Motivasi

Ide Ide Besar Luar Biasa Yang Ternyata Berasal Dari Mimpi

11 Oct 2016

Mimpi atau orang juga biasa juga menyebutnya dengan istilah bunga tidur, merupakan hal yang umum dan hampir pasti pernah dialami oleh semua orang. Saat berada di alam mimpi orang bisa mengalami kejadian apapun dan bahkan menjadi apapun, karena mimpi konon merupakan sebuah dunia tak terbatas yang tercipta dari angan-angan kita. Dan mungkin banyak yang belum tahu, meski mimpi merupakan pengalaman di alam bawah sadar kita, namum mimpi tetap saja melibatkan  penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur. Hanya saja tentu apa yang terjadi di dalam mimpi sebagian merupakan kejadian yang sulit untuk direalisasikan di dunia nyata. Selain fakta tersebut, mimpi juga sering dianalogikan sebagai pemberi pertanda tentang kejadian di masa depan ataupun kadang juga bisa memberi jawaban tentang misteri yang tak terpecahkan di masa lalu.

Meski terdengar aneh, namun kita sudah sering mendengar kisah orang yang melihat kejadian di masa depan melalui mimpi ataupun sebaliaknya. Hal inilah yang kadang membuat mimpi menjadi suatu yang istimewa sekaligus merupakan tanda kebesaran Sang Pencipta. Namun selain hal tersebut mimpi ternyata masih mempunyai keistimewaan lain, yaitu sebagai sumber ide-ide cemerlang dalam kehidupan manusia. Baik itu ide yang sederhana maupun besar, jika datang pada saat yang tepat bisa menjadi sesuatu yang luar biasa. Salah satunya adalah Ide-Ide besar yang pernah tercetus didunia ini, sebagian ternyata berasal dari mimpi yang ditanggapi dengan positif hingga akhirnya bisa menjadi sesuatu yang berkesan dan dikenang dalam waktu yang lama. Karena itu, kali ini anehdidunia.com akan berbagi informasi tentang Ide-Ide Besar Yang Ternyata Berasal Dari Mimpi, versi anehdidunia.com berikut kisahnya..

Google

Ide Ide Besar Luar Biasa Yang Ternyata Berasal Dari Mimpi

Saat ini siapa yang tak mengenal Google, situs percarian laman web ini hampir digunakan seluruh orang di dunia, karena kepraktisan serta kemudahan cara pemakaianya. Lewat Google kita nyaris bisa menemukan informasi apapun dan dari tahun berapapun hanya dengan sebuah kata kunci yang tepat. Dan dengan segala kecanggihanya tersebut, mungkin banyak orang yang mengira jika munculnya Google, merupakan sebuah proyek yang telah di rencanakan dengan sangat matang dan dengan pemikiran yang sangat lama. Tapi hal itu tak sepenuhnya benar, tentu Google memang dibangun dengan perencanaan yang matang dan juga proses yang lama. Yang tak banyak orang tahu adalah jika Ide awal terbentuknya Google adalah buah dari mimpi yang dialami oleh pendirinya yaitu, Larry Page.


Kisah unik ini bermula pada tahun 1996, ketika itu Larry yang tengah menjalani masa perkuliahanya di Perguruan Tinggi, mulai menyadari jika satu-satunya alasan Ia berhasil masuk sebagai rangking satu ke dalam Perguruan Tinggi tersebut merupakan kesalahan administrasi. Sejak mengetahui hal ini, Larry mulai di hantui kecemasan kalau pihak Universitas sampai mengetahuinya, Ia bisa di keluarkan dari Universitas tersebut. Akibatnya Larry mulai dilanda kecemasan hingga Ia mulai sering membuatnya bermimpi yang aneh-aneh. Dalam salah satu mimpinya, Ia merasa bisa mengunduh dan menyimpan seluruh halaman website di dunia ini dalam satu PC saja, sebuah hal yang mustahil pada masa itu. Dan ketika terbangun Larry mulai terobsesi dengan mimpinya tersebut dan melakukan berbagi perhitungan matematis yang memungkinkanya untuk bisa merealisasikan mimpinya tersebut. Namun nyatanya hal itu memanlah mustahil, karena untuk menyimpan seluruh halaman web di dunia ini, dibutuhkan bandwidth yang luar biasa besarnya. Namun Larry tetap tak menyerah, sampai akhirnya Ia menemukan sebuah celah yang memungkinkanya untuk menyimpan halaman web diseluruh dunia dalam sebuah PC. Ide tersebut adalah dengan membuat tautan atau jalan pintas menuju sebuah  website. Dengan hanya menyimpan tautan (link), maka tak dibutuhkan bandwith yang banyak dan juga relatif lebih ringan saat di operasikan lewat internet. Kemudian Larry mulai menyusun alamat dari seluruh website di dunia ini dalam sebuah laman yang ia jadikan wadah penyimpanan Link yang bisa memudahkan orang untuk mencari website yang dibutuhkan. Laman inilah yang nantinya akan berkembang menjadi Google yang kita kenal sekarang.

Inception

Ide Ide Besar Luar Biasa Yang Ternyata Berasal Dari Mimpi

Selain Fight Club dan juga Se7en, Inception sering disebut-sebut sebagai salah satu film dengan twist ending, terbaik didunia. Dalam film yang diperankan oleh Leonardo Di Caprio ini, dikisahkan sebuah dunia dimana orang bisa memanipulasi mimpi dengan segala kerumitanya. Dalam film ini esensi mimpi yang biasanya hanyalah bunga tidur, sedikit naik karena tangan sang sutradara Cristhoper Nolan, yang dengan apik mampu merealisasikan idenya tentang mimpi dengan sangat baik dalam Inception.  Namun meski bercerita tentang mimpi, banyak orang yang hingga kini tak tahu jika Ide awal film ini sebenarnya memang berasal dari mimpi yang sesungguhnya. Sutradara Christopher Nolan, mendapatkan ide awal untuk film ini, setelah membaca beberapa kasus tentang orang yang berusaha merubah kejadian di dunia lewat mimpi. Setelah membaca kasus-kasus unik ini, Ia mulai mendapatkan ide tentang orang-orang yang mampu masuk kedalam mimpi seseorang dan setelahnya memanipulasi mimpi tersebut sedemikian rupa, hingga saat terbangun orang tersebut mau melakukan sugesti yang telah di tanamkan dalam mimpi. Cerita inilah yang kelak menjadi dasar dari garis besar film Inception, yang  memang terbukti berhasil menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa.

Tabel Periodik Pertama Di Dunia

Ide Ide Besar Luar Biasa Yang Ternyata Berasal Dari Mimpi

Dmitri Mendeleev seorang Ilmuan kelahiran tahun 1834, merupakan seorang ahli kimia yang sangat terkenal pada masanya. Pria yang kini dikenal sebagai penemu tabel periodik ini di kenal pantang menyerah saat ingin memecahkan misteri tentang ilmu pengetahuan. Salah satunya  adalah ketika Ia tertantang untuk dapat menggambarkan secara logis namun tetap ilmiah, mengenai seluruh elemen alam yang telah di temukan. Namun sayangnya meski Ia yakin ada jawaban yang pasti tentang semua itu, Dmitri lumayan kesulitan untuk menemukan rumus yang tepat bagi idenya tersebut.


Sampai suatu malam Ia mendapatkan sebuah mimpi misterius, didalam mimpi tersebut Ia melihat sebuah tabel dimana tiap unsur kimia jatuh dengan sendirinya dari langit dan tertata dengan sempurnya sesuai dengan nilainya dalam tabel tersebut. Buah dari penglihatanya dalam mimpi inilah yang kelak menjadi tabel periodik yang di gunakan saat ini dengan takaran proton dan atom yang sempurna. Kisah mimpi unik dari Dmitri ini sendiri Ia tuangkan dalam buku harianya yang sekaligus menjadi catatan penemuan milik Dmitri Mendeleev.

Kisah Mr. Hyde & Dr. Jekyll

Ide Ide Besar Luar Biasa Yang Ternyata Berasal Dari Mimpi

Novel Mr. Hyde & Dr. Jekyll bisa dibilang sebagai pioner dari kisah sebuah karakter yang memiliki kepribadian ganda. Karena itu kisah karangan dari Robert Louis Stevenson ini, hingga kini masih menjadi salah satu novel terlaris yang paling diburu di dunia. Namun siapa sangka jika sebelum menulis kisah ini Robert Louis Stevenson, sebenarnya merupakan seorang penulis biasa saja dan bahkan terlilit banyak hutang karena karya tulisnya yang kurang laku di pasaran. Namun semua itu segera berubah setelah Robert mendapatkan sebuah mimpi buruk yang sangat menyeramkan. Sangking menakutkanya mimpi tersebut, Ia bahkan sampai berteriak dan terbangun. Sang Istri Fanny yang kaget melihat suaminya terbangu di tengah malam, kemudia memberi Robert minum sebelum akhirnya bertanya mimpi apa yang sebenarnya Robert lihat hingga ketakutan seperti itu. Robert kemudian bercerita pada Istrinya kalau dalam mimpi tersebut Ia melihat karakter yang sangat menakutkan. Namun siapa sangka jika mimpi buruk tersebut justru menjadi jalan keluar dari semua masalah keuangan yang tengah membelitnya. Mimpi buruk tersebut ternyata justru membuat Robert jauh lebih bersemangat dalam menulis, hingga tak lama kemudia Ia berhasil menelurkan sebuah novel best seller berjudul Mr. Hyde & Dr. Jekyll, dengan karakter utama yang terinspirasi dari mimpi buruknya tersebut.

Lagu Yesterday, The Beathles

Ide Ide Besar Luar Biasa Yang Ternyata Berasal Dari Mimpi

Lagu Yesterday dan grup band The Beathles, merupakan sesuatu yang tak dapat dipisahkan. Tapi siapa sangka jika lagu paling iconik dari grup band legendaris ini ternyata idenya juga muncul lewat mimpi. Sang pencipta lagu, Paul McCartney, mengaku dirinya mendapatkan inspirasi untuk lagu Yesterday, lewat sebuah mimpi. Suatu pagi setelah Ia bangun tidur ada sebuah nada yang terus terngiang di dalam otaknya. Ia merasa sangat familiar dengan lagu tersebut, namun meski mencoba berkali-kali untuk mengingat milik siapa lagu itu, Ia selalu gagal. Karena penasaran Paul, kemudian memainkan nada tersebut kemudian menulis notnya dalam sebuah catatan. Setelah itu Ia mulai bertanya pada satu persatu temanya apa menreka mengenali lagu tersebut. Namun tak ada yang mengenal nada tersebut, karena itu Ia mulai mengolah nada yang muncul lewat mimpinya tersebut hingga akhirnya terciptalah lagu Yesterday, yang telah melegenda hingga saat ini.

Theori Relativitas

Ide Ide Besar Luar Biasa Yang Ternyata Berasal Dari Mimpi

Sosok Ilmuan Albert Einstein's, selain dikenal sebagai orang paling jenius di dunia juga terkenal sebagai ilmuan yang cukup eksentrik. Buktinya adalah pada  salah satu penemuan Einstein yang paling terkenal di dunia yaitu Teori Relativitas. Ilmuan eksentrik ini mengaku, jika sebelum menemukan dasar dari Teori Relativitas, sebelumnya terlebih dulu Ia mengalami sebuah mimpi aneh. Dalam mimpi tersebut Ia merasa seolah sedang meliaht seekor sapi makan melalui sela-sela dari pagar listrik, namun anehnya sapi itu tak tersetrum. Ia kemudian menyentuh pagar tersebut dan menyadari kalau ternyata pagar itu sudah tak dialiri listrik lagi karena telah kehabisan daya listrik.


Dalam lanjutan mimpinya kemudian ada seorang petani yang datang untuk mengganti Aki pada pagar tersebut. Setelah Aki baru terpasang, seketika itu juga sapi tadi terlempar dari pagar. Melihat sapi itu terlempar, Einstein kemudian mendatangi petani tersebut untuk menceritakan betapa lucunya saat sapi itu terpental dari pagar. Namun mendengar cerita Einstein, petani dalam mimpinya tersebut justru terlihat kebingungan karena merasa tak melihat seekor sapi pun terlempar saat Ia mengganti Aki pada pagar llistrik miliknya. Kisah dalam mimpinya ini ternyata membuat Einstein, menyadari sesuatu, keesokan harinya setelah terbangun. Ia mulai Ia mulai mendapatkan ide untuk meneliti sebuah fenomena unik dimana kadang pada peristiwa yang sama, reaksi orang bisa berbeda tergantung dari sudut pandang mana dan kapan mereka melihatnya. Ide inilah yang menjadi dasar teori relativitas yang di kenal saat ini.


Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa kisah unik dari mimpi yang bisa membuahkan sebuah ide besar yang terus terkenang hingga saat ini. Namun itu bukan berarti kita harus selalu menantikan mimpi yang tepat untuk mendapatkan ide yang bagus, karena sejatinya ide bisa datang kapan dan dimana saja, tinggal kita yang harus lebih peka menilai mana ide yang akan bermanfaat bagi kehidupan kita dan mungkin juga banyak orang lain.

Referensi:
http://listverse.com/2016/10/09/10-world-famous-ideas-that-started-as-dreams/


Related Article

Paling Aneh