PLARIUSMODIFIKASI101

Fakta Mencengangkan Seputar Tulang Rusuk Manusia

Saturday, March 20, 2021

Tulang rusuk atau iga adalah tulang yang terletak di bagian dada manusia. Fungsi utama tulang ini adalah untuk melindungi organ-organ tubuh yang lunak di bagian dada. Adapun selain fungsinya tadi, ada fakta-fakta menarik seputar tulang rusuk manusia yang mungkin belum anda ketahui. Berikut ini adalah kelima fakta tersebut.

Tulang Rusuk Terdiri dari Tiga Macam

Tulang Rusuk Terdiri dari Tiga Macam
Tulang Rusuk Terdiri dari Tiga Macam via id.deposites.com

Apa yang disebut sebagai tulang rusuk aslinya merupakan kumpulan dari beberapa tulang berbentuk melengkung yang membentuk semacam sangkar di rongga dada. Oleh karena itulah, bagian dada tulang rusuk juga dikenal sebagai sangkar rusuk.

Tulang rusuk sendiri bisa dibedakan menjadi tiga macam berdasarkan karakteristiknya. Tipe tulang rusuk pertama adalah tulang rusuk sejati. Tujuh pasang tulang rusuk teratas yang menyusun sangkar rusuk tergolong sebagai tulang rusuk sejati.

Tulang rusuk ini diberi nama tulang rusuk sejati karena tulang rusuk tidak menempel satu sama lain. Salah satu ujung tulang rusuk ini menempel pada tulang punggung, sementara bagian ujungnya yang lain menempel pada tulang dada. 

Tipe tulang rusuk kedua adalah tulang rusuk palsu. Tulang tersebut ini diberi nama demikian karena bagian ujungnya menempel pada tulang rusuk yang lain. Baris kedelapan hingga kesepuluh dalam sangkar rusuk tergolong sebagai tulang rusuk palsu.

Tipe tulang rusuk terakhir adalah tulang rusuk melayang. Tulang rusuk ini paling mudah dibedakan karena ukurannya yang jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan kedua tipe tulang rusuk lainnya.

Tulang rusuk ini diberi nama “melayang” karena bagian ujungnya tidak menempel pada tulang lain, sementara bagian pangkalnya menempel pada tulang punggung. Tulang rusuk melayang terletak di bawah tulang rusuk palsu dan berjumlah dua pasang.

Ada Tulang Rawan yang Menyusun Bagian Tulang Rusuk

Ada Tulang Rawan yang Menyusun Bagian Tulang Rusuk
Ada Tulang Rawan yang Menyusun Bagian Tulang Rusuk via sehatq.com

Tulang rusuk memiliki peran yang amat penting bagi manusia. Jika tidak ada tulang rusuk, maka organ jantung dan paru-paru menjadi jauh lebih mudah mengalami kerusakan. 

Kedua organ tersebut harus senantiasa dilindungi karena memiliki peran yang amat vital bagi manusia. Jika paru-paru berfungsi sebagai tempat penyerapan oksigen, maka jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. 

Tidak semua bagian tulang rusuk tersusun dari bagian yang keras. Bagian yang menghubungkan tulang rusuk dengan tulang dada tergolong sebagai tulang rawan atau kartilago.

Berkat keberadaan tulang rawan, rongga dada manusia bisa mengembang sekaligus mengempis mengikuti tarikan napas paru-paru. Jika tidak ada tulang rawan, maka paru-paru tidak bisa mengembang saat menyerap udara. Tetapi jika rongga sangkar rusuknya terlalu besar, organ-organ di dalamnya bisa bergeser saat terkena guncangan dari luar.

Bagian tulang rawan pada rusuk juga bisa mengalami radang. Di dunia kedokteran, radang yang menyerang tulang rawan pada rusuk dikenal sebagai kostokondritis. Mereka yang terserang radang ini bakal merasakan sakit pada dadanya.

Rasa sakit yang menimpa penderita kostokondritis bisa menghilang dengan sendirinya sesudah beberapa minggu atau bulan. Dalam kasus tertentu, kostokondritis mungkin aslinya merupakan efek samping dari penyakit lain. Misalnya infeksi paru-paru, arthritis, atau bahkan kanker.

Beberapa Orang Memiliki Tulang Rusuk yang Jumlahnya Lebih Banyak

Beberapa Orang Memiliki Tulang Rusuk yang Jumlahnya Lebih Banyak
Beberapa Orang Memiliki Tulang Rusuk yang Jumlahnya Lebih Banyak via alodokter.com

Manusia normalnya memiliki tulang rusuk berjumlah 12 pasang. Kedua belas pasang tulang rusuk tersebut terdiri dari 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, serta 2 pasang tulang rusuk melayang.

Namun dalam kondisi tertentu, ternyata ada sejumlah orang yang memiliki tulang rusuk berjumlah lebih banyak. Tulang rusuk tambahan tersebut dikenal dengan nama tulang rusuk lumbar (lumbar adalah ruas tulang punggung yang terletak di atas pinggul). 

Orang yang memiliki kondisi demikian bakal memiliki tulang rusuk melayang yang jumlahnya sepasang lebih banyak. Jadi jika ditotal, orang dengan kondisi ini memiliki tulang rusuk berjumlah 13 pasang.

Gorila diketahui juga memiliki tulang rusuk berjumlah total 13 pasang. Karena kemiripan itulah, manusia yang memiliki tulang rusuk berjumlah lebih banyak kadang dijuluki sebagai orang dengan tulang rusuk gorilla.

Sebanyak 8 persen orang di seluruh dunia diketahui memiliki tulang rusuk lumbar. Ukuran dari tulang rusuk lumbar bisa berbeda-beda antar orang. 

Tulang rusuk lumbar bisa menyebabkan pemiliknya lebih sering menderita sakit pinggang akibat lokasi tulangnya yang dekat dengan ginjal. Orang yang memiliki tulang rusuk lumbar juga lebih beresiko mengalami kerusakan pada ginjalnya jika orang tersebut mengalami kecelakaan pada bagian pinggangnya.  

Tulang Rusuk Bisa Patah Akibat Batuk

Tulang Rusuk Bisa Patah Akibat Batuk
Tulang Rusuk Bisa Patah Akibat Batuk via klikdokter.com

Meskipun kuat, tulang rusuk tetap bisa patah. Terutama jika tulang rusuk terkena hantaman yang amat kuat dari luar. Misalnya ketika seseorang tertabrak mobil atau terkena pukulan yang amat kuat.

Penyebab patahnya tulang rusuk bukan hanya berasal dari luar, tetapi juga dari dalam tubuh. Batuk ternyata juga bisa menyebabkan patahnya tulang rusuk seseorang. Kasus batuk yang mengakibatkan patahnya tulang rusuk bisa terjadi jika orang tersebut sudah batuk hingga berminggu-minggu lamanya, misalnya akibat terserang penyakit pernapasan akut. 

Kaum wanita yang sudah lanjut usia merupakan golongan yang paling rentan mengalami kasus patah tulang akibat batuk. Sebabnya adalah kaum wanita memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami osteoporosis, suatu kondisi di mana tulang menjadi lebih rapuh.

Peristiwa patahnya tulang rusuk bisa dikenali ketika saat seseorang batuk, ia juga mendengar suara yang terdengar menyerupai suara benda patah. Saat tulang rusuk seseorang patah, ia bakal merasakan sakit pada bagian dadanya. Khususnya saat menarik napas.

Karena tulang rusuk memiliki struktur yang berbeda jika dibandingkan dengan tulang-tulang lainnya, tulang rusuk yang patah tidak bisa disembuhkan dan hanya akan dibiarkan sembuh dengan sendirinya.

Sesudah 3 hingga 6 minggu, tulang rusuk yang patah biasanya sudah pulih dengan sendirinya. Selama proses penyembuhan berlangsung, orang yang bersangkutan disarankan untuk tidak melakukan aktivitas fisik berat supaya cederanya tidak semakin parah. 

Ada Orang yang Dioperasi Untuk Menghilangkan Tulang Rusuknya Sendiri

Ada Orang yang Dioperasi Untuk Menghilangkan Tulang Rusuknya Sendiri
Ada Orang yang Dioperasi Untuk Menghilangkan Tulang Rusuknya Sendiri via detikhealth.com

Setiap organ tubuh idealnya tetap dibiarkan berada di tempatnya, kecuali jika organ tersebut mengalami infeksi parah hingga harus dibuang. Sebabnya tidak lain karena masing-masing organ memiliki fungsinya. Jika ada organ tubuh yang sampai hilang, maka aktivitas normal tubuh juga bakal ikut terpengaruh.

Meskipun begitu, ada orang yang menjalani operasi untuk membuang bagian tubuhnya sendiri meskipun ia berada dalam kondisi sehat. Tulang rusuk melayang adalah contoh dari organ atau bagian tubuh yang dibuang melalui operasi meskipun tulangnya berada dalam kondisi baik.

Faktor kecantikan dan penampilan diklaim menjadi penyebab utama mengapa ada orang yang menjalani operasi untuk membuang tulang rusuk melayangnya sendiri. Dengan menghilangkan tulang rusuk melayang miliknya, maka pinggang orang tersebut akan terlihat lebih ramping.

Rodrigo Alves adalah contoh dari orang yang pernah menjalani operasi untuk menghilangkan tulang rusuknya sendiri. Karena ia ingin terlihat seperti tokoh pangeran dalam kartun-kartun Disney, Alves pun menjalani operasi untuk menghilangkan 4 tulang rusuk melayangnya sendiri.

Berkat operasi tersebut, Alves pun memiliki pinggang yang lebih ramping dibandingkan pinggang orang pada umumnya. Gilanya lagi, Rodrigo pada awalnya ingin menghilangkan 6 tulang rusuk miliknya. Namun karena tidak ada dokter bedah yang bersedia menuruti keinginannya, Alves pun mengalah dan hanya 4 tulang rusuknya yang diangkat.

refrensi :

https://www.mentalfloss.com/article/502701/9-interesting-facts-about-ribs https://www.alodokter.com/kostokondritis https://flexikon.doccheck.com/en/Lumbar_rib https://www.nhs.uk/conditions/broken-or-bruised-ribs/ https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16007893/ https://lucycorsetry.com/2018/01/30/corsets-and-rib-removal/ https://www.dailymail.co.uk/femail/article-5482519/Human-Ken-Doll-Rodrigo-Alves-28-000-surgery-remove-FOUR-ribs.html



close