Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Peradaban Kuno Paling Misterius yang Mampu Membuat Para Peneliti Kebingungan

Berbagai peradaban kuno yang pernah mengisi wajah bumi pada masa lalu memang seringkali memikat rasa ingin tau baik para rakyat biasa maupun para peneliti yang mencoba mengungkap kebenaran para nenek moyang ini.

Berbagai peradaban kuno ini juga memiliki ciri khasnya masing-masing, Mesir kuno yang memiliki piramida, Romawi kuno memiliki saluran air, Viking yang haus darah dengan kapal panjangnya, hingga peradaban Inca dengan legenda emasnya. 

Beberapa peradaban ini tentunya mampu memberikan kabar menarik dari masanya, mulai dari teknologi kuno yang masih berguna hingga hari ini, berbagai kebudayaan yang menarik, hingga berbagai legenda yang diturunkan secara turun-temurun.

Namun, dari hampir seluruh peradaban kuno terkenal yang ada di dunia, nyatanya terdapat beberapa peradaban kuno yang mampu membuat para peneliti maupun sejarawan menjadi kebingungan. Bukan tanpa alasan, kebingungan itu timbul karena minimnya informasi terkait peradaban tersebut.

Berikut kami telah merangkum beberapa kebudayaan dan peradaban kuno yang hilang dengan sejarah misteriusnya yang sangat menarik untuk diketahui.

1. Peradaban Kuno Maya

Peradaban Kuno Maya
Peradaban Kuno Maya via solopos.com

Maya adalah salah satu peradaban kuno yang lebih terkenal di antara peradaban kuno lainnya, tetapi anehnya, tidak banyak yang diketahui oleh para peneliti maupun sejarawan terkait peradaban kuno satu ini.

Latar belakang budaya Maya di hutan Amerika Selatan mengakibatkan banyak bukti yang ditinggalkan telah kembali diklaim atau diambil oleh alam, sehingga mengakibatkan banyak arkeolog dan antropolog modern hanya mampu meneliti tentang peradaban ini dengan sumber yang sangat terbatas.

Namun beberapa satu hal pasti yang diketahui dari suku Maya adalah kemampuan masyarakatnya yang cukup ahli – bahkan beberapa arkeolog menyebutkan mereka terlalu ahli – dalam hal arsitektur.

Peradaban kuno Maya diketahui mampu membangun beberapa keajaiban arsitektur dan membuat kalender yang benar-benar dengan tingkat presisi yang sangat mengesankan, namun pada akhirnya tanpa sebab yang diketahui, peradaban luar biasa ini pun musnah dan menghilang begitu saja.

Kekaisaran Maya tampaknya telah runtuh sekitar 1.000 tahun yang lalu, sehingga hanya meninggalkan bangunan-bangunan kosong layaknya kota hantu yang sesungguhnya.

2. Orang-orang Clovis

Orang-orang Clovis
Orang-orang Clovis via pinterest.com

Kata "Clovis" modern ini hampir identik dengan satu jenis artefak arkeologi khusus yang berbentuk layaknya mata panah. Dan artefak inilah yang manjadi salah satu kunci para arkeolog dan peneliti sejarah dunia untuk mengetahui tentang Orang-orang Clovis.

Dari peninggalan artefak anak panah yang ada, para arkeolog dan peneliti sejarah percaya bahwa orang-orang Clovis adalah salah satu peradaban kuno pertama yang bersifat ekspansif atau memperluas daerah kekuasaannya bahkan hingga lintas benua.

Peradaban orang-orang Clovis dikabarkan menjadi peradaban pertama yang cukup dominan dalam mendiami daerah di Amerika Utara. Mereka juga diketahui menyebar hingga ke sebagian sebagian Amerika Tengah dan meninggalkan jejak dengan cara peninggalan senjata khas.

Walaupun begitu nyatanya cukup sedikit yang diketahui tentang peradaban kuno ini. Tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi pada orang-orang Clovis, apakah mereka punah atau hanya berasimilasi dengan peradaban masa depan.

3. Peradaban Kuno Nabta Playa

Peradaban Kuno Nabta Playa
Peradaban Kuno Nabta Playa via ameliasolekha.blogspot.com

Nabta Playa adalah orang-orang yang luar biasa, digambarkan sebagai astronom kuno canggih yang dahulu pernah mendiami Gurun Nubia. Peradaban ini diperkirakan ada lebih dari 11.000 tahun yang lalu, dan merupakan budaya pertama yang meninggalkan bukti penyelidikan astronomi.

Dari bukti sejarah yang ada para arkeolog percaya bahwa orang-orang Nabta Playa berhasil menciptakan struktur batu yang tak terhitung jumlahnya yang dimaksudkan untuk melacak pergerakan bintang-bintang. 

Hal ini pun menimbulkan spekulasi cukup menarik yang menduga bahwa Nabta Playa menjadi salah satu peradaban kuno astronomis yang menjadi dasar bagi peradaban kuno setelahnya untuk memperoleh pengetahuan yang sama.

Hilangnya peradaban Nabta Playa kemungkinan besar berhubungan dengan tempat tinggal mereka yang berada di lingkungan gurun yang keras, hal ini pun mengakibatkan minimnya artefak yang tertinggal untuk mempelajari peradaban kuno tersebut.

4. Olmec

Olmec
Olmec via blackpast.com

Peradaban kuno Olmec merupakan salah satu peradaban kuno yang banyak diketahui orang-orang melalui peninggalan artefak unik berupa patung batu kepala manusia yang memiliki ukuran raksasa dan tidak normal.

Detailnya ukiran di patung tersebut menandakan bahwa peradaban kuno Olmec kemungkinan besar memiliki lebih dari sekedar pengukir batu berbakat, tetapi dengan minimnya artefak peninggalan misterius tersebut, maka cukup sulit untuk mengetahui dengan pasti.

Namun satu hal yang cukup pasti adalah peradaban kuno Olmec, menempati area pemukiman yang sama dengan peradaban kuno Maya yang misterius. 

Peradaban kuno Olmec juga diketahui menyebarkan kerajaan mereka selama hingga 1 abad lamanya. Hal ini pun mampu membentuk pola tersendiri yang kemudian diikuti oleh kerajaan Amerika Selatan di masa depan termasuk Maya, sebelum kemudian menghilang secara misterius sekitar 300 SM.

5. Peradaban Kuno Gobekli Tepe

Peradaban Kuno Gobekli Tepe
Peradaban Kuno Gobekli Tepe via ikons.id

Gobekli Tepe, kemungkinan besar menjadi salah satu peradaban kuno yang paling banyak dibicarakan dan dikaitkan dengan berbagai penemuan alien kuno. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat peradaban kuno satu ini tampak terlalu maju – dan hal tersebut cukup aneh – ya tentu saja aneh.

Situs asli dari peradaban kuno ini berupa sebuah kuil yang ditemukan di Turki modern, berusia antara 13.000 dan 12.000 tahun, namun berisi teknik arsitektur yang tidak akan terlihat lagi selama ribuan tahun setelahnya.

Jika peradaban kuno sekelas Nabta Playa merupakan orang-orang yang masih mempelajari bintang, maka Gobekli Tepe diduga – walaupun terdengar seperti teori konspirasi aneh – merupakan sekumpulan orang-orang yang memiliki peradaban maju, dan mampu mengeksplorasi bintang.

Terlalu majunya arsitektur di peradaban ini menimbulkan spekulasi menarik bahwa telah terjadi intervensi atau campur tangan dari peradaban luar atau tentu saja mahkluk dari luar bumi yang mempengaruhinya.

6. Peradaban Kuno Lembah Indus

Peradaban Kuno Lembah Indus
Peradaban Kuno Lembah Indus via kumparan.com

Jika beberapa peradaban kuno saling dibandingkan tentang siapa yang lebih kuno dan lebih senior satu di antara lainnya maka peradaban kuno lembah indus cukup cocok untuk keluar sebagai pemenangnya.

Peradaban kuno lembah indus diduga menjadi contoh atau pondasi peradaban bagi generasi yang datang setelahnya, termasuk peradaban kuno terkenal Mesopotamia dan Babilonia.

Budaya Lembah Indus, yang lokasinya tampak jelas, diketahui berkembang pesat antara 4.000 dan 3.000 tahun yang lalu, hal ini pun menjadikannya sebagai cikal bakal dari budaya Mesir Kuno dan Mesopotamia. 

Anehnya, sebagaimanya kebudayaan kuno lainnya, budaya lembah indus juga menghilang secara misterius dan hanya meninggalkan cukup sedikit artefak yang menandakan keberadaan mereka.

Sementara itu, para arkeolog dan peneliti sejarah yang mempelajari peradaban kuno lembah indus percaya bahwa perubahan iklam besar-besaran menjadi penyebab hilangnya peradaban tersebut secara tiba-tiba.

7. Kebudayaan Kuno di Pulau Paskah

Kebudayaan Kuno di Pulau Paskah
Kebudayaan Kuno di Pulau Paskah via hitekno.com

Peradaban kuno di Esther Island, atau pulau paskah merupakan sebuah kebudayaan kuno yang terkenal karena satu hal spesifik yang cukup unik, yaitu kesenian. Walaupun sejatinya jarang ada peradaban yang mendapatkan begitu banyak ketenaran untuk satu karya seni, tetapi berbeda dengan pulau paskah.

Masyarakat kuno di pulau ini, terkenal dengan karya seni tunggal mereka yang nyatanya telah direplikasi berkali-kali yaitu patung “Kepala Moai”.

"Kepala" atau Patung Moai ini merupakan salah satu artefak kuno cukup terkenal yang berasal dari Pulau Paskah. Pada awal penemuannya, bentuk patung ini diduga hanya berbentuk kepala utuh, namun setelah dilakukan penggalian lebih dalam, para arkeolog terkait berhasil menemukan hasil mencengangkan.

Patung Moaiternyata memiliki bagian tubuh bawah yang cukup estetik dan keren untuk ukuran karya seni yang dikerjakan oleh masyarakat dari peradaban kuno yang misterius. 

Sementara patung ini cukup besar untuk dinilai sebagai peninggalan artefak yang baik, faktanya tidak banyak yang diketahui atau yang tersisa dari orang-orang misterius yang pernah menduduki pulau terpencil itu.

Pulau Paskah diketahui memang jauh dari peradaban lain, bahkan menurut standar Polinesia. Hal Ini berarti bahwa sekelompok kecil orang yang menjelajah samudra kemungkinan besar menggunakan kano atau perahu kecil, tidak sengaja menemukan Pulau Paskah, membuat beberapa patung ikonik, dan kemudian pergi begitu saja atau mati. 

Sumber : 

https://www.ranker.com/list/mysterious-historical-civilizations/stephanroget?ref=collections_page