PLARIUSMODIFIKASI101

Misteri Insiden Rissington, Saat UFO Menggemparkan Militer Inggris

Thursday, August 13, 2020
Penampakan UFO dan piring terbang bakal membuat siapapun merasa penasaran. Tidak sedikit yang bersikap skeptis dan menganggap apa yang disebut sebagai piring terbang aslinya hanyalah hasil karangan atau hasil salah lihat semata. Namun bagaimana jika yang menjadi saksi insiden penampakannya adalah para personil militer profesional? Kurang lebih seperti itulah kasus penampakan UFO dalam Insiden Rissington di Inggris.

Semuanya bermula ketika pada tanggal 21 Oktober 1952, instruktur pilot Michael Swiney terbang memakai pesawat latih Meteor bersama dengan seorang muridnya yang bernama David Crofts.

Penerbangan tersebut pada awalnya direncanakan sebagai penerbangan latihan biasa. Swiney dan Crofts akan terbang dari sekolah penerbangan di Little Risington dan menyusuri rute di sepanjang pantai selatan Inggris. Sesudah mencapai lokasi tertentu, pesawat kemudian akan berbalik melalui rute yang sama.

Pada awalnya semua berjalan lancar-lancar saja. Namun saat pesawat mereka berada di ketinggian 12.000 kaki (sekitar 3.600 meter), mereka menemukan pemandangan yang begitu mencengangkan. Sebanyak 3 buah benda berbentuk menyerupai bola nampak terbang pada ketinggian 35.000 kaki di hadapan mereka.

Awalnya Swiney mengira kalau apa yang ia lihat tersebut hanyalah parasut di ketinggian. Namun setelah ia mengamati dengan lebih seksama, ia akhirnya sadar kalau benda yang dilihatnya tersebut sama sekali bukan parasut, melainkan benda terbang yang bentuknya menyerupai piringan gepeng dan bundar.

Pesawat yang dikendarai oleh Swiney sempat naik hingga ketinggian 35.000 kaki. Saat ia mencoba mengamati lebih dekat benda terbang aneh tersebut, ia merasa bingung karena benda tersebut nampak tidak memiliki sayap, sirip, ataupun bagian-bagian lain seperti yang biasa ditemukan pada pesawat biasa. Benda terbang tersebut juga tidak meninggalkan jejak uap sama sekali.

Karena Swiney merasa sangat bingung saat melihat benda terbang tersebut, Swiney pun sempat mengira kalau ia hanya sedang mengalami halusinasi akibat terlalu lama berada di ketinggian. Namun ia akhirnya yakin kalau benda yang dilihatnya tersebut sama sekali bukan ilusi atau tipuan mata karena Crofts sendiri juga mengaku kalau ia turut menyaksikan benda terbang tersebut.

Crofts sempat memberi saran kepada Swiney supaya mereka sebaiknya segera mencegat benda terbang tersebut. Namun Swiney menolak ide tersebut karena menganggapnya terlalu beresiko. Swiney memutuskan untuk bergegas kembali ke pangkalan untuk melaporkan hal yang baru saja mereka saksikan.

Di tengah perjalanan kembali ke pangkalan udara, Swiney sempat menghubungi petugas lalu lintas udara untuk melaporkan kesaksiannya. Atas perintah dari petugas yang meminta Swiney untuk menghampiri benda terbang tadi, Swiney pun mematuhinya dan kembali mengubah arah pesawatnya untuk menghampiri benda terbang tersebut.

Namun sebelum Swiney berada dalam jarak yang cukup dekat dengan piringan terbang tadi, piringan tersebut mengubah arahnya secara mendadak dan kemudian melaju kencang sebelum akhirnya menghilang dari pandangan. Swiney dan Crofts yang menyaksikan kejadian tersebut hanya bisa tertegun.

Militer Inggris Kelabakan
militer inggirs mendekati ufo
militer inggirs mendekati ufo via mysteriousuniverse.org
Belakangan diketahui kalau bukan hanya Swiney dan Crofts yang menjadi saksi penampakan piring terbang tersebut. Pusat lalu lintas udara yang ada di Inggris selatan ternyata sempat mendeteksi objek yang bergerak dengan kecepatan lebih dari 4.800 km/jam di Inggris barat daya. 

Pencarian besar-besaran pun kemudian dilakukan untuk mengetahui keberadaan objek misterius tersebut. Gencarnya respon yang ditunjukkan oleh militer Inggris tidak lepas dari fakta bahwa peristiwa ini terjadi di tengah-tengah Perang Dingin. Mereka khawatir kalau benda terbang tersebut mungkin merupakan pesawat milik pihak musuh.

Sejumlah pesawat tempur sampai dikerahkan oleh Angkatan Udara Inggris untuk melacak keberadaan benda terbang misterius tadi. Namun sekuat apapun mereka berusaha, mereka tidak berhasil menemukan objek tersebut sehingga mereka pun terpaksa kembali ke pangkalan militer dengan tangan hampa.

Pihak militer dan pemerintah Inggris sendiri awalnya mencoba merahasiakan insiden yang sekarang dikenal sebagai Insiden Rissington ini. Petinggi Angkatan Udara Inggris sampai mengeluarkan perintah kalau pilot-pilot mereka dilarang membicarakan Insiden Rissington kepada siapapun.

Namun sepandai-pandainya mereka berusaha, pada akhirnya peristiwa ini tetap diketahui oleh publik. Salah satunya karena peristiwa ini juga sempat terlacak oleh stasiun penangkap sinyal radio milik swasta.

Meskipun begitu, minimnya informasi yang terungkap ke publik menyebabkan detail mengenai peristiwa ini tetaplah terasa samar-samar bagi kalangan awam. Terlebih lagi karena pemerintah Inggris pada masa itu memiliki kebiasaan menghancurkan setiap dokumen rahasia yang berkaitan dengan UFO.

Ditutup-Tutupi Pemerintah Inggris
mysteriousuniverse.org
militer inggirs mendekati ufo via mysteriousuniverse.org
Insiden Rissington pun sempat terlupakan sebelum kemudian pada tahun 1974, Swiney meminta supaya dokumen yang dibuatnya mengenai mengenai Insiden Rissington diperlihatkan kepadanya. Di luar dugaannya, ternyata pemerintah Inggris masih menyimpan dokumen rahasia mengenai peristiwa tersebut. 

Selain laporan yang dibuatnya pada tahun 1952 dulu, pada dokumen tersebut juga terlampir laporan yang dibuat oleh Crofts. Setelah puas melihat-lihat, Swiney kemudian mengembalikan dokumen tersebut. Belakangan, ia mengaku menyesal karena tidak sempat menyalin dokumen tersebut.

Swiney menambahkan kalau sebelum terjadinya Insiden Rissington, ia sudah terbang selama 9 tahun. Selama itu pula, ia terus menyaksikan hal-hal baru di atas langit. Namun selama itu, ia tidak pernah lagi melihat benda terbang serupa di kemudian hari. 

Swiney juga menegaskan kalau benda terbang yang dilihatnya tersebut bukanlah pantulan cahaya atau semacamnya, karena Crofts yang kebetulan juga sedang satu kokpit dengannya juga melihat benda terbang tersebut.

Puluhan tahun berlalu, ketertarikan publik akan insiden ini kembali muncul setelah pada tahun 2000, ilmuwan David Clarke ingin melihat dokumen rahasia mengenai Insiden Rissington. Namun keinginannya tersebut bak jauh panggang dari api. Kendati ia sudah mengunjungi berbagai instansi pemerintahan, tidak ada instansi yang mengaku memiliki dokumen tersebut atau salinannya.

Clarke juga menerima jawaban kalau semua dokumen rahasia terkait Insiden Rissington sudah menghilang akibat kebijakan pemerintah Inggris untuk selalu menghancurkan dokumen rahasia keluaran tahun 1967 ke bawah.

Namun jawaban tersebut tidak serta merta diterima begitu saja. Karena jika memang demikian penyebab aslinya, maka seharusnya tidak bisa melihat kembali tulisan yang dibuatnya pada tahun terjadinya insiden. Seolah-olah ada yang ingin dirahasiakan oleh pemerintah Inggris sehingga mereka enggan memperlihatkan dokumen mengenai Insiden Rissington ke pihak-pihak luar.

Lantas, kira-kira sebenarnya benda terbang apa yang menampakkan diri di Rissington? Mungkinkah benda terbang tersebut aslinya adalah proyek militer rahasia? Atau mungkinkah benda terbang tersebut aslinya memang benar-benar kendaraan luar angkasa milik alien? Namun yang lebih penting, apa alasan pemerintah Inggris menutup-nutupi kejadian tersebut hingga sekarang jika benda terbang tersebut tidak ada hubungannya dengan mereka? 

Pada akhirnya, Insiden Rissington masih belum terpecahkan hingga sekarang. Namun insiden ini tidak sampai benar-benar terlupakan karena setiap kali membicarakan insiden penampakan UFO, maka Insiden Rissington merupakan salah satu yang paling sering disinggung karena insiden ini turut melibatkan personil militer. Selama kebenaran mengenai insiden ini belum terungkap, maka selama itu pula kita yang tinggal di masa sekarang hanya bisa menebak-nebak tanpa memperoleh jawaban yang memuaskan.

Sumber :
https://mysteriousuniverse.org/2020/03/fighter-jets-and-ufos-the-rissington-incident/



close