Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia

Memiliki bangunan dengan kualitas bahan yang baik serta desain menarik tentulah menjadi impian bagi banyak orang. Kemunculan para desainer interior yang memiliki kemampuan tinggi untuk merancang bangunan sesuai keinginan juga menambah kemudahan seseorang untuk mewujudkan mimpinya memiliki bangunan yang menakjubkan.

Bicara soal desain bangunan yang unik, saat ini yang sedang populer adalah desain bangunan dengan unsur futuristik. Desain bangunan yang futuristik biasanya banyak memadukan bahan-bahan kaca. Meski kental dengan kaca namun nilai estetika tersebut tak berkurang justru terlihat sangat menakjubkan. Berikut adalah beberapa bangunan kaca di dunia yang tampak sangat menakjubkan.

Kanagawa Institute of Technology Junya Ishigami

Salah satu bangunan kaca yang menakjubkan di dunia terletak di Jepang, tepatnya di sebuah institute tekhnologi bernama Kanagawa Institute of Technology Junya Ishigami. Sekolah teknologi ini memiliki sebuah studio unik yang seluruh komponennya mulai dari atap hingga jendelanya terbuat dari kaca. Studio tersebut digunakan para siswa disela-sela waktu luang untuk merancang sesuatu yang berhubungan dengan pendidikannya. Studio ini dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi para siswa yang ingin belajar dalam suasana outdoor meski sebenarnya mereka dalam ruangan. Satu-satunya hal yang bisa menciptakan suasana di luar ruangan atau outdoor ialah karena bangunannya penuh dengan kaca maka otomatis sinar matahari bisa secara langsung menyinari, ditambah dengan pemandangan indah sekeliling bisa membantu murid terasa lebih rileks dan juga mencari inspirasi.

SelgasCano Architecture Office

Seorang desainer bernama Jose Selgas dan Lucia Cano membangun kantor untuk perusahaannya sendiri berlokasi di hutan kayu di Madrid, Spanyol. Tampilan bangunan ini sangat unik karena hampir seluruh bagian bangunannya terbuat dari kaca. SelgasCano Architecture Office ini juga berbentuk seperti kapsul dari bahan akrilik transparan setebal 20 mm. Pada bagian atapnya juga dilapisi serat kaca atau fiber glass yang berguna untuk melindungi diri dari sinar matahari secara langsung. Sepertinya bangunan ini memang dirancang dengan konsep cinta lingkungan karena para karyawan di dalamnya bisa mengatur jendela sesuai kebutuhan ventilasi udara yang diinginkan. Meski terbuat dari kaca, bangunan ini juga didesain khusus agar mampu beradaptasi dengan 4 musim berbeda yang ada di Spanyol. Berdiri di tengah hutan, SelgasCano Architecture Office menjadi bangunan kaca menakjubkan di dunia.

Netherlands Institute of Sound and Vision

Masih dari wilayah benua Eropa, persisnya lagi yakni di negara Belanda yang memiliki bangunan kaca menakjubkan di dunia. Bangunan kaca tersebut tak lain adalah Netherlands Institute of Sound and Vision, semacam museum untuk menyimpan arsip nasional mengenai audio visual. Tempat yang berdiri pada tahun 1996 ini dirancang oleh seorang arsitek handal bernama Michiel Riedijk dan Willem Jan Neutelings. Mengapa bangunan yang memiliki tinggi 26 cm dan panjang 54 m ini disebut sebagai bangunan kaca yang menakjubkan? Karena pada bangunan ini dibuat dari panel kaca yang berwarna warni sehingga jika diperhatikan bentuk dan tampilannya hampir mirip dengan rubik. Warna-warna yang ditimbulkan merupakan hasil tampilan dari tayangan televisi. Karena keunikan bangunannya dan juga puluhan ribu koleksi terkait dengan audio visual, tempat ini menjadi daya tarik untuk masyarakat Belanda dan turis yang berkunjung ke Hilversum.

The Botanical Garden of Curitiba

Sesuai dengan namanya yakni The Botanical Garden of Curitibia, bangunan rumah kaca ini terletak di Curitibia, salah satu kota di Brazil Selatan. Tempat ini merupakan taman seluas 240.000 m2 dengan cakupan 458 m2 nya khusus untuk rumah kaca. Rumah kacanya sendiri mengadaptasi gaya bangunan dari Crystal Palace yang ada di Inggris, tak heran jika dilihat dari tampilan luarnya kental dengan ciri khas bangunan kuno ala Eropa dengan kubah kubah yang besar. Taman ini menyimpan ribuan jenis flora serta juga memiliki danau, air mancur dan air terjun yang seluruhnya buatan. Di bagian belakang rumah kaca yang sangat menakjubkan tersebut terdapat Museum Franz Krajcberg yang berisikan hal-hal terkait konservasi lingkungan. Taman yang dibuka secara umum pada tahun 1991 ini bisa menjadi destinasi wisata bagi anda yang suka menikmati keindahan dan belajar tentang bunga.

National Centre for The Performing Arts

National Centre for The Performing Arts adalah salah satu gedung pertunjukan seni di Cina dengan desain unik di dunia. Letak keunikannya adalah karena material bangunannya yang dibuat dari titanium kaca. Berdiri di atas lahan seluas 12.000 m2 National Centre for The Performing Arts merupakan salah satu bangunan kaca menakjubkan di dunia. Seorang arsitek asal Perancis yakni Paul Andreu adalah yang merancang bangunan dengan material titanium serta kaca. Gedung opera ini terlihat semakin menakjubkan dengan ditambahinya danau buatan yang mengelilinginya. National Centre for The Performing Arts mulai dibangun pada Desember 2001 dan selesai pada bulan Juli 2007 ini memiliki kapasitas 5.452 tempat duduk. Tak heran juga jika bangunan ini merupakan bangunan kaca menakjubkan di dunia karena total budget yang dikeluarkan adalah sebesar 3,2 juta yuan!

Bangunan-bangunan kaca tersebut memang terlihat sangat menakjubkan karena tak sekedar dibuat namun juga memikirkan nilai estetika serta manfaatnya pula. Semoga dari informasi diatas bisa menginspirasi lebih banyak orang lagi untuk membangun bangunan kaca lainnya yang lebih indah lagi. Diantara bangunan kaca yang ada di beberapa negara tersebut, manakah yang menjadi favorit sahabatanehdidunia.com?

sumber referensi:
tahupedia.com/content/show/852/10-Bangunan-Kaca-Yang-Paling-Mengagumkan-Di-Dunia
archdaily.com/66661/66661
dezeen.com/2009/06/11/office-in-the-woods-by-selgascano/
detail-online.com/inspiration/netherlands-institute-for-sound-and-vision-in-hilversum-103299.html
en.wikipedia.org/wiki/Botanical_Garden_of_Curitiba
en.wikipedia.org/wiki/National_Centre_for_the_Performing_Arts_(China

Cinta