PLARIUSMODIFIKASI101

Cryptid Atau Mahluk Misterius Dengan Wujud Paling Aneh yang Pernah Ada

Sunday, March 14, 2021

Cryptid adalah sebutan untuk makhluk misterius yang pernah menampakkan diri di hadapan manusia, namun masih belum diketahui identitasnya akibat belum pernah diteliti. Selain cryptid macam bigfoot atau kraken yang sudah menjadi pengetahuan umum, ada pula cryptid-cryptid yang keberadaannya nampak sulit dipercaya karena wujudnya yang terkesan begitu aneh. Berikut ini adalah 5 contoh cryptid dengan wujud yang paling aneh.

Mapinguari

Mapinguari
Mapinguari via allthatsinteristing.com

Hutan Amazon adalah hutan tropis terbesar di dunia. Di hutan ini pulalah, konon terdapat makhluk raksasa yang sangat ditakuti oleh penduduk setempat. Mapinguari adalah nama dari makhluk tersebut.

Mapinguari adalah cryptid yang digambarkan bertubuh besar layaknya beruang. Apa yang membuat Mapinguari berbeda dari beruang adalah Mapinguari konon hanya memiliki satu buah mata di kepalanya.

Bukan hanya itu, Mapinguari juga diceritakan memiliki mulut besar di perutnya. Kaki depan atau tangan Mapinguari dilengkapi dengan cakar yang tajam. Mapinguari juga diceritakan memiliki kulit tebal dan bersisik layaknya buaya. Versi lain menyebut kalau Mapinguari memiliki tubuh yang diselubungi rambut layaknya beruang atau kera.

Menurut cerita rakyat penduduk asli Amazon, Mapinguari pada awalnya adalah manusia biasa yang berprofesi sebagai dukun. Suatu hari, ia menemukan cara untuk hidup abadi. Namun temuannya tersebut membuat para dewa merasa marah. Dukun itu pun kemudian dikutuk menjadi Mapinguari.

Meskipun asal-usul Mapinguari terkesan seperti dongeng, makhluk ini diyakini benar-benar ada dan masih hidup hingga sekarang. Mapinguari amat ditakuti oleh penduduk setempat karena makhluk ini bisa membunuh manusia dengan cakar dan mulutnya. Mapinguari juga amat sulit dilukai karena kulitnya konon tahan peluru.

Mereka yang mencoba menjelaskan identitas Mapinguari dari sudut pandang ilmiah menduga kalau Mapinguari mungkin aslinya adalah beruang atau kukang purba yang masih hidup. Namun karena Mapinguari belum pernah tertangkap hingga sekarang, masih belum ada pihak yang bisa membuktikan dugaan tersebut.

Gajah Mina

Gajah Mina
Gajah Mina via carousell.com

Gajah Mina adalah sebutan untuk sejenis makhluk laut misterius yang pernah beberapa kali menampakkan diri pantai dan lautan Indonesia. Makhluk tersebut dijuluki sebagai gajah karena nampak memiliki belalai, gading, dan daun telinga yang lebar layaknya gajah yang hidup di darat.

Anehnya, bagian ekor Gajah Mina justru nampak seperti ekor. Jika itu masih belum cukup membingungkan, kulit Gajah Mina juga dipenuhi oleh bulu. Menurut kesaksian orang-orang yang pernah melihatnya, Gajah Mina merupakan makhluk yang amat besar karena panjangnya mencapai 20 meter.

Contoh kasus penampakan Gajah Mina pernah terjadi pada tanggal 13 Januari 2005 di Pantai Dungan, Riau. Gajah Mina tersebut diceritakan mati terdampat di pantai. Warga sekitar yang melihat onggokan bangkai Gajah Mina kemudian beramai-ramai mempreteli daging Gajah Mina dan membawanya pulang.

Seorang nelayan yang bernama Amir juga mengaku pernah tidak sengaja menangkap Gajah Mina pada tanggal 20 Juni 2010. Karena merasa kaget dan ketakutan, Amir sempat tidak mau lagi melaut ke lokasi tempat ia menemukan Gajah Mina hingga beberapa bulan kemudian.

Kalangan yang skeptis meyakini kalau Gajah Mina aslinya hanyalah bangkai paus biasa. Bagian yang terlihat menyerupai gading dan belalai aslinya adalah tulang rusuk paus, sementara kulitnya yang nampak berbulu aslinya adalah serat daging yang terurai akibat pembusukan.

Ningen

Ningen
Ningen via pinterest.com

Satu lagi cryptid raksasa yang pernah muncul di laut. Ningen adalah sebutan untuk makhluk laut misterius yang berukuran raksasa dan berwarna putih. Nama “Ningen” untuk makhluk ini berasal dari bahasa Jepang yang artinya “manusia”.

Nama tersebut digunakan untuk menjuluki cryptid tadi karena Ningen memang digambarkan nampak menyerupai manusia. Ningen digambarkan memiliki bagian-bagian tubuh yang bentuknya menyerupai kepala, tangan, serta kaki.

Meskipun nama Ningen berasal dari bahasa Jepang, makhluk ini justru tidak pernah menampakkan diri di Jepang. Informasi mengenai penampakan Ningen sendiri bermula ketika di suatu forum online Jepang, seorang anggota forum menceritakan pengalaman temannya yang bekerja sebagai awak kapal penelitian paus di Kutub Selatan.

Pada awalnya, para awak melihat benda berwarna putih di kejauhan. Saat mereka mendekati benda tersebut untuk memeriksanya, tiba-tiba saja benda atau makhluk tersebut berenang menghilang ke dalam air. 

Tahun 2007, sebuah majalah supranatural Jepang memuat artikel beserta foto yang menampilkan pantai Namibia, Afrika, saat dipotret oleh Google Earth. Dalam foto tersebut, nampak sosok berbentuk panjang dan berwarna putih di lepas pantai. 

Sosok putih tersebut diklaim sebagai Ningen. Namun mereka yang skeptis meyakini kalau sosok putih tersebut aslinya hanyalah buih ombak yang kebetulan saja terekam oleh Google Earth dalam kondisi demikian.

Atmospheric Beast

Atmospheric Beast
Atmospheric Beast via arsipinfo.com

Dari sekian banyak cryptid yang sudah diketahui oleh manusia, Atmospheric Beast adalah yang paling aneh. Jika diterjemahkan, “Atmospheric Beast” berarti “makhluk atmosfer”. Atmospheric Beast selalu mengundang rasa penasaran setiap kali menampakkan diri karena wujudnya yang sungguh tidak biasa untuk ukuran makhluk hidup.

Atmospheric Beast diceritakan bisa terbang meskipun nampak tidak memiliki sayap. Sejumlah foto dan laporan kesaksian juga menunjukkan kalau Atmospheric Beast kadang-kadang terlihat dalam kondisi setengah transparan. Seolah-olah makhluk tersebut memiliki kemampuan muncul dan menghilang bak hantu.

Atmospheric Beast memiliki wujud yang beragam. Ada Atmospheric Beast yang wujudnya nampak seperti ubur-ubur bercahaya. Ada pula Atmospheric Beast yang wujudnya terlihat panjang bak ular naga.

Karena Atmospheric Beast hanya muncul di langit, sejumlah kalangan menduga kalau Atmospheric Beast mungkin ada hubungannya dengan UFO. Ada juga kalangan yang menduga kalau apa yang disebut Atmospheric Beast aslinya hanyalah meteorit, wahana terbang buatan manusia, atau fenomena alam biasa.

Contoh penampakan Atmospheric Beast terjadi pada tanggal 1 Juni 2015 di Belanda. Pada awalnya, seorang warga lokal yang bernama Harry Perton berjalan-jalan sambil memotret langit sesudah badai.

Perton mengaku kalau ia hanya sekedar memotret untuk mengabadikan momen penampakan langit sesudah berlalunya badai. Namun saat ia melihat fotonya secara seksama, Perton terkejut karena adalah benda menyerupai ubur-ubur bercahaya di fotonya.

Fresno Nightcrawler

Fresno Nightcrawler
Fresno Nightcrawler via painterest.com

Fresno Nightcrawler (Perangkak Malam Fresno) adalah sebutan untuk cryptid yang wujudnya terlihat lucu sekaligus membingungkan. Berdasarkan video-video rekaman yang beredar, Fresno Nightcrawler nampak seperti celana panjang berwarna putih yang berjalan sendiri.

Video penampakan pertama Fresno Nightcrawler pertama kali muncul pada tahun 2008. Video tersebut merupakan hasil rekaman dari kamera keamanan di Fresno, Kalifornia, Amerika Serikat.

Dalam video yang dimaksud, pada awalnya tidak ada hal yang mencurigakan. Mendadak, menjelang pukul 1 dini hari waktu setempat, nampak sosok putih berkaki dua dan tanpa kepala berjalan lambat sebelum kemudian menghilang.

Fresno Nightcrawler kembali muncul dalam video rekaman kamera keamanan yang bertempat di Taman Nasional Yosemite, Kalifornia. Dalam video yang berasal dari tahun 2011 tersebut, makhluk yang muncul bukan hanya satu, melainkan dua!

Karena Fresno Nightcrawler memiliki wujud yang sungguh tidak lazim, tidak ada yang bisa menjelaskan makhluk apakah mereka sebenarnya. Ada yang meyakini kalau Fresno Nightcrawler adalah makhluk halus yang sudah dikenal dalam keyakinan penduduk Indoan setempat.

Ada pula yang mengaitkan penampakan Fresno Nightcrawler dengan alien. Di lain pihak, mereka yang skeptis menduga kalau Fresno Nightcrawler mungkin aslinya adalah hasil kerja orang iseng yang memainkan celana memakai tali supaya terlihat bergerak-gerak sendiri.

referensi :

https://cryptidz.fandom.com/wiki/Mapinguari https://cryptidz.fandom.com/wiki/Ningen https://cryptidz.fandom.com/wiki/Atmospheric_Beasts https://cryptidz.fandom.com/wiki/Dutch_Flying_Jellyfish https://cryptidz.fandom.com/wiki/Fresno_Nightcrawler http://www.blogmisteritesla.com/2018/05/legenda-gajah-mina.html

 



close