Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Video Shock Shell Trauma Akibat Perang Dunia I


Gemetar tak terkendali, mimpi buruk mengerikan dan berbaring di lantai kejang adalah beberapa efek mengganggu dari penyakit traumatis yang disebut ‘shock shell’ akibat Perang Dunia I. Sahabat anehdidunia.com penderitanya lebih banyak adalah tentara yang menjadi saksi konflik perang, dan diperkirakan lebih dari 80.000 orang yang menderita kondisi tersebut. Pada saat itu, Penderita shock shell diperlakukan kasar dan dengan sedikit simpati dan mereka dipandang sebagai tanda kelemahan. Tapi di Newton Abbott Seale Hayne di Devon, pendekatan ini sangat berbeda karena pendekatan revolusioner dari seorang dokter bernama Mayor Arthur Hurst, yang percaya dia bisa menyembuhkan setiap korban shell shock.

Dalam beberapa lembaga medis banyak korban mengalami trauma lebih dengan perawatan seperti kurungan atau terapi sengatan listrik. Tapi di rumah sakit militer, jauh di pedesaan Devon, Hurst menggunakan perawatan seperti hipnotis, pijat persuasi, dan perawatan diet untuk menyembuhkan pasiennya. Perawatan dari Hurst mampu menyembuhkan 90 persen tentara dari shock shell hanya dalam satu sesi.



Dalam sebuah video yang dirilis oleh British Pathe , seorang tentara awalnya gemetar dan jatuh di lantai rumah sakit Seale Hayne. Tapi setelah perawatan, pria itu terlihat mengenakan seragamnya berbaris pasti menuju kamera. Sahabat anehdidunia.com Hurst mendorong pasien untuk mengadakan rekonstruksi medan perang Flanders di Dartmoor untuk membantu orang-orang menghidupkan kembali pengalaman mereka. Di bangsal laki-laki didorong untuk menulis dan menghasilkan sebuah majalah dengan kolom gosip yang disebut Ward Whispers.

Istilah Shock shell diciptakan, pada tahun 1917, oleh petugas medis yang disebut Charles Myers – itu juga dikenal sebagai ‘neurosis perang’, ‘memerangi stres’ dan Post Traumatic Stress Disorder. Pada shell shock pertama diduga disebabkan oleh tentara yang terkena ledakan. Namun, dokter tidak bisa menemukan kerusakan fisik untuk menjelaskan gejala dan staf medis mulai menyadari bahwa ada penyebab yang lebih dalam. Dokter segera menemukan bahwa banyak pria yang menderita gejala shock shell tanpa bahkan berada di garis depan.
Gejala:
Histeria dan kecemasan
Kelumpuhan
Pincang dan kontraksi otot
Kebutaan dan ketulian
Mimpi buruk dan insomnia
Jantung berdebar-debar
Depresi
Pusing dan disorientasi
Kehilangan nafsu makan