Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunung Es Paling Unik dan Terkenal di Dunia, Terakhir Paling Aneh

Anehdidunia.com - Gunung es adalah bongkahan es raksasa yang mengapung di lautan. Kendati nampak tidak berbahaya, gunung es senantiasa dijauhi oleh kalangan pelaut karena gunung es bisa menenggelamkan kapal jika sampai bersinggungan.

Namun selain fakta menakutkan yang dimilikinya tadi, gunung es juga masih menyimpan banyak keunikan yang tidak diketahui oleh setiap oang. Berikut ini adalah beberapa gunung es paling unik yang diketahui oleh manusia.

Gunung Es Terbesar

Gunung Es Terbesar
Gunung Es Terbesar via inhilklik.com

Gunung es memiliki ukuran yang besar. Itulah sebabnya kapal-kapal bakal senantiasa mengambil sikap waspada setiap kali mereka mendapatkan informasi mengenai keberadaan gunung es di perairan yang sedang mereka lintasi.

Namun dari sekian banyak gunung es yang sudah diketahui oleh manusia, tidak ada gunung es yang ukurannya bisa menyamai gunung es B-15. Pasalnya gunung es ini panjangnya mencapai 295 km dengan lebar 37 km.

Sebagai perbandingan, Pulau Bali ukurannya masih kalah besar jika dibandingkan dengan b-15 karena panjang Pulau Bali hanya sekitar 153 km.

Ukuran fantastis yang dimilikinya tersebut menyebabkan B-15 hingga sekarang menyandang rekor sebagai gunung es terbesar di dunia yang pernah ada.

B-15 sendiri aslinya merupakan lapisan es dari Benua Antarktika di Kutub Selatan. Hingga kemudian pada tahun 2000, lapisan es tersebut terpecah dari benua asalnya dan mengambang bebas sebagai gunung es raksasa.

Karena berukuran amat besar, B-15 nampak memiliki permukaan atas yang datar dengan tebing curam di sekelilingnya. B-15 selanjutnya terbawa arus hingga mengapung ke Samudera Atlantik selatan.

Seiriing berjalannya waktu, B-15 mulai meleleh akibat terpapar oleh sinar matahari dan suhu aie laut yang lebih hangat. Tahun 2005, B-15 akhirnya terpecah menjadi gunung-gunung es baru yang ukurannya lebih kecil.

Gunung Es di Dalam Danau

Gunung Es di Dalam Danau
Gunung Es di Dalam Danau via brilio.net

Gunung es umumnya hanya dapat ditemukan di lautan. Pasalnya gunung es biasanya terbentuk dari lapisan es daratan yang berbatasan dengan laut. Saat lapisan esnya terpecah, pecahannya kemudian mengapung di lautan sebagai gunung es.

Namun berbeda halnya dengan gunung es ini. Pasalnya bukannya berada di laut, gunung es ini lokasinya justru berada di tengah-tengah danau.

Fenomena unik tersebut terjadi pada tahun 2014 di Danau Superior, danau terbesar di Amerika Utara. Fenomena ini sendiri terjadi karena musim dingin yang terjadi pada periode tersebut berlangsung dalam suhu yang lebih ekstrim dibandingkan biasanya.

Saat musim dingin masih berlangsung, hampir seluruh permukaan danau tertutup oleh lapisan es. Dikombinasikan dengan banyaknya volume air yang dikandung oleh Danau Superior, es yang meleleh saat musim dingin berlalu ada yg tetap bertahan sebagai gunung es.

Gunung es yang ada di Gunung Superior memiliki panjang mencapai 12 meter dan lebar 6 meter. Namun karena bagian gunung es yang nampak di permukaan biasanya hanya sebagian kecilnya, gunung es tersebut diyakini berukuran jauh lebih besar daripada yang nampak.

Gunung Es Titanic

Gunung Es Titanic
Gunung Es Titanic via jawaban.com

Jika bicara soal gunung es, tidak ada gunung es yang popularitasnya bisa menyaingi popularitas gunung es yang menenggelamkan kapal Titanic di tahun 1912.

Tenggelamnya kapal Titanic sendiri terjadi ketika kapal tersebut tanpa sengaja bergesekan dengan gunung es. Akibatnya, bagian lambung kapal mengalami kebocoran dan air laut mulai memenuhi bagian dalam kapal.

Saat jumlah air laut yang memenuhi bagian dalam kapal semakin banyak, badan kapal Titanic pun terbelah dua sebelum kemudian tenggelam ke dasar Samudera Atlantik. Sebanyak lebih dari 1.500 orang dikabarkan meninggal dalam peristiwa ini.

Menurut perkiraan ilmuwan, gunung es yang bertabrakan dengan Titanic diyakini berasal dari Greenland, pulau besar di Kutub Utara yang bagian pantainya kerap membeku.

Tahun 1909, lapisan es di pesisir Greenland terpecah hingga kemudian terombang ambing sebagai gunung es. Gunung es yang sama kemudian bergesekan dengan Titanic pada tahun 1912 sebelum akhirnya meleleh dan bersatu dengan lautan.

Berkat kemajuan teknologi, sekarang hampir tidak ada lagi insiden kapal laut tenggelam akibat bertabrakan dengan gunung es. Pasalnya jika ada gunung es yang terlihat oleh awak kapal maupun satelit, mereka bakal langsung memberikan informasi satu sama lain.

Gunung Es Berwarna Warni

Gunung Es Berwarna Warni
Gunung Es Berwarna Warni via suara.com

Jika bicara soal warna gunung es, maka orang biasanya hanya tahu kalau gunung es memiliki warna putih. Padahal kenyataannya, gunung es memiliki warna yang jauh lebih beragam.

Gunung es umumnya nampak berwarna putih karena gunung es terbentuk dari air yang membeku. Saat air membeku, terciptalah gelembung udara dan kristal es yang saling mengumpul.

Gelembung dan kristal tersebut memiliki sifat menyerap cahaya dan membiaskannya. Karena warna-warna dalan spektum cahaya terserap oleh es, yang terlihat oleh manusia kemudian adalah warna putih.

Namun putih sendiri bukanlah satu-satunya warna yang dibiaskan oleh gunung es. Kadang-kadang ada spektrum cahaya biru yang terbiaskan keluar oleh gunung es sehingga gunungnya nampak berwarna kebiruan.

Selain dari cahaya, gunung es juga mendapatkan warnanya dari benda-benda yang terkandung dalam air. Sebagai contoh, jika air yang menyusun gunung es kebetulan mengandung alga yang berwarna hijau, maka gunung esnya akan nampak berwarna hijau.

Bagian gunung es yang berwarna hijau biasanya tersembunyi di bagian bawah gunung es. Namun jika kebetulan gunung esnya menerima hempasan ombak yang kuat hingga akhirnya terbalik, bagian gunung es yang berwarna hijau kini bisa terlihat di permukaan.

Ada pula gunung es yang nampak dipenuhi oleh noda hitam layaknya es batu yang kotor. Gunung es macam ini biasanya terbentuk karena saat masih di daratan, lapisan esnya bercampur dengan pasir dan lumpur.

Gunung Es Berbentuk Alat Kelamin

Gunung Es Berbentuk Alat Kelamin
Gunung Es Berbentuk Alat Kelamin via buddyku.com

Gunung es memiliki wujud yang beragam. Ada yg bentuknya menjulang ke atas layaknya gunung sungguhan. Ada pula gunung es yang bentuknya datar layaknya meja.

Namun dari sekian banyak gunung es yang sudah diketahui manusia, rasanya tidak ada gunung es yang bentuknya paling menarik perhatian dibandingkan gunung es yang satu ini.

Pasalnya gunung es ini bentuknya menyerupai alat kelamin pria alias penis. Itulah sebabnya penduduk setempat sampai memberikan julukan "dickie berg" (gunung es penis) pada gunung es tersebut.

Gunung es berbentuk aneh tersebut berada di Teluk Conception, Kanada. Keberadaan gunung es ini pertama kali diketahui oleh warga lokal pada bulan April 2023.

Karena bentuknya yang begitu unik, salah seorang warga lokal yang bernama Ken Pretty memutuskan untuk memotret gunung es tersebut dan mengunggahnya ke internet.

Begitu foto tersebut dimuat di internet, foto tersebut dengan cepat langsung menjadi viral. Situs berita di dalam dan di luar Kanada beramai-ramai membuat berita mengenai gunung es berbentuk aneh tersebut.

Keberadaan gunung es tersebut sayangnya tidak berlangsung lama. Hanya sehari sesudah dipotret oleh Ken, bagian puncak gunung tersebut runtuh dan meleleh.

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Iceberg_B-15
https://www.livescience.com/46234-icebergs-lake-superior-summer.html
https://www.livescience.com/planet-earth/giant-phallus-shaped-iceberg-floating-in-conception-bay-surprises-residents-of-dildo-canada.html
https://www.smithsonianmag.com/science-nature/the-incredible-story-of-the-iceberg-that-sank-the-titanic-180980482/
https://oceanservice.noaa.gov/facts/iceberg-color.html
https://oceanservice.noaa.gov/facts/iceberg-color.html