Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hewan Tidak Beracun yang Bisa Mengalahkan dan Memakan Binatang Berbisa

Anehdidunia.com - Beberapa hewan memiliki racun untuk keperluan pertahanan diri sekaligus untuk melumpuhkan mangsanya. Namun keberadaan racun tidak lantas membuat hewan tersebut aman dari ancaman hewan lain yang tidak beracun. Berikut ini adalah beberapa contoh hewan beracun yang dimakan oleh binatang yang tidak berbisa.

Penyu Memakan Ubur-Ubur

Penyu Memakan Ubur-Ubur
Penyu Memakan Ubur-Ubur via goodnewsfroomindonesia.id

Penyu adalah sejenis reptil bercangkang yang hidup di laut. Oleh karena itulah, penyu kadang-kadang disebut dengan nama kura-kura laut. Penyu dan kura-kura sendiri aslinya merupakan hewan yang berbeda. Jika penyu memiliki kaki ebrbentuk dayung dan hampir tidak pernah naik ke darat (kecuali untuk bertelur), kura-kura memiliki telapak kaki berjari dan sering naik ke atas daratan.

Karena penyu menghabiskan sebagian besar waktunya di laut, penyu pun menjadikan hewan-hewan laut sebagai makanannya. Hewan yang diketahui menjadi makanan utama penyu adalah ubur-ubur.

Ubur-ubur merupakan hewan yang normalnya bakal dijauhi oleh hewan-hewan laut lainnya. Pasalnya kendati ubur-ubur nampak berpenampilan indah dan tidak berbahaya, ubur-ubur memiliki tentakel yang beracun. Bagi manusia, sengatan tentakel ubur-ubur bisa menimbulkan rasa gatal dan perih.

Ubur-ubur menggunakan racunnya untuk menangkap mangsa dan mempertahankan diri. Namun racun bukanlah halangan bagi penyu untuk memakan ubur-ubur. Supaya penyu bisa memakan ubur-ubur tanpa terkena efek racunnya, penyu memiliki lapisan khusus pada bagian dalam mulutnya.

Di dalam rongga mulut penyu, terdapat lapisan menyerupai duri yang mengarah ke kerongkongan. Lapisan tersebut terbuat dari keratin, zat keras yang juga dapat ditemukan pada kuku dan rambut manusia. Oleh karena itulah, penyu tidak akan merasa sakit saat memakan ubur-ubur.

Kebiasaan penyu memakan ubur-ubur di lain pihak menyebabkan hewan ini amat mudah mengalami masalah kesehatan akibat sampah di laut. Karena penyu tidak bisa membedakan ubur-ubur dengan kantong plastik yang hanyut di laut, banyak penyu yang tanpa sengaja memakan kantong plastik dan kemudian jatuh sakit.

Burung Sekretaris Memakan Ular Berbisa

Burung Sekretaris Memakan Ular Berbisa
Burung Sekretaris Memakan Ular Berbisa via re-tawon.com

Burung sekretaris (Sagittarius serpentarius) adalah sejenis burung yang kepalanya menyerupai elang, namun kakinya panjang layaknya kaki burung bangau atau flamingo. Burung ini hanya dapat ditemukan di Afrika.

Kaki panjang yang dimiliki oleh burung sekretaris merupakan bentuk adaptasi terhadap cara berburunya. Burung sekretaris menghabiskan banyak waktunya berjalan-jalan di atas tanah.

Saat burung ini berpapasan dengan hewan kecil yang bisa dimakan, burung ini akan menggunakan kakinya untuk menginjak atau menendang mangsanya supaya lumpuh. Jika mangsanya mencoba melarikan diri, burung sekretaris juga bisa berlari kencang untuk menangkap mangsanya tersebut.

Salah satu hewan yang menjadi sasaran utama burung sekretaris untuk dimakan adalah ular, termasuk ular berbisa seperti kobra dan beludak. Supaya bisa membunuh ular tanpa terkena racunnya, burung sekretaris akan menginjak-injak ular tersebut pada bagian kepala. Burung sekretaris dikabarkan juga bisa membunuh ular dengan cara membawanya terbang dan kemudian menjatuhkannya supaya mati begitu menghantam tanah.

Berkat kebiasaannya memakan ular, burung sekretaris dipandang sebagai burung yang berguna oleh penduduk setempat. Di Sudan, burung ini bahkan diadopsi menjadi lambang negara setempat.

Meerkat Memakan Kalajengking

Meerkat Memakan Kalajengking
Meerkat Memakan Kalajengking via intisari.grid.id

Meerkat adalah sejenis hewan menyerupai musang yang hanya dapat ditemukan di Afrika Selatan dan negara-negara tetangganya. Ciri khas meerkat yang membuatnya mudah dibedakan dari musang adalah meerkat memiliki moncong yang runcing layaknya moncong tikus.

Meerkat juga amat sering terlihat berdiri dengan memakai kedua kaki belakangnya. Biasanya meerkat melakukan hal tersebut supaya mereka bisa melihat suasana di sekelilingnya dengan lebih jelas. Kemudian tidak seperti musang yang normalnya berwarna gelap atau kusam, meerkat memiliki tubuh berwarna kekuningan.

Meerkat adalah hewan karnivora alias pemakan daging. Hewan-hewan yang menjadi makanan utama meerkat adalah serangga dan sejenisnya. Menariknya, meerkat juga tidak segan-segan memakan hewan berbisa seperti kalajengking.

Meerkat bisa memakan kalajengking dengan aman karena meerkat memang memiliki kekebalan terhadap racun kalajengking. Namun supaya tidak perlu merasakan sakit saat disengat oleh kalajengking, meerkat bisa bergerak dengan amat cekatan untuk menghindari sengatan ekor kalajengking.

Kalajengking tidak memiliki indra penglihatan yang baik dan mengandalkan getaran untuk mengetahui posisi hewan-hewan di sekelilingnya. Karena meerkat merupakan hewan yang lincah, kalajengking pun menjadi kebingungan saat hendak menyerang meerkat. Pada saat itulah, meerkat akan langsung memakan kalajengking.

Meerkat memiliki pola hidup sosial dan hidup berkelompok. Itulah sebabnya meerkat kerap terlihat menggerombol. Saat ada meerkat yang melihat bahaya, meerkat tersebut akan langsung berteriak supaya meerkat-meerkat lainnya bisa langsung melarikan diri ke tempat yang aman.

Ikan Hiu Memakan Ikan Lepu Batu

Ikan Hiu Memakan Ikan Lepu Batu
Ikan Hiu Memakan Ikan Lepu Batu via quora.com

Lepu batu (Synanceia verrucosa) adalah sejenis ikan yang diberi nama demikian karena ikan ini wujudnya amat mirip dengan batu yang teronggok di dasar laut. Alasan mengapa ikan lepu batu memiliki penampilan demikian adalah supaya ikan ini sulit dilihat oleh mangsa maupun musuhnya.

Berkat penampilannya tersebut, ikan kecil yang menjadi mangsa ikan lepu batu tidak akan merasa curiga saat berenang di dekatnya. Ketika ikan tersebut sudah berada amat dekat dengan lepu batu, lepu batu akan langsung menerkam ikan tadi.

Lepu batu bukan hanya menggunakan penyamarannya untuk melindungi diri. Ikan ini juga memiliki duri-duri yang amat beracun. Saking beracunnya, manusia bisa terbunuh jika sampai terkena racun ikan ini dan tidak ditolong tepat waktu.

Berkat racun dan kemampuan menyamar yang dimilikinya, ikan lepu batu pun tidak memiliki banyak musuh. Namun tidak banyak bukan berarti ikan ini tidak memiliki musuh sama sekali. Ikan hiu adalah satu dari sedikit hewan laut yang diketahui memakan lepu batu.

Tidak diketahui bagaimana cara hiu memakan lepu batu tanpa terbunuh oleh racunnya. Selain hiu, ikan pari jenis tertentu diketahui juga bisa memakan ikan lepu tanpa terpengaruh racunnya.

Cerpelai Memakan Ular Kobra

Cerpelai Memakan Ular Kobra
Cerpelai Memakan Ular Kobra via tribunnews.com

Ular kobra merupakan salah satu hewan paling ditakuti di dunia. Racunnya yang amat mematikan menjadi penyebab mengapa ular ini amat ditakuti, termasuk oleh manusia. Jika manusia sampai tergigit oleh ular kobra, manusia tersebut bisa meninggal hanya dalam rentang waktu setengah jam!

Ular kobra juga memiliki kebiasaan mengembangkan tudung di kedua sisi kepalanya untuk menakut-nakuti musuhnya. Jika itu masih belum cukup menakutkan, kobra jenis tertentu juga bisa meludahkan racunnya.

Kobra menggunakan racunnya untuk menangkap mangsa sekaligus mempertahankan diri. Karena racunnya itulah, manusia dan hewan lain normalnya tidak akan mengusik kobra. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi cerpelai. Tidak seperti manusia dan hewan lainnya, cerpela tidak segan-segan menantang kobra untuk berduel sampai mati.

Cerpelai memang menjadikan kobra sebagai makanannya. Karena cerpelai bisa bergerak dengan amat lincah, kobra menjadi kewalahan saat harus menggigit cerpelai. Saat kobra sedang lengah, cerpelai akan langsung menerjang kobra dan kemudian menggigitnya hingga tewas.

Tidak jarang cerpelai terkena gigitan kobra. Namun hal tersebut bukanlah masalah besar bagi cerpelai. Karena cerpelai memiliki protein khusus dalam tubuhnya, racun kobra dalam dosis rendah tidak akan membuat cerpelai jatuh sakit.

Sumber :
https://seaturtleexploration.com/inside-of-a-sea-turtles-mouth/
https://en.wikipedia.org/wiki/Secretarybird
https://en.wikipedia.org/wiki/Meerkat
https://factanimal.com/stonefish/
https://animals.howstuffworks.com/animal-facts/mongoose-versus-cobra.htm