Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selain di Laut, Hewan-Hewan Ini Ternyata Ada Yang Hidup di Air Tawar

Anehdidunia.com - Jika bicara soal lumba-lumba, maka orang umumnya hanya tahu kalau hewan mamalia tersebut hanya hidup di laut. Padahal kenyataannya, lumba-lumba juga ada yang hidup di air tawar. Berikut ini adalah contoh-contoh dari hewan yang selain hidup di laut juga ditemukan menghuni air tawar.

Ikan Buntal

Ikan Buntal
Ikan Buntal via istockphoto.com

Buntal adalah sejenis ikan laut yang tubuhnya berbentuk menyerupai kotak. Berdasarkan metode pertahanan dirinya, buntal bisa dibedakan menjadi 2 macam, yaitu buntal duri dan buntal beracun.

Buntal duri atau buntal duren dalam kondisi biasa nampak tidak ada bedanya dengan ikan lainnya. Namun saat merasa terancam, buntal duri bakal meminum air sebanyak mungkin supaya tubuhnya memuai bak balon.

Saat tubuhnya sudah menyerupai balon, duri-duri yang ada di sekujur tubuh ikan buntal akan menegak. Akibatnya, hewan yang tadinya hendak memangsa ikan buntal akan mundur dengan sendirinya karena takut tertusuk.

Jenis ikan buntal yang lain tidak memiliki duri, namun memiliki tubuh yang beracun. Racun yang dihasilkan oleh ikan buntal cukup kuat untuk membunuh manusia. Sahabat anehdidunia.com di Jepang, sudah ada banyak kasus orang-orang yang meninggal akibat keracunan ikan buntal.

Ikan buntal sendiri ternyata bukan hanya bisa ditemukan di laut. Di Afrika, ternyata ada ikan buntal yang hidup di air tawar. Ikan buntal tersebut adalah ikan buntal fahaka (Tetraodon lineatus).

Ikan buntal fahaka dapat ditemukan di Sungai Nil serta sungai-sungai yang terletak di Afrika Barat dan Timur. Makanan ikan ini terdiri dari kerang dan siput air tawar.

Seperti halnya ikan buntal yang hidup di laut, ikan buntal fahaka juga memiliki racun sebagai alat pertahanan diri. Ikan buntal fahaka juga bisa memompa dirinya sendiri hingga memuai layaknya balon supaya musuh tidak bisa memakannya.

Ubur-Ubur

Ubur-Ubur
Ubur-Ubur via ukrbin.com

Siapa yang tidak tahu ubur-ubur? Hewan ini amat mudah dikenali dengan melihat tubuhnya yang berbentuk menyerupai lonceng dan bertentakel.

Meskipun ubur-ubur nampak sebagai hewan yang indah, ubur-ubur bukanlah hewan yang boleh dipegang sembarangan. Pasalnya ubur-ubur menghasilkan racun yang bisa memberikan rasa gatal dan perih pada kulit manusia. Ubur-ubur menggunakan racunnya untuk melindungi diri dan melumpuhkan mangsa.

Ubur-ubur sendiri bukan hanya bisa ditemukan di laut. Ada pula jenis ubur-ubur yang habitatnya berada di air tawar.

Ubur-ubur bunga persik (Craspedacusta sowerbii) adalah spesis ubur-ubur air tawar yang dimaksud di sini. Ubur-ubur ini memili tubuh berbentuk bundar dan transparan.

Ubur-ubur bunga persik memiliki tentakel berjumlah kurang lebih 400 buah. Masing-masing tentakel dilengkapi dengan racun yang membantu ubur-ubur ini menangkap mangsanya. Makanan ubur-ubur bunga persik adalah zooplankton yang berukuran amat kecil.

Meskipun beracun, manusia tidak perlu khawatir dengan ubur-ubur ini. Pasalnya racun ubur-ubur bunga persik tidak cukup kuat untuk menembus kulit manusia.

Ubur-ubur bunga persik pada awalnya hanya dapat ditemukan di Sungai Yangtze, China. Namun ubur-ubur ini sekarang juga dapat ditemukan di Benua Amerika, India, dan Thailand.

Ikan Pari

Ikan Pari
Ikan Pari via biolib.cz

Jika diminta menyebutkan contoh hewan air yang bertubuh gepeng, maka hampir semua orang bakal langsung menjawab ikan pari. Jawaban yang sama sekali tidak salah karena ikan ini memang terkenal dengan tubuhnya yang pipih dan lebar.

Orang umumnya hanya tahu kalau ikan pari hanya dapat ditemukan di laut. Padahal nyatanya, ikan pari juga ada yang hidup di air tawar. Jenis ikan pari yang hidup di air tawar bahkan bisa dibilang lebih spektakuler dibandingkan jenis ikan pari yang hidup di laut.

Pari air tawar raksasa (Urogymnus polylepis) adalah jenis pari air tawar yang dimaksud di sini. Ikan tersebut dapat ditemukan di sungai-sungai besar Asia Tenggara. Kalau di Indonesia sendiri, pari air tawar dapat ditemukan di Kalimantan.

Pari air tawar raksasa diberi nama demikian karena hewan ini memang berukuran raksasa. Bagaimana tidak, lebar ikan pari ini bisa mencapai 5 meter. Sahabat anehdidunia.com jika memakai perbandingan, ikan pari ini ukurannya kurang lebih sebanding dengan mobil kecil.

Pari air tawar memiliki kebiasaan untuk mengubur diri di dasar perairan yang berlumpur. Itulah sebabnya meskipun ikan ini berukuran amat besar, ikan ini cukup sulit ditemukan oleh manusia.

Seperti halnya ikan pari yang hidup di laut, pari air tawar juga memiliki duri beracun pada ekornya. Jika manusia sampai menginjak ikan pari ini secara tidak sengaja, pari yang bersangkutan bisa memberikan sengatan yang amat menyakitkan.

Anjing Laut

Anjing Laut
Anjing Laut via inaturalist.org

Anjing laut adalah hewan mamalia yang menghabiskan hampir seluruh hidupnya di laut, tapi masih harus sesekali naik ke darat untuk beristirahat dan berkembang biak.

Tidak seperti paus dan lumba-lumba yang bakal mati jika sampai berada di darat terlalu lama, anjing laut bisa naik ke darat dengan mudah karena hewan ini bisa merangkak memakai kaki depannya. Dengan cara yang sama, anjing laut bisa kembali lagi ke laut dengan mudah untuk mencari makan.

Berbeda dengan namanya, anjing laut sebenarnya tidak hanya bisa ditemukan di laut. Ada pula anjing laut yang habitatnya berada di air tawar.

Anjing laut unik tersebut adalah anjing laut Baikal (Pusa sibirica). Hewan yang bersangkutan hanya dapat ditemukan di Rusia. Tepatnya di Danau Baikal, danau terdalam di dunia.

Danau Baikal secara geografis letaknya tidak begitu jauh dari Kutub Utara. Sebagai akibatnya, kawasan tepian danau ini kerap dipenuhi oleh timbunan salju. Bagi anjing laut, perairan yang bersuhu dingin merpakan habitat yang ideal karena anjing laut memiliki lapisan lemak yang tebal.

Anjing laut Baikal adalah salah satu spesies anjing laut terkecil di dunia. Pasalnya anjing laut ini panjang maksimumnya hanya sekitar 1 meter.

Anjing laut Baikal kerap diburu untuk diambil bulunya. Supaya anjing laut ini tidak sampai punah, pemerintah Rusia membatasi jumlah anjing laut yang boleh diburu setiap tahunnya.

Lumba-Lumba

Lumba-Lumba
Lumba-Lumba via painterest.com

Sungai Amazon adalah sungai yang terletak di Amerika Selatan. Sungai yang muaranya berada di Brazil ini merupakan salah satu sungai terbesar di dunia.

Keberadaan Sungai Amazon menjadi salah satu alasan kenapa kawasan setempat bisa dipenuhi oleh hutan. Jika Sungai Amazon merupakan salah satu sungai terbesar di dunia, maka Hutan Amazon merupakan kawasan hutan tropis terbesar di dunia.

Karena berukuran besar, Sungai Amazon pun dihuni oleh hewan-hewan yang juga berukuran besar. Lumba-lumba Amazon (Inia geoffrensis) adalah contoh dari hewan tersebut.

Lumba-lumba Amazon merupakan spesies lumba-lumba yang begitu unik karena lumba-lumba ini justru menjadikan sungai sebagai habitat utamanya.

Jika dibandingkan dengan lumba-lumba yang hidup di laut, lumba-lumba Amazon juga memiliki ciri fisik yang unik. Lumba-lumba Amazon memiliki leher yang lebih sempit dan lentur dibandingkan lumba-lumba laut.

Berkat lehernya tersebut, lumba-lumba Amazon bisa mengubah arah dengan lebih mudah. Hal ini sangatlah penting bagi lumba-lumba Amazon karena ruang gerak di sungai tidak sebesar ruang gerak di laut. Saat Hutan Amazon sedang banjir, tidak jarang lumba-lumba ini terlihat berenang di sela-sela pepohonan.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Fahaka_pufferfish
https://en.wikipedia.org/wiki/Craspedacusta_sowerbii
https://en.wikipedia.org/wiki/Giant_freshwater_stingray
https://en.wikipedia.org/wiki/Baikal_seal
https://en.wikipedia.org/wiki/Amazon_river_dolphin