PLARIUSMODIFIKASI101

Hal Mustahil Yang Ternyata Bisa Dilakukan Oleh Gurita

Tuesday, December 08, 2020

Gurita merupakan hewan laut yang amat mudah dikenali oleh manusia berkat penampilannya yang khas. Tubuhnya yang bulat dan dilengkapi dengan 8 lengan panjang menyebabkan hewan ini amat mudah dibedakan dari hewan laut lainnya. Keunikan gurita sendiri ternyata belum terbatas pada wujudnya yang khas. Berikut ini adalah 5 hal yang ternyata bisa dilakukan oleh gurita, namun tidak banyak diketahui oleh orang.

Memakan Hewan Berkulit Keras

Gurita makan kepiting
Gurita makan kepiting via bernas.id

Gurita memiliki tubuh yang lunak. Dengan melihat hal itu, rasanya tidak mungkin gurita bisa memakan hewan-hewan yang berkulit keras. Kenyataannya, makanan utama gurita justru terdiri dari hewan-hewan berkulit keras seperti kepiting, lobster, hingga kerang.

Tidak semua bagian tubuh gurita bertekstur lunak. Mulut atau paruh gurita justru memiliki tekstur yang keras. Paruh gurita terbuat dari kretin, zat yang juga dapat ditemukan pada rambut dan kuku manusia. Dengan paruh inilah, gurita bisa melubangi kulit keras hewan mangsanya.

Gurita sendiri makan bukan dengan cara menelan mangsanya bulat-bulat, melainkan dengan cara menghisap cairan tubuh mangsanya layaknya vampir. Saat gurita hendak makan, mula-mula gurita akan membelit mangsanya dengan memakan delapan lengannya yang panjang.

Gurita kemudian akan melubangi cangkang mangsanya dengan memakai paruhnya. Sesudah itu, gurita akan menyuntikkan air liurnya supaya daging mangsanya meleleh. Gurita kemudian akan menghisap daging mangsanya tersebut hingga habis dan meninggalkan kulit kerasnya dalam keadaan kosong.

Gurita yang hidup dalam tangkapan kadang-kadang memutus lengannya sendiri dan kemudian memakannya. Pada awalnya ilmuwan menduga kalau gurita melakukan itu karena gurita tidak diberi cukup makanan. Namun ternyata meskipun gurita menerima makanan lebih sering, ia tetap melakukan hal tersebut. Ilmuwan lantas menduga kalau gurita mungkin melakukan hal itu karena merasa stress.

Bermimpi

gurita mengalami fase REM
gurita mengalami fase REM via bobo.grid.id

Bukan hanya manusia yang bisa bermimpi saat sedang tidur. Gurita diduga ternyata juga bisa mengalami mimpi saat sedang terlelap. Jika manusia yang sedang bermimpi kerap mengigau atau menggerak-gerakkan badannya sendiri, maka gurita yang sedang bermimpi nampak mengubah-ubah warnanya sendiri.

Gurita, seperti halnya bunglon, memiliki kemampuan untuk mengubah warna kulitnya. Gurita biasanya menggunakan kemampuan ini untuk menyamar supaya tidak terlihat oleh pemangsanya. Selain untuk menyamar, gurita juga mengubah warnanya secara mendadak saat sedang merasa sedih, marah, atau terkejut.

Ilmuwan sendiri masih belum yakin apakah gurita memang benar-benar bermimpi seperti halnya mimpi yang dialami manusia. Namun berdasarkan penelitian pada hewan sotong yang masih berkerabat dengan gurita, sotong diketahui bisa mengalami fase REM saat sedang tidur.

REM adalah fase dalam tidur di mana otak menjadi lebih aktif. Pada manusia, mimpi biasanya terjadi saat seseorang sedang memasuki fase REM. Kalau pada sotong, sotong yang memasuki fase REM nampak mengubah-ubah warna kulitnya sendiri. Seolah-olah ada sesuatu dalam alam bawah sadarnya yang mempengaruhi perasaannya.

Karena fenomena serupa juga dijumpai oleh gurita, muncul dugaan kalau gurita mungkin juga mengalami mimpi. Ilmuwan sendiri masih belum bisa melakukan penelitian lebih dalam mengenai fase tidur REM pada gurita karena untuk melakukannya, ilmuwan harus menempelkan kabel-kabel pendeteksi gelombang otak pada gurita. Namun jika gurita ditempeli dengan kabel, gurita bakal langsung melepas kabel-kabel tersebut dengan memakai lengannya yang panjang.

Melarikan Diri dari Akuarium

gurita melarikan diri
ilustrasi gurita melarikan diri via liputan6.com


Gurita merupakan salah satu hewan laut yang paling cerdas. Berkat matanya yang tajam dan indera perabanya yang peka, gurita bisa memahami kondisi sekitarnya dan mengambil keputusan terbaik bagi dirinya. Pada tahun 2016, Akuarium Nasional Selandia Baru menjadi saksi bisu mengenai bagaimana cerdas sekaligus lihainya gurita.

Inky adalah nama dari seekor gurita jantan yang dipelihara di Akuarium Nasional. Pada malam hari saat tidak ada orang yang berlalu lalang, Inky secara diam-diam melarikan diri keluar akuariumnya dengan cara menyelinap melalui lubang kecil di akuarium.

Saat sudah berhasil keluar dariu akuariumnya, Inky kemudian merangkak di atas lantai dan melarikan diri melalui pipa yang mengarah ke luar. Pipa tersebut aslinya berukuran sempit, namun karena gurita memiliki tubuh yang elastis, Inky bisa merampingkan dirinya sendiri hingga cukup sempit untuk melewati pipa.

Para staf National Akuarium baru menyadari kalau Inky sudah menghilang keesokan harinya. Mereka tahu kalau Inky menghilang karena melarikan diri – bukan karena dicuri – dengan melihat jejak yang ditinggalkan oleh Inky di lantai.

Inky bukanlah gurita pertama yang melarikan diri dari akuarium tempatnya dikurung. Di Kepulauan Bermuda juga pernah ada gurita yang beberapa kali ketahuan melarikan diri dari akuariumnya. Namun gurita tersebut menyelinap keluar bukan untuk kabur ke luar, melainkan untuk memakan hewan di akuarium lain.

Berjalan di Luar Air

gurita berjalan di darat
gurita berjalan di darat via bukanarjuna.com

Gurita adalah hewan air yang berarti hewan ini hanya bisa bernapas di dalam air. Jika gurita sampai dikeluarkan dari air, gurita bisa mati akibat dehidrasi dan kekurangan oksigen. Namun hal tersebut membuat gurita sama sekali tidak bisa berada di luar air.

Pada tahun 2017, sebanyak lebih dari 20 ekor gurita dikabarkan keluar dari laut dan merangkak di atas pantai. Peristiwa tersebut terjadi pada malam hari di kota New Quay, Inggris.

Pakar biologi Ken Halanych menjelaskan kalau gurita ternyata memang bisa hidup di luar air untuk sementara waktu. Menurut Halanych, gurita bisa berada di luar air selama sekitar setengah jam. 

Gurita paling sering terlihat berjalan di luar air sesudah pasang karena akibat pasang, ada sejumlah genangan air yang tertinggal di atas pantai. Karena genangan tersebut terlalu sempit dan tidak menyediakan cukup makanan, gurita pun terpaksa merangkak keluar air. 

Peristiwa di Inggris bukanlah satu-satunya peristiwa di mana gurita nampak berjalan di luar air. Pada tahun 2015, seekor gurita di pantai Australia nampak merangkak ke luar air untuk menangkap kepiting dan menyeretnya ke dalam air.

Membunuh Manusia Saat Dimakan

Mati akibat makan gurita
ilustrasi Mati akibat makan gurita via www.kxan36news.com

Gurita, seperti halnya cumi-cumi, juga banyak dikonsumsi sebagai makanan. Di Koea Selatan dan Jepang, gurita bahkan dikonsumsi dalam kondisi masih mentah alias tidak dimasak. Alasan kenapa gurita dikonsumsi dalam kondisi mentah adalah karena tekstur kenyal dan berlendir yang dimiliki oleh gurita memberikan cita rasa yang khas bagi orang yang memakannya.

Kebiasaan memakan gurita dalam kondisi masih mentah ternyata bukanlah kebiasaan yang disarankan. Pasalnya gurita yang dimakan dalam kondisi demikian bisa membunuh orang yang memakannya!

Gurita seperti yang kita ketahui memiliki lengan yang penuh dengan penghisap. Dengan penghisap ini, gurita bisa memegang maupun menempel pada benda lain. Jika gurita sampai ditelan dalam kondisi masih utuh, lengan gurita bisa menempel pada kerongkongan orang yang memakannya. 

Akibatnya, orang tersebut tidak bisa bernapas karena tenggorokannya tersumbat oleh gurita. Jika dibiarkan terlalu lama, orang yang bersangkutan bisa meninggal. Situasinya bakal semakin runyam jika gurita yang dimakan masih berada dalam kondisi hidup dan menggelepar-gelepar.

Contoh dari peristiwa tersebut pernah terjadi pada bulan April 2010 di Korea Selatan. Pada waktu itu, seorang wanita harus dilarikan ke rumah sakit setelah memakan gurita hidup-hidup. Setelah dirawat selama 16 hari, wanita tersebut akhirnya meninggal dunia.

Sumber :

https://www.sealife.gifts/blogs/octopus/148121223-what-do-octopus-eat

https://www.smithsonianmag.com/smart-news/heidi-snoozing-octopus-may-not-be-dreaming-after-all-180973325/

https://www.nationalgeographic.com/news/2016/04/160414-inky-octopus-escapes-intelligence/

https://www.businessinsider.com/curled-horned-octopus-coming-ashore-wales-2017-10?r=US&IR=T

https://www.businessinsider.com/australia-octopus-hunts-crab-on-land-video-2015-2?r=US&IR=T

https://www.insider.com/eating-live-octopus-can-kill-you-2019-5




close