalami tekanan fisik dan mental sehingga ia sempat mengalami penurunan berat badan. Meskipun begitu, Kulagina selalu bertindak kooperatif dengan para ilmuwan yang mengujinya.

Menyebarnya Kabar Kekuatan Kulagina
Menyebarnya Kabar Kekuatan Kulagina
Menyebarnya Kabar Kekuatan Kulagina via ilawsjurnal.com
Saat informasi mengenai kekuatan yang dimiliki oleh Kulagina terus menyebar, keberadaan Kulagina pun kini turut menarik perhatian orang-orang yang tinggal di luar Uni Soviet. Layaknya berita-berita mengenai fenomena aneh lainnya, ada pihak yang bersikap skeptis dan berangapan kalau kabar mengenai kekuatan ajaib Kulagina aslinya hanyalah bohongan atau hasil trik semata.

Ada pula kalangan di luar Uni Soviet yang menduga kalau Kulagina mungkin aslinya hanyalah produk propaganda Uni Soviet. Kebetulan kabar mengenai Kulagina mulai mendunia saat Perang Dingin antara Uni Soviet dan negara-negara nonkomunis sedang panas-panasnya.

Alasan kenapa ada kalangan di luar Uni Soviet yang bersikap skeptis adalah hampir semua laporan mengenai Kulagina bersumber dari Uni Soviet. Namun perlu diperhatikan juga bahwa di dalam Uni Soviet sendiri, ada juga pihak yang merasa ragu kalau Kulagina benar-benar memiliki kekuatan ajaib.

Sebuah surat kabar di Uni Soviet sampai menerbitkan artikel yang menyatakan kalau kekuatan Kulagina aslinya hanyalah hasil trik semata. Kulagina yang merasa tidak terima kemudian melayangkan tuntutan kepada surat kabar tersebut karena dianggap mencemarkan nama baiknya. Hasilny, surat kabar tersebut gagal membuktikan klaimnya sehingga Kulagina pun memenangkan gugatannya.

Sudah disinggung juga kalau banyak ilmuwan yang sudah melakukan pembuktian kalau Kulagina memang benar-benar memiliki kekuatan. Mereka juga sempat merekam Kulagina dalam foto serta video saat Kulagina mendemonstrasikan kekuatannya. 

Dengan melihat hal tersebut, rasanya cukup aman untuk mengatakan kalau Kulagina memang benar-benar bukan wanita biasa. Namun tetap saja selalu ada peluang kalau laporan mengenai kekuatannya ada yang sudah dilebih-lebihkan.

Di lain pihak, kian gencarnya eksperimen dan publikasi mengenai dirinya lama kelamaan membuat Kulagina merasa tidak nyaman. Ia pun kemudian menggunakan nama samaran Nelya Mikhailova untuk menyembunyikan identitas aslinya.

Meskipun Kulagina memiliki kekuatan, hal tersebut tidak lantas membuat ia kebal dari penyakit dan penuaan. Pada tahun 1970-an, Kulagina sempat nyaris meninggal dunia akibat terkena serangan jantung, namun untungnya dirinya berhasil selamat.

Kulagina masih beberapa kali mendemonstrasikan kekuatannya. Namun menurut kesaksian mereka yang pernah melihat Kulagina secara langsung, kondisi Kulagina nampak semakin kurus dan lemah. Tahun 1990, Kulagina akhirnya meninggal dunia dalam usia kepala enam. Kulagina sekaligus menjadi contoh mengenai keajaiban yang dapat ditunjukkan oleh tubuh manusia.  

referensi :
https://mysteriousuniverse.org/2020/01/the-woman-who-could-stop-hearts-the-strange-story-of-nina-kulagina/



close