Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengerikan Rumah Sakit Jiwa Paling Angker Di Amerika

Mengingat kesehatan merupakan salah satu kebutuhan penting bagi manusia. Maka keberadaan Rumah Sakit sangatlah vital di sebuah daerah. Baik itu Rumah Sakit biasa maupun Rumah Sakit Jiwa, hampir semuanya setiap hari tak pernah sepi kedatangan orang yang ingin berobat. Namun meski terhitung sebagai tempat yang ramai, Rumah sakit tetap tak bisa dilepaskan dari citra horor yang telah melegenda sejak jaman dahulu. Citra horor ini biasanya muncul dari sejarah bangunan hingga banyaknya peristiwa kematian yang terjadi di Rumah Sakit. Kesan horor dan angker ini bahkan lebih terasa pada Rumah Sakit Jiwa. Ya tempat rehabilitasi untuk para pengidap gangguan jiwa ini dari jaman dulu selalu memiliki aura yang menyeramkan.

Hal ini tak lepas dari sejarah kelam Rumah Sakit Jiwa yang sering menjadi tempat berbagai macam percobaan mengerikan yang dilakukan dengan menggunakan manusia sebagai kelinci percobaan. Sudah menjadi rahasia umum jika para pengidap gangguan jiwa biasa dianggap sebagai manusia kelas 2 dan tak diperlakukan dengan layak. Hal yang sebenarnya sangat miris ini, bahkan tetap berlangsung hingga saat ini. Keberadaan kisah macam inilah yang membuat Rumah Sakit Jiwa menjadi tempat yang tergolong angker. Stigma ini juga tak hanya berlaku dinegara-negara Asia yang masih mempercayai hal mistis, negara maju seperti Amerika sekalipun memiliki Rumah Sakit Jiwa yang terkenal akan keangkeranya. Agak aneh memang untuk negar semaju Amerika untuk mempercayai hal mistis macam ini. Karena itu kali ini berita aneh akan berbagi kisah dari Rumah Sakit Jiwa paling angker di seantero Amerika ini dalam, Rumah Sakit Jiwa Paling Angker Di Amerika, versi anehdidunia.com


ByBerry Mental Hospital, Pennsylvania



ByBerry Mental Hospital pertama kali dibuka pada tahun 1907 di Pennsylvania, sebelum akhirnya beroperasi penuh sebagai Rumah Sakit Jiwa pada tahun 1920-an. Namun karena lonjakan jumlah pasien gangguan jiwa yang masuk ke Rumah Sakit ini mengakibatkan nyaris tak ada ruang yang memadai untuk menempatkan pasien secara layak. Hal ini kian diperparah dengan minimnya dana serta tenaga medis yang ada, kian membuat banyak pasien yang tak terurus. Akibatnya banyak pasien yang dipaksa untuk tidur di satu ruangan tanpa mengenakan tanpa mengenakan baju. Kamar-kamar ini juga konon amat kotor dan dipenuhi dengan urin dan kotoran manusia karena jarang dibersihkan. Dengan kondisi seperti ini tentu para pengidap gangguan jiwa ini jadi kian tertekan dan mudah sakit.

Belum lagi dengan berlakuan para petugas Rumah Sakit Jiwa ini yang biasanya akan menangani pasien gangguan jiwa yang susah diatur dengan cara dipukul, di pasung hingga menggunakan kursi listrik. Membuat ByBerry Mental Hospital menjadi lingkungan yang amat tak layak untuk dihuni. Untungnya Rumah Sakit Jiwa ini akhirnya ditutup oleh Pemerintah Pennsylvania, pada tahun 1990 setelah melakukan investigasi, menyusul banyaknya laporan tentang perlakuan tak manusiawi yang dialami oleh para pasien disana. Setelah itu tempat ini dikosongkan dan terbengkalai. Sejak itulah mulai muncul hal-hal mistis ditempat ini. Mulai dari suara-suara misterius hingga goresan yang tiba-tiba muncul didinding sudah menjadi hal yang biasa terjadi di ByBerry Mental Hospital. Di tempat ini juga terdapat legenda hantu yang konon akan muncul dari dinding sambil membawa pisau besar yang gemar menggorok leher orang kurang beruntung yang datang ke tempat ini. Keangkeran Rymah Sakit Jiwa ini juga makin diperparah dengan banyaknya paranormal dan sekte pemuja setan yang melakukan ritual gaib mereka di bangunan gedung ByBerry Mental Hospital.


Old Tooele Hospital, Utah



Dibangun pada tahun 1897, Rumah Sakit Old Tooele, sebenarnya awalnya hanyalah rumah tinggal biasa. Namun pada tahun 1913 rumah ini berubah menjadi tempat penampungan bagi para gelandangan dan lansia yang membutuhkan perawatan kesehatan. Rumah ini terus menjadi tempat singgah bagi para gelandangan hingga pada akhirnya pada tahun 1953, Pemerintah Utah akhirnya memutuskan untuk merenovasi Rmah Sakit Old Tooele, sepenuhnya dan menjadikanya Rumah Sakit Resmi. Renovasi ini diantaranya adalah penambahan kamar tidur, kamar mandi dan juga kamar mayat, agar bisa lebih mengakomodir kebutuhan pasien. Tapi sayangnya perubahan ini justru tak mengarah ke hal yang baik. Karena setelah penambahan ruang dan kian banyaknya pasien yang ada.

Di Rumah Sakit Old Tooele justru mulai muncul hal-hal aneh, seperti penampakan hantu dan juga kesurupan yang sering menimpa pasien. Beberapa hantu yang terkenal di Rumah Sakit ini diantaranya ada yang dipercaya merupakan arwah dari Samuel F. Lee yang merupakan pemilik dan orang yang membangun Rumah Sakit Old Tooele. Sahabat anehdidunia.com selain itu ada pula legenda hantu seorang anak kecil, yang selalu muncul dan berkata "Daddy, shot, sorry" (Ayah, tembak, maaf). Suara ini konon merupakan suara dari seorang anak yang tak sengaja tertembak oleh Ayahnya dan kemudian mati. Banyaknya hal janggal ini akhirnya membuat Pemerintah Utah akhirnya menutup Rumah Sakit Old Tooele pada tahun 2011 yang lalu. Kini setelah resmi ditutup bangunan dari Rumah Sakit Old Tooele, menjadi terbengkalai dan hanya sesekali ditadangi orang yang percaya tentang dunia astral untuk melakukan ritual mereka.


Alton Mental Health Hospital, Illnois



Alton Mental Health Hospital, merupakan Rumah Sakit Jiwa di Illnois yang masih beroperasi hingga saat ini. Meski begitu Rumah Sakit Jiwa ini dengan cara mereka memperlakukan pasien dengan buruk. Mulai dari disengat dengan listrik, lobotomi hingga direndam dalam air Es merupakan kejadian rutin di sana. Hal ini lambat laun membuat mulai muncul keanehan, mulai dari penampakan makhluk misterius hingga suara-suara aneh yang bisa dijelahkan dengan akal sehat. Kejadian aneh ini sendiri biasanya dialmi oleh, para keluarga pasien yang sedang datang menjenguk ataupun suster yang bertugas disana. Mereka mengaku mendengar suara aneh, hingga pintu dan yang kadang terbuka dan tertutup dengan sendirinya. Adapula yang bercerita jika di rumah sakit ini sering terdengar orang yang mengucapkan "Halo" taoi saat ditengik ternyata tak ada siapa-siapa. Kesan misterius ini kina bertambah dengan adanya larangan dari pihak rumah sakit untuk mengambil foto di dalam area Rumah Sakit. Tapi untungnya ada beberapa orang yang berhasil masuk ke Rumah Sakit ini dan mengambil foto secara rahasia. Dalam salah satu foto tersebut terlihat sesosok makhluk yang menyerupai seorang pria namun tak memiliki wajah sama sekali. Keberadaan foto inilah yang semakin meperkuat keyakinan banyak orang bahwa Rumah Sakit Jiwa Alton memang berhantu.


Rolling Hills Asylum, New York



Rolling Hills Asylum yang berada di Genesee Country, New York pertama kali dibuka pada tahun 1827, sebagai tempat penampungan bagi anak yatim dan janda kurang mampu. Namun seiring berjalanya waktu fasilitas milik Pemerintah ini mulai beralih fungsi menjadi Rumah Sakit Jiwa dengan mulai menerima para pengidap ganguan jiwa. Tak hanya sampai disitu sebelum akhirnya diu tutup pada akhir tahun 1930-an, Rolling Hills Asylum, bahkan juga mulai menampung para narapidana. Gilanya semua orang tadi dicampur jadi satu tanpa ada pemisahan golongan sama sekali. Hal ini tentu membuat banyak kekacauan terjadi, termasuk puluhan orang yang meninggal karena tak dirawat dengan baik. Kekacauan yang ada di RSJ ini bisa dilihat dari adanya lebih dari 17 ribu dokumen kematian selama RSJ ini beroperasi. Dimana ratusan mayat diantaranya tak memiliki keluarga dan akhirnya dikubur di sekitar area Rumah Sakit. Hal inilah kemudian membuat Rolling Hills Asylum, mulai berubah menjadi tempat yang angker, hingga akhirnya di tutup pada tahun 1930-an. Setelah itu gedung Rolling Hills Asylum, sempat kosong selama beberapa tahun sampai pada tahun 1950-an, Pemerintah New York mengalihfungsikan bangunan yang ada menjadi gudang penyimpanan dan akhirnya berubah menjadi Mall untuk barung antik.

Sayangnya meski telah berubah menjadi Mall, kejadian aneh di banguan Rolling Hills Asylum, tetap tak menghilang. Sahabat anehdidunia.com mulai dari suara-suara aneh hingga munculnya bayangan misterius tetap sering terjadi. Beberapa arena yang terkenal angker di bangunan Rolling Hills Asylum, diantara koridor lantai dua dan juga ruang bawah tanah. Diruang bawa tanah ini pada tahun 2007 yang lalu bahkan pernah terjadi kejadian mengerikan dimana salah satu pegawai Mall ini mengalami kesurupan. Pegawai tersebut adalah Manager Mall bernama Suzie Yencer yang secara iseng melakukan ritual pemanggilan arwah di ruang bawah tanah Mall tersebut. Ulah iseng ini akhirnya harus dibayar mahal karena dia akhirnya mengalami kesurupan yang cukup parah. Belakangan Suzie ternyata diketahui merupakan anggota sebuah perkumpulan pemburu hantu yang sengaja melakukan ritual pemanggialn arwah disana.


Athens Lunatic Asylum, Ohio



Athens Lunatic Asylum merupakan Rumah Sakit jiwa di Ohio, Amerika yang menjadi tempat khusus untuk menampung pasien gangguan jiwa dan para narapidana dengan kelainan jiwa. Pertama kali dibuka pada tahun 1987, Athens Lunatic Asylum, sebenarnya merupakan tempat yang cukup tenang dan damai. Namun hal tersebut berubah sejak peristiwa meninggalnya salah satu pasien bernama Margaret Schilling pada tahun 1978. Kala itu saat musim dingin, Margaret yang merupakan salah satu pasient di Rumah Sakit ini, sedang bermain petak umpet dengan salah satu Perawat. Namun ketika sedang bermain dengan Margaret, Perawat tersebut mendapat tugas mendadak dan melupakan Margaret yang tengah bermain denganya. Keesokan harinya seorang Perawat lain menemukan Margaret telah tak bernyawa karena mati kedinginan saat bersembunyi. Sahabat anehdidunia.com yang lebih mengerikan lagi, mayat Margaret ternyata menempel dengan lantai akibat udara yang begitu dingin. Margaret yang sama sekali tak memiliki keluarga kemudian dimakamkan di area Rumah Sakit, sesuai dengan aturan yang ada. Sejak saat itulah Athens Lunatic Asylum konon mulai menjadi tempat yang angker dan kejadian tak aneh yang paling terkenal di Rumah Sakit ini adalah noda dari tubuh dan rambut Margaret yang konon selalu terlihat di lantai meski lantai tersebut telah dibersihkan berulang kali.


Pennhurst Asylum, Pennsylvania



Pertama kali dibuka pada tahun 1908, Pennhurst Asylum awalnya dibangun sebagai sekolah bagi anak-anak berkebutuhan khusus, baik itu catat fisik maupun mental. Di bangun di lahan seluan 120 hektar, Pennhurst Asylum, saat masih beroperasi tercatat mampu menampung hingga 10.000 pasien. Namun sayangnya banyaknya pasien ini tak di imbangi dengan julah tenaga medis yang mencukupi. Alhasil bukanya sembuh para pasien yang ada di sana justru mendapatkan perlakuakn yang tak layak. Mulai dari penganiyayaan, penelantaran, hingga pembunuhan tercacat pernah terjadi di Pennhurst Asylum. Belum lagi dengan kisah para pengidap gangguan jiwa yang dirantai di tembok sepanjang hari dan anak-anak dengan keterbelakangan mental yang dikurng dalam box sepanjang hidupnya. Membuat fasilitas ini menjadi salah satu tempat paling kejam yang pernah ada di Amerika.

Pennhurst Asylum sendiri akhirnya ditutup pada tahun 1986, menyusul laporan warga sekitar tentang adanya pelecehan sexual terhadap pasien di Pennhurst Asylum. Sejak saat itu fasilitas ini resmi ditutup dan bekas bangunanya dibiarkan terbengkalai lengkap dengan segala fasilitas yang ada. Namun kisah dari Pennhurst Asylum, tak berhenti samapi disitu karena paska dikososngkan tempat ini kemudian mulai menampakan keangkeranya. Sahabat anehdidunia.com beragam kejadian aneh mulai muncul di bangunan sisa Pennhurst Asylum, seperti suara-suara aneh hingga barang-barang yang sering bergerak sendiri. Hal ini bahkan pernah dibuktikan oleh sekelompok paranormal yang datang ke Pennhurst Asylum untuk merekam bangunan dan isinya. Dalam rekaman tersebut terdengar suara seperti "Pergi Kau!" "Aku akan Membunuhmu" "Kenapa Kau disini." Orang-orang ini juga bercerita jika selama mereka ada di bangunan Pennhurst Asylum, banyak barang yang bergerak sendiri, hingga yang paling parah adalah adanya anggota mereka yang serasa didorong oleh orang padahal tak ada orang disekitarnya. Dengan semua kejadian aneh tersebut maka taka salah jika Pennhurst Asylum, sering disebut sebagai Rumah Sakit Jiwa paling seram yang ada di Amerika.

Sahabat anehdidunia.com itulah daftar Rumah Sakit Paling Seram yang Ada di Amerika. Jika kita cermati lagi hampir semua Rumah Sakit tersebut memiliki cerita seram karena sejarah kelam mereka di masa lalu. Hal ini hampir sama dengan apa yang ada di Indonesia. Kebenaran dari legenda horor ini tentu sulit untuk dibuktikan secara ilmiah namun jika kita lihat dari sejarahnya, tentu keberadaan makhluk halus didunia ini tetap tak bisa hanya dianggap sebagai kisah dongeng belaka.

Referensi:

https://www.hauntedrooms.com/most-haunted-asylums-hospitals-in-america