Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Negara Asia yang Sekarang Sudah Lenyap

Anehdidunia.com - Asia merupakan benua terbesar di dunia. Karena memiliki wilayah yang amat luas, Asia pun dihuni oleh banyak negara. Sejumlah negara tersebut ada yang kini sudah tinggal nama karena sudah runtuh. Entah karena pecah menjadi negara-negara baru atau karena diserap oleh negara-negara tetangganya.

Manchukuo

Manchukuo
Manchukuo via japanesestations.com

Di masa Perang Dunia Kedua, Jepang pernah memiliki banyak wilayah jajahan di Asia. Supaya Jepang bisa mengelola wilayah-wilayah jajahannya yang begitu luas, Jepang pun mendirikan sejumlah negara boneka.

Manchukuo atau Manchuria adalah salah satu negara tersebut. Negara ini didirikan oleh Jepang pada tahun 1932 di China utara. Negara ini merupakan daerah asal suku Manchu, suku minoritas China yang tokoh-tokohnya pernah menjadi kaisar China pada masa Dinasti Qing.

Manchukuo dipimpin oleh Kaisar Puyi, kaisar terakhir China sebelum negara tersebut berubah menjadi republik. Jepang sengaja membiarkan Puyi menjadi pemimpin Manchukuo supaya keberadaan Jepang di Manchukuo bisa diterima dengan lebih mudah oleh penduduk setempat.

Wilayah Manchukuo dimanfaatkan oleh Jepang sebagai markas supaya bisa lebih melakukan invasi lebih jauh ke wilayah China di pedalaman. Pada tahun 1939, pasukan Jepang dan Manchukuo juga sempat terlibat perang melawan pasukan Uni Soviet dan Mongolia.

Perang tersebut berakhir dengan kekalahan Jepang dan Manchukuo sehingga Jepang sesudah itu memutuskan untuk fokus melakukan perluasan wilayah ke arah selatan. Tepatnya ke wilayah China dan Asia Tenggara.

Tahun 1945, Uni Soviet yang tadinya sedang sibuk melawan Jerman secara tiba-tiba menyatakan perang kepada Jepang. Kebetulan Jepang pada waktu itu juga sedang kewalahan meladeni perlawanan pasukan Amerika Serikat dan Inggris.

Pernyataan perang tersebut lalu diikuti dengan invasi pasukan Uni Soviet ke Manchukuo. Invasi tersebut sekaligus menandai runtuhnya negara Manchukuo. Sesudah itu, wilayah Manchukuo kembali menjadi wilayah milik China.

Vietnam Selatan

Vietnam Selatan
Vietnam Selatan via wikipedia.org

Vietnam di masa lampau pernah terbagi menjadi Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Jika Vietnam Utara merupakan negaa berhaluan komunis, maka Vietnam Selatan merupakan negara nonkomunis yang memiliki hubungan dengan Amerika Serikat.

Vietnam Selatan didirikan pada tahun 1955 atas dukungan Amerika Serikat supaya seluruh wilayah Vietnam tidak sampai dikuasai oleh kubu komunis. Negara ini beribukota di Saigon, kota yang sekarang dikenal dengan nama Ho Chi Minh City.

Terbaginya Vietnam menjadi dua negara ternyata tidak bisa diterima oleh pemerintahan komunis Vietnam Utara. Maka, Vietnam Utara pun secara diam-diam mengirim pasukan Vietkong untuk melakukan perang gerilya dan melemahkan Vietnam Selatan dari dalam.

Saat perang gerilya yang dilakukan Vietkong semakin menghebat, Amerika Serikat pun mengirimkan pasukannya untuk membantu Vietnam Selatan. Periode inilah yang sekarang kita kenal dengan nama Perang Vietnam.

Selama Perang Vietnam berlangsung, Vietnam Selatan digerogoti oleh masalah korupsi dan rentetan kudeta militer. Di lain pihak, Amerika Serikat merasa kesulitan untuk terus menempatkan pasukannya di Vietnam Selatan akibat makin kuatnya penolakan dari rakyat Amerika Serikat sendiri.

Atas sebab itulah, pada tahun 1975 Amerika Serikat menarik mundur pasukannya dari Vietnam Selatan. Dengan hilangnya pasukan Amerika Serikat, pasukan Vietnam Utara kini bisa semakin bebas beroperasi.
Pada tahun yang sama, pasukan Vietnam Utara berhasil mencapai ibukota Saigon. Peristiwa tersebut sekaligus menandai runtuhnya Vietnam Selatan dan bersatunya kembali Vietnam.

Selama dan sesudah Perang Vietnam, banyak penduduk Vietnam Selatan yang mengungsi ke Amerika Serikat. Mereka masih sering mengibarkan bendera Vietnam Selatan di tempat mereka tinggal hingga sekarang.

Turkestan Timur

Turkestan Timur
Turkestan Timur via islampost.com

Xinjiang adalah wilayah China yang letaknya paling barat. Wilayah ini merupakan tanah asal suku Uighur, suku yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam.

Xinjiang sendiri kebetulan di masa lampau memang pernah menjadi negara sendiri. Pada tahun 1944, wilayah Xinjiang bagian utara sempat memerdekakan diri sebagai Republik Turkestan Timur.

Pendirian Turkestan Timur bermula ketika penduduk suku Uighur beramai-ramai memberontak. Berkat bantuan senjata dari Uni Soviet dan masih kacaunya situasi China akibat perang saudara di tempat lain, para pemberontak Uighur berhasil memerdekakan wilayahnya dari kekuasaan pemerintah pusat China.

Namun memasuki tahun 1945, pemerintah Uni Soviet setuju untuk berhenti mendukung Turkestan Timur setelah melakukan pertemuan dengan duta China. Di Xinjiang sendiri, ternyata tidak semua penduduk Uighur bersedia mendukung pemerintah Turkestan Timur karena mereka tidak menyukai keberadaan orang-orang Rusia di Xinjiang.

Kombinasi dari hal-hal tadi menyebabkan Turkestan Timur kini berada dalam kondisi lemah. Tahun 1949, Turkestan Timur akhirnya mengalami keruntuhan dan wilayah Xinjiang kembali berada di bawah kendali China.

Yaman Selatan

Yaman Selatan
Yaman Selatan via tribunnews.com

Selain Korea dan Vietnam, Yaman di masa lampau juga pernah terbelah menjadi negara utara dan selatan. Jika Yaman Utara adalah negara berhaluan nonkomunis, maka Yaman Selatan menganut aliran komunis.

Yaman Selatan menjadikan kota pelabuhan Aden sebagai ibukotanya. Dibandingkan dengan Yaman Utara, Yaman Selatan memiliki wilayah yang jauh lebih luas. Namun wilayah luas tersebut didominasi oleh hamparan gurun.

Sebelum menjadi negara sendiri, Yaman Selatan tadinya dijajah oleh Inggris. Namun menyusul pemberontakan yang dilakukan oleh gerakan komunis NLF, Yaman Selatan berhasil melepaskan diri dari pengaruh Inggris pada tahun 1967.

Sejak menjadi negara sendiri, Yaman Selatan sempat beberapa kali terlibat perang perbatasan dengan negara tetangganya Yaman Utara. Karena Yaman Selatan tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah, negara ini banyak menggantungkan ekonominya dari bantuan Uni Soviet.

Tahun 1980-an, Uni Soviet memutuskan untuk menghentikan bantuannya ke Yaman Selatan supaya bisa fokus mengurusi urusan domestiknya.

Sadar kalau negaranya bakal ambruk jika tidak ada perubahan yang diambil, pemerintah Yaman Selatan kemudian melakukan perbaikan hubungan dengan Yaman Utara. Hasilnya pada tahun 1990, Yaman Utara dan Yaman Selatan setuju untuk bersatu dengan kota Sanaa di Yaman Utara sebagai ibukotanya.

Uni Soviet

Uni Soviet
Uni Soviet via kompas.com

Uni Soviet adalah negara komunis yang juga pernah menyandang status sebagai negara terbesar di dunia. Meskipun ibukota negara ini (Moskow) berada di Benua Eropa, sebagian besar wilayah negara ini justru terletak di Asia. Dengan melihat hal tersebut, Uni Soviet secara geografis bisa dikategorikan sebagai negara Asia.

Uni Soviet didirikan pada tahun 1922 setelah pasukan komunis berhasil mengalahkan lawannya dalam perang saudara Rusia. Pada masa Perang Dunia Kedua, wilayah Uni Soviet di sebelah barat sedikit bertambah luas setelah pasukan Uni Soviet menaklukkan wilayah Baltik dan sebagian wilayah Rumania.

Sesudah Perang Dunia Kedua, Uni Soviet menjelma menjadi negara adidaya dunia bersama dengan Amerika Serikat. Wilayahnya yang luas dan sektor industrinya yang maju menyebabkan negara ini bisa mengimbangi Amerika Serikat dalam memperebutkan pengaruh negara-negara di dunia.

Untuk menjaga kestabilan negara, Uni Soviet menerapkan sistem sensor media yang ketat dan sistem pemerintahan terpusat yang otoriter. Namun dalam jangka panjang, sistem pemerintahan macam ini menyebabkan sektor internal Uni Soviet berada dalam kondisi tertinggal.

Melemahnya kondisi internal Uni Soviet pada akhirnya mencapai titik puncaknya pada tahun 1991. Di tahun tersebut, Uni Soviet pecah menjadi sejumlah negara baru. Runtuhnya Uni Soviet lantas diikuti dengan tergulingnya rezim komunis di berbagai belahan dunia.

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Manchukuo
https://en.wikipedia.org/wiki/South_Vietnam
https://en.wikipedia.org/wiki/Second_East_Turkestan_Republic
https://en.wikipedia.org/wiki/South_Yemen
https://en.wikipedia.org/wiki/Soviet_Union