Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ikan Ini Memiliki Mata yang Begitu Aneh

Anehdidunia.com - Seperti halnya manusia, ikan juga menggunakan mata sebagai organ penglihatannya. Bergantung dari habitat dan pola hidupnya, masing-masing ikan memiliki mata yang bentuknya berbeda satu sama lain. Berikut ini adalah 5 contoh ikan dengan organ mata yang paling unik dan berbeda dari ikan-ikan kebanyakan.

Ikan Mata Empat

Ikan Mata Empat
Ikan Mata Empat via wikipedia.org

Ikan mata empat adalah sebutan untuk ikan air tawar dari genus Anableps. Habitat asli ikan ini berada di Amerika Tengah dan Selatan.

Berbeda dengan namanya, ikan mata empat aslinya hanya memiliki dua buah mata. Sebutan “mata empat” sendiri diberikan karena ikan ini memiliki metode yang unik dalam menggunakan indra penglihatannya.

Ikan mata empat memiliki kebiasaan berenang di permukaan air. Saat sedang berada di permukaan air, mata ikan ini akan nampak berada dalam kondisi separuh terendam.

Di sinilah mata milik sang ikan menunjukkan keunikannya. Ikan mata empat menggunakan matanya untuk melihat pemandangan di luar air sekaligus di dalam air. Karena ikan mata empat memiliki mata yang demikian unik, ikan ini bisa melihat di dalam dan di luar air sama baiknya.

Saat dilihat dari samping, bola mata ikan ini terlihat seolah-olah terbelah dua. Dari sanalah ikan ini mendapat julukan ikan mata empat karena ikan yang bersangkutan seolah-olah nampak memiliki 4 buah mata.

Berkat organ matanya yang unik, ikan ini bisa menemukan mangsa yang sedang berada di permukaan air serta yang ada di dalam air sekaligus. Kemudian jika ada hewan pemangsa semisal burung yang mendekat dari atas, ikan ini bisa langsung tahu dan kemudian bisa langsung menyelam untuk menghindari pemangsanya.

Ikan Buta

Ikan Buta
Ikan Buta via newsscientist.com

Ikan normalnya memiliki sepasang mata sebagai organ penglihatan utamanya. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk ikan tetra Meksiko (Astyanax mexicanus). Pasalnya varian tertentu ikan ini tidak memiliki organ mata.

Habitat ikan tetra Meksiko berada di sungai yang terletak di dalam gua yang gelap. Itulah sebabnya ikan ini tidak memerlukan organ penglihatan mengingat habitatnya sendiri berada dalam kondisi gelap.

Ikan tetra Meksiko juga dikenal dengan nama ikan gua buta (blind cave fish). Meskipun ikan ini tidak bisa melihat, bukan berarti ikan tetra Meksiko bakal senantiasa berada dalam kondisi tidak berdaya. Pasalnya ikan tetra Meksiko memiliki indra peraba yang amat sensitif.

Dengan menggunakan garis gurat sisi yang terletak di bagian samping tubuhnya, ikan tetra Meksiko bisa mendeteksi aliran air di sekitarnya dan mengetahui apa saja yang ada di sekelilingnya. Ikan tetra Meksiko juga memiliki organ penciuman dan perasa yang lebih sensitif.

Habitat ikan tetra Meksiko yang senantiasa berada dalam kondisi gelap bukan hanya berdampak pada tidak berkembangnya organ penglihatan ikan ini. Karena ikan tetra Meksiko tidak pernah terpapar cahaya di sepanjang hidupnya, ikan tetra Meksiko pun memiliki tubuh yang berwarna pucat dan bahkan nyaris transparan.

Ikan Mata Teleskop

Ikan Mata Teleskop
Ikan Mata Teleskop via jungledragon.com

Jika dari tadi kita membahas ikan bermata unik yang habitatnya berada di air tawar, maka ikan yang satu ini habitatnya berada di laut. Ikan teleskop adalah ikan yang dimaksud di sini.

Jika melihat namanya saja, maka anda harusnya bisa menduga-duga kenapa ikan teleskop memiliki nama demikian. Benar, ikan teleskop memiliki nama seperti itu karena ikan ini memiliki mata berbentuk tabung yang memanjang layaknya teleskop atau teropong.

Keunikan ikan teleskop bukan hanya terdapat pada matanya. Ikan ini juga memiliki mulut yang lebar dan penuh dengan gigi tajam. Wujudnya tersebut menjadikan ikan teleskop terlihat seperti monster bawah laut.

Meskipun terlihat menakutkan, ikan teleskop bukanlah ikan yang berbahaya. Pasalnya ikan ini hanya tinggal di kawasan laut dalam. Ikan teleskop juga tergolong sebagai ikan yang berukuran kecil karena ikan ini memiliki ukuran rata-rata kurang dari 20 cm.

Ilmuwan menduga ikan teleskop memiliki mata berbentuk demikian supaya ikan ini menjadi lebih peka terhadap cahaya dan lebih mudah menemukan mangsanya di kegelapan.

Saat ikan teleskop sudah berhasil menemukan mangsanya, ikan ini kemudian akan mencaplok mangsanya dengan mulutnya yang lebar. Karena mulut ikan ini penuh dengan gigi yang besar dan tajam, mangsa yang berhasil digigit ikan ini hampir tidak mungkin melarikan diri tanpa terluka parah.

Ikan Sebelah

Ikan Sebelah
Ikan Sebelah via seaiceland.is

Ikan normalnya memiliki sepasang mata yang terletak di kedua sisi tubuhnya. Pengecualian untuk ikan sebelah atau ikan flounder. Pasalnya ikan ini memiliki sepasang mata yang terletak di salah satu sisi tubuhnya.

Jadi jika kepala bagian kiri ikan ini memiliki 2 buah, mata kepala bagian kanannya nampak tidak memiliki mata. Hal yang sebaliknya berlaku jika mata ikan ini berada di sisi kanan kepalanya.

Ikan sebelah memiliki mata yang posisinya demikian unik sebagai bentuk penyesuaikan diri terhadap pola hidupnya. Ikan sebelah memiliki tubuh yang pipih dan menghabiskan hampir seluruh waktunya dengan cara berdiam di dasar laut.

Supaya ikan ini tetap bisa melihat dengan kedua matanya saat sedang berbaring di dasar laut, ikan sebelah pun memiliki sepasang mata yang terletak di bagian sisi kepala yang sama. Karena tubuhnya yang berbentuk pipih pula, ikan ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama flatfish (flat = pipih, fish = ikan).

Saat baru menetas, ikan sebelah awalnya memiliki posisi mata yang normal. Namun saat ikan ini tumbuh semakin besar, matanya secara berangsur-angsur akan berpindah ke salah satu sisi tubuhnya.

Pola hidup ikan sebelah juga turut mengalami perubahan seiring dengan pertambahan usianya. Saat masih kecil, ikan ini berenang bebas layaknya ikan pada umumnya. Namun saat ikan ini sudah dewasa, ikan sebelah akan menghabiskan kesehariannya dengan cara berbaring di dasar laut sambil bersembunyi.

Ikan Mata Barel

Ikan Mata Barel
Ikan Mata Barel via kompasiana.com

Ikan mata barel (Macropinna microcostoma) adalah salah satu jenis ikan laut paling aneh yang pernah ditemukan oleh manusia. Bagaimana tidak, ikan mata barel memiliki kepala yang tembus pandang. Sebagai akibatnya, organ-organ yang terletak di dalam kepala ikan ini bisa terlihat dengan jelas.

Ikan mata barel merupakan ikan yang amat jarang dijumpai oleh manusia karena ikan ini hanya ditemukan di laut dengan kedalaman 600 meter lebih. Tepatnya di perairan sebelah barat Amerika Utara dan di Laut Jepang.

Supaya bisa mengamati ikan ini di habitatnya secara langsung, ilmuwan pun harus menggunakan drone bawah laut yang dilengkapi dengan kamera perekam.

Selain memiliki kepala yang tembus pandang, ikan mata barel juga memiliki mata yang berbentuk tidak kalah aneh. Mata ikan ini berbentuk bola berwarna kehijauan dan terletak di bagian atas kepalanya. Karena bentuknya menyerupai bola yang menonjol keluar, ikan mata barel bisa memutar matanya untuk mengikuti pergerakan mangsanya.

Bicara soal mangsa, ikan mata barel adalah hewan karnivora yang makanannya terdiri dari plankton hewani dan udang. Ikan mata barel juga memiliki kebiasaan unik mencuri makanan yang terjebak pada tentakel hewan lain.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Four-eyed_fish
https://en.wikipedia.org/wiki/Mexican_tetra
https://en.wikipedia.org/wiki/Telescopefish
https://en.wikipedia.org/wiki/Flatfish
https://earthsky.org/earth/barreleye-fish-rare-video-transparent-head/