Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tempat Ini Jadi Kuburan Khusus Kendaraan Dari Motor Hingga Pesawat

Anehdidunia.com - Bukan cuma manusia yang memiliki kompleks kuburan atau taman makamnya sendiri. Kendaraan bermotor pun juga memiliki kompleks kuburan versinya sendiri. Dalam kuburan versi kendaraan bermotor, kendaraan-kendaraan yang sudah tidak terpakai dikumpulkan di satu lokasi yang sama hingga jumlahnya menggunung.

Banyak kendaraan bermotor bekas yang sengaja dikumpulkan dan dibiarkan terlantar di lokasi yang sama karena waktu dan biaya untuk menghancurkan semua kendaraan tadi terlalu mahal. Jenis kendaraan yang ditinggalkan pun beragam. Mulaii dari yang kecil macam sepeda motor, hingga yang besar macam kapal selam. Berikut ini adalah kuburan-kuburan khusus kendaraan tersebut.

Kuburan Motor

Kuburan Motor
Kuburan Motor via messynessychic.com

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi modern yang paling banyak digunakan di dunia. Harganya yang lebih terjangkau dibandingkan mobil menjadi salah satu penyebabnya. Sepeda motor juga memiliki ukuran yang ringkas dan bisa digunakan untuk melintasi jalur sempit dengan mudah.

Karena sepeda motor memiliki banyak peminat, maka bisnis jual beli sepeda motor nampak sebagai bisnis yang menggiurkan. Dan hal itulah yang melintas di benak Kohl, seorang pria asal Amerika Serikat.

Pada tahun 1970-an, Kohl membeli sebuah bangunan besar di New York. Ia membeli bangunan tersebut sebagai tempat untuk menjalankan bisnis jual beli motornya.

Kohl membeli sepeda motor bekas dengan harga murah supaya bisa dijual.kembali. Lama kelamaan saat bisnisnya semakin berkembang, jumlah sepeda motor yang menghuni bangunan miliknya semakin banyak.

Namun pada tahun 1997, Kohl memutuskan untuk menjual bangunan tadi beserta seluruh stok sepeda motor di dalamnya. Kemudian hanya berselang 5 tahun kemudian, Kohl meninggal dunia.

Kohl menjual bangunan tadi kepada seorang pria yang bernama Frank. Awalnya Frank berniat merenovasi bangunan yang baru dibelinya supaya bisa digunakan untuk toko spare part motor.

Namun saat Frank sudah memeriksa kondisi bangunan dengan seksama, Frank menyimpulkan kalau biaya merenovasi bangunan ini terlalu besar. Maka, Frank pun kemudian membiarkan bangunan ini beserta motor-motor di dalamnya terbengkalai begitu saja.

Bangunan berisi koleksi sepeda motor tersebut kini nampak tidak ada bedanya dengan kuburan khusus sepesa motor. Tahun 2010, pemda setempat akhirnya memutuskan untuk menyegel bangunan ini dan memindahkan motor-motor di dalamnya ke tempat rongsokan.

Kuburan Kereta Api

Kuburan Kereta Api
Kuburan Kereta Api via walesonline.co.uk

Bolivia adalah negara Amerika Selatan yang sebagian wilayahnya berada di Pegunungan Andes, barisan pegunungan terbesar di Amerika Selatan. Di bagian barat daya negara tersebut, terdapat Salar de Uyuni, tambang garam terbesar di dunia.

Pada tahun 1888, rombongan insinyur asal Inggria diundang ke Bolivia untuk membantu pembangunan jalur rel di Salar de Uyuni. Jalur rel yang dimaksud akhirnya selesai dibangun ada tahun 1892.

Berkat jalur rel tersebut, bongkahan garam yang sudah ditambang bisa diangkut ke pelabuhan di Samudera Pasifik dengan lebih mudah. Namun memasuki tahun 1940-an, tambang garam tersebut perlahan-lahan ditinggalkan karena cadangan garamnya sudah habis.

Berhentinya aktivitas penambangan di Salar de Uyuni lantas berdampak pada tidak terpakainya jalur kereta yang sudah dibangun di sana. Dampaknya, kereta-kereta yang tadinya sibuk berlalu lalang di jalur rel tersebut sejak itu berada dalam kondisi terlantar.

Tidak terurusnya kereta tadi menyebabkan kawasan stasiun kereta di Salar de Uyuni nampak tidak ada bedanya dengan kota mati. Kereta-kereta yang ada di sana juga mulai banyak yang dipreteli oleh warga sekitar untuk diambil suku cadangnya.

Kuburan Kapal Laut

Kuburan Kapal Laut
Kuburan Kapal Laut via wikipedia.org

Mauritania adalah negara yang terletak di Afrika Barat. Negara berpenduduk mayoritas Muslim ini sebagian besar wilayahnya termasuk dalam Gurun Sahara, gurun terbesar di Afrika.

Wilayah sebelah barat Mauritania berbatasan dengan Samudera Atlantik. Kawasan pesisir itulah yang menjadi jalur akses Mauritania menuju zona penangkapan ikan di laut lepas.

Kota Nouadhibou adalah kota terbesar kedua di Mauritania yang mendapat manfaat dari keberadaan Samudera Atlantik. Karena lokasinya berada di teluk yang terlindung dari ombak kuat Samidera Atlantik, Nouadhibou pun menjadi lokasi munculnya salah satu pelabuhan paling ramai di Mauritania.

Kapal-kapal nelayan kerap berlalu lalang di pelabuhan Nouadhibou. Aktivitas ekspor dan impor melalui jalur laut juga banyak mengambil tempat di pelabuhan tersebut.

Sejak tahun 1980-an, banyak kapal-kapal yang srngaja ditinggalkan di wilayah dangkal perairan Nouadhibou karena kapalnya sudah terlalu tua untuk terus dipakai berlayar. Jenis kapalnya pun bervariasi. Mulai dari kapal nelayan hingga kapal pesiar.

Sekarang, kapal-kapal yang sudah terbengkalai nampak memenuhi wilayah pesisir Nouadhibou. Bagi manusia, kapal-kapal yang sudah berkarat tersebut nampak memenuhi pemandangan. Nanun bagi hewan-hewan air setempat, onggokan kapal tersebut kini menjadi rumah baru bagi mereka.

Kuburan Kapal Selam

Kuburan Kapal Selam
Kuburan Kapal Selam via jayanusantarasite.wordpress.com

Kapal selam adalah kapal yang memiliki kemampuan berlayar sambil berada di bawah permukaan air. Karena kapal selam bisa menyembunyikan keberadaannya sendiri saat berlayar, kapal selam pun kerap digunakan oleh angkatan laut di sejumlah negara untuk keperluan pengintaian dan serangan tiba-tiba. Kapal selam yang sudah dipasangi dengan kamera khusus juga bisa digunakan untuk melihat hewan-hewan bawah laut secara langsung di habitatnya.

Saat Uni Soviet masih berdiri, negara adidaya tersrbur pernah mengoperasikan kapal selam dalam jumlah besar. Saat kapal-kapal selam tersebut terpaksa berhenti digunakan karena berbagai alasan (misalnya karena sudah tidak aman lagi untuk digunakan), kapal-kapal selam tadi ditambatkan di Semenanjung Kola, Rusia utara.

Tidak banyak yang diketahui soal "kuburan" kapal selam di Semenanjung Kola karena tempat tersebut termasuk dalam instalasi militer yang tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang.

Menurut kabar yang ramai beredar, kapal-kapal selam yang sudah tidak dipakai akan dihancurkan supaya komponen logam dan suku cadangnya bisa diambil. Kalau menurut pantauan citra satelit sendiri, ada setidaknya 7 kapal selam yang masih terparkir di Semenanjung Kola.

Kuburan Pesawat

Kuburan Pesawat
Kuburan Pesawat via culturalheritageonline.com

Davis-Monthan Air Force Base adalah hanggar atau gudang pesawat yang terletak di tengah-tengah Gurun Arizona, Amerika Serikat. Di tempat itulah, terdapat kuburan pesawat tempur terbesar di dunia. Pasalnya di tempat tersebut, ada banyak pesawat tempur yang sudah tidak lagi dipakai oleh angkatan udara Amerika Serikat.

Karena tempat tersebut kini tak ada bedanya dengan kuburan khusus pesawat, Davis-Monthan pun juga dikenal dengan julukan Boneyard (Padang Tulang).

Boneyard luasnya mencapai 1.430 kali lapangan sepak bola. Ada lebih dari 4.200 pesawat yang terparkir di Boneyard dengan nilai total ditaksir mencapai 35 milyar dollar. Keberadaan Boneyard beserta pesawat-pesawat di dalamnya sekaligus menjadi saksi bisu kemegahan militer Amerika Serikat.

Boneyard dibangun di tengah-tengah Gurun Arizona karena iklim kering yang dimilikinya menyebabkan pesawat-pesawat yang ada di sana tidak akan rusak atau berkarat akibat kondisi lembab. Dengan begitu, kendati pesawatnya sudah tidak bisa dipakai terbang, namun suku cadang pesawatnya masih bisa dipreteli untuk dijual atau digunakan untuk keperluan lain.

Sumber :
https://listverse.com/2014/04/30/10-fascinating-vehicle-graveyards-from-around-the-world/