Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Gurita Dengan Wujud dan Tingkah Laku Paling Unik

Anehdidunia.com - Gurita merupakan hewan laut dengan penampilan yang begitu khas. Tubuhnya yang bulat dan lengannya yang berjumlah banyak menyebabkan hewan ini begitu mudah dikenali. Gurita terdiri dari begitu banyak jenis yang memiliki keunikannya masing-masing. Berikut ini adalah 5 jenis gurita dengan penampilan yang paling unik.

Gurita Mimik

Gurita Mimik
Gurita Mimik via painterest.com

Gurita memiliki kemampuan untuk mengubah warna kulitnya layaknya bunglon. Berkat kemampuannya tersebut, gurita pun bisa menyamar hingga menyerupai lingkungan sekitarnya. Dengan begini, guirita tidak perlu khawatir bakal diserang oleh musuhnya saat sedang beristirahat.

Namun terkadang bisa mengubah warna kulit saja tidaklah cukup. Pasalnya jika hewan pemangsa sampai berhasil membongkar penyamaran gurita, maka gurita tersebut seketika bakal menjadi sasaran empuk.

Gurita mimik (Thaumoctopus mimicus) memiliki triknya sendiri untuk mengatasi masalah tersebut. Jenis gurita yang tubuhnya dipenuhi oleh garis-garis ini bukan hanya bisa mengubah warna kulitnya, tetapi juga bisa meniru gerakan hewan laut lain.

Gurita seperti yang kita tahu memiliki lengan atau tentakel berjumlah delapan. Lengan inilah yang digunakan oleh gurita mimik untuk mengecoh hewan lain.

Saat ingin menirukan ular laut yang terkenal berbisa contohnya, gurita mimik akan menyembunyikan 6 lengannya, lalu memposisikan 2 lengannya sedemikian rupa supaya terlihat seperti ular laut yang sedang berenang.

Jika ingin menirukan ikan, gurita akan memposisikan ujung lengannya di belakang tubuhnya. Sesudah itu, gurita tersebut akan berenang memakai sifon atau corong pendorong airnya.

Gurita mimik bukan hanya menggunakan kemampuannya meniru hewan lain untuk menakut-nakuti pemangsa, tetapi juga untuk mengelabui mangsanya. Saat ingin menangkap kepiting, gurita mimik akan mendekati mangsanya sambil bertingkah seperti kepiting yang berjalan menyamping.

Gurita Cincin Biru

Gurita Cincin Biru
Gurita Cincin Biru via stock.adeobe.com

Gurita cincin biru (Hapalochlaena sp.) adalah sejenis gurita yang tubuhnya nampak begitu indah. Pasalnya gurita cincin biru memiliki tubuh yang dipenuhi oleh bulatan-bulatan berwarna merah dan biru.

Dikombinasikan dengan ukurannya yang kecil (hanya sekitar belasan sentimeter), gurita cincin biru pun nampak sebagai hewan laut yang indah sekaligus lucu.

Meskipun gurita cincin biru memiliki penampilan yang nampak begitu menggemaskan, gurita cincin biru tidak boleh dipegang sembarangan. Pasalnya gurita ini aslinya merupakan salah satu hewan laut paling beracun di dunia.

Gurita cincin biru bukanlah satu-satunya jenis gurita yang menghasilkan racun. Namun racun yang dihasilkan oleh gurita cincin biru adalah salah satu yang terkuat sekaligus yang paling berbahaya.

Gurita cincin biru menghasilkan racun pada kelenjar air liurnya. Fungsi utama racun ini adalah untuk membantu gurita melumpuhkan mangsanya secepat mungkin. Kebetulan gurita cincin biru adalah hewan karnivora yang makanannya terdiri dari udang, kepiting, dan ikan kecil yang bergerak lambat.

Gurita cincin normalnya tidak akan menggigit manusia karena gurita ini lebih suka bersembunyi jika merasa terancam. Namun jika gurita ini sampai tertangkap, gurita cincin biru akan melawan dengan cara memberikan gigitan beracun.

Jika seseorang sampai tergigit oleh gurita ini, maka orang tersebut bakal mengalami kejang-kejang, sesak napas, mata berkunang-kunang, hingga pingsan. Dalam kasus yang parah, korban gigitan gurita cincin biru bahkan bisa meninggal hanya dalam hitungan menit!

Gurita Dumbo

Gurita Dumbo
Gurita Dumbo via ocean.si.edu

Gurita dapat dibedakan dari cumi-cumi dengan melihat tubuhnya yang tidak bersirip. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk gurita dumbo. Pasalnya gurita ini memiliki sepasang sirip di bagian belakang tubuhnya. Namun tidak seperti cumi-cumi yang bertubuh panjang, gurita dumbo memiliki tubuh yang pendek dan bulat.

Gurita dumbo diberi nama demikian karena sirip gurita ini terlihat seperti daun telinga Dumbo, gajah dalam cerita Disney yang digambarkan bisa terbang dengan memakai daun telinganya yang lebar.

Keunikan gurita dumbo bukan hanya ada pada siripnya. Gurita ini juga memiliki lengan yang terhubung satu sama lain oleh lembaran kulit yang tipis.

Gurita dumbo bukanlah hewan yang mudah dijumpai oleh manusia. Pasalnya habitat gurita ini terletak di laut dalam, tepatnya di kedalaman 1.000 meter lebih. Karena habitatnya tersebut, manusia yang ingin mengamati gurita dumbo di habitatnya harus menggunakan kapal selam atau drone bawah laut.

Berbeda dengan gurita kebanyakan yang bergerak dengan cara merayap di dasar laut, gurita dumbo berenang dengan cara mengepak-ngepakkan siripnya secara lambat. Sembari berenang, gurita dumbo akan merentangkan lengannya untuk menangkap plankton dan hewan-hewan kecil yang tersangkut.

Gurita Selimut

Gurita Selimut
Gurita Selimut via kompas.com

Dengan tubuh berbentuk bulat dan lengan berjumlah banyak yang bentuknya menyerupai ular, gurita kerap digambarkan sebagai hewan yang menjijikan. Namun tidak demikian halnya dengan gurita selimut. Pasalnya gurita ini memiliki penampilan yang elegan layaknya permadani transparan yang melayang di lautan.

Gurita selimut diberi nama demikian tidak lain karena hewan ini memiliki bagian tubuh yang bentuknya menyerupai selimut. Apa yang terlihat sebagai selimut tersebut aslinya adalah membran yang menempel pada lengannya.

Gurita selimut memiliki lengan yang panjangnya berbeda-beda. Lengan yang dilengkapi dengan membran ukurannya lebih panjang dibandingkan dengan lengan yang tidak dilengkapi membran. Dengan memanfaatkan membrannya tersebut, gurita selimut bisa mengambang terombang ambing mengikuti arus.

Hanya gurita betina yang memiliki membran pada lengannya. Gurita jantan tidak memiliki membran dan ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan betina. Jika betina panjangnya bisa mencapai 2 meter, pejantan panjangnya hanya sekitar 2 cm. Karena ukuran keduanya yang berbeda jauh, gurita selimut jantan dan betina terlihat seperti pasangan liliput dan raksasa.

Seperti gurita pada umumnya, gurita selimut bisa menyemprotkan tinta jika merasa terganggu. Namun teknik pertahanan gurita selimut bukan hanya terbatas sampai di sana.

Gurita selimut juga memiliki kebiasaan merobek tentakel ubur-ubur dan menggunakannya sebagai alat pertahanan diri. Tentakel ubur-ubur tersebut mengandung racun yang berbahaya bagi hewan laut. Namun karena gurita selimut kebal terhadap racun ubur-ubur, ia bisa menyentuh tentakel ubur-ubur dengan aman.

Gurita Argonaut

Gurita Argonaut
Gurita Argonaut via researchdata.museum.vic.gov.au

Bagi mereka yang baru pertama kali melihat argonaut, maka mungkin anda akan sulit percaya kalau hewan ini aslinya adalah sejenis gurita. Pasalnya argonaut memiliki wujud yang begitu berbeda dibandingkan gurita kebanyakan.

Ciri khas argonaut yang membuatnya begitu berbeda dibandingkan jenis gurita lainnya adalah argonaut memiliki cangkang layaknya siput atau kerang. Kemudian jika gurita normalnya hanya dapat dijumpai di dasar laut, argonaut justru hidup berenang bebas layaknya ikan.

Fungsi dari cangkang argonaut adalah sebagai alat untuk berenang. Pasalnya di dalam cangkang tersebut, terdapat simpanan udara yang membantu argonaut melayang di laut lepas.

Argonaut yang banyak dijumpai oleh manusia biasanya berjenis kelamin betina. Pasalnya betina berukuran lebih besar dan lebih mudah terlihat oleh manusia. Jika betina ukurannya bisa mencapai 30 cm, maka pejantan ukurannya hanya sekitar 2 cm.

Argonaut adalah hewan karnivora yang makanannya terdiri dari udang, siput laut, dan ubur-ubur. Lengan argonaut biasanya berada dalam kondisi terlipat. Namun saat sedang berburu, argonaut bisa menjulurkan lengannya untuk menangkap mangsa.

Argonaut dapat dijumpai di lautan seluruh dunia. Walaupun argonaut dilindungi oleh cangkang, hewan-hewan seperti ikan tuna dan lumba-lumba diketahui tetap bisa memakan argonaut. Untuk membela diri, argonaut akan menyemprotkan tinta yang berwarna hitam ke arah musuhnya.

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Mimic_octopus
https://en.wikipedia.org/wiki/Blue-ringed_octopus
https://en.wikipedia.org/wiki/Grimpoteuthis
https://en.wikipedia.org/wiki/Argonaut_(animal)
https://en.wikipedia.org/wiki/Blanket_octopus